6 Bahan Pengganti Santan, Supaya Tidak Kolesterol

May 28, 2018 | Artikel | 23 Komentar

6 Bahan Pengganti Santan, Supaya Tidak Kolesterol

May 28, 2018 | Artikel

Santan (jawa:santen) adalah cairan putih yang dibuat dengan cara memeras parutan daging kelapa, oleh sebab itu disebut coconut milk oleh orang barat. Santan adalah bahan baku yang cukup krusial dalam resep masakan nusantara. Mulai dari makanan utama, makanan penutup, kue dan jajan pasar, dan minuman memakai santan untuk menciptakan rasa gurih dan nikmat. Namun dibalik kenikmatan santan, cairan ini memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi sehingga bisa memicu munculnya kolesterol. Untuk menyiasatinya tengok beberapa alternatif pengganti santan berikut ini:

 

1. Susu Segar

Susu segar yang berasal dari hewan seperti sapi dan kambing etawa bisa dipakai untuk menggantikan santan. Orang bule lebih suka susu untuk makanan mereka yang creamy seperti cream soup, cream pie, dan lain sebagainya. Susu Segar juga sangat cocok untuk berbagai minuman dan makanan penutup. Susu segar memiliki kandungan laktosa (gula susu) yang cukup tinggi, sehingga buat yang tidak tahan laktosa (lactose intolerant) tidak disarankan menggunakan susu segar. Rata-rata penduduk Indonesia tidak toleran terhadap laktosa.

 

2. Plain Yogurt (yogurt tawar) atau Greek Yogurt

Yogurt adalah olahan susu yang memiliki cita rasa asam namun teksturnya sangat creamy. Masakan barat dan juga india sering menggunakan yogurt untuk masakan mereka yang creamy. Karena rasanya yang cenderung asam, maka takaran yogurt yang dipakai sangat perlu diperhatikan, karena jika tidak justru akan merusak rasa dari masakan anda.

 

3. Susu Kental Manis Tanpa Gula

Susu Kental Manis Tanpa Gula sering disebut susu evaporasi, yaitu olahan susu segar yang dihilangkan 60% kadar airnya. Susu evaporasi biasanya akan dicampur lagi dengan air untuk menjadikannya seperti susu segar. Karena tanpa gula, maka susu ini cenderung tawar namun tetap gurih dan creamy. Susu evaporasi memiliki kadungan gizi separuh dibandingkan dengan susu segar.

 

4. Susu Kacang-kacangan

Susu yang berasal dari kacang seperti almond milk (susu kacang almond), cashew milk (susu kacang mete), candlenut milk (susu kemiri), soya milk (susu kedelai) bisa digunakan untuk resep masakan atau makanan yang cenderung gurih (savoury). Tekstur susu yang berasal dari kacang-kacangan cenderung lebih cair dan kurang creamy dibandingkan santan. Satu fakta yang tidak boleh diabaikan, bahwa kacang-kacangan ini juga kaya akan lemak, walaupun sebagian besar adalah lemak baik. Kandungan lemak yang tinggi berarti adalah kalori yang tinggi pula.

 

5. Thick Cream (Krim Kental) atau Whipped Cream

Whipped Cream dan Thick Cream (krim kental) biasa ditemukan di toko roti karena memang merupakan bahan untuk Baking. Keduanya bisa dijadikan bahan alternatif santan. Supaya gurih khas kelapa dapat tetap terasa bisa ditambahkan air kelapa bersama kedua bahan tersebut. Kedua baha ini cocok sekali untuk pengganti santan untuk cake atau kue.

 

6. FiberCreme, Bahan Pengganti Santan Tinggi Serat

FiberCreme adalah krimer nabati (non dairy creamer) multifungsi yang terbuat dari komposisi Oligosakarida, yaitu serat pangan alami, yang mebuat makanan tinggi serat. FiberCreme merupakan Creamer bubuk (krimer bubuk) ini dapat dimanfaatkan sebagai pengganti santan untuk nasi uduk, sayur, opor, nasi kuning, kolak, lodeh, rendang ayam, bubur kacang hijau, bubur sumsum, cake, cendol dan berbagai resep masakan tanpa santan lain. Selain itu FiberCreme juga bisa dimanfaatkan untuk krimer kopi (coffee creamer), sehingga memiliki citarasa seperti kopi susu. FiberCreme dijual (beli) dimana : di Alfamart, Indomaret, dan berbagai supermarket besar. FiberCreme terdiri dari tiga kemasan, Box (450gr), Botol (168gr), dan Creamer Sachet (100gr). FiberCreme Halal (sertifikasi MUI).

