9 Buah Penurun Kolesterol yang Mudah Ditemukan

Jun 2, 2022 | Artikel, Berita, Fakta, Update | 0 Komentar

Kolesterol dalam tubuh terdiri dari dua jenis, yaitu low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dan high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Sedangkan risiko timbulnya penyakit kolesterol disebabkan karena kadar kolesterol jahat (LDL) tinggi dalam darah.

Oleh sebab itu, seorang pengidap kolesterol harus memperhatikan makanan yang dikonsumsinya. Salah satu makanan yang terbukti dapat menurunkan kolesterol adalah buah. Lantas apa saja buah penurun kolesterol? Yuk simak selengkapnya disini.

9 Jenis Buah Penurun Kolesterol

Berikut ini, beberapa jenis buah penurun kolesterol yang perlu kalian tahu. 

Apel

Apel memiliki kandungan serat larut yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Sebagaimana hasil penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition, orang yang mengkonsumsi apel sebanyak 550 gram sehari memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah.

Jambu Biji 

Jambu biji mengandung vitamin C, antioksidan, kalium dan juga serat larut air yang juga tinggi. Dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, disebutkan bahwa dengan konsumsi 400 gram jambu biji setiap hari dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dan antioksidan dalam tubuh. 

Alpukat

Alpukat juga diklaim sebagai buah penurun kolesterol paling ampuh. Kandungan lemak tak jenuhnya terbukti sangat baik untuk kesehatan manusia, termasuk menurunkan kolesterol jahat.

Alpukat bisa dimakan langsung, diolah dulu, ataupun dikonsumsi dengan campuran bahan lainnya. Seperti misalnya, buah ini bisa menghasilkan minyak alpukat yang dipakai dalam olahan makanan seperti salad atau sandwich.

Berry

Buah berry, seperti blueberry, blackberry, raspberry, strawberry, atau delima juga diklaim sebagai buah yang ampuh dalam menurunkan kolesterol. Buah-buahan tersebut kaya akan serat larut dan rendah gula yang dapat membantu kadar kolesterol jahat menjadi menurun.

Buah Bit

Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa buah bit dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tentu saja, manfaat ini juga bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah bit secara teratur.

Jeruk

Selain kaya vitamin dan mineral, buah jeruk juga kaya akan serat larut air yang dapat membantu mengikat kolesterol. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah jeruk juga bagus untuk mencegah penumpukan kolesterol jahat. Selain itu, mengkonsumsi buah jeruk juga bisa menekan risiko penyakit kardiovaskular.

Kiwi

Kiwi mengandung serat larut air yang baik bagi tubuh. Kandungan ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kolesterol baik atau HDL dalam tubuh. 

Tomat

Tomat diklaim sebagai salah satu sumber likopen terbaik. Likopen sendiri merupakan senyawa yang sangat efektif menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Bukan hanya itu, buah tomat juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh agar lebih kebal dari proses oksidasi.

BACA JUGA  5 Cara Menyimpan Sayuran Agar Tetap Segar Tanpa Kulkas

Pepaya

Buah pepaya kaya akan nutrisi yang baik bagi tubuh, serta mengandung vitamin C, likopen, dan vitamin E yang merupakan antioksidan yang kuat.

Ketika vitamin D dan vitamin E menyatu dengan enzim paraoxonase, oksidasi kolesterol dalam pembuluh darah pun dapat ditekan. Selain itu, mengkonsumsi pepaya juga dapat mencegah terbentuknya plak dalam pembuluh darah.

9 jenis buah penurun kolesterol di atas bisa kita manfaatkan untuk mencegah kadar kolesterol jahat semakin meningkat. Tentunya buah-buahan di atas juga mudah ditemukan di sekitar kita, sehingga usaha menurunkan kolesterol secara alami harusnya lebih mudah dilakukan.

Kalian bisa konsumsi buat-buah tersebut mulai dari sekarang sebagai usaha untuk mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Jika kalian ingin mengkreasikan buah-buahan penurun kolesterol di atas menjadi olahan yang lezat namun tetap sehat, kalian bisa membuat jus atau smoothies ala FiberCreme ya. Cek sekarang untuk mengetahui proses pembuatannya.   

Resep Korean Milk Strawberry

Resep Korean Strawberry Milk Tanpa Susu Tetap Creamy
5 from 3 votes
Cek Resep dan Videonya

Selain informasi di atas, kalian juga bisa mendapatkan informasi bermanfaat dan menarik lainnya pada laman FiberCreme

Anda bisa mendapatkan bahan pengganti susu dan santan dari FiberCreme ini dengan mudah. Kami memiliki e-commerce atau marketplace official FiberCreme yang berguna untuk menjualnya. Selain itu Anda juga bisa mendapatkannya di toko dan supermarket terdekat di daerah Anda. Informasi tersebut kami cantumkan di link berikut!

Anda juga bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai resep – resep rekomendasi dari FiberCreme di website resmi kami berikut, serta di akun instagram @fibercreme_tv atau di YouTube FiberCreme. Anda akan mendapatkan informasi menarik seperti perbedaan butter dan margarin yang sudah Anda dapatkan di atas.

krimer serbaguna fibercreme

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...