5 Mitos Makanan Bergizi dalam Kehidupan Sehari-hari

Jul 7, 2022 | Artikel, Fakta, Update | 0 Komentar

Makanan bergizi adalah makanan yang memiliki zat penting dalam jumlah tertentu. Makanan bergizi bisa berasal dari sumber hewani atau nabati, dan jika dikonsumsi akan memberikan manfaat bagi tubuh.

Namun ternyata, tidak semua makanan bergizi memiliki nilai sehat yang sesuai klaimnya. Bahkan banyak juga makanan yang kita anggap bergizi, ternyata justru bisa mendatangkan lebih banyak penyakit daripada manfaat.

Jangan Sembarang Percaya Mitos Makanan Bergizi Ini!

Seiring dengan perkembangan teknologi, misinformasi terutama tentang makanan bergizi dan kebutuhan asupan makanan juga jadi lebih mudah menyebar. Kemudian hal ini didukung juga oleh kurangnya pengetahuan masyarakat.

Jika misinformasi ini terus menerus menyebar, maka orang-orang yang mempercayai dan menerapkannya bisa mengalami malnutrisi. Nah jika kamu ingin hidup sehat atau sedang mengikuti tren hidup sehat, ada baiknya kamu tahu juga beberapa mitos tentang makanan sehat yang harus berhenti kamu percaya. Apa saja contohnya?

  • Kubis Sayuran Hijau Paling Sehat

Mitos ini telah dipatahkan oleh Centers for Disease Control and Prevention yang merilis daftar sayuran menurut kandungan nutrisinya. Ternyata, kubis hanya menduduki urutan ke-15.

Sedangkan sayur yang berada di urutan pertama adalah selada air (watercress). Tapi perlu diingat, dengan adanya penelitian tersebut tak lantas kubis tidak sehat.

BACA JUGA Manfaat Makanan Tinggi Serat untuk Kesehatan Tubuh

  • Kacang-Kacangan Cemilan Tidak Sehat

Kacang-kacangan adalah salah satu sumber protein nabati dan nutrisi. Selain itu, seorang peneliti dari Harvard University menemukan fakta bahwa wanita yang rutin mengkonsumsi segenggam kacang-kacangan lima kali dalam sepekan lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

Meski dikategorikan baik, jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya ya. Perhatikan juga bagaimana kacang diolah, karena beberapa metode pengolahan kacang bisa meningkatkan kandungan lemak dan kalorinya.

  • Makanan Tanpa Lemak Lebih Sehat

Pernyataan ini merupakan mitos yang harus kalian ketahui. Jika membahas daging dan produk susu, memang benar bahwa semakin rendah lemak, maka semakin sehat untuk dikonsumsi. Namun, hal ini tidak berlaku untuk makanan kemasan.

Ketika produsen menghilangkan kandungan tertentu seperti lemak, mereka akan memperbaiki rasanya dengan bahan tambahan lain yang justru menurunkan nilai sehatnya, seperti gula.

BACA JUGA 4 Cara Menerapkan Pola Makan Sehat yang Baik untuk Tubuh

  • Garam Mahal Lebih Sehat Daripada Garam Dapur Biasa 

Saat ini banyak sekali jenis garam yang diklaim lebih sehat dan lebih alami daripada garam dapur yang biasa kita pakai sehari-hari. Sebut saja garam laut dan garam Himalaya, yang cenderung dikemas lebih mewah dan dijual dengan harga relatif lebih mahal.

Garam seperti ini mungkin saja memiliki kandungan mineral yang lebih banyak, tapi kandungan sodium di dalamnya sama-sama bisa menyebabkan hipertensi apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebih.

  • Soda Diet Lebih Sehat

Pernahkah kalian menganggap soda diet lebih sehat? Ternyata anggapan tersebut hanya sebuah mitos belaka.

Dari segi kalori, memang benar soda diet lebih rendah kalori bila dibandingkan dengan soda biasa. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan kandungan gula atau pemanis buatan yang terkandung di dalamnya.

Gula dan pemanis buatan juga tidak baik bagi tubuh dan gigi. Di sisi lain, pemanis buatan juga bisa membuat tubuh kalian lebih “haus” akan gula. Dan akibatnya, konsumsi kalori harian cenderung tinggi.

