Resep Empal Gentong Empuk & Creamy

Sore semua, sudah punya ide mau makan apa nanti malam? Empal gentong adalah ide yang bagus buat kamu semua. Cocok juga disantap saat sahur nanti loh. Menu ini sangat enak karena pakai FiberCreme pengganti santan tinggi serat. #Beranicobamasak​ menu yang direkomendasikan oleh chef professional William Wongso ini? FiberCreme ngga hanya enak tapi juga ngga bikin makanan kamu mudah basi dan kamu akan terasa kenyang lebih lama.
5 from 1 vote
Course Main Course
Cuisine Asian
Servings 4
Calories 259 kcal

Video

Bahan
  

  • 30 gr FiberCreme
  • 250 gr daging sapi shangkel
  • 4 pcs cengkeh
  • 4 gr kayu manis
  • 4 pcs kapulaga
  • 1 pcs kembang lawang
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 2 lembar daun salam
  • 20 gr lengkuas
  • 5 gr gula jawa
  • 1 sdm air asam jawa
  • ½ sdt garam
  • liter air

Bumbu Halus

  • 30 gr bawang merah
  • 20 gr bawang putih
  • 15 gr butir kemiri sangrai
  • 8 gr ruas jari kunyit
  • ½ gr merica butiran
  • 50 ml minyak goreng

Condimen

  • Irisan daun kuaci
  • Bawang goreng
  • Sambal cabe kering
  • Lontong

Cara Membuat
 

  • Rebus daging lalu buang airnya, iris dagingnya sesuai selera.
  • Didihkan kembali air, masukan irisan daging, masukan daun salam dan garam hingga mendidih.
  • Tumis bumbu halus, masukkan kayu manis, kembang lawang, cengkeh, kapulaga, daun jeruk, lengkuas. Tumis sampai bumbu matang dan harum.
  • Masukkan tumisan bumbu halus kedalam panic, tambahkan gula jawa dan air asam, masak hingga daging matang dan empuk.
  • Masukan FiberCreme masak lagi sebentar. Angkat, sajikan bersama condimen di atas.
Keyword Empal Gentong

1 Komentar

  1. Ikka

    5 stars
    Enak ni

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recipe Rating




Kursus Masak Online Gratis

Resep Terbaru

Resep Lasagna Saus Rendah

  Resep Lasagna Saus Rendang Omong-omong tentang makanan Indonesia dan barat, @FiberCreme punya resep fusion nih yang memadukan keduanya. Resep Lasagna saus rendang yang asalnya dari Italia ternyata bisa dibikin “Indonesia” banget dengan isian rendang khas...

Resep Steak Tempe
Resep Steak Tempe

  Resep Steak Tempe Steak biasanya identik dengan daging merah dan harga yang mahal. Tapi itu kan biasanya. Kamu bisa #NikmatiHidup dengan steak yang enggak biasa kok! Bikin sendiri aja yuk, pakai resep Steak Tempe dari @FiberCreme_TV ini. 15 gram FiberCreme250...

Resep Tempe Masak Lokio Pedas
Resep Tempe Masak Lokio Pedas

  Resep Tempe Masak Lokio Pedas Resep tempe masak lokio pedas coba recook dengan FiberCreme yuk untuk menambahkan rasa creamy dan lebih sehat! Tonton sampai habis videonya ya, agar kamu berhasil membuat tempe masak lokio pedas dengan FiberCreme. Jangan lupa...

Resep Tempe Bumbu Rujak
Resep Tempe Bumbu Rujak

  Resep Tempe Bumbu Rujak Sederhana bukan berarti gak bisa menarik. Contohnya Tempe Bumbu Rujak ini, yang bisa kamu coba bikin dirumah pakai resep di atas. Biarpun terbuat dari tempe tetep menggoda selera makan kan? Biar lebih lezat dan creamy tanpa lemak dan...

Resep Sayur Tempe Lombok Ijo
Resep Sayur Tempe Lombok Ijo

  Resep Sayur Tempe Lombok Ijo FiberCreme punya resep Sayur Lombok Ijo tanpa santan yang super mudah dan praktis nih. Sayur ini dibikin dengan pengganti santan tinggi serat FiberCreme ya. Selain lebih creamy dan lezat, FiberCreme juga bikin sayurnya lebih tahan...