3 Jenis Olahraga Untuk Kesehatan Jantung Sepanjang Usia

Mar 1, 2022 | Artikel, Update | 2 Komentar

Jantung merupakan organ yang sangat vital dalam tubuh manusia. Jika jantung mengalami permasalahan, kesehatan tubuh secara menyeluruh akan terganggu. Berikut ini jenis olahraga yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan jantung yang sehat. Sebelum kita membahas jenis-jenis olahraga untuk kesehatan jantung. Mari bahas terlebih dahulu untuk manfaat olahraganya sendiri. Berikut ulasannya, simak sampai habis, ya!

Manfaat Olahraga selain untuk kesehatan jantung

Olahraga merupakan suatu bentuk aktivitas fisik yang dilakukan secara terstruktur dan melibatkan gerakan tubuh dengan tujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Dengan melakukan olahraga ini secara rutin, tubuh secara fisik bisa tetap fit dan segar setiap harinya. 

Meski demikian jenis olahraga untuk kesehatan tubuh berbeda-beda. Akan tetapi dampaknya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Lalu, apa dampak olahraga selain untuk menjaga kesehatan jantung?

Dikutip dari Kompasiana, data dari Cleveland Clinic menyatakan manfaat olahraga diantaranya membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol di dalam tubuh. Sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung dan diabetes pada tubuh. 

“Data ilmiah lain menyebutkan bahwa olahraga untuk kesehatan jantung, apabila dilakukan secara konsisten mampu meningkatkan sirkulasi darah di dalam jantung manusia sekaligus sirkulasi di seluruh sistem kardiovaskulernya,” menurut Erik Van Iterson, pakar rehabilitasi jantung Cleveland Clinic. 

Manfaat olahraga untuk kesehatan jantung seperti aerobik, bermanfaat untuk bisa meningkatkan peredaran darah manusia di dalam tubuh lho. Serta mampu mengurangi terjadinya resiko kardiovaskular. 

Nah itu dia manfaat olahraga selain menjaga kesehatan jantung, apakah Anda ingin mencoba olahraga lainnya untuk menjaga kesehatan jantung? Berikut ulasan 3 jenis olahraga untuk kesehatan jantung yang bisa Anda lakukan dengan mudah. 

3 Jenis Olahraga Untuk Kesehatan Jantung 

Melalui 3 jenis olahraga untuk kesehatan jantung ini. Anda bisa mewujudkan kesehatan jantung yang maksimal sepanjang usia. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan kesehatan secara fisik. Yuk, coba lakukan olahraga ini untuk mendapatkan jantung yang sehat! 

Aerobik atau senam jantung

Jenis olahraga untuk kesehatan jantung pertama adalah aerobik. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya,  olahraga aerobik mampu meningkatkan sirkulasi aliran darah, yang bisa menurunkan tekanan darah dan detak jantung. 

Bahkan dengan melakukan aerobik ini. Fungsi jantung dalam memompa darah keseluruh tubuh semakin membaik. Sehingga bisa mengontrol kadar gula dalam darah. Banyak orang yang mengenal olahraga aerobik sebagai senam jantung. Oleh karena itu, olahraga ini bisa dilakukan dengan mudah dan cocok untuk siapa saja, baik anak muda hingga lansia. Apakah Anda tertarik untuk melakukannya? 

Supaya olahraga aerobik yang dilakukan maksimal manfaatnya untuk kesehatan. Lakukan olahraga ini secara rutin selama 30 menit sehari. Selain aerobik berikut berikut olahraga untuk menjaga kesehatan jantung yang bisa dilakukan di rumah, seperti: jalan cepat, berenang, yoga, jogging, main tenis dan lain sebagainya. 

Olahraga Resistance 

olahraga untuk kesehatan jantung

Olahraga resistance merupakan salah satu bentuk latihan fisik yang disarankan untuk menjaga kesehatan jantung. Meskipun memiliki manfaat meningkatkan daya tahan tubuh. Namun olahraga ini juga berguna untuk membakar lemak di dalam tubuh. Serta bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. 

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, olahraga yang satu ini bisa Anda pilih sebagai alternatif. Tak hanya itu, olahraga resistance bisa Anda lakukan secara mudah dengan mudah di rumah. Bentuk olahraganya sendiri seperti sit up, push up, squat, dan angkat beban. Supaya olahraga resistance yang dilakukan mendapatkan manfaat yang maksimal, disarankan untuk melakukan olahraga ini 2 kali seminggu. 

Olahraga Fleksibilitas 

Jenis olahraga untuk kesehatan jantung yang terakhir adalah fleksibilitas. Meskipun olahraga ini tidak berdampak langsung untuk kesehatan jantung. Namun olahraga ini paling ampuh untuk membuat otot-otot kembali regang. 

Selain itu bisa menjaga stabilitas dan keseimbangan tubuh. Agar tidak mudah jatuh yang bisa mengakibatkan keseleo atau cedera saat melakukan olahraga atau aktivitas lainnya dalam kehidupan sehari-hari. 

Jenis olahraga fleksibilitas yang bisa Anda lakukan diantaranya, senam artistik, senam ritmik, senam trampolin, senam aerobik hingga senam akrobat. Kira-kira jenis senam mana yang akan Anda pilih untuk melakukan olahraga fleksibilitas ini? 

Saran terbaik, lakukan jenis olahraga fleksibilitas sesuai dengan kemampuan tubuh dan kesukaan, ya. Jika ingin mendapatkan manfaat maksimal untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus jantungnya. Selain melakukan ke-3 jenis olahraga kesehatan jantung di atas. Anda juga perlu mendapatkan asupan gizi dan nutrisi baik yang bisa diperoleh dari makanan dan minuman supaya kinerja jantung tetap sehat. Nah, berikut ini 3 jenis makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi.