BACA JUGA 5 Minuman Penurun Kolesterol yang Mudah Dibuat

Mana mitos yang sempat kamu percaya? Berikutnya jangan langsung percaya dengan informasi yang beredar ya! Kalau perlu, konsultasikan dulu dengan dokter atau ahli gizi sebelum kamu memulai diet atau memilih makanan tertentu.

Selain makanan bergizi, jangan lupa untuk lengkapi diet sehatmu dengan serat ya! Dapatkan serat yang cukup dari buah-buahan, sayur-mayur, atau biji-bijian. Kamu juga bisa mendapatkan serat secara lebih mudah dengan konsumsi FiberCreme, krimer nabati tinggi serat yang bisa digunakan sebagai pengganti santan dan susu. 

Dengan menambahkan FiberCreme, kamu juga bisa mendapatkan rasa makanan dan minuman yang lebih creamy dan nikmat. Dan dengan kandungan gula yang rendah, bebas gluten, bebas laktosa, serta 0mg kolesterol, FiberCreme bisa dikonsumsi semua kalangan. Termasuk juga penderita diabetes, kolesterol tinggi, dan kamu yang punya masalah pencernaan seperti celiac disease dan intoleransi laktosa.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Terbaru

3 Inspirasi Resep Creamy Mie, yang Mana Favoritmu?

Siapa yang tak suka menu makanan berbahan dasar mie? Sepertinya, hampir semua orang menyukai makanan sejuta umat ini. Mau diolah menggunakan resep apa pun, nampaknya kelezatan mie tak akan pernah pudar. Lalu, bagaimana jika lezatnya mie ini dipadu padankan dengan...

Manfaat Menjaga Kebersihan Tubuh Untuk Kesehatan

Kesehatan merupakan hal penting yang harus dijaga dengan baik oleh setiap individu. Menjaga kebersihan tubuh termasuk salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Tapi selain sehat, apa lagi sih manfaat yang bisa kita dapatkan dari menjaga kebersihan...

Hati-hati! 5 Makanan Penyebab Diare Bisa Menghambat Aktivitasmu

Tahukah kamu kalau diare tak hanya disebabkan oleh virus dan bakteri? Munculnya diare juga bisa dikarenakan mengonsumsi makanan tertentu, lho. Biasanya, ini terjadi pada orang yang intoleran terhadap makanan penyebab diare. Intoleransi makanan bisa berbeda-beda pada...

Ximilu: Dessert Lezat Memberikan Kesegaran Harimu

Di cuaca yang panas begini, memang paling enak minum yang seger-seger, ya? Kira-kira, minuman segar apa yang cocok menemani siang hari kalian? Bagi kalian penikmat buah, maka kamu wajib mencoba dessert lezat bernama ximilu. Mungkin Namanya mungkin masih terdengar...

4 Kreasi Bolu Gulung untuk Acara Keluarga, Cek Resepnya!

Minggu depan ada acara keluarga? Kalau bingung memikirkan menu kudapan apa yang cocok untuk semua orang, bikin bolu gulung aja, yuk! Kali ini, FiberCreme akan bagikan kreasi bolu gulung yang dijamin jadi favorit dan langsung ludes diserbu keluarga. Bolu gulung atau...

Resep Terbaru

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...

Resep Cendol dari Nol
Resep Cendol dari Nol

  Resep Cendol dari Nol Cendol dawet... cendol cendoll...dawet dawet.. cendol dawet seger!! Yang mau bikin cendol dawet ini resepnya! Es Cendol Komplit 90 gram tepung beras70 gram tepung tapioka750 ml air3 tetes pewarna makanan merah mudaBahan kuah30 gram...

Resep Korean Strawberry Milk Tanpa Susu Tetap Creamy
Resep Korean Strawberry Milk Tanpa Susu Tetap Creamy

  Resep Korean Strawberry Milk Tanpa Susu Tetap Creamy Resep Korean Strawberry milk tanpa susu bisa kamu ganti dengan FiberCreme loh!Daripada beli mahal-mahal di kafe, yuk bikin sendiri! Selain dinikmati sendiri, resep korean strawberry milk ini juga bisa jadi...