Tidak Bisa Lepas dari Santan? Ini 5 Tips Agar Bebas Kolesterol Ketika Ramadan

Mar 26, 2021 | Artikel | 0 Komentar

Bulan puasa sangat identik dengan kehadiran santan. Ada banyak menu berbuka berbahan dasar santan yang jadi sajian wajib untuk melepas lapar dan dahaga di bulan suci.

Hidangan bersantan memang lezat. Rasanya yang gurih semakin menambah nafsu makan setelah selama seharian perut tidak terisi. Tapi bagi beberapa orang, konsumsi santan ternyata memiliki dampak negatif seperti naiknya kolesterol darah. Jadi agar bulan puasa nanti tetap bisa menikmati makanan lezat tapi tubuh tetap sehat, ikuti tips berikut ini.

Rajin berolahraga

Naiknya kolesterol adalah dampak meningkatnya jumlah kolesterol jahat LDL (low-density lipoprotein). Sementara itu, aktivitas fisik seperti olahraga dapat membantu menaikkan kolesterp; baik HDL (high-density lipoprotein) dan menurunkan LDL.

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga harus dilakukan secara rutin. Jadi jika ingin hasil terbaik, jangan olahraga hanya ketika akan atau setelah mengonsumsi makanan bersantan.

Masak santan dengan benar

santan

Cara memasak makanan bersantan juga bisa berpengaruh. Sebaiknya hindari memasak santan hingga mendidih atau memanaskannya berulang kali agar asam lemak yang dikandungnya tidak berubah jadi jenuh. Kurangi juga tambahan bahan lain yang bisa menyebabkan kolesterol, seperti jeroan dan bagian daging yang berlemak.

Selain itu, kita bisa mengganti santan dengan bahan lain untuk mencegah dampak negatifnya. Beberapa bahan pengganti santan termasuk FiberCreme, krimer serbaguna tinggi serat yang rendah gula, rendah lemak, dan mengandung 0mg kolesterol. Dibuat dengan serat dari umbi-umbian dan minyak kelapa yang sehat, FiberCreme memiliki rasa mirip seperti santan. Jadi bisa digunakan untuk resep apapun, terutama resep untuk hidangan khas Ramadan maupun lebaran.

Jauhi rokok

Asap rokok, baik yang didapat perokok aktif maupun pasif, dapat meningkatkan level kolesterol jahat LDL dan lemak jahat trigliserida, serta menurunkan kolesterol baik HDL. Selain itu, asap rokok juga menghasilkan plak yang menempel di pembuluh darah. Jika dibiarkan, plak ini bisa mengganggu aliran darah dan menyebabkan penyakit berbahaya lain seperti serangan jantung dan stroke.

Minum air putih yang cukup

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh bsa membuat darah menjadi asam, sehingga mempengaruhi kenaikan kolesterol jahat LDL dan merusak dinding arteri. Sementara itu ketika kita mendapat asupan cairan yang cukup, darah jadi lebih encer, mudah mengalir, dan kerja jantung jadi lebih ringan. Semakin encer darah, semakin mudah dan cepat LDL disingkirkan dari tubuh.

Imbangi dengan konsumsi sayur dan buah

Buah dan sayur banyak mengandung serat yang baik untuk menstabilkan level kolesterol. Serat, terutama serat larut, melakukan hal tersebut dengan mengikat kolesterol jahat dalam usus kecil. Dengan begitu, kolesterol tidak sampai masuk dalam peredaran darah dan akan dibawa keluar dari tubuh melalui feses.

Beberapa jenis buah dan sayur yang mengandung serat larut adalah alpukat, pir, apel, jambu merah, ubi, dan brokoli, wortel. Selain itu, kita juga bisa mendapat serat larut dari kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang merah, oat, kacang hazel, dan biji bunga matahari.

Jika kita termasuk kurang dalam hal konsumsi makanan-makanan di atas, kita bisa juga mendapat serat dari makanan sehari-hari kita. Cukup tambahkan FiberCreme pengganti santan ke makanan atau minuman apapun sesuai takaran dan instruksi. Kita bisa menambah asupan serat dan mendapat semua manfaatnya untuk mencegah kolesterol naik.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kompetisi Masak Berhadiah Jutaan Rupiah

web banner FRC 5

Gak Ada Keluarga Penderita Diabetes, Boleh Tenang?

Pernah denger orang dengan keturunan diabetes memiliki resiko lebih tinggi terkena diabetes kan? Eits cek dulu kebenarannya!

Mending Makan atau Kelaparan Saat Diet?

Happy nggak kalau ternyata diet itu nggak harus nahan lapar lho! Eh yang bener…

Menghindari Lemak Justru Berbahaya!

Lemak dicap sebagai salah satu bagian paling berbahaya pada makanan. Padahal, gak semua lemak berbahaya dan harus dihindari.

Kebanyakan Pakai Hand Sanitizer Antibakteri Bisa Berujung Ini…

Menjaga tangan selalu bersih dengan berlebihan memakai sabun atau hand sanitizer antibakteri ternyata gak baik lho. Masa sih?

Es Krim Bikin Batuk? Kamu Dibohongi!

Seringkali ketika kita sakit, kita gak diperbolehkan makan es krim. Untungnya ternyata ini nggak benar….

Bisul Bukan Akibat dari Makan Telur!

