10 Minuman Sehat untuk Ibu Hamil yang Mudah Dibuat Sendiri

Jul 12, 2022 | Artikel, Fakta, Update | 0 Komentar

Nutrisi bagi ibu hamil memang sangat penting, mengingat hal ini sangat berpengaruh bagi buah hati di dalam kandungan. Selain harus mengkonsumsi makanan sehat, ibu hamil juga perlu mengetahui minuman apa saja yang sehat baginya. Dalam artikel ini yuk cari tahu minuman sehat apa saja yang bermanfaat untuk ibu hamil dalam menunjang nutrisi calon bayi selama masa kehamilan.

Ibu hamil sangat disarankan untuk minum lebih banyak cairan. karena kehamilan dapat meningkatkan risiko dehidrasi akibat morning sickness atau kondisi mual dan muntah yang dialami ibu hamil

Tapi jangan konsumsi sembarangan minuman. Selain air putih, berikut adalah 10 contoh minuman sehat yang sangat direkomendasikan dikonsumsi oleh ibu hamil.

  • Air Kelapa Hijau

Rekomendasi minuman sehat untuk ibu hamil selanjutnya yaitu air kelapa hijau. Air kelapa adalah minuman elektrolit alami yang baik dalam memberikan hidrasi pada tubuh. Selain itu, air kelapa hijau juga dipercaya dapat membuat air ketuban menjadi jernih dan kulit bayi akan menjadi halus dan cerah. Air kelapa hijau juga dapat memulihkan stamina serta dapat membantu meningkatkan kecepatan proses pencernaan pada ibu hamil. 

  • Smoothie Alpukat

Minum smoothie alpukat juga baik untuk ibu hamil. Selain dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil, kandungan dalam alpukat juga bisa bantu mengendalikan hormon stres. Temukan cara membuat smoothie alpukat tanpa susu yuk di sini!

BACA JUGA 5 Mitos Makanan Bergizi dalam Kehidupan Sehari-hari

  • Jus Jeruk

Mengkonsumsi jus jeruk juga dianjurkan bagi ibu hamil, karena kandungan vitamin C-nya dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga ibu hamil dapat terhindar dari infeksi selama masa kehamilan.

  • Teh Hijau

Mengkonsumsi teh hijau selama kehamilan dapat membantu ibu mengurangi stres. Antioksidan yang terkandung di dalam teh hijau juga bisa bantu meningkatkan kesehatan ibu hamil.

  • Jus Pisang

Pisang sangat direkomendasikan karena mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin B, vitamin C, magnesium, kalium, mangan, dan folat yang dapat memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil. Buat pisangmu lebih nikmat dengan mengolahnya jadi jus. Kalian bisa menambahkan krimer serbaguna FiberCreme ke dalamnya agar rasanya lebih creamy dan kandungan seratnya lebih tinggi.

  • Teh chamomile

Selain teh hijau, ibu hamil juga bisa mengkonsumsi teh chamomile yang juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan ibu saat hamil.

BACA JUGA Manfaat Makanan Tinggi Serat untuk Kesehatan Tubuh

  • Ceri

Mengkonsumsi jus ceri dapat membantu meningkatkan kualitas tidur ibu hamil sehingga ibu hamil pun dapat merasa santai dan stres berkurang.

  • Jahe

Salah satu rekomendasi minuman sehat lainnya untuk ibu hamil yaitu jahe hangat. Sebagian besar ibu hamil biasanya menyukai minuman ini karena dapat mengatasi morning sickness. Selain itu minuman jahe hangat juga dapat menghilangkan mual dan membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

  • Jus Sayur

Ibu hamil bisa membuat jus sayur dari sayuran jenis apapun yang disukai. Beberapa contoh sayuran yang kaya protein dan bermanfaat bagi ibu dan janin adalah bayam, kubis, dan brokoli.

Kalian juga bisa mengkonsumsi jenis sayuran seperti, wortel atau mentimun. Semuanya memiliki kandungan yang berdampak baik pada kesehatan ibu hamil dan bayi di kandungan.

