5 Minuman Penurun Kolesterol yang Mudah Dibuat

Jun 21, 2022 | Artikel, Berita, Fakta, Update | 0 Komentar

Kolesterol dapat menyerang siapa saja, baik usia muda maupun tua. Faktor penyebab kolesterol paling banyak terjadi dikarenakan penerapan gaya hidup tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan gula. Makanan tinggi lemak dan gula memang menggoda dan susah dihindari dalam kehidupan sehari-hari. Sebetulnya, kita tidak perlu menghindarinya sama sekali lho. Kita tetap bisa menikmati sajian mengandung lemak dan gula, asal tidak berlebihan. Selain itu, bisa juga dibarengi konsumsi minuman sehat seperti minuman penurun kolesterol yang sudah terbukti khasiatnya ini. Berkat nutrisi yang terkandung di dalamnya, minuman-minuman ini terbukti ampuh bisa mengurangi kadar kolesterol tubuh.

Selain khasiatnya, minuman-minuman ini juga ternyata sangat mudah dibuat di rumah. Apa saja minuman yang FiberCreme rekomendasikan? Yuk, simak selengkapnya di bawah.

5 Jenis Minuman Penurun Kolesterol yang Wajib Diketahui

Berikut ini berbagai jenis minuman yang diyakini mengandung khasiat baik untuk membantu mengurangi kadar kolesterol tetap stabil.

Teh hijau

Teh hijau mengandung katekin atau flavonoid dan senyawa antioksidan yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan kadar kolesterol keseluruhan.

Hal ini didukung oleh penelitian Journal of Translational Medicine di mana para ilmuwan melakukan studi terhadap tikus dengan memberikan air minum yang telah dicampur katekin dan epigallocatechin gallate yang merupakan antioksidan bermanfaat dalam teh hijau.

Kemudian setelah 56 hari, kadar kolesterol jahat dalam tikus berkurang sekitar 14,4% sedangkan pada dua kelompok tikus yang menjalani diet tinggi kolesterol mengalami pengurangan kadar kolesterol sebesar 30,4%.

BACA JUGA  Intip 4 Tips Ampuh Menjalani Hidup Produktif

Jus Tomat

Two glass cups of tomato juice on a wooden board. High quality photo

Tomat mengandung senyawa bernama likopen, yang terbukti  dapat meningkatkan kadar lipid dan menurunkan kolesterol LDL di dalam darah. Kandungan likopen ini bisa meningkat jumlahnya hanya dengan mengolah tomat jadi jus, menurut penelitian dalam Jurnal Nutrition.

Dengan mengkonsumsi likopen sebanyak 25 mg per hari, setara hampir 260 ml jus tomat, selama dua minggu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sebanyak 10%. Untuk membuat rasa jus lebih lezat, kamu juga dapat menambahkan krimer FiberCreme yang kaya akan serat serta rendah gula ke dalamnya.

BACA JUGA  Tidak Harus Menahan Lapar, Ini 7 Tips Diet Sehat yang Mudah dan Aman

Smoothies Pisang

Buah pisang yang kaya akan vitamin dan antioksidan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya yaitu menurunkan kolesterol. Pektin yang terkandung dalam pisang mampu memperbaiki kadar lemak darah dengan cara mengikat kolesterol dalam saluran pencernaan sehingga tidak bisa diserap.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan kepada 57 orang dewasa, mereka yang menerima 15 gram pektin per hari dapat mengalami penurunan kadar kolesterol jahat (LDL) sekitar 7% dibandingkan kelompok yang tidak mendapatkan pektin.

BACA JUGA  9 Rekomendasi Sayuran Penurun Kolesterol yang Efektif dan Mudah Didapat

Jus jeruk

The orange juice is in a glass and the orange fruit is placed beside it with a green natural background.

Jus jeruk juga diyakini bisa bantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh karena minuman ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, seperti flavonoid, asam askorbat dan carotenoid. Rutin minum jus jeruk terbukti maka dapat membantu menurunkan kadar total kolesterol dan kolesterol jahat (LDL) dalam darah. 

BACA JUGA  3 Jenis Olahraga Untuk Kesehatan Jantung Sepanjang Usia

Jambu Biji

Sama seperti buah pisang, jambu biji juga mengandung pektin yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kalian dapat mengkonsumsi jambu biji secara langsung maupun dengan cara dihaluskan menjadi jus. 

BACA JUGA  9 Buah Penurun Kolesterol yang Mudah Ditemukan

Mana minuman penurun kolesterol yang sudah pernah kamu coba buat? Coba juga minuman sehat dan kaya manfaat lainnya ala FiberCreme yuk! Temukan resepnya di website FiberCreme dan Instagram FiberCreme_TV. Pastikan juga kamu subscribe ke channel YouTube Ellenka dan nyalakan notifikasinya agar kamu tidak ketinggalan update resep terbaru.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...