10 Ide Hidangan Sayur Lezat Peningkat Imunitas

Agu 16, 2021 | Artikel, Update | 4 Komentar

Makanan sehat adalah kebutuhan utama setiap orang, apalagi kala memperkuat imunitas jadi priotitas seperti saat ini. Dan sayur-mayur menjadi salah satu makanan yang paling direkomendasikan agar kita memperoleh nutrisi seimbang sehingga daya tahan tubuh bisa terjaga.

Tapi sayur memiliki banyak jenis. Walau semua jenis rata-rata diklaim baik untuk menjaga kesehatan, ada beberapa yang unggul kalau berhubungan dengan imunitas. Apa saja sayuran tersebut?

Brokoli

Brokoli memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan mineral. Beberapa diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan zat antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Tapi kandungan gizi ini bisa hilang setelah melalui proses pemasana yang panjang. Jadi cara terbaik mempertahankan nutisinya adalah lewat pemasakan yang sederhana, seperti dikukus. Cara masak lain juga diperbolehkan asal brokoli tidak dibiarkan dalam suhu tinggi terlalu lama.

Bayam

Mirip seperti brokoli, bayam memiiki kandungan vitamin C, vitamin E, dan antioksidan yang tinggi. Maka, mengonsumsi bayam sangat disarankan untuk meningkatkan imunitas. Selain kedua zat tersebut, bayam juga mengandung flavonoid yang efektif mencegah flu biasa pada orang sehat.

Namun sama juga seperti brokoli, kandungan nutrisi pada bayam mudah rusak jika sayuran ini dimasak terlalu lama di suhu tinggi. Jadi cara terbaik memasak bayam adalah memasukkannya ke air mendidih atau kuah sebentar saja sebelum makanan disajikan.

Tomat

Selain vitamin C, tomat juga kaya akan vitamin A, B, dan K, serta antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit. Bukan hanya itu, tomat juga mengandung kalium yang bisa menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh dan membantu menjaga kesehatan jantung.

Agar bisa memberi manfaat yang maksimal, tomat sebaiknya tidak perlu dimasak. Cukup bersihkan kulit luarnya, tomat bisa langsung dimakan bersama dengan bijinya. Tapi kalau kalian tidak suka, tomat bisa juga diolah jadi salad atau diblender jadi smoothies.

Cabai

Cabai adalah sayuran lain yang punya kandungan vitamin C cukup tinggi. Dalam satu buah cabai merah terdapat 65 mg vitamin C yang mencukupi 72% kebutuhan harian kita.

Zat penting lain yang terkandung dalam cabai adalah capsaicin. Bukan hanya menimbulkan rasa pedas, capsaicin ternyata berguna untuk meredakan rasa nyeri, menurunkan kolesterol, dan mencegah penyakit jantung.

Tapi kalian harus tetap berhati-hati saat mengonsumsi cabai. Karena jika berlebihan, cabai bisa menimbulkan gangguan pencernaan.

Paprika merah

Paprika merah adalah salah satu sayuran yang memiliki kandungan vitamin C terrtinggi. Bahkan lebih tinggi dari buah jeruk. Menurut Health Line, dengan berat yang sama, paprika merah mengandung 3 kali lebih banyak vitamin C daripada jeruk Florida.

Paprika juga bersifat anti-inflamasi, sehingga bisa membantu meredakan pembengkakan dan nyeri. Selain itu, kandungan seratnya yang tinggi bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan dan sistem imun yang ada di dalamnya.

Masih sulit makan sayuran?

Walaupun banyak manfaatnya, mungkin masih banyak dari kita yang sulit mengonsumsi sayur. Agar lebih bersemangat makan sayurnya, yuk coba olah dengan resep-resep ala FiberCreme dan ikutin FiberCreme Recook Competition! Siapa tahu kamu menang dan bisa bawa pulang hadiah keren bertotal Rp 15 juta dari Joseph Josep dan FiberCreme.

Yuk cek resep-resep berbahan dasar sayur dari Instagram @FiberCreme_TV atau channel YouTube FiberCreme! Atau scroll untuk intip 10 inspirasi hidangan sayur-mayur di bawah ini!

