20 Ide Resep Lebaran Tanpa Santan, Lebih Tinggi Serat Pasti Sehat

Mei 11, 2021 | Artikel, Update | 0 Komentar

makanan lebaran

Idul Fitri sudah tinggal menghitung hari. Kemudian, Selain mempersiapkan baju baru untuk seluruh keluarga, kita mungkin sudah sibuk membuat sajian khas lebaran kan?

Setelah satu bulan berpuasa, lebaran memang jadi momen yang tepat untuk makan-makan bersama. Apalagi jika kita merayakan hari spesial ini dengan keluarga besar atau kerabat. Pasti bakal ada bermacam-macam masakan yang dihadirkan besok, mulai dari cemilan, lauk-pauk, hingga minuman segar.

Santan dan Lebaran

Bicara soal hidangan lebaran pasti tidak bisa lepas dari yang namanya santan. Ada banyak sekali makanan khas hari raya yang dibuat harus menggunakan bahan makanan yang satu ini. Sebut saja opor, kare, rendang, es cendol, hingga kue sagu, yang bakal dengan gampang ditemukan di rumah-rumah orang yang merayakan Idul Fitri.

Pertama, santan memang membuat makanan dan minuman yang sudah disebut di atas jadi lebih gurih dan kaya rasa. Namun, seperti yang sudah pernah dibahas, ketika dikonsumsi terlalu banyak santan bisa mengakibatkan obesitas dan naiknya kolesterol. Kedua, Terlebih lagi setelah proses pemasakan, apalagi hingga berulang kali.

Karena pada suhu panas, nilai gizi pada santan akan hancur dan asam lemak yang dikandungnya akan berubah jadi lemak jenuh. Lemak inilah yang meningkatkan kolesterol dalam darah.

Menggantikan Santan                                                       

Tapi jangan khawatir tidak bisa menyajikan menu khas lebaran besok. Kita tetap bisa menyajikan opor, rendang, kare, atau makanan bersantan lainnya kok. Kita bisa menggunakan bahan-bahan alternatif untuk menggantikan santannya, seperti krimer serbaguna FiberCreme.

Dibuat dari umbi-umbian dan minyak kelapa yang sehat, FiberCreme memiliki cita rasa seenak santan dengan nilai serat yang lebih tinggi dan kandungan lemak yang lebih rendah. Selain itu, FiberCreme juga rendah gula, rendah kalori, bebas laktosa, dan punya 0 mg kolesterol.

Bukan hanya santan. FiberCreme juga bisa digunakan untuk menggantikan susu atau krim masak di resep-resep kue, makanan barat, atau minuman. Bagi yang ingin menyajikan masakan lebaran lezat dan tetap sehat dengan FiberCreme, yuk cek 20 ide resep di bawah ini!

Nastar Taiwan

Resep Nastar Taiwan, Full Selai Nanas
Cek Resep dan Videonya

Ayam Lodho Tulungagung

Resep Ayam Lodho Tulungagung
5 from 1 vote
Cek Resep dan Videonya

Kastengel

Resep Kastengel Mudah dan Gurih
Cek Resep dan Videonya

Ayam Panggang Minang

Resep Ayam Panggang Minang Empuk & Lezat
Cost per serving Rp. 36.726
Cek Resep dan Videonya

Ketupat Kandangan

Resep Ketupat Kandangan Tanpa Santan
Cek Resep dan Videonya

Gulai Ayam Kemumu

Resep Gulai Ayam Kemumu Tanpa Santan
Cek Resep dan Videonya

Empal Gentong

Resep Empal Gentong Empuk & Creamy
5 from 1 vote
Cek Resep dan Videonya

Roll Cake

Roll Cake Siap dalam 3 Langkah
Cost per serving Rp 37.760
Cek Resep dan Videonya

Pudding Busa Stroberi

Puding Busa Stroberi
Cost per serving Rp 27.489
Cek Resep dan Videonya

Rendang Ayam Telur

Resep Rendang Ayam Telur Rice Cooker
4 from 1 vote
Cost per serving Rp. 23.875
Cek Resep dan Videonya
Rendang-Ayam-Telur

Ayam Sapit Bakar

Resep Ayam Sapit Bakar
Cek Resep dan Videonya

Ayam Bakar Palembang

Resep Ayam Bakar Palembang FiberCreme
Cek Resep dan Videonya

Klappertaart

Bake Klappertart Mudah dan Praktis
Cost per serving Rp 29.748
Cek Resep dan Videonya

Es Kopyor

Es Kopyor Tanpa Santan
Cek Resep dan Videonya

Air Mata Pengantin

Air Mata Pengantin Untuk Ide Jualan
5 from 3 votes
Cek Resep dan Videonya
air mata pengantin

