Ini Dia 4 Perbedaan Bumbu dan Rempah

Feb 25, 2022 | Artikel, Update | 0 Komentar

Bumbu dan rempah merupakan bahan penting yang wajib ada di dapur setiap rumah. Meski berbeda, banyak sekali orang yang menganggap bumbu dan rempah itu sama. Nah, agar kesalahpahaman tidak berlarut – larut, kami akan menjelaskan apa sih perbedaan bumbu dan rempah?

Ulasan yang kami siapkan dan sediakan untuk Anda di bawah ini bertujuan untuk memberikan informasi baru mengenai perbedaan antara bumbu dan rempah. Agar Anda tak mengalami masalah ketika harus menyebutkan mana yang bumbu dan mana yang rempah. Serta agar kesalahpahaman ini tidak terus terjadi hingga ke masa – masa selanjutnya.

Inilah Perbedaan Bumbu dan Rempah

perbedaan bumbu dan rempah

Ketika membicarakan perbedaan antara bumbu dan rempah, pertama – tama kami akan menjelaskan dari pengertiannya bumbu dan rempah yang berbeda. Berikut ini ulasan mengenai perbedaan antara bumbu dan rempah tersebut. Simaklah dengan cermat!

Perbedaan dari Segi Pengertian

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, uraian mengenai perbedaan akan dibahas dari pengertian. Pertama pengertian dari bumbu, barulah dilanjut dengan rempah. Bumbu merupakan bahan – bahan penyedap dasar untuk membuat berbagai macam makanan. Seperti bawang merah, bawang putih, batang serai, ketumbar, kemiri, kunyit, cabai, garam, dan sejenisnya.

Jika dibedakan, ada dua macam bumbu. Pertama adalah bumbu basah yang merupakan bumbu segar. Kedua adalah bumbu kering yang berupa bumbu olahan menjadi bentuk bubuk. Sedangkan rempah adalah tumbuh beraroma yang kuat. Dengan manfaat sebagai pemberi aroma pada setiap makanan agar lebih sedap dan menggugah selera. Penggunaan rempah biasanya bertujuan untuk menyamarkan aroma amis dari daging atau ikan yang sangat pekat dan sulit untuk dihilangkan.

Beberapa bahan yang termasuk dalam rempah adalah sebagai berikut, seperti lada, biji pala, jahe, kayu manis, dan cengkeh. Seperti halnya bumbu, rempah terbagi menjadi dua jenis, ada yang basah dan kering. Dari pengertiannya saja, Anda sudah bisa melihat dengan jelas perbedaan bumbu dan rempah bukan?

Perbedaan bumbu dan rempah dari jenisnya

perbedaan bumbu dan rempah

Pada penjelasan sebelumnya, FiberCreme telah menjelaskan bahwa bumbu dan rempah memiliki dua jenis yang sama. Yaitu jenis basah dan jenis kering. Tetapi, ada perbedaan dari masing – masingnya. Untuk bumbu yang berjenis basah biasanya dijual dengan dua macam, yaitu berupa racikan yang sudah dihaluskan ataukah berupa satuan. Bumbu jenis basah tidaklah memiliki daya tahan yang kuat. Jadi, Anda harus memperhatikan dengan tepat cara penyimpanannya, agar bumbu basah tidak mudah basi.

Bumbu yang berjenis kering, sebenarnya adalah bumbu basah yang dikeringkan melalui beberapa tahap olahan. Biasanya akan diolah menjadi bubuk yang kadar airnya hampir tidak ada. Sehingga membuat bumbu kering bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan jenis rempah sedikit berbeda dengan bumbu. Di mana sangat jarang penjualan rempah dalam bentuk yang basah. Biasanya orang – orang akan menjualnya dalam bentuk yang kering atau bahkan sudah berupa bubuk olahan.

Jenis rempah yang kering tersebut diperuntukkan agar lebih mudah ketika akan digunakan. Anda pasti tidak asing dan sering menemukan rempah seperti lada, cengkeh, kayu manis, dan biji pala yang berbentuk kering bahkan berupa bubuk bukan?

Perbedaan Bumbu dan Rempah dari Segi Kegunaannya

Berbicara mengenai kegunaan bumbu dan rempah dalam memasak makanan, sudah pasti berbeda. Yang mana bumbu ialah sebagai penyedap rasa dasar dari makanan agar menjadi lebih nikmat. Tanpa adanya bumbu, makanan tidak akan memiliki rasa dan hambar di mulut.

Sehingga penggunaan bumbu dalam memasak makanan sebaiknya diperhatikan. Jangan sampai takarannya berlebihan atau kurang. Takaran bumbu yang pas harus digunakan untuk membuat makanan lezat, nikmat dan seimbang. Dalam artiannya tidak terasa terlalu hambar atau tidak terlalu pekat. Sedangkan penggunaan rempah dalam makanan digunakan untuk menjadi penyedap dan memberikan pembeda antara satu makanan dengan makanan yang lainnya. 

Cita rasa dan aroma yang khas dari makanan bisa terpancar jika diberikan rempah saat memasaknya. Selain itu, rempah juga biasa digunakan untuk campuran dari bumbu racik guna memperkuat rasa dari bumbu racik dalam makanan yang dimasak.