23 Komentar

  1. Sutinah

    Saya sedang mencari-cari pengganti santan namun setelah buka google ternyata dapat info ini, sy sangat berterima kasih, mudah2an kolesterol sy bisa sembuh.

    Balas
    • Admin FC

      Wah terima kasih kak sudah share pengalamannya, FiberCreme tidak mempengaruhi tinggi rendahnya kolestrol seseorang dan komponen serat juga dapat mengikat lemak saat konsumsi makanan dan kolesterol berlebih yang ada di tubuh untuk dikeluarkan melalui BAB kita.

      Balas
      • Wiwin Nurhayati

        Terima kasih banyak… Serasa ada semangat baru makan yg bersantan tanpa khawatir…

        Balas
        • Fiber Creme

          Sama-sama kak, makan enak jadi aman deh dengan FiberCreme!

          Balas
          • Basuki

            Dimana bisa dapat kalau di madiun?

            Balas
            • Fiber Creme

              Hai kak untuk wilayah Madiun FiberCreme sudah dijual di berbagai gerai dan supermaket. Misalnya seperti di Indomaret, Alfamidi, Lottemart, Superindo, Hypermart, Hero, Giant, dan masih banyak lagi. Untuk mencarinya, bisa ditemukan di rak bagian krimer atau santan. Untuk pembelian via online FiberCreme juga sudah ada di Tokopedia, Blibli, Shopee, Blanja.com, dan Bukalapak. Unt update toko yang menjual FiberCreme silahkan kunjungi http://www.fibercreme.com/store

              Balas
      • Vivi

        Apakah aman dikonsumsi untuk penderita maag akut ?

        Balas
        • Fiber Creme

          FiberCreme bisa dikonsumsi oleh orang yang punya riwayat maag, karena FiberCreme tidak menyebabkan dan memicu naiknya asam lambung.

          Balas
          • Ida ifayati

            Amankah fibrecreame untuk penderita kreatin tinggi atau gagal ginjal?

            Balas
  2. Arni

    Udah beralih ke fiber ćremé sejak memutuskan diet karbo bareng suami. Mulai dari bikin bubur sagu sampe gulai singkong masak pakai ini, bikin kopi susu kesukaan suami juga pake ini. Mantap gak merubah rasa jadi aneh,sama enaknya kyk pake santen. Smpe suami kaget

    Balas
    • Fiber Creme

      wah selamat kak sudah berhasil mengubah hidup jadi lebih sehat. Selain tidak mengubah rasa, dengan FiberCreme asupan serat harian juga jadi terpenuhi lho kak. Yuk pakai selalu FiberCreme di minuman ataupun makananmu.

      Balas
  3. Eneng sukaesih

    Apakah aman di konsumsi bagi yg tidak sudah di angkat empedunya/tidak punya empedu?

    Balas
    • Fiber Creme

      Hai Kak Eneng Sukaesih, FiberCreme adalah produk krimer multifungsi yang memiliki kandungan lemak rendah. Selain itu, FiberCreme juga tinggi serat dan dapat digunakan sebagai alternatif untuk pengganti santan dan susu. Untuk memastikannya, ada baiknya agar Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

      Balas
  4. Lucia fristanti ningsing.

    Suami saya suka sekali dengan kolak. Tapi dia sebenarnya tidak suka santan .. maka kadang saya bingung gmn menyiasati santan. Paling saya pakai santan tapi sedikit.(santan encer) tapi setelah saya dikasih informasi dari teman klu fiber creme bisa menjadi solusi terbaik dlm pengganti santan. Alhamdullillah saya dan suami sudah merasa senang dan nyaman dalam mengkonsumi kolak . Terimakasih fiber creme.

    Balas
    • Fiber Creme

      sama-sama kak, senang deh mendengar ceritanya. Terima kasih sudah beralih menggunakan FiberCreme sebagai pengganti santan. Jangan lupa rekomendasikan ke yang lain ya kak. Ditunggu kreasi dengan FiberCreme selanjutnya

      Balas
  5. Anton Nugraha

    Saya belum tahu produk Fiber Creme. Saya mau coba hati-hati mengingat kolesterol yang sering turun-naik.

