Resep Ayam Lodho Tulungagung

Tulungagung juga punya makanan khas dengan bahan baku ayam. Namanya Ayam Lodho, yang terkenal gurih & punya kuah santan yg kental. Bagi yg gk bisa makan santan, tenang aja karena FiberCreme punya resep ayam lodho khas Tulungagung yg bebas dari santan. Gantinya, resep ini menggunakan FiberCreme yang sama2 creamy & enak, tapi mengandung jauh lebih rendah lemak, kalori & lebih tinggi serat.
5 from 1 vote
Course Main Course
Cuisine Asian
Servings 7
Calories 314 kcal

Video

Bahan
  

  • 70 gr FiberCreme
  • 700 gr ayam
  • 5 gr garam
  • 700 ml air
  • 30 ml minyak untuk menumis
  • 10 buah cabai rawit
  • 3 cm lengkuas iris kasar
  • 3 batang serai
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 2 lembar daun salam

Bumbu Halus

  • 50 gr bawang merah
  • 50 gr bawang putih
  • 5 cm kunyit
  • 4 cm jahe
  • 2 cm kencur
  • 2 biji cabai merah rebus
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdt jintan

Cara Membuat
 

  • Belah ayam dr bagian dada depan ke bawah, lalu bentangkan ayam hingga terbuka lebar ( seperti membuat ayam ikung ) atau potong sesuai selera.
  • Lumuri garam & bakar di atas bara api hingga setengah matang.
  • Tumis bumbu halus, aduk hingga wangi & matang.
  • Tambahkan cabai rawit, lengkuas, serai, daun jeruk purut & daun salam. aduk rata hingga wangi.
  • Tambahkan FiberCreme & air ke dalam tumisan , aduk rata & tunggu hingga mendidih.
  • Masukkan ayam yg sdh di bakar ke dlm wajan, masak dgn api kecil sampai mendidih & kuahnya menjadi sangat kental (dalam bahasa Jawa disebut: mblondho).
  • Sebaiknya masakan ini disimpan semalam, & dipanaskan kembali keesokan hari untuk disantap dgn nasi gurih (nasi uduk) & urap sayur.
Keyword Ayam Lodho

2 Komentar

  1. Dian Putri

    5 stars
    Udah coba recook ini mantap parah keluargaku sukaaa thanks FiberCreme šŸ™‚

    Balas
    • Sabrina

      Wah hasil recooknya bisa banget untuk diposting dan tag kita di Instagaram @FiberCreme @FiberCreme_story dan juga @FiberCreme_TV loh kak

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recipe Rating




Kursus Masak Online Gratis

Resep Terbaru

Resep Lasagna Saus Rendah

  Resep Lasagna Saus Rendang Omong-omong tentang makanan Indonesia dan barat, @FiberCreme punya resep fusion nih yang memadukan keduanya. Resep Lasagna saus rendang yang asalnya dari Italia ternyata bisa dibikin ā€œIndonesiaā€ banget dengan isian rendang khas...

Resep Steak Tempe
Resep Steak Tempe

  Resep Steak Tempe Steak biasanya identik dengan daging merah dan harga yang mahal. Tapi itu kan biasanya. Kamu bisaĀ #NikmatiHidupĀ dengan steak yang enggak biasa kok! Bikin sendiri aja yuk, pakai resep Steak Tempe dariĀ @FiberCreme_TVĀ ini. 15 gram FiberCreme250...

Resep Tempe Masak Lokio Pedas
Resep Tempe Masak Lokio Pedas

  Resep Tempe Masak Lokio Pedas Resep tempe masak lokio pedas coba recook dengan FiberCreme yuk untuk menambahkan rasa creamy dan lebih sehat! Tonton sampai habis videonya ya, agar kamu berhasil membuat tempe masak lokio pedas dengan FiberCreme. Jangan lupa...

Resep Tempe Bumbu Rujak
Resep Tempe Bumbu Rujak

  Resep Tempe Bumbu Rujak Sederhana bukan berarti gak bisa menarik. Contohnya Tempe Bumbu Rujak ini, yang bisa kamu coba bikin dirumah pakai resep di atas. Biarpun terbuat dari tempe tetep menggoda selera makan kan? Biar lebih lezat dan creamy tanpa lemak dan...

Resep Sayur Tempe Lombok Ijo
Resep Sayur Tempe Lombok Ijo

  Resep Sayur Tempe Lombok Ijo FiberCreme punya resep Sayur Lombok Ijo tanpa santan yang super mudah dan praktis nih. Sayur ini dibikin dengan pengganti santan tinggi serat FiberCreme ya. Selain lebih creamy dan lezat, FiberCreme juga bikin sayurnya lebih tahan...