Cara Penggunaan

Perbedaan bumbu dan rempah dalam cara penggunaannya sangatlah berbeda. Di mana untuk mencampurkan bumbu dengan makanan, biasanya akan diolah menjadi satu ramuan masakan dulu. Bumbu akan dihaluskan dan ditumis atau disangrai terlebih dulu. Barulah akan dicampurkan dengan bahan makanan yang lainnya untuk melezatkan makanan. Biasanya untuk makanan berkuah, bumbu harus dihaluskan, agar bisa tercampur dengan merata dalam kuah dan isi dalam makanan tersebut.

Sedangkan untuk makanan yang berupa tumisan, terkadang tidak perlu dihaluskan. Hanya diiris tipis atau dicacah kasar saja. Berbeda dengan cara penggunaan bumbu pada makanan, untuk menggunakan rempah kamu bisa memilih salah satu dari tiga cara berikut. Pertama dengan menghaluskan rempah bersama bumbu. Seperti penggunaan kemiri yang harus dihaluskan bersama bumbu ketika membuat opor.

Kedua dengan menambahkan atau mencelupkannya rempah secara terpisah ke dalam makanan ketika memasaknya. Seperti contoh penggunaan kayu manis yang hanya perlu dicelupkan saja ke dalam kuah makanan, misalnya ke dalam bubur kacang hijau. Dan yang terakhir menaburkan rempah di atas makanan yang sedang dimasak apabila rempah berupa bubuk dari hasil olahan. Seperti menaburkan bubuk lada ke dalam sajian pasta misalnya.

Selain untuk bahan penambah cita rasa makanan agar lebih sedap, rempah juga bisa digunakan pada minuman. Seperti menggunakan kayu manis sebagai taburan pada minuman modern yang terkenal saat ini misalnya. Kemudian membuat minuman hangat seperti wedang jahe, dan wedang uwuh misalnya. Dan masih banyak jenis minuman lainnya. Nah, itulah perbedaan bumbu dan rempah yang bisa kami berikan sebagai informasi baru untuk Anda. Dengan mengetahui perbedaan ini, kami rasa Anda tak akan lagi salah mengenali mana yang bumbu dan mana yang rempah.

FiberCreme Bahan Makanan Pengganti Santan dan Susu Terbaik untuk Kesehatan!

Bahan makanan tidak hanya terdiri dari bumbu dan rempah saja, ada berbagai macam bahan makanan lainnya. Seperti santan dan susu misalnya. Susu dan santan merupakan dua bahan makanan yang sering digunakan untuk membuat makanan dan minuman yang lezat.

Hanya saja, ada beberapa kandungan dari santan dan susu yang kurang sehat jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Oleh karena itu, kami menyarankan pada Ada untuk beralih pada krimer multifungsi pengganti susu dan santan dari FiberCreme.

Krimer yang mengandung tinggi serat ini sangat cocok bagi orang-orang yang ingin hidup lebih sehat tapi tetap bisa menikmati makanan enak. Untuk memesannya, Anda bisa langsung order di e-commerce atau marketplace official kami dan toko atau supermarket terdekat.

Anda juga bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai resep – resep rekomendasi dari FiberCreme di website FiberCreme, serta di akun instagram @fibercreme_tv atau di YouTube FiberCreme. Anda akan mendapatkan informasi menarik seperti perbedaan bumbu dan rempah yang sudah Anda dapatkan di atas.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Lapar Atau Stres? Cek 5 Cara Mengatasi Stress Eating!

Di era modern ini, kita makan bukan hanya karena lapar. Ada juga yang dinamakan stress eating atau emotional eating, yaitu makan karena ada perasaan tertekan atau stres. Hal ini terjadi juga pada kalian? Yuk cari tahu apa itu stress eating dan bagaimana cara...

Bukan Cuma Sembelit, Ini 4 Akibat Lain Kalau Anak Kekurangan Serat

Kekurangan serat bukan hanya masalah untuk orang dewasa. Faktanya, anak-anak pun mengalami masalah ini. Bahkan menurut sebuah penelitian yang dilakukan 2018 kemarin, 9 dari 10 anak mengalami kekurangan serat. Mereka rata-rata hanya mengonsumsi 4,7 gram serat per hari....

Apa Itu Real Food? Katanya Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Lho!

Di tengah semakin banyaknya orang yang beralih ke gaya hidup sehat, banyak juga muncul istilah asing tentang diet. Salah satunya adalah "real food," yang dipercaya bisa mendukung gaya hidup sehat. Bahkan, kita mengatakan bahwa real food bisa mendukung program...

Yakin Masih Lapar? Ini Lho 6 Tanda Tubuh Sebenarnya Sudah Kenyang

Tubuh menciptakan  rasa lapar untuk memberi tahu kita ini saatnya untuk makan. Tubuh juga memberi tahu kita untuk berhenti makan saat sudah kenyang. Tapi kesibukan dan banyak hal lainnya membuat kita mengabaikan tanda tubuh sebenarnya sudah kenyang. Akibatnya, kita...

Jus dan Smoothie, Mana yang Lebih Baik Buat Diet?

Jus dan smoothie banyak jadi pilihan untuk orang-orang yang sedang diet atau ingin hidup lebih sehat. Dengan minum jus dan smoothies, konon kita bisa mendapatkan semua manfaat buah dan sayuran secara lebih mudah dan nikmat. Tapi apa benar begitu? Jus dan smoothie itu...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...