Es Selendang Mayang

Es Selendang Mayang
4 from 1 vote
Cek Resep dan Videonya

Soto Tangkar Betawi

Resep Soto Tangkar khas Betawi Mudah dan Sehat
Cek Resep dan Videonya

Balado Telur Puyuh

Balado Telur Puyuh
5 from 2 votes
Cost per serving Rp. 55.039
Cek Resep dan Videonya

Ximilu

Ximilu Tanpa Susu dan Santan
5 from 9 votes
Cek Resep dan Videonya
ximilu

Buko Pandan

Buko Pandan Super Creamy dan Ekonomis Tanpa Whipped Cream
5 from 1 vote
Cek Resep dan Videonya
buko pandan

 

 

 

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kursus Masak Online Gratis

banner mobile FiberCreme Academy

Kompetisi Masak Berhadiah Jutaan Rupiah

fibercreme recook competition 8

Artikel Terbaru

5 Alternatif Minyak Goreng Anti Kolesterol dan Ramah Diet

Alternatif minyak goreng - Makanan yang digoreng sudah lama jadi bagian dari menu sehari-hari kita. Padahal seperti yang kita tahu, gorengan bisa menimbulkan efek negatif untuk kesehatan. Selain pada sesering apa kita mengonsumsinya, bahayanya juga bergantung pada...

28 Ide Bekal Sehat untuk Menyambut Sekolah Tatap Muka

Bekal sehat - Setelah lebih dari setahun sekolah dari rumah, akhirnya sekolah umum mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka lagi. Artinya, anak-anak sudah bisa kembali belajar dan beraktivitas di sekolah nih, walaupun tetap dengan prokes yang ketat. Apa aja yang...

Cendol dan Dawet, Apa Saja Beda Kedua Minuman Ini?

Siapa sih yang tidak pernah mencoba segarnya es cendol dan es dawet? Kedua minuman tradisional ini kan memang sangat populer dan mudah ditemui di sekitar kita. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, dua minuman ini juga kebanyakan dijual dengan harga yang sangat...

10 Ide Hidangan Sayur Lezat Peningkat Imunitas

Makanan sehat adalah kebutuhan utama setiap orang, apalagi kala memperkuat imunitas jadi priotitas seperti saat ini. Dan sayur-mayur menjadi salah satu makanan yang paling direkomendasikan agar kita memperoleh nutrisi seimbang sehingga daya tahan tubuh bisa terjaga....

Resep Terbaru

Resep Lemper Lezat Isi Ayam
Resep Lemper Lezat Isi Ayam

Resep Lemper Lezat Isi Ayam Lemper fibercreme Lezat Isi Ayam! Bekal yang lezat dan bisa membuat kamu cepat kenyang. Apalagi dengan menggunakan FiberCreme pengganti santan tinggi serat. 50 gram FiberCreme400 gram beras ketan (rendam 2 jam)2 lembar daun salam2 batang...

Resep Nasi Kuning Minion Enak & Gurih
Resep Nasi Kuning Minion Enak & Gurih

Resep Nasi Kuning Minion Enak & Gurih Membuatnya udah nggak pakai santan loh, tapi pakai FiberCreme pengganti santan tinggi serat yang sangat lezat dan creamy. Kamu #Beranicobamasak nggak? Tunggu apalagi, FiberCreme mengandung serat yang tinggi 50 gram...

Ayam Iloni Gurih & Pedas
Ayam Iloni Gurih & Pedas

  Ayam Iloni Gurih & Pedas Kota Gorontalo juga punya makanan khas lho. Yap Ayam Iloni namanya. Kali ini resep ayam iloni dari chef profesional @williamwongso yang bisa kamu coba di rumah. Seperti namanya, kalian cukup menyiapkan daging ayam untuk bahan...

Resep Rolade Ayam Saus
Resep Rolade Ayam Saus

Resep Rolade Ayam Saus Rolade Ayam Saus FiberCreme yuk! Dengan tambahan FiberCreme pengganti santan tinggi serat di dalamnya, bikin menu kamu tambah enak dan juga tinggi serat lho! 40 gram tepung terigu protein sedang 1/4 sdt garam1 butir telur75 ml air1/2 sdm...

Kue Lezat Kurma Kelapa Panggang
Kue Lezat Kurma Kelapa Panggang

Kue Lezat Kurma Kelapa Panggang Membuat kue untuk hidangan keluarga merupakan hal yang seru ya. Chef profesional William Wongso kali ini punya rekomendasi hidangan dan wajib kamu cobain deh. Yap! Kurma Kelapa Panggang merupakan resep yang cocok disajikan untuk...