Bisa Makan Bersantan Tanpa Menaikkan Kolesterol? Ikuti 5 Cara Ini

Feb 19, 2021 | Artikel | 0 Komentar

makanan bersantan

Siapa yang tidak kenal santan, salah satu bahan yang umum ditemui pada berbagai masakan sehari-hari, masakan bersantan banyak ditemui di Indonesia khususnya pada masakan tradisional. Dihasilkan dari parutan daging buah kelapa, santan secara turun-temurun sudah digunakan pada berbagai jenis makanan untuk membuat rasanya lebih gurih dan enak.

Tapi ternyata banyak juga orang yang tidak bisa menikmati lezatnya santan. Dengan kandungan lemak dan kalori yang terbilang tinggi, santan seringkali dikaitkan dengan kenaikan kolesterol dan obesitas. Apabila tidak dikendalikan, dua hal ini bisa mengakibatkan berbagai penyakit kronis yang mengancam nyawa. Kalau sudah telanjur memiliki riwayat kolesterol tinggi, maka hal yang paling umum kita lakukan adalah menghindari santan dan masakan apapun yang dibuat dengan santan.

Padahal kita tidak perlu sampai menghindari santan sama sekali demi mengontrol kadar kolesterol. Kita masih bisa menikmati makanan-makanan bersantan kok, asal melakukan beberapa penyesuaian seperti 5 cara di bawah ini.

Batasi konsumsinya

Sebagai bahan masakan yang secara tradisional banyak digunakan di keseharian, santan pasti sangat sulit ditolak. Tidak masalah kalau sesekali mengonsumsinya. Menurut ahli, pembatasan seminggu sekali cukup kok untuk memuaskan keinginan makan santan sekaligus menjaga kadar kolesterol tetap stabil.

Hindari bahan pemicu kolesterol lain

Santan pada makanan bukan satu-satunya pemicu kolesterol naik. Bahan-bahan makanan lain seperti daging berlemak, jeroan, serta minyak berlebih yang dimasak bersama santan bisa sama berpengaruhnya. Ditambah lagi kebiasaan kita adalah mengonsumsi makanan bersantan bersama nasi yang tinggi karbohidrat dan gula.

Jadi kalau ingin menikmati makanan bersantan dengan lebih nyaman, kurangi juga penggunaan bahan-bahan masakan pemicu kolesterol seperti disebut di atas.

Masak dengan benar

Secara alami, santan yang diperoleh dari tumbuhan tidak mengandung kolesterol. Bahkan santan sebenarnya mengandung antioksidan dan berbagai vitamin yang baik. Tapi, proses pemasakan bisa menghancurkan nilai gizinya dan mengubah asam lemak yang dikandungnya menjadi lemak jenuh. Nah, jenis lemak ini yang berpotensi meningkatkan kolesterol jahat dalam darah.

Jika ingin memasak santan, kita perlu sangat hati-hati. Hindari memasaknya hingga mendidih agar tubuh terhindari dari risiko kolesterol tinggi dan penyakit berbahaya yang mengikutinya.

Jangan dipanaskan lagi berkali-kali

Selain memasaknya berlebihan, kita juga sebaiknya tidak memanaskan santan – apalagi hingga berulang-kali. Ketika membuat masakan bersantan, lebih baik buat porsi seperlunya dan langsung dihabiskan.

Ganti dengan bahan alternatif

Namun jika kita tidak mau mengambil risiko dan ingin mempertahankan diet tanpa santan, kita bisa menggunakan alternatif santan. Ada beberapa bahan yang bisa ditambahkan untuk mendapatkan tekstur dan rasa mirip santan. Salah satunya adalah FiberCreme, krimer serbaguna yang tinggi serat, rendah lemak, rendah kalori, rendah gula dan mengandung 0mg kolesterol per takaran sajinya.

 

FiberCreme dibuat dari sumber serat pangan oligosakarida yang diolah dengan minyak kelapa sehat untuk menghasilkan rasa creamy dan gurih khas santan. Selain lebih stabil menjaga kadar kolesterol, FiberCreme yang berbentuk bubuk juga lebih pratis karena bisa digunakan kapanpun. Ditambah lagi krimer ini aman saat dimasak dalam suhu tinggi dan dipanaskan hingga berulang kali.

 

Ingin tahu lebih banyak tentang cara pakai FiberCreme? Ikuti @FiberCreme di Instagram yuk. Temukan juga resep-resep yang dibuat menggunakan produk ini di @FiberCreme_TV atau channel FiberCreme di YouTube.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gak Ada Keluarga Penderita Diabetes, Boleh Tenang?

Pernah denger orang dengan keturunan diabetes memiliki resiko lebih tinggi terkena diabetes kan? Eits cek dulu kebenarannya!

Mending Makan atau Kelaparan Saat Diet?

Happy nggak kalau ternyata diet itu nggak harus nahan lapar lho! Eh yang bener…

Menghindari Lemak Justru Berbahaya!

Lemak dicap sebagai salah satu bagian paling berbahaya pada makanan. Padahal, gak semua lemak berbahaya dan harus dihindari.

Kebanyakan Pakai Hand Sanitizer Antibakteri Bisa Berujung Ini…

Menjaga tangan selalu bersih dengan berlebihan memakai sabun atau hand sanitizer antibakteri ternyata gak baik lho. Masa sih?

Es Krim Bikin Batuk? Kamu Dibohongi!

Seringkali ketika kita sakit, kita gak diperbolehkan makan es krim. Untungnya ternyata ini nggak benar….

Bisul Bukan Akibat dari Makan Telur!

Pernah dengar larangan makan telur terlalu banyak agar gak bisulan? Larangan ini ternyata tidak sepenuhnya benar lho!

Keju Berjamur Tanda Harus Dibuang?

Kalau gak disimpan dengan benar, keju yang sudah dibuka kemasannya bisa rusak lho. Keju berjamur apakah masih bisa dikonsumsi?

Demam Jangan Salahkan Cuaca Dingin, Tapi…

Cuaca dingin sering dibilang penyebab kamu kena demam. Nyatanya cuaca bisa jadi faktor pendukung, tapi bukan penyebab utama.

Mata Minus, Karena Sering Nonton TV Terlalu Dekat?

Nonton tv terlalu dekat memang menyebabkan mata bekerja lebih keras, tapi tidak sampai membuat fungsi penglihatan berkurang.

Cara Kamu Mengatasi Luka Bakar Ternyata Bikin Makin Parah!

Cara apa yang biasa kamu gunakan untuk meredakan luka bakar? Kalau biasanya meredakan nyerinya dengan menempelkan es batu ke lukanya…

Terbaru

Resep Dessert Box Tiramisu

  Resep Dessert Box Tiramisu DESSERT BOX TIRAMISU, IDE JUALAN UNTUNG GEDE! Biar semua anggota keluarga bisa menikmati lebih leluasa, pastikan kamu pakai @FiberCreme yang bebas laktosa, rendah gula, rendah lemak, dan rendah kalori ya. Selain dinikmati sendiri,...

Tahu Berbau Busuk? Jangan Dibuang Dulu, Selamatkan Dengan Cara ini!

Siapa yang tidak kenal tahu? Bahan makanan yang satu ini jadi salah satu andalan keluarga di seluruh Indonesia karena rasanya yang lezat, mudah diolah jadi apapun, dan terutama karena harganya yang terjangkau. Makanya sering kali kita membeli tahu dalam jumlah banyak...

Selan Ovalet, SP, dan TBM, 5 Bahan Ini Juga Bisa Buat Kue Lebih Lembut

Anda yang hobi membuat kue, terutama yang bertekstur empuk seperti cake atau bolu, pasti sudah tidak asing dengan pengemulsi. Bahan-bahan seperi Ovalet, SP, dan TBM mungkin sudah selalu tersedia di kulkas agar Anda bisa berkreasi kapanpun Anda mau. Karena seperti yang...

FiberCreme Online Store