Bisa Makan Bersantan Tanpa Menaikkan Kolesterol? Ikuti 5 Cara Ini

Feb 19, 2021 | Artikel | 0 Komentar

makanan bersantan

Siapa yang tidak kenal santan, salah satu bahan yang umum ditemui pada berbagai masakan sehari-hari, masakan bersantan banyak ditemui di Indonesia khususnya pada masakan tradisional. Dihasilkan dari parutan daging buah kelapa, santan secara turun-temurun sudah digunakan pada berbagai jenis makanan untuk membuat rasanya lebih gurih dan enak.

Tapi ternyata banyak juga orang yang tidak bisa menikmati lezatnya santan. Dengan kandungan lemak dan kalori yang terbilang tinggi, santan seringkali dikaitkan dengan kenaikan kolesterol dan obesitas. Apabila tidak dikendalikan, dua hal ini bisa mengakibatkan berbagai penyakit kronis yang mengancam nyawa. Kalau sudah telanjur memiliki riwayat kolesterol tinggi, maka hal yang paling umum kita lakukan adalah menghindari santan dan masakan apapun yang dibuat dengan santan.

Padahal kita tidak perlu sampai menghindari santan sama sekali demi mengontrol kadar kolesterol. Kita masih bisa menikmati makanan-makanan bersantan kok, asal melakukan beberapa penyesuaian seperti 5 cara di bawah ini.

Batasi konsumsinya

Sebagai bahan masakan yang secara tradisional banyak digunakan di keseharian, santan pasti sangat sulit ditolak. Tidak masalah kalau sesekali mengonsumsinya. Menurut ahli, pembatasan seminggu sekali cukup kok untuk memuaskan keinginan makan santan sekaligus menjaga kadar kolesterol tetap stabil.

Hindari bahan pemicu kolesterol lain

Santan pada makanan bukan satu-satunya pemicu kolesterol naik. Bahan-bahan makanan lain seperti daging berlemak, jeroan, serta minyak berlebih yang dimasak bersama santan bisa sama berpengaruhnya. Ditambah lagi kebiasaan kita adalah mengonsumsi makanan bersantan bersama nasi yang tinggi karbohidrat dan gula.

Jadi kalau ingin menikmati makanan bersantan dengan lebih nyaman, kurangi juga penggunaan bahan-bahan masakan pemicu kolesterol seperti disebut di atas.

Masak dengan benar

Secara alami, santan yang diperoleh dari tumbuhan tidak mengandung kolesterol. Bahkan santan sebenarnya mengandung antioksidan dan berbagai vitamin yang baik. Tapi, proses pemasakan bisa menghancurkan nilai gizinya dan mengubah asam lemak yang dikandungnya menjadi lemak jenuh. Nah, jenis lemak ini yang berpotensi meningkatkan kolesterol jahat dalam darah.

Jika ingin memasak santan, kita perlu sangat hati-hati. Hindari memasaknya hingga mendidih agar tubuh terhindari dari risiko kolesterol tinggi dan penyakit berbahaya yang mengikutinya.

Jangan dipanaskan lagi berkali-kali

Selain memasaknya berlebihan, kita juga sebaiknya tidak memanaskan santan – apalagi hingga berulang-kali. Ketika membuat masakan bersantan, lebih baik buat porsi seperlunya dan langsung dihabiskan.

Ganti dengan bahan alternatif

Namun jika kita tidak mau mengambil risiko dan ingin mempertahankan diet tanpa santan, kita bisa menggunakan alternatif santan. Ada beberapa bahan yang bisa ditambahkan untuk mendapatkan tekstur dan rasa mirip santan. Salah satunya adalah FiberCreme, krimer serbaguna yang tinggi serat, rendah lemak, rendah kalori, rendah gula dan mengandung 0mg kolesterol per takaran sajinya.

 

FiberCreme dibuat dari sumber serat pangan oligosakarida yang diolah dengan minyak kelapa sehat untuk menghasilkan rasa creamy dan gurih khas santan. Selain lebih stabil menjaga kadar kolesterol, FiberCreme yang berbentuk bubuk juga lebih pratis karena bisa digunakan kapanpun. Ditambah lagi krimer ini aman saat dimasak dalam suhu tinggi dan dipanaskan hingga berulang kali.