Resep Sayur Tempe Lombo Ijo Tanpa Santan

Resep Sayur Lombok Ijo
Cek Resep dan Videonya
Sayur tempe lombok ijo

Resep Lontong Sayur Tanpa Santan

Resep Lontong Sayur
5 from 1 vote
Cek Resep dan Videonya
Lontong Sayur

Resep Lodeh Labu Siam

Resep Lodeh Labu Siam
5 from 1 vote
Cek Resep dan Videonya
Lodeh Labu Siam

Resep Sayur Lombok Pedas dan Gurih

Resep Sayur Lombok Pedas dan Gurih
5 from 1 vote
Cek Resep dan Videonya
Sayur Lombok FiberCreme

Resep Sayur Rumpu Rampe

Sayur Rumpu Rampe
5 from 1 vote
Cek Resep dan Videonya
Sayur RUmpu Rampe

Sayur Lodeh Aceh ala FiberCreme

Sayur Lodeh Aceh Ala FiberCreme
Cek Resep dan Videonya
Sayur Lodeh Aceh

Sayur Putungo Tanpa Santan

Sayur Putungo Tanpa Santan
5 from 1 vote
Cek Resep dan Videonya
Sayur Patungo

Sayur Pare Bugis

Sayur Pare Bugis
5 from 1 vote
Cek Resep dan Videonya
Sayur Pare Bugis

Sayur Belimbing Wuluh Segar

Sayur Belimbing Wuluh Segar & Praktis
Cek Resep dan Videonya
Sayur Belimbing Wuluh

Lumpia Ayam Sayur

Lumpia Ayam Sayur
Cek Resep dan Videonya
Lumpia Ayam Sayur

 

4 Komentar

  1. Yusninda Nora

    Semua hidangan sayur nya enak semua dan kesukaan keluarga jadi penasaran pingin recook hidangan tanpa santan dari fiber cream

    Balas
    • Rosa

      Hallo kak, yuk langsung direcook dan bisa dikompetisikan juga loh! Kaka bisa berkesempatan mendapatkan total hadiah hingga 15 Juta. Jadi, tunggu apalagi. Cek info lebih lanjutnya di fibercreme.com/recook-competition ya kak

      Balas
  2. Rinawati

    Baru bbrpa resep sayuran yg udh dicoba..enak2 lho..keluarga pada suka

    Balas
    • Fadin

      Hallo, Kak. Seneng denger keluarga pada suka resep dari FiberCreme. Terus pakai FiberCreme yah, Kak 😀

      Balas

Trackbacks/Pingbacks

  1. 10 Ide Hidangan Sayur Lezat Peningkat Imunitas – Citra Rasa Kitchen - […] Source link […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Sehat Itu Mahal? Intip 5 Tips Hidup Sehat yang Hemat di Sini!

Sehat itu mahal ketika kalian sedang sakit. Tapi kalau kalian segar bugar, sehat itu sebenarnya murah! Benar, menjaga kesehatan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Namun hingga saat ini masih banyak yang beranggapan sehat itu mahal, karena hal-hal yang...

FiberCreme Ajak Masyarakat Penuhi Kebutuhan Serat

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia. FiberCreme bersama Siloam Kebon Jeruk mendukung WHO menyelenggarakan Health Talk & Cooking Demo dengan tema “Pencernaan Sehat, Kesehatan Optimal”. Acara ini digelar di Siloam Hospitals Kebon Jeruk Jakarta, pada 30...

Kolesterol Tinggi Minggat Karena Serat? Bener Gak Sih?

Apa benar Serat dapat mengurangi Kolesterol? Makanan yang kita konsumsi memiliki peran penting dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Salah satu jenis makanan yang dipercaya baik untuk menurunkan kolesterol adalah yang mengandung serat tinggi. Namun apakah...

Resep Terbaru

5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat
5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat

Mengolah sayuran untuk diet menjadi tantangan bagi banyak orang. Salah cara mengolah atau memasaknya, sayuran justru bisa kehilangan nilai gizinya dan malah menaikkan berat badan. Bagi yang mau mencoba mengolah sayuran untuk diet agar hasilnya tetap enak dan sehat,...

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...