    Balas
    • Fiber Creme

      Hai Kak, FiberCreme adalah krimer serbaguna tinggi serat, dan rendah gula. Pada dasarnya, FiberCreme ini sudah bebas kolestrol. Untuk itu, sangat jelas bahwa FiberCreme tidak mempengaruhi tinggi rendahnya kolestrol seseorang dan komponen serat juga dapat mengikat lemak saat konsumsi makanan dan kolesterol berlebih yang ada di tubuh untuk dikeluarkan melalui BAB kita.

      Balas
      • Novi

        Utk buat takaran santan kental brp fc banding dgn air ?

        Balas
        • Fiber Creme

          Takaran yang direkomendasikan agar memperoleh rasa dan tekstur makanan seperti santan kental dengan perbandingan FiberCreme : air hangat (1:3) dan bisa pula sesuai selera Anda. Misalnya, dengan menggunakan 100 gram FiberCreme + air hangat 300 ml = 400ml santan kental.

          Balas
      • Rochmatul laily

        Kak, saya kan punya sakit lambung dan samasekali gabisa makan santan. Kalo pakek fiber creme aman buat lambung ya kak? Makasih sebelumnya

        Balas
        • Fiber Creme

          hai kak, bila yang dimaksut adalah penyakit asam lambung, kami informasikan kandungan FiberCreme tidak mempengaruhi naik asam lambung. Untuk memastikan bisa dikonsultasikan ke dokter kepercayaan ya

          Balas
  6. ervina

    apakah aman untuk penderita ginjal??

    Balas
    • Fiber Creme

      Hai kak, untuk penderita ginjal kami sarankan berkonsultasi dengan dokter ya kak

      Balas

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rendah Lemak Belum Tentu Baik Karena…

Makanan yang dilabeli “rendah lemak” ternyata belum tentu lebih sehat! Ini lho penjelasannya.

Cuka Apel Bantu Bakar Lemak? Pikir Lagi!

Cuka apel jadi salah satu bahan yang belakangan ini banyak dipilih orang, untuk program diet. Mitos ini setengah salah dan setengah benar lho!

Telur Memang Mengandung Kolesterol, Tapi…

Bahan makanan yang satu ini memang mengandung kolesterol, tapi tidak ada bukti cukup yang menyebut kolesterol dari telur bisa mempengaruhi kolesterol dalam darah.

Makan Malam Hari Gak Bikin Gemuk Kok

Kita mungkin sering diberitahu bahwa makan malam bisa menyebabkan kegemukan. Tapi ternyata pendapat ini salah lho.

Tubuh Tidak Membutuhkan 8 Gelas Air Per Hari

Jumlah yang dianjurkan agar tubuh bisa berfungsi normal dan tidak sampai dehindrasi adalah 8 gelas per hari. Padahal, jumlah tersebut tidak selalu benar.

Bukan Bikin Sembelit, Buah Salak Justru Melancarkan BAB

Kebanyakan orang menghindari salak karena rumor yang menyebut buah ini bisa mengakibatkan konstipasi alias susah BAB. Padahal justru sebaliknya, masa sih!

Cuma Rebahan Bisa Bakar Kalori Lho. Kok Bisa?

Olahraga untuk bakar kalori udah biasa, tahukah kamu kalau rebahan termasuk jenis kegiatan yang juga membakar kalori? kok bisa ya?

Gak Semua Obat Herbal Aman Dikonsumsi Lho!

Nyatanya, gak semua herbal itu baik, aman dan bebas efek samping. Ketahui fakta dibalik obat herbal ini yuk!

Jangan Mau Tertipu, Wortel Tidak Bisa Menghilangkan Minus Mata

Sudah sering kan mendengar bahwa mengkonsumsi wortel akan baik bagi penglihatan kita, tahukah kamu bawa sebenarnya hal tersebut merupakan mitos?

SALAH KAPRAH: Susu Sapi Tidak Menyehatkan Tulang

Susu, selama ini selalu diidentikkan dengan kepadatan dan kekuatan tulang. Padahal kesehatan tulang gak selalu bergantung pada susu.

Jadwal Kegiatan

july

No Events

Download Kumpulan Resep

Online Store

X