Tips Mengenali Perbedaan Kencur dan Kunci

Jun 25, 2022 | Artikel, Berita, Fakta, Update | 0 Komentar

Tanah Indonesia sangat subur. Kalian bisa menemukan berbagai macam tumbuhan rempah dan rimpang. Misalnya kencur dan kunci yang sangat akrab di telinga dan indera pengecap kita.

Hanya saja, bagi sebagian orang masih sering keliru untuk membedakan keduanya. Untuk mengetahui perbedaan kencur dan kunci kalian bisa menggunakan tips di bawah ini, ya.

Tips Mengenali Perbedaan Kencur dan Kunci

Kencur dan kunci termasuk tanaman rimpang. Keduanya nampak sekilas sama, tapi sebenarnya memiliki kegunaan berbeda serta cita rasa yang tidak sama juga. Lalu bagaimana cara membedakannya? Simak tips berikut ini:

Bentuk

Dari segi bentuk, kalian seharusnya sudah bisa langsung tahu mana kencur dan mana kunci. Tapi untuk lebih jelasnya, kencur memiliki bentuk lebih bulat dan pendek, sedang kunci memiliki bentuk seperti akar tunggang yang bercabang.

BACA JUGA  5 Minuman Penurun Kolesterol yang Mudah Dibuat

Warna

Sedangkan dilihat dari warnanya, kencur memiliki warna putih kekuningan berair yang dibalut dengan kulit berwarna coklat tua yang mudah untuk dikelupas. Adapun kunci berwarna kuning dengan tekstur padat yang juga memiliki kulit berwarna kecoklatan.

Rasa

Untuk rasanya sendiri, kencur memiliki rasa cukup pedas dan hangat. Lalu untuk kunci, ia memiliki rasa lebih menyegarkan dan sedikit pahit yang itulah kenapa ketika dimasak menjadi sayur bening rasanya sangat menyegarkan dan lebih manis. Sedangkan untuk rimpang jenis kencur, ia bisa digunakan untuk jamu yang berkhasiat untuk menambah nafsu makan atau mengatasi batuk.

BACA JUGA Intip 4 Tips Ampuh Menjalani Hidup Produktif

Kegunaan

Selanjutnya mari kita beralih pada pemanfaatan keduanya. Kencur dapat digunakan untuk berbagai masakan, misalnya untuk membuat seblak, jamu beras kencur yang melegenda dan lain sebagainya.

Sedangkan kunci digunakan secara terbatas, tapi yang paling khas adalah untuk membuat sayur bening yang menyegarkan maupun sebagai pelengkap dalam membuat sayur bayam. Singkatnya, pemanfaatan temu kunci cukup jarang dibandingkan pemanfaatan kencur.

Jadi itulah tadi seputar tips membedakan antara kencur dengan temu kunci. Selain berguna sebagai penyedap rasa pada masakan, keduanya juga memiliki peran penting dalam kesehatan, seperti di bawah ini: 

Manfaat Temu Kunci dan Kencur untuk Kesehatan

Pertama-tama, yuk kita lihat manfaat dari konsumsi temu kunci:

  1. Meredakan Batuk
  2. Menangkal Radikal Bebas
  3. Mencegah Kanker Payudara

Sedangkan untuk kencur juga tak kalah berkhasiat dari temu kunci. Beberapa manfaatnya adalah:

  1. Menurunkan kadar kolesterol jahat
  2. Menambah nafsu makan
  3. Anti herbal batuk
  4. Mengobati diare, dan masih banyak lagi

BACA JUGA 9 Rekomendasi Sayuran Penurun Kolesterol yang Efektif dan Mudah Didapat

Ide Kudapan untuk Keluarga

Ada ide apa untuk berkreasi dengan kencur atau kunci? Melihat banyaknya manfaat kedua rimpang ini, jangan ragu untuk coba berkreasi dengan kencur, kunci, atau keduanya. Apalagi karena FiberCreme punya resep versi tinggi serat dan sehatnya untuk kalian.

Misalnya, kalian bisa membuat laksa bangka, seblak ceker, atau serabi oncom dengan kencur. Selain manfaat kesehatan dari kencur, kalian juga mendapat manfaat lain dari FiberCreme yang tinggi serat, rendah gula, bebas gluten, dan mengandung 0mg kolesterol. 

Tambahkan FiberCreme sebagai pengganti santan dan susu ke masakan atau minuman pilihan kalian. Atau temukan resep-resep enak bisa sehat lainnya dengan kunjungi website resmi FiberCreme dan channel YouTube Ellenka. Selamat mencoba!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Terbaru

3 Inspirasi Resep Creamy Mie, yang Mana Favoritmu?

Siapa yang tak suka menu makanan berbahan dasar mie? Sepertinya, hampir semua orang menyukai makanan sejuta umat ini. Mau diolah menggunakan resep apa pun, nampaknya kelezatan mie tak akan pernah pudar. Lalu, bagaimana jika lezatnya mie ini dipadu padankan dengan...

Manfaat Menjaga Kebersihan Tubuh Untuk Kesehatan

Kesehatan merupakan hal penting yang harus dijaga dengan baik oleh setiap individu. Menjaga kebersihan tubuh termasuk salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Tapi selain sehat, apa lagi sih manfaat yang bisa kita dapatkan dari menjaga kebersihan...

Hati-hati! 5 Makanan Penyebab Diare Bisa Menghambat Aktivitasmu

Tahukah kamu kalau diare tak hanya disebabkan oleh virus dan bakteri? Munculnya diare juga bisa dikarenakan mengonsumsi makanan tertentu, lho. Biasanya, ini terjadi pada orang yang intoleran terhadap makanan penyebab diare. Intoleransi makanan bisa berbeda-beda pada...

Ximilu: Dessert Lezat Memberikan Kesegaran Harimu

Di cuaca yang panas begini, memang paling enak minum yang seger-seger, ya? Kira-kira, minuman segar apa yang cocok menemani siang hari kalian? Bagi kalian penikmat buah, maka kamu wajib mencoba dessert lezat bernama ximilu. Mungkin Namanya mungkin masih terdengar...

4 Kreasi Bolu Gulung untuk Acara Keluarga, Cek Resepnya!

Minggu depan ada acara keluarga? Kalau bingung memikirkan menu kudapan apa yang cocok untuk semua orang, bikin bolu gulung aja, yuk! Kali ini, FiberCreme akan bagikan kreasi bolu gulung yang dijamin jadi favorit dan langsung ludes diserbu keluarga. Bolu gulung atau...

Resep Terbaru

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...

Resep Cendol dari Nol
Resep Cendol dari Nol

  Resep Cendol dari Nol Cendol dawet... cendol cendoll...dawet dawet.. cendol dawet seger!! Yang mau bikin cendol dawet ini resepnya! Es Cendol Komplit 90 gram tepung beras70 gram tepung tapioka750 ml air3 tetes pewarna makanan merah mudaBahan kuah30 gram...

Resep Korean Strawberry Milk Tanpa Susu Tetap Creamy
Resep Korean Strawberry Milk Tanpa Susu Tetap Creamy

  Resep Korean Strawberry Milk Tanpa Susu Tetap Creamy Resep Korean Strawberry milk tanpa susu bisa kamu ganti dengan FiberCreme loh!Daripada beli mahal-mahal di kafe, yuk bikin sendiri! Selain dinikmati sendiri, resep korean strawberry milk ini juga bisa jadi...