Pernah dengar larangan makan telur terlalu banyak agar gak bisulan? Larangan ini ternyata tidak sepenuhnya benar lho!

Keju Berjamur Tanda Harus Dibuang?

Kalau gak disimpan dengan benar, keju yang sudah dibuka kemasannya bisa rusak lho. Keju berjamur apakah masih bisa dikonsumsi?

Demam Jangan Salahkan Cuaca Dingin, Tapi…

Cuaca dingin sering dibilang penyebab kamu kena demam. Nyatanya cuaca bisa jadi faktor pendukung, tapi bukan penyebab utama.

Mata Minus, Karena Sering Nonton TV Terlalu Dekat?

Nonton tv terlalu dekat memang menyebabkan mata bekerja lebih keras, tapi tidak sampai membuat fungsi penglihatan berkurang.

Cara Kamu Mengatasi Luka Bakar Ternyata Bikin Makin Parah!

Cara apa yang biasa kamu gunakan untuk meredakan luka bakar? Kalau biasanya meredakan nyerinya dengan menempelkan es batu ke lukanya…

Artikel Terbaru

Lebaran Bebas Santan: Resep Kastengel Keju Lumer Paling Praktis

Ramadan hanya tinggal menghitung hari. Meski puasa, pasti bakal banyak yang sibuk di dapur untuk persiapan lebaran. Dan salah satu persiapan lebaran ala orang Indonesia adalah bikin kue kering. Kue kering yang dibuat pun bermacam-macam, termasuk salah satunya adalah...

20 Resep Masakan Rumahan Indonesia Ala William Wongso

Indonesia adalah surganya makanan enak. Dari Sabang hingga Merauke, tiap daerah punya makanan tradisional sendiri dengan ciri khas masing-masing. Meski berbeda-beda, umumnya masakan Indonesia punya rasa yang lezat dan kuat berkat penggunaan bumbu dan rempah yang kaya...

6 Cara Hilangkan Bau Amis Bebek yang Harus Anda Coba

Daging bebek memang punya cita rasa lezat dan gurih yang sulit ditandingi oleh daging ayam biasa. Tapi, kenikmatannya sudah pasti hanya bisa dirasakan apabila dimasak dengan cara yang benar. Karena jika tidak diolah dengan baik, daging tersebut akan menyisakan bau...

20 Ide Resep Berbahan Telur Simple, Lezat, dan Murah

Telur adalah salah satu bahan makanan yang paling praktis. Hampir setiap rumah pasti punya persediaan telur. Karena selain harganya yang cenderung murah, telur memang sangat mudah diolah. Tapi, resep telur yang mudah dibuat bukan hanya telur ceplok atau dadar saja....

Bisa Makan Bersantan Tanpa Menaikkan Kolesterol? Ikuti 5 Cara Ini

Siapa yang tidak kenal santan, salah satu bahan yang umum ditemui pada berbagai masakan sehari-hari, masakan bersantan banyak ditemui di Indonesia khususnya pada masakan tradisional. Dihasilkan dari parutan daging buah kelapa, santan secara turun-temurun sudah...

Resep Terbaru

Lebaran Bebas Santan: Resep Kastengel Keju Lumer Paling Praktis
Lebaran Bebas Santan: Resep Kastengel Keju Lumer Paling Praktis

Ramadan hanya tinggal menghitung hari. Meski puasa, pasti bakal banyak yang sibuk di dapur untuk persiapan lebaran. Dan salah satu persiapan lebaran ala orang Indonesia adalah bikin kue kering. Kue kering yang dibuat pun bermacam-macam, termasuk salah satunya adalah...

Resep Nastar Taiwan, Full Selai Nanas
Resep Nastar Taiwan, Full Selai Nanas

Resep Nastar Taiwan, Full Selai Nanas Siapa lagi yang memanfaatkan bulan puasa untuk berkreasi bikin jajanan khas lebaran? @FiberCreme punya ide kue lebaran yang harus kamu coba nih: resep Nastar Taiwan. Gak kayak nastar biasanya, nastar ini lebih gede dan dijamin...

Resep Ayam Lodho Tulungagung
Resep Ayam Lodho Tulungagung

  Resep Ayam Lodho Tulungagung Tulungagung juga punya makanan khas dengan bahan baku ayam. Namanya Ayam Lodho, yang terkenal gurih & punya kuah santan yg kental. Bagi yg gk bisa makan santan, tenang aja karena FiberCreme punya resep ayam lodho khas...

Resep Pecak Ikan Gurame Super Lezat
Resep Pecak Ikan Gurame Super Lezat

  Resep Pecak Ikan Gurame Super Lezat Kamu suka masakan ikan apa? Kalau kamu suka gurame, ini dia resep pecak ikan gurame super lezat buat kamu coba di rumah. Cara membuatnya ngga ribet kok. Untuk hasil yang lebih enak dan creamy kamu bisa tambahkan FiberCreme di...

Resep Ayam Bakar Palembang FiberCreme
Resep Ayam Bakar Palembang FiberCreme

  Resep Ayam Bakar Palembang FiberCreme Sudah punya rekomendasi menu untuk makan siang nanti? Nah, bagi kamu suka dengan ayam bakar, maka menu Ayam Bakar Palembang ini wajib kamu coba. Bagaimana tidak, bumbu rempahnya mampu merasuk hingga ke bagian terdalam...