Bisa Makan Bersantan Tanpa Menaikkan Kolesterol? Ikuti 5 Cara Ini

Feb 19, 2021 | Artikel | 0 Komentar

makanan bersantan

Siapa yang tidak kenal santan, salah satu bahan yang umum ditemui pada berbagai masakan sehari-hari, masakan bersantan banyak ditemui di Indonesia khususnya pada masakan tradisional. Dihasilkan dari parutan daging buah kelapa, santan secara turun-temurun sudah digunakan pada berbagai jenis makanan untuk membuat rasanya lebih gurih dan enak.

Tapi ternyata banyak juga orang yang tidak bisa menikmati lezatnya santan. Dengan kandungan lemak dan kalori yang terbilang tinggi, santan seringkali dikaitkan dengan kenaikan kolesterol dan obesitas. Apabila tidak dikendalikan, dua hal ini bisa mengakibatkan berbagai penyakit kronis yang mengancam nyawa. Kalau sudah telanjur memiliki riwayat kolesterol tinggi, maka hal yang paling umum kita lakukan adalah menghindari santan dan masakan apapun yang dibuat dengan santan.

Padahal kita tidak perlu sampai menghindari santan sama sekali demi mengontrol kadar kolesterol. Kita masih bisa menikmati makanan-makanan bersantan kok, asal melakukan beberapa penyesuaian seperti 5 cara di bawah ini.

Batasi konsumsinya

Sebagai bahan masakan yang secara tradisional banyak digunakan di keseharian, santan pasti sangat sulit ditolak. Tidak masalah kalau sesekali mengonsumsinya. Menurut ahli, pembatasan seminggu sekali cukup kok untuk memuaskan keinginan makan santan sekaligus menjaga kadar kolesterol tetap stabil.

Hindari bahan pemicu kolesterol lain

Santan pada makanan bukan satu-satunya pemicu kolesterol naik. Bahan-bahan makanan lain seperti daging berlemak, jeroan, serta minyak berlebih yang dimasak bersama santan bisa sama berpengaruhnya. Ditambah lagi kebiasaan kita adalah mengonsumsi makanan bersantan bersama nasi yang tinggi karbohidrat dan gula.

Jadi kalau ingin menikmati makanan bersantan dengan lebih nyaman, kurangi juga penggunaan bahan-bahan masakan pemicu kolesterol seperti disebut di atas.

Masak dengan benar

Secara alami, santan yang diperoleh dari tumbuhan tidak mengandung kolesterol. Bahkan santan sebenarnya mengandung antioksidan dan berbagai vitamin yang baik. Tapi, proses pemasakan bisa menghancurkan nilai gizinya dan mengubah asam lemak yang dikandungnya menjadi lemak jenuh. Nah, jenis lemak ini yang berpotensi meningkatkan kolesterol jahat dalam darah.

Jika ingin memasak santan, kita perlu sangat hati-hati. Hindari memasaknya hingga mendidih agar tubuh terhindari dari risiko kolesterol tinggi dan penyakit berbahaya yang mengikutinya.

Jangan dipanaskan lagi berkali-kali

Selain memasaknya berlebihan, kita juga sebaiknya tidak memanaskan santan – apalagi hingga berulang-kali. Ketika membuat masakan bersantan, lebih baik buat porsi seperlunya dan langsung dihabiskan.

Ganti dengan bahan alternatif

Namun jika kita tidak mau mengambil risiko dan ingin mempertahankan diet tanpa santan, kita bisa menggunakan alternatif santan. Ada beberapa bahan yang bisa ditambahkan untuk mendapatkan tekstur dan rasa mirip santan. Salah satunya adalah FiberCreme, krimer serbaguna yang tinggi serat, rendah lemak, rendah kalori, rendah gula dan mengandung 0mg kolesterol per takaran sajinya.

 

FiberCreme dibuat dari sumber serat pangan oligosakarida yang diolah dengan minyak kelapa sehat untuk menghasilkan rasa creamy dan gurih khas santan. Selain lebih stabil menjaga kadar kolesterol, FiberCreme yang berbentuk bubuk juga lebih pratis karena bisa digunakan kapanpun. Ditambah lagi krimer ini aman saat dimasak dalam suhu tinggi dan dipanaskan hingga berulang kali.

 

Ingin tahu lebih banyak tentang cara pakai FiberCreme? Ikuti @FiberCreme di Instagram yuk. Temukan juga resep-resep yang dibuat menggunakan produk ini di @FiberCreme_TV atau channel FiberCreme di YouTube.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. 5 Tips Agar Bebas Dari Kolesterol Ketika Ramadan - […] Cara memasak makanan bersantan juga bisa berpengaruh. Sebaiknya hindari memasak santan hingga mendidih atau memanaskannya berulang kali agar asam…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kompetisi Masak Berhadiah Jutaan Rupiah

fibercreme recook competition 8

Artikel Terbaru

Pengganti Gizi Seimbang 4 Sehat 5 Sempurna

Generasi tahun 90-an atau awal 2000 pasti sudah tidak asing dengan pola makan gizi seimbang 4 sehat 5 sempurna. Menurut pola makan ini, gizi seimbang bisa dicapai jika setiap hari kita mengonsumsi makanan pokok, lauk-pauk, sayur-mayur, buah-buahan, dan susu. Selama...

5 Bahan Pengganti Santan yang Lebih Sehat

Jika dikonsumsi berlebihan, santan bisa berdampak buruk lho buat kesehatan. Dampaknya, jika dikonsumsi berlebihan dalam jangka panjang, santan bisa meningkatkan resiko obesitas. Sementara itu, penderita obesitas akan lebih rentan terserang berbagai penyakit seperti...

Resep Terbaru

Resep Mie Gacoan
Resep Mie Gacoan

  Resep Mie Gacoan Yang doyan jajan mie gacoan berlevel-level, yuk mampir ke dapur Mbok! Khusus buat kalian, hari ini Mbok udah bikinin resep yang gak kalah sama yang dijual-jual itu. Malah bisa saingan, karena mie gacoan ini dijamin si Mbok pasti lebih enak,...

Resep Sekoteng Sederhana
Resep Sekoteng Sederhana

  Resep Sekoteng Sederhana Ada yang suka kangen sama minuman ini? Kalau gitu bikin sendiri di rumah yuk! Pakai resep praktis ini aja! Terinspirasi dari resep @yudabustara, dengan sedikit sentuhan ala @FiberCreme, sekoteng ini bukan hanya lebih mudah, tapi jadi...

Resep Racikan Sehat FiberCreme Wedang Madu
Resep Racikan Sehat FiberCreme Wedang Madu

  Resep Racikan Sehat FiberCreme Wedang Madu Yuk bikin racikan super mudah dan sehat ala FiberCreme ini, yang bisa buat pencernaanmu sehat dan imunitasmu kuat. 18 gram FiberCreme25 ml madu120 ml air hangat seduh semua bahan hingga larut merata wedang madu...

Resep Rainbow Angsle
Resep Rainbow Angsle

Resep Rainbow Anglse Angsle memang bisa bikin badan lebih hangat lho, terutama ketika dikonsumsi malam-malam. Tapi angsle istimewa ala FiberCreme_TV ini juga bisa bikin suasana lebih ceria karena warna-warni cantiknya. Udah gitu, bisa bikin lebih sehat karena dibuat...

Resep Bajigur Tanpa Santan
Resep Bajigur Tanpa Santan

Resep Bajigur Tanpa Santan Cari sesuatu yang berbeda untuk rutinitas kamu di malam hari? Ini dia minuman menyegarkan yang simpel dan kamu bisa coba sendiri di rumah. Kamu bisa nyobain bajigur ini dengan menggunakan @FiberCreme pengganti santan yang tinggi serat,...