Penting! Ketahui 5 Minuman Sehat untuk Jantung Ini

Jul 15, 2022 | Artikel, Fakta, Update | 0 Komentar

Jantung adalah salah satu organ paling vital dalam tubuh manusia. Maka dari itu, kesehatannya harus sangat dijaga. Selain menjaga makanan, kita juga bisa mengonsumsi minuman sehat untuk jantung agar organ penting ini bisa terus melakukan fungsinya dengan baik.

Pentingnya cairan untuk kesehatan jantung

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan. Maka saat kita kekurangan cairan, berbagai organ dalam tubuh akan mengalami kesulitan mempertahankan kinerjanya. Termasuk juga jantung, yang fungsi utamanya adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Tapi apa sih hubungannya cairan dan kerja jantung?

Nah cairan dalam tubuh berfungsi untuk membantu melarutkan kandungan garam dalam darah. Ketika tubuh kekurangan cairan, maka kandungan garam akan meningkatkan kekentalan darah dan menyebabkannya volumenya menurun. Saat volume darah menurun, jantung akan bekerja lebih keras menyalurkan darah ke seluruh tubuh. Dalam jangka panjang, jantung yang bekerja keras diluar batas wajar akan lebih rentan mengalami berbagai masalah kesehatan seperti stroke, jantung koroner, dan lain-lain.

5 minuman yang baik untuk jantung

Tapi, tidak semua cairan atau minuman yang kita konsumsi sehari-hari baik untuk kesehatan jantung. Beberapa minuman, terutama minuman dalam kemasan, mengandung gula tinggi yang berpotensi menimbulkan masalah kesehatan lain.

Yuk hindari minuman-minuman seperti ini dan beralih ke minuman sehat untuk jantung, yang contohnya sebagai berikut:

  • Air putih

Diantara jenis minuman lainnya yang beraneka ragam, air putih adalah minuman yang paling aman dan sehat untuk organ tubuh termasuk jantung. Air putih mampu menghidrasi tubuh dengan baik tanpa mempengaruhi asupan kalori, sehingga bebas dikonsumsi kapanpun.

Agar tubuh selalu sehat, minumlah air putih secara rutin setidaknya 6 hingga 8 gelas atau sekitar 1,5 hingga 2 liter setiap harinya. Tapi jangan hanya fokus dengan jumlahnya. Pastikan air putih yang kamu konsumsi matang dan steril agar kamu pun terhindar dari bakteri berbahaya.

BACA JUGA 10 Minuman Sehat untuk Ibu Hamil yang Mudah Dibuat Sendiri

  • Air jeruk

Salah satu minuman sehat untuk jantung lainnya adalah air jeruk. Cara membuat air jeruk cukup gampang. Tambahkan saja sepotong buah jeruk segar ke dalam air, kemudian minum airnya.

Buah jeruk memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat dan mengandung senyawa seperti minyak esensial dan antioksidan flavonoid. Kelebihan buah jeruk untuk jantung juga telah dibuktikan secara ilmiah. Journal of Nutrition and Metabolism dan Frontiers in Neurology menyebutkan bahwa mengkonsumsi jus jeruk setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

BACA JUGA 5 Mitos Makanan Bergizi dalam Kehidupan Sehari-hari

  • Smoothies strawberry

Serat, vitamin C, dan folat yang ada dalam buah strawberry dikatakan efektif untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Bukan hanya itu, buah ini juga disebut bisa menurunkan risiko penyakit berbahaya lain seperti kolesterol, kanker, dan lain-lain.

Strawberry bisa kamu konsumsi langsung atau diolah terlebih dulu jadi minuman seperti jus atau smoothies. Buat smoothies strawberry kamu semakin segar, nikmat, creamy, dan tinggi serat yuk dengan resep bebas susu dari FiberCreme berikut!

  • Teh 

Dilansir dari American Heart Association, minum teh secara rutin bisa mengurangi risiko stroke, kanker  dan juga penyakit jantung. Hasil studi membuktikan bahwa 3 cangkir teh per hari mampu mengurangi risiko serangan jantung hingga 11%.

BACA JUGA Manfaat Makanan Tinggi Serat untuk Kesehatan Tubuh

  • Kopi

Kopi juga termasuk salah satu minuman yang dapat mencegah penyakit stroke dan penyakit jantung. Untuk mendapatkan manfaat kopi yang maksimal, yuk kurangi gulanya dan bikin lebih manis alami dengan FiberCreme. Krimer serbaguna ini bisa ditambahkan ke kopi sebagai pengganti susu. Selain rasa creamy, FiberCreme juga memberikan rasa creamy dan serat yang bantu memperbaiki kerja pencernaan.

Cari tahu manfaat lain kopi dan bagaimana membuat kopi kekinian yang enak plus sehat di sini.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Terbaru

3 Inspirasi Resep Creamy Mie, yang Mana Favoritmu?

Siapa yang tak suka menu makanan berbahan dasar mie? Sepertinya, hampir semua orang menyukai makanan sejuta umat ini. Mau diolah menggunakan resep apa pun, nampaknya kelezatan mie tak akan pernah pudar. Lalu, bagaimana jika lezatnya mie ini dipadu padankan dengan...

Manfaat Menjaga Kebersihan Tubuh Untuk Kesehatan

Kesehatan merupakan hal penting yang harus dijaga dengan baik oleh setiap individu. Menjaga kebersihan tubuh termasuk salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Tapi selain sehat, apa lagi sih manfaat yang bisa kita dapatkan dari menjaga kebersihan...

Hati-hati! 5 Makanan Penyebab Diare Bisa Menghambat Aktivitasmu

Tahukah kamu kalau diare tak hanya disebabkan oleh virus dan bakteri? Munculnya diare juga bisa dikarenakan mengonsumsi makanan tertentu, lho. Biasanya, ini terjadi pada orang yang intoleran terhadap makanan penyebab diare. Intoleransi makanan bisa berbeda-beda pada...

Ximilu: Dessert Lezat Memberikan Kesegaran Harimu

Di cuaca yang panas begini, memang paling enak minum yang seger-seger, ya? Kira-kira, minuman segar apa yang cocok menemani siang hari kalian? Bagi kalian penikmat buah, maka kamu wajib mencoba dessert lezat bernama ximilu. Mungkin Namanya mungkin masih terdengar...

4 Kreasi Bolu Gulung untuk Acara Keluarga, Cek Resepnya!

Minggu depan ada acara keluarga? Kalau bingung memikirkan menu kudapan apa yang cocok untuk semua orang, bikin bolu gulung aja, yuk! Kali ini, FiberCreme akan bagikan kreasi bolu gulung yang dijamin jadi favorit dan langsung ludes diserbu keluarga. Bolu gulung atau...

Resep Terbaru

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...

Resep Cendol dari Nol
Resep Cendol dari Nol

  Resep Cendol dari Nol Cendol dawet... cendol cendoll...dawet dawet.. cendol dawet seger!! Yang mau bikin cendol dawet ini resepnya! Es Cendol Komplit 90 gram tepung beras70 gram tepung tapioka750 ml air3 tetes pewarna makanan merah mudaBahan kuah30 gram...

Resep Korean Strawberry Milk Tanpa Susu Tetap Creamy
Resep Korean Strawberry Milk Tanpa Susu Tetap Creamy

  Resep Korean Strawberry Milk Tanpa Susu Tetap Creamy Resep Korean Strawberry milk tanpa susu bisa kamu ganti dengan FiberCreme loh!Daripada beli mahal-mahal di kafe, yuk bikin sendiri! Selain dinikmati sendiri, resep korean strawberry milk ini juga bisa jadi...