Lebaran Bebas Santan: Resep Kastengel Keju Lumer Paling Praktis

Apr 12, 2021 | Artikel, Ide Jualan, Resep | 0 Komentar

Ramadan hanya tinggal menghitung hari. Meski puasa, pasti bakal banyak yang sibuk di dapur untuk persiapan lebaran. Dan salah satu persiapan lebaran ala orang Indonesia adalah bikin kue kering. Kue kering yang dibuat pun bermacam-macam, termasuk salah satunya adalah kastengel keju.

Kastengel sendiri sebenarnya berasal dari Belanda, Nama aslinya adalah kaasstengels, dimana kaas berarti keju dan stengels berarti stik. Jadi secara harfiah, kastengel punya arti stik keju.

Berbeda dengan kaasstengels khas Belanda, kastengel yang kita kenal tentunya sudah mengalami berbagai perubahan. Kaastengels asli Belanda umumnya dibuat dengan pastry yang dipanggang dan diberi topping keju. Sementara itu, di Indonesia kastengel dibuat dengan tepung terigu, telur, mentega, dan keju. Bahan-bahan ini dicampur untuk membentu kue bertekstur kokoh, namun lumer di mulut.

Terdengar mudah ya membuat kastengel? Tapi jangan salah. Kalau tidak jago, salah resep, atau salah cara membuat, kastengel bisa jadi super keras atau justru sangat mudah hancur. Rasanya pun bisa jadi amburadul dan sangat tidak layak untuk disajikan pas lebaran.

Nah, supaya kita bisa sajikan kastengel yang mudah cara membuatnya, tapi tetap enak rasanya, simak resep berikut yuk. Jangan skip FiberCreme-nya, karena selain memperkaya rasanya krimer serbaguna ini juga membuat kue lebih tinggi serat. Dan karena bebas laktosa, FiberCreme yang menggantikan fungsi susu di banyak resep juga bikin kastengelmu lebih aman buat mereka yang punya intoleransi laktosa.

Resep Kastengel Mudah dan Gurih

Persiapan lebaran nanti, kue apa yang mau kamu sajikan di ruang tamu? Coba bikin kastengel ini yuk. Cara membuatnya pun mudah. Dengan menambahkan FiberCreme kedalamnya, kue kamu jadi lebih enak loh. Selain itu, kue kamu jadi lebih sehat karena tinggi serat. Siapa tahu tamu-tamu kamu terinspirasi mau bikin juga kan. #Beranicobamasak ngga? Yuk, buat momen indah di lebaran kamu nanti dengan FiberCreme pengganti santan tinggi serat.
Course Pastry
Cuisine Asian
Servings 50
Calories 63 kcal

Video

Bahan
  

  • 50 gr FiberCreme
  • 100 gr margarin
  • 100 gr mentega
  • ¼ sdt garam
  • 1 buah kuning telur
  • 225 gr tepung terigu protein rendah
  • 100 gr keju edam, parut, anginkan.

Bahan Olesan (Aduk Rata)

  • 3 buah kuning telur
  • ½ sdt madu

Bahan Taburan

  • 50 gr keju cheddar, parut

Cara Membuat
 

  • Kocok margarin, mentega dan garam 2 menit. Masukkan telur. Kocok rata.
  • Tambahkan FiberCreme dan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata. Masukkan keju edam. Aduk rata.
  • Pulung adonan bentuk panjang. Potong-potong 4 cm.
  • Oven dengan api bawah suhu 130˚ celcius 15 menit sampai setengah matang.
  • Oleskan bahan olesan, taburkan keju. Oven lagi dengan api bawah suhu 130˚ celcius 35 menit sampai matang.
Keyword Kastengel

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Resep Nastar Terbaik: Tanpa Ribet, Lembut, dan Anti Gagal - FiberCreme - […] dengan kastengel, nama kue nastar berasal dari bahasa Belanda yaitu, annanas atau nanas dan taart yang berarti tart […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recipe Rating




Kompetisi Masak Berhadiah Jutaan Rupiah

banner fibercreme recook 6

Artikel Terbaru

20 Ide Resep Lebaran Tanpa Santan, Lebih Tinggi Serat Pasti Sehat

Idul Fitri sudah tinggal menghitung hari. Kemudian, Selain mempersiapkan baju baru untuk seluruh keluarga, kita mungkin sudah sibuk membuat sajian khas lebaran kan? Setelah satu bulan berpuasa, lebaran memang jadi momen yang tepat untuk makan-makan bersama. Apalagi...

Resep Nastar Terbaik: Tanpa Ribet, Lembut, dan Anti Gagal

Kue nastar adalah salah satu kue yang wajib ada saat perayaan keagamaan, termasuk juga Idul Fitri. Kue yang umumnya berbentuk bulat dengan isian selai nanas ini memang dengan mudah bisa didapatkan dimanapun, terutama di bulan Ramadan. Pasti Anda akan banyak menemukan...

20 Resep Masakan Rumahan Indonesia Ala William Wongso

Indonesia adalah surganya makanan enak. Dari Sabang hingga Merauke, tiap daerah punya makanan tradisional sendiri dengan ciri khas masing-masing. Meski berbeda-beda, umumnya masakan Indonesia punya rasa yang lezat dan kuat berkat penggunaan bumbu dan rempah yang kaya...

Resep Terbaru

Resep Minuman: Es Campur Medan
Resep Minuman: Es Campur Medan

  Es Campur Medan Anak muda Indonesia udah tau belum kalau Medan juga punya es campur yang gak kalah heboh dengan es campur dari daerah lain? Tapi gak usah buru-buru ke Medan cuma buat nyari es campurnya, karena pakar kuliner Nusantara @williamwongso punya resep...

Resep Air Mata Pengantin
Resep Air Mata Pengantin

  Air Mata Pengantin Untuk Ide Jualan Namanya doang yang kedengerah sedih. Aslinya, minuman ini meriah banget. Jadi pengen bikin kan? Ikutin resep Air Mata Pengantin yang super creamy ala FiberCreme ini aja. Tonton video di atas sampai selesai ya untuk mulai...

Resep Buko Pandan
Resep Buko Pandan

  Buko Pandan Super Creamy dan Ekonomis Tanpa Whipped Cream Ada yang udah pernah cobain unik dan lezatnya buko pandan? Dessert khas Filipina ini emang lagi rame banget belakangan ini. Tapi kalau kamu belum sempet ikutan hype-nya, coba bikin sendiri yuk pakai...

Resep King Mango
Resep King Mango

  King Mango Pastinya tahu 'kan dengan minuman kekinian yang lagi hits dimana-mana ini? Daripada belinya ngantre, tak ada salahnya jika buat sendiri. Bahkan, kamu bisa kreasikan sesuai selera. Misalnya, dengan menambahkan FiberCreme untuk menambah rasa...

Resep Fresh Lychee Snow Princess
Resep Fresh Lychee Snow Princess

  Fresh Lychee Snow Princess Cuaca semakin cerah! Bikin minuman seger yuk! Yups, Fresh Lychee Snow Princess salah satunya. Buatnya sangat sederhana. Mau rasa yang beda dari biasanya? Tentu, dengan menambahkan FiberCreme di minuman kamu pastinya akan membuat jauh...