Lebaran Bebas Santan: Resep Kastengel Keju Lumer Paling Praktis

Apr 12, 2021 | Artikel, Ide Jualan, Resep | 1 Komentar

Ramadan hanya tinggal menghitung hari. Meski puasa, pasti bakal banyak yang sibuk di dapur untuk persiapan lebaran. Dan salah satu persiapan lebaran ala orang Indonesia adalah bikin kue kering. Kue kering yang dibuat pun bermacam-macam, termasuk salah satunya adalah kastengel keju.

Kastengel sendiri sebenarnya berasal dari Belanda, Nama aslinya adalah kaasstengels, dimana kaas berarti keju dan stengels berarti stik. Jadi secara harfiah, kastengel punya arti stik keju.

Berbeda dengan kaasstengels khas Belanda, kastengel yang kita kenal tentunya sudah mengalami berbagai perubahan. Kaastengels asli Belanda umumnya dibuat dengan pastry yang dipanggang dan diberi topping keju. Sementara itu, di Indonesia kastengel dibuat dengan tepung terigu, telur, mentega, dan keju. Bahan-bahan ini dicampur untuk membentu kue bertekstur kokoh, namun lumer di mulut.

Terdengar mudah ya membuat kastengel? Tapi jangan salah. Kalau tidak jago, salah resep, atau salah cara membuat, kastengel bisa jadi super keras atau justru sangat mudah hancur. Rasanya pun bisa jadi amburadul dan sangat tidak layak untuk disajikan pas lebaran.

Nah, supaya kita bisa sajikan kastengel yang mudah cara membuatnya, tapi tetap enak rasanya, simak resep berikut yuk. Jangan skip FiberCreme-nya, karena selain memperkaya rasanya krimer serbaguna ini juga membuat kue lebih tinggi serat. Dan karena bebas laktosa, FiberCreme yang menggantikan fungsi susu di banyak resep juga bikin kastengelmu lebih aman buat mereka yang punya intoleransi laktosa.

Resep Kastengel Mudah dan Gurih

Persiapan lebaran nanti, kue apa yang mau kamu sajikan di ruang tamu? Coba bikin kastengel ini yuk. Cara membuatnya pun mudah. Dengan menambahkan FiberCreme kedalamnya, kue kamu jadi lebih enak loh. Selain itu, kue kamu jadi lebih sehat karena tinggi serat. Siapa tahu tamu-tamu kamu terinspirasi mau bikin juga kan. #Beranicobamasak ngga? Yuk, buat momen indah di lebaran kamu nanti dengan FiberCreme pengganti santan tinggi serat.
Course Pastry
Cuisine Asian
Servings 50
Calories 63 kcal

Video

Bahan
  

  • 50 gr FiberCreme
  • 100 gr margarin
  • 100 gr mentega
  • ¼ sdt garam
  • 1 buah kuning telur
  • 225 gr tepung terigu protein rendah
  • 100 gr keju edam, parut, anginkan.

Bahan Olesan (Aduk Rata)

  • 3 buah kuning telur
  • ½ sdt madu

Bahan Taburan

  • 50 gr keju cheddar, parut

Cara Membuat
 

  • Kocok margarin, mentega dan garam 2 menit. Masukkan telur. Kocok rata.
  • Tambahkan FiberCreme dan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata. Masukkan keju edam. Aduk rata.
  • Pulung adonan bentuk panjang. Potong-potong 4 cm.
  • Oven dengan api bawah suhu 130˚ celcius 15 menit sampai setengah matang.
  • Oleskan bahan olesan, taburkan keju. Oven lagi dengan api bawah suhu 130˚ celcius 35 menit sampai matang.
Keyword Kastengel

Beli FiberCreme di Sini

1 Komentar

  1. Reza Rinaldi

    cara membuat kastengel yang renya renyah tetapi lumer di mulut terbilang gampang susah.kalau kamu mengikuti resep kue kering yang sudah teruji,pastikan untuk mengikuti takaran bahan yang pas.adaw penggunaan keju yang membuat cita rasa dan wangi kue kering terasa menggugah selera.simak aja resep kastengel dari buku resep di link ini https://kulinerekstrim.com/

    Balas

Trackbacks/Pingbacks

  1. Resep Nastar Terbaik: Tanpa Ribet, Lembut, dan Anti Gagal - FiberCreme - […] dengan kastengel, nama kue nastar berasal dari bahasa Belanda yaitu, annanas atau nanas dan taart yang berarti tart […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recipe Rating




Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...