5 Cara Menyimpan Makanan di Kulkas Supaya Tahan Lama

Agu 16, 2022 | Artikel, Fakta | 0 Komentar

Kulkas atau lemari es sangat erat kaitannya dengan penyimpanan makanan. Meski begitu, tidak semua yang disimpan di kulkas bisa bertahan lama lho! Beberapa jenis makanan bisa layu, kering, busuk, atau malah terkontaminasi bakteri apabila tidak disimpan dengan benar. Makanya, di sini yuk pahami cara menyimpan makanan di kulkas yang baik dan benar, agar makanan tetap segar lebih lama dan higienis.

Berikut ini 5 cara menyimpan makanan di kulkas yang sudah FiberCreme rangkumkan buat kamu. Wajib dicoba ya!

Menggunakan kantong plastik

Seperti yang sudah disebut di atas, beberapa bahan makanan bisa cepat rusak apabila langsung diletakkan begitu saja dalam kulkas. Beberapa bahan memang bisa mengeluarkan gas atau senyawa yang bisa jadi mempercepat proses pematangan bahan makanan lain, sehingga membuatnya lebih cepat busuk.

Jadi, pisahkan masing-masing bahan makanan saat disimpan di kulkas. Untuk sayuran, simpan dalam kantong plastik berlubang. Sehingga embun yang dihasilkan sayuran karena udara dingin tidak terperangkap dan membuat sayur justru jadi cepat membusuk.

Simpan dengan tisu atau kertas

Untuk mengurangi kelembaban yang bisa membusukkan makanan, gunakan tisu atau kertas sebagai bungkus sebelum makanan dimasukkan ke kulkas. Tisu yang dimaksud adalah tisu dapur yang tebal dan tidak mudah robek ya. Kertas yang kamu gunakan pun harus bersih. Lebih baik hindari penggunaan kertas koran, karena tintanya justru bisa mengkontaminasi makanan.

Untuk menyimpan bahan makanan seperti buah atau cabai, gunakan tisu atau kertasnya sebagai alas di dalam wadah tertutup ya.

Meletakkan makanan yang lebih segar di bagian belakang kulkas

Cara ketiga adalah memutar makanan segar. Artinya makanan yang segar di putar atau diletakkan di area belakang pada ruangan di dalam kulkas. Sementara, makanan yang sebelumnya sudah diletakkan di dalam kulkas bisa kalian pindah di area paling depan pada ruangan kulkas. Hal ini bertujuan agar makanan yang terlebih dulu disimpan bisa digunakan secepatnya. Cara ini adalah metode yang tepat untuk menghindari tindakan membuang-buang makanan.

Menyimpan sesuai dengan jenis

Cara keempat dalam menyimpan makanan di kulkas adalah menyimpan sesuai dengan jenis. Dengan cara ini kalian juga lebih mudah mencari makanan yang ada di dalam kulkas. Misalnya, kalian bisa menyimpan sayuran jenis tomat dengan tomat, bayam dengan bayam, dan seterusnya.

Ada juga beberapa makanan yang tata letaknya tidak boleh berdekatan dengan jenis sayuran yang serupa maupun jenis yang lain. Misalnya saja daging segar yang tidak boleh diletakkan berdekatan dengan sisa makanan agar tidak terjadi kontaminasi kuman dan bau. Sebaiknya jenis makanan seperti ini kalian beri jarak ketika disimpan di kulkas atau pisahkan dalam wadah yang tertutup rapat. 

Mengatur suhu kulkas

Cara terakhir adalah mengatur suhu kulkas. Pasalnya suhu kulkas mampu mempengaruhi kualitas makanan yang disimpan. Kalian bisa mengatur kulkas di suhu 5 derajat celcius, karena di suhu rendah pertumbuhan bakteri bisa dihambat sehingga bahan makanan yang kalian simpan bisa menjadi lebih tahan lama.

Cara menyimpan makanan di kulkas ini sudah kamu praktekkan?

Kalau begitu kamu pasti sudah punya bahan-bahan makanan segar yang siap diolah kan? Kalau butuh ide masakan, yuk kunjungi @FiberCreme_TV di Instagram atau channel Ellenka di YouTube! Selalu ada resep-resep kreatif, lezat, dan sehat lho yang bisa kamu recook dan sajikan ke keluarga tercinta.

Jangan lupa untuk tambahkan FiberCreme ke masakan pilihan kalian. Krimer serbaguna tinggi serat ini dapat dijadikan sebagai alternatif 0mg kolesterol dan bebas laktosa untuk santan ataupun susu. Jadi kalian yang tidak bisa mengonsumsi kedua bahan makanan ini tetap bisa menikmati creamy-nya makanan seperti lodeh labu siam, sayur lombok pedas gurih, atau zuppa soup

Tertarik mencoba resep-resep ini atau membuat masakan lain dengan FiberCreme? Yuk upload juga apapun kreasi FiberCreme kalian di Instagram masing-masing agar bisa jadi inspirasi buat FiberCreme Lovers lainnya!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Terbaru

3 Inspirasi Resep Creamy Mie, yang Mana Favoritmu?

Siapa yang tak suka menu makanan berbahan dasar mie? Sepertinya, hampir semua orang menyukai makanan sejuta umat ini. Mau diolah menggunakan resep apa pun, nampaknya kelezatan mie tak akan pernah pudar. Lalu, bagaimana jika lezatnya mie ini dipadu padankan dengan...

Manfaat Menjaga Kebersihan Tubuh Untuk Kesehatan

Kesehatan merupakan hal penting yang harus dijaga dengan baik oleh setiap individu. Menjaga kebersihan tubuh termasuk salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Tapi selain sehat, apa lagi sih manfaat yang bisa kita dapatkan dari menjaga kebersihan...

Hati-hati! 5 Makanan Penyebab Diare Bisa Menghambat Aktivitasmu

Tahukah kamu kalau diare tak hanya disebabkan oleh virus dan bakteri? Munculnya diare juga bisa dikarenakan mengonsumsi makanan tertentu, lho. Biasanya, ini terjadi pada orang yang intoleran terhadap makanan penyebab diare. Intoleransi makanan bisa berbeda-beda pada...

Ximilu: Dessert Lezat Memberikan Kesegaran Harimu

Di cuaca yang panas begini, memang paling enak minum yang seger-seger, ya? Kira-kira, minuman segar apa yang cocok menemani siang hari kalian? Bagi kalian penikmat buah, maka kamu wajib mencoba dessert lezat bernama ximilu. Mungkin Namanya mungkin masih terdengar...

4 Kreasi Bolu Gulung untuk Acara Keluarga, Cek Resepnya!

Minggu depan ada acara keluarga? Kalau bingung memikirkan menu kudapan apa yang cocok untuk semua orang, bikin bolu gulung aja, yuk! Kali ini, FiberCreme akan bagikan kreasi bolu gulung yang dijamin jadi favorit dan langsung ludes diserbu keluarga. Bolu gulung atau...

Resep Terbaru

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...

Resep Cendol dari Nol
Resep Cendol dari Nol

  Resep Cendol dari Nol Cendol dawet... cendol cendoll...dawet dawet.. cendol dawet seger!! Yang mau bikin cendol dawet ini resepnya! Es Cendol Komplit 90 gram tepung beras70 gram tepung tapioka750 ml air3 tetes pewarna makanan merah mudaBahan kuah30 gram...

Resep Korean Strawberry Milk Tanpa Susu Tetap Creamy
Resep Korean Strawberry Milk Tanpa Susu Tetap Creamy

  Resep Korean Strawberry Milk Tanpa