BACA JUGA 4 Cara Menerapkan Pola Makan Sehat yang Baik untuk Tubuh

  • Jus Chia Seed

Ibu hamil bisa mengkonsumsi chia seed yang mengandung kaya akan nutrisi seperti magnesium, kalsium, tembaga, seng, fosfor, niasin serta zat besi. Berbagai  nutrisi tersebut memiliki peran penting masing-masing bagi tumbuh kembang janin yang dikandung.

Chia seed bisa dikonsumsi sebagai pelengkap jus atau smoothie. Caranya, rendam chia seed dalam air matang hingga mengembang sebelum dicampurkan ke dalam smoothie atau jus buah yang lebih mantap lagi kalau disajikan dingin.

Itulah 10 minuman sehat untuk ibu hamil yang bisa dikonsumsi secara rutin. Dianjurkan juga untuk berkonsultasi pada dokter kandungan untuk mengetahui takaran yang tepat sesuai kondisi dan kebutuhan kandungan masing-masing.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Terbaru

3 Inspirasi Resep Creamy Mie, yang Mana Favoritmu?

Siapa yang tak suka menu makanan berbahan dasar mie? Sepertinya, hampir semua orang menyukai makanan sejuta umat ini. Mau diolah menggunakan resep apa pun, nampaknya kelezatan mie tak akan pernah pudar. Lalu, bagaimana jika lezatnya mie ini dipadu padankan dengan...

Manfaat Menjaga Kebersihan Tubuh Untuk Kesehatan

Kesehatan merupakan hal penting yang harus dijaga dengan baik oleh setiap individu. Menjaga kebersihan tubuh termasuk salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Tapi selain sehat, apa lagi sih manfaat yang bisa kita dapatkan dari menjaga kebersihan...

Hati-hati! 5 Makanan Penyebab Diare Bisa Menghambat Aktivitasmu

Tahukah kamu kalau diare tak hanya disebabkan oleh virus dan bakteri? Munculnya diare juga bisa dikarenakan mengonsumsi makanan tertentu, lho. Biasanya, ini terjadi pada orang yang intoleran terhadap makanan penyebab diare. Intoleransi makanan bisa berbeda-beda pada...

Ximilu: Dessert Lezat Memberikan Kesegaran Harimu

Di cuaca yang panas begini, memang paling enak minum yang seger-seger, ya? Kira-kira, minuman segar apa yang cocok menemani siang hari kalian? Bagi kalian penikmat buah, maka kamu wajib mencoba dessert lezat bernama ximilu. Mungkin Namanya mungkin masih terdengar...

4 Kreasi Bolu Gulung untuk Acara Keluarga, Cek Resepnya!

Minggu depan ada acara keluarga? Kalau bingung memikirkan menu kudapan apa yang cocok untuk semua orang, bikin bolu gulung aja, yuk! Kali ini, FiberCreme akan bagikan kreasi bolu gulung yang dijamin jadi favorit dan langsung ludes diserbu keluarga. Bolu gulung atau...

Resep Terbaru

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...

Resep Cendol dari Nol
Resep Cendol dari Nol

  Resep Cendol dari Nol Cendol dawet... cendol cendoll...dawet dawet.. cendol dawet seger!! Yang mau bikin cendol dawet ini resepnya! Es Cendol Komplit 90 gram tepung beras70 gram tepung tapioka750 ml air3 tetes pewarna makanan merah mudaBahan kuah30 gram...

Resep Korean Strawberry Milk Tanpa Susu Tetap Creamy
Resep Korean Strawberry Milk Tanpa Susu Tetap Creamy

  Resep Korean Strawberry Milk Tanpa Susu Tetap Creamy Resep Korean Strawberry milk tanpa susu bisa kamu ganti dengan FiberCreme loh!Daripada beli mahal-mahal di kafe, yuk bikin sendiri! Selain dinikmati sendiri, resep korean strawberry milk ini juga bisa jadi...