Makanan yang Mengandung Tinggi Serat

Makanan yang mengandung serat tinggi bisa Anda peroleh dari buah-buahan dan sayuran hijau. Kedua jenis makanan ini sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap harinya. Pasalnya buah dan sayuran mengandung serta tinggi yang mampu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, vitamin dan mineral yang terkandung pada buah-buahan dan sayuran hijau ini memberikan efek yang baik untuk tubuh. 

Beberapa buah dan sayuran hijau berikut ini bisa Anda konsumsi untuk kesehatan jantungnya, diantaranya: Apel, Tomat, Alpukat, Brokoli, Kangkung, Pakcoy, dan lain sebagainya. Bahkan Anda bisa menggunakan FiberCreme sebagai krimer serbaguna yang kaya akan serat dan sehat. 

Konsumsi Makanan yang Mengandung Omega Tinggi

Makanan yang mengandung omega tinggi. Nyatanya baik sekali untuk kesehatan jantung. Makanan yang memiliki omega tinggi ini mampu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dalam tubuh. Yang mana HDL ini mampu memproses lemak baik di dalam tubuh juga. 

Beberapa sumber makanan yang mengandung omega tinggi bisa Anda peroleh dari ikan. Salah satunya yang paling sarankan adalah ikan Salmon. Ikan ini memiliki lemak omega-3 rantai panjang, EPA, dan DHA yang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk menjaga kesehatan jantung Anda. 

Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Asupan makanan lainnya yang bisa menjaga jantung tetap sehat adalah makanan yang mengandung protein tinggi. Manfaat protein untuk kesehatan jantung adalah untuk mempertahankan kadar gula yang seimbang di dalam tubuh. 

Mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung protein tinggi. Terbukti secara ilmiah mampu mengurangi produksi lemak jahat (LDL) di dalam tubuh. Lemak LDL ini yang bisa mengakibatkan resiko terjadinya obesitas. Adapun beberapa makan yang mengandung protein tinggi diantaranya kacang-kacangan, daging merah, susu, telur, tempe, tahu dan lain sebagainya. 

FiberCreme Krimer Serbaguna Tinggi Serat dan Sehat

Nah untuk mendapatkan asupan makanan yang mengandung serat tinggi yang dapat menjaga kesehatan jantung. Anda bisa menggunakan FiberCreme sebagai pilihan yang tepat. FiberCreme sendiri merupakan krimer multifungsi yang bisa ditambahkan sebagai campuran bahan makanan pengganti susu dan santan. 

Selain itu, krimer yang satu ini juga tinggi akan serat dan rendah gula. Bahkan krimernya tidak mengandung kolesterol jahat juga. Sehingga bisa membuat jantung Anda tetap sehat dan tetap terjaga. Anda bisa mencampurkan krimer ini ke dalam berbagai kudapan enak, namun sehat. Berikut ini beberapa tips membuat menu makan sehat menggunakan FiberCreme yang bisa Anda tiru. Lihat selengkapnya disini, ya!

FiberCreme ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai pendamping makanan sehat Anda namun tetap lezat, yang sedang menjalani program diet sehat juga. Tertarik untuk mencobanya, Anda bisa membeli di marketplace dan juga supermarket terdekat.  

Nah, selain melakukan olahraga untuk kesehatan jantung. Nyatanya memiliki asupan gizi dan nutrisi terbaik untuk tubuh. Bisa membuat jantung sehat sepanjang usia. Yuk, mulai hidup sehat sejak dini. 

2 Komentar

  1. salam

    Terimakasih informasinya tentang jenis olahraga untuk jantung. Pentingnya edukasi untuk lebih memperhatikan kesehatan terutama pada jantung. Aritmia merupakan salah satu gangguan ketidaknormalan irama jantung, seperti denyut yang terlalu cepat atau takikardia, terlalu lambat atau bradikardia.

    Balas
    • Vivi Pristian

      Hai kak, terima kasih sudah mampir di website FiberCreme. Setuju sekali bahwa kita harus memperhatikan kesehatan jantung mulai dari sekarang.

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Sehat Itu Mahal? Intip 5 Tips Hidup Sehat yang Hemat di Sini!

Sehat itu mahal ketika kalian sedang sakit. Tapi kalau kalian segar bugar, sehat itu sebenarnya murah! Benar, menjaga kesehatan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Namun hingga saat ini masih banyak yang beranggapan sehat itu mahal, karena hal-hal yang...

FiberCreme Ajak Masyarakat Penuhi Kebutuhan Serat

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia. FiberCreme bersama Siloam Kebon Jeruk mendukung WHO menyelenggarakan Health Talk & Cooking Demo dengan tema “Pencernaan Sehat, Kesehatan Optimal”. Acara ini digelar di Siloam Hospitals Kebon Jeruk Jakarta, pada 30...

Kolesterol Tinggi Minggat Karena Serat? Bener Gak Sih?

Apa benar Serat dapat mengurangi Kolesterol? Makanan yang kita konsumsi memiliki peran penting dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Salah satu jenis makanan yang dipercaya baik untuk menurunkan kolesterol adalah yang mengandung serat tinggi. Namun apakah...

Resep Terbaru

5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat
5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat

Mengolah sayuran untuk diet menjadi tantangan bagi banyak orang. Salah cara mengolah atau memasaknya, sayuran justru bisa kehilangan nilai gizinya dan malah menaikkan berat badan. Bagi yang mau mencoba mengolah sayuran untuk diet agar hasilnya tetap enak dan sehat,...

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...