Tips Mengenali Perbedaan Kencur dan Kunci

Jun 25, 2022 | Artikel, Berita, Fakta, Update | 0 Komentar

Tanah Indonesia sangat subur. Kalian bisa menemukan berbagai macam tumbuhan rempah dan rimpang. Misalnya kencur dan kunci yang sangat akrab di telinga dan indera pengecap kita.

Hanya saja, bagi sebagian orang masih sering keliru untuk membedakan keduanya. Untuk mengetahui perbedaan kencur dan kunci kalian bisa menggunakan tips di bawah ini, ya.

Tips Mengenali Perbedaan Kencur dan Kunci

Kencur dan kunci termasuk tanaman rimpang. Keduanya nampak sekilas sama, tapi sebenarnya memiliki kegunaan berbeda serta cita rasa yang tidak sama juga. Lalu bagaimana cara membedakannya? Simak tips berikut ini:

Bentuk

Dari segi bentuk, kalian seharusnya sudah bisa langsung tahu mana kencur dan mana kunci. Tapi untuk lebih jelasnya, kencur memiliki bentuk lebih bulat dan pendek, sedang kunci memiliki bentuk seperti akar tunggang yang bercabang.

BACA JUGA  5 Minuman Penurun Kolesterol yang Mudah Dibuat

Warna

Sedangkan dilihat dari warnanya, kencur memiliki warna putih kekuningan berair yang dibalut dengan kulit berwarna coklat tua yang mudah untuk dikelupas. Adapun kunci berwarna kuning dengan tekstur padat yang juga memiliki kulit berwarna kecoklatan.

Rasa

Untuk rasanya sendiri, kencur memiliki rasa cukup pedas dan hangat. Lalu untuk kunci, ia memiliki rasa lebih menyegarkan dan sedikit pahit yang itulah kenapa ketika dimasak menjadi sayur bening rasanya sangat menyegarkan dan lebih manis. Sedangkan untuk rimpang jenis kencur, ia bisa digunakan untuk jamu yang berkhasiat untuk menambah nafsu makan atau mengatasi batuk.

BACA JUGA Intip 4 Tips Ampuh Menjalani Hidup Produktif

Kegunaan

Selanjutnya mari kita beralih pada pemanfaatan keduanya. Kencur dapat digunakan untuk berbagai masakan, misalnya untuk membuat seblak, jamu beras kencur yang melegenda dan lain sebagainya.

Sedangkan kunci digunakan secara terbatas, tapi yang paling khas adalah untuk membuat sayur bening yang menyegarkan maupun sebagai pelengkap dalam membuat sayur bayam. Singkatnya, pemanfaatan temu kunci cukup jarang dibandingkan pemanfaatan kencur.

Jadi itulah tadi seputar tips membedakan antara kencur dengan temu kunci. Selain berguna sebagai penyedap rasa pada masakan, keduanya juga memiliki peran penting dalam kesehatan, seperti di bawah ini: 

Manfaat Temu Kunci dan Kencur untuk Kesehatan

Pertama-tama, yuk kita lihat manfaat dari konsumsi temu kunci:

  1. Meredakan Batuk
  2. Menangkal Radikal Bebas
  3. Mencegah Kanker Payudara

Sedangkan untuk kencur juga tak kalah berkhasiat dari temu kunci. Beberapa manfaatnya adalah:

  1. Menurunkan kadar kolesterol jahat
  2. Menambah nafsu makan
  3. Anti herbal batuk
  4. Mengobati diare, dan masih banyak lagi

BACA JUGA 9 Rekomendasi Sayuran Penurun Kolesterol yang Efektif dan Mudah Didapat

Ide Kudapan untuk Keluarga

Ada ide apa untuk berkreasi dengan kencur atau kunci? Melihat banyaknya manfaat kedua rimpang ini, jangan ragu untuk coba berkreasi dengan kencur, kunci, atau keduanya. Apalagi karena FiberCreme punya resep versi tinggi serat dan sehatnya untuk kalian.

Misalnya, kalian bisa membuat laksa bangka, seblak ceker, atau serabi oncom dengan kencur. Selain manfaat kesehatan dari kencur, kalian juga mendapat manfaat lain dari FiberCreme yang tinggi serat, rendah gula, bebas gluten, dan mengandung 0mg kolesterol. 

Tambahkan FiberCreme sebagai pengganti santan dan susu ke masakan atau minuman pilihan kalian. Atau temukan resep-resep enak bisa sehat lainnya dengan kunjungi website resmi FiberCreme dan channel YouTube Ellenka. Selamat mencoba!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...