Kriteria Makanan yang Enak dan Sehat

Agu 19, 2022 | Artikel, Fakta | 0 Komentar

Tahukah kalian bahwa tidak semua makanan yang enak itu menyehatkan? Ada beberapa jenis makanan yang memang enak akan tetapi tidak baik jika dikonsumsi terus menerus, sebab bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Makanan yang dimaksud misalnya adalah junk food, gorengan, mie instan, dan makanan atau minuman dengan banyak gula tambahan.

Dampak buruknya untuk kesehatan termasuk meningkatnya risiko timbul berbagai macam penyakit, menghambat perkembangan tubuh, mengurangi kecerdasan otak, dan mengurangi fungi gerak anggota badan. Jika tidak segera diatasi, bukan mustahil konsumsi makanan seperti di atas bisa menimbulkan kematian.

Maka dari itu, mulai batasi konsumsi makanan yang enak namun tidak sehat yuk! Ganti dengan makanan sehat dan buat lebih enak dengan FiberCreme yang merupakan pengganti santan dan susu, sekaligus bantu kamu memenuhi kebutuhan serat harian.

Makanan yang Enak Tidak Bisa Jadi Sehat?

Makanan sehat identik dengan rasa yang tidak enak. Begitu juga sebaliknya, makanan enak biasanya termasuk kategori tidak sehat. Tapi mengonsumsi makanan enak dan sehat tetap bisa dilakukan kok. Selain pintar mengolah makanan, kamu juga bisa memadukan berbagai jenis makanan untuk menghasilkan masakan sehat bervariatif dan menggoda selera.

Selain membuat makanan sehat lebih menarik, menyajikan berbagai jenis makanan juga penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Karena kita memang disarankan untuk mengonsumsi makanan yang berbeda-beda sehingga tubuh juga mendapatkan berbagai nutrisi yang dibutuhkan.

Tapi, pertama-tama yuk kenali dulu seperti apa makanan yang disebut sehat!

Tinggi serat

Salah satu kriteria makanan yang sehat adalah makanan yang kaya akan serat seperti sayuran hijau, buah alpukat, mangga, pisang, dan sebagainya.

Makanan berserat tinggi sangat penting untuk melancarkan pencernaan dan membuat kenyang lebih lama, sehingga pola makan bisa lebih terkontrol. Selain itu, serat juga mampu menurunkan kadar kolesterol serta mengontrol kadar gula darah, lho!

BACA JUGA 5 Cara Menyimpan Makanan di Kulkas Supaya Tahan Lama

Higienis

Kriteria makanan sehat lainnya adalah kebersihan. Menjaga kebersihan makanan bisa dilakukan dengan menyimpannya dengan baik dan mencucinya sebelum diolah. 

Makanan yang disimpan dengan benar akan terhindar dari kontaminasi bakteri, virus, kuman, dan zat lainnya agar lebih tahan lama dan terjaga nutrisinya. Jaga kebersihan dan kesehatan makanan dengan mencucinya sebelum diolah untuk menghilangkan kotoran dan mikroorganisme yang terdapat pada makanan.

Tidak mengandung MSG

Penggunaan MSG atau bahan penyedap terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan pencernaan, lho! Selain itu, makanan yang mengandung banyak MSG juga bisa meningkatkan risiko obesitas dan menyebabkan jantung berdetak lebih cepat.

Jadi, sebaiknya kita membatasi penggunaan MSG pada makanan atau menghindarinya sama sekali. Selain MSG, batasi juga konsumsi makanan yang tinggi garam atau natrium agar terhindar dari risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Mengandung antioksidan tinggi

Tubuh kita membutuhkan antioksidan tinggi untuk menjaga daya tahan tubuh hingga menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan timbulnya kanker. Antioksidan tinggi ini banyak terkandung dalam buah dan sayur lezat seperti stroberi, kubis ungu, anggur, dan blueberry.

BACA JUGA Mitos dan Fakta Makanan Penyebab Asam Lambung

Mengandung lemak baik

Lemak baik biasanya terdapat pada alpukat, telur, ikan, minyak zaitun, dan masih banyak lagi. Jenis lemak ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh sehingga tekanan darah bisa lebih dikontrol.

Proses pengolahan yang tepat

Makanan yang enak sangat bergantung pada cara pengolahannya. Tapi sayangnya, tidak semua cara pemasakan bisa menunjang nilai sehat makanan. Ada beberapa cara pengolahan makanan yang justri menghilangkan nutrisi di dalamnya dan menambah zat-zat yang tidak baik bagi tubuh. Misalnya proses perebusan yang terlalu lama atau proses penggorengan dengan minyak.

Untuk menjaga nilai gizinya, buah dan sayur bisa dikonsumsi langsung atau dengan pemrosesan yang sangat minimal. Namun untuk sumber protein seperti ayam, ikan, dan daging, wajib dimasak hingga benar-benar matang untuk membunuh atau menyingkirkan mikroorganisme serta zat-zat berbahaya lain di dalamnya.

BACA JUGA 5 Mitos Makanan Bergizi dalam Kehidupan Sehari-hari

Tidak mengandung pengawet

Makanan yang enak mungkin juga mengandung banyak pengawet buatan. Dalam jumlah kecil pengawet sintetis seperti ini tentu tidak menimbulkan masalah. Namun terlalu sering atau terlalu banyak konsumsinya bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan, lho!

Beberapa masalah kesehatan yang mungkin timbul termasuk alergi, kerusakan syaraf, kanker, obesitas, hingga penyakit kardiovaskuler. Jadi sebisa mungkin selalu hidangkan makanan segar dan hindari makanan yang mengandung pengawet.

Ingin mulai menyajikan makanan yang enak dan sehat? Coba berbagai resep andalan FiberCreme yuk! Dengan krimer serbaguna pengganti santan dan susu ini, kamu bisa membuat macam-macam bahan makanan sehat jadi lebih lezat dna tinggi serat.

Yuk dapatkan inspirasi masakan enak dan sehat ala FiberCreme dengan kunjungi Instagram @FiberCreme_TV dan channel YouTube Ellenka.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...