 

Ingin tahu lebih banyak tentang cara pakai FiberCreme? Ikuti @FiberCreme di Instagram yuk. Temukan juga resep-resep yang dibuat menggunakan produk ini di @FiberCreme_TV atau channel FiberCreme di YouTube.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. 5 Tips Agar Bebas Dari Kolesterol Ketika Ramadan - […] Cara memasak makanan bersantan juga bisa berpengaruh. Sebaiknya hindari memasak santan hingga mendidih atau memanaskannya berulang kali agar asam…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kompetisi Masak Berhadiah Jutaan Rupiah

banner fibercreme recook 6

Artikel Terbaru

20 Ide Resep Lebaran Tanpa Santan, Lebih Tinggi Serat Pasti Sehat

Idul Fitri sudah tinggal menghitung hari. Kemudian, Selain mempersiapkan baju baru untuk seluruh keluarga, kita mungkin sudah sibuk membuat sajian khas lebaran kan? Setelah satu bulan berpuasa, lebaran memang jadi momen yang tepat untuk makan-makan bersama. Apalagi...

Resep Nastar Terbaik: Tanpa Ribet, Lembut, dan Anti Gagal

Kue nastar adalah salah satu kue yang wajib ada saat perayaan keagamaan, termasuk juga Idul Fitri. Kue yang umumnya berbentuk bulat dengan isian selai nanas ini memang dengan mudah bisa didapatkan dimanapun, terutama di bulan Ramadan. Pasti Anda akan banyak menemukan...

Lebaran Bebas Santan: Resep Kastengel Keju Lumer Paling Praktis

Ramadan hanya tinggal menghitung hari. Meski puasa, pasti bakal banyak yang sibuk di dapur untuk persiapan lebaran. Dan salah satu persiapan lebaran ala orang Indonesia adalah bikin kue kering. Kue kering yang dibuat pun bermacam-macam, termasuk salah satunya adalah...

20 Resep Masakan Rumahan Indonesia Ala William Wongso

Indonesia adalah surganya makanan enak. Dari Sabang hingga Merauke, tiap daerah punya makanan tradisional sendiri dengan ciri khas masing-masing. Meski berbeda-beda, umumnya masakan Indonesia punya rasa yang lezat dan kuat berkat penggunaan bumbu dan rempah yang kaya...

Resep Terbaru

Resep Minuman: Es Campur Medan
Resep Minuman: Es Campur Medan

  Es Campur Medan Anak muda Indonesia udah tau belum kalau Medan juga punya es campur yang gak kalah heboh dengan es campur dari daerah lain? Tapi gak usah buru-buru ke Medan cuma buat nyari es campurnya, karena pakar kuliner Nusantara @williamwongso punya resep...

Resep Air Mata Pengantin
Resep Air Mata Pengantin

  Air Mata Pengantin Untuk Ide Jualan Namanya doang yang kedengerah sedih. Aslinya, minuman ini meriah banget. Jadi pengen bikin kan? Ikutin resep Air Mata Pengantin yang super creamy ala FiberCreme ini aja. Tonton video di atas sampai selesai ya untuk mulai...

Resep Buko Pandan
Resep Buko Pandan

  Buko Pandan Super Creamy dan Ekonomis Tanpa Whipped Cream Ada yang udah pernah cobain unik dan lezatnya buko pandan? Dessert khas Filipina ini emang lagi rame banget belakangan ini. Tapi kalau kamu belum sempet ikutan hype-nya, coba bikin sendiri yuk pakai...

Resep King Mango
Resep King Mango

  King Mango Pastinya tahu 'kan dengan minuman kekinian yang lagi hits dimana-mana ini? Daripada belinya ngantre, tak ada salahnya jika buat sendiri. Bahkan, kamu bisa kreasikan sesuai selera. Misalnya, dengan menambahkan FiberCreme untuk menambah rasa...

Resep Fresh Lychee Snow Princess
Resep Fresh Lychee Snow Princess

  Fresh Lychee Snow Princess Cuaca semakin cerah! Bikin minuman seger yuk! Yups, Fresh Lychee Snow Princess salah satunya. Buatnya sangat sederhana. Mau rasa yang beda dari biasanya? Tentu, dengan menambahkan FiberCreme di minuman kamu pastinya akan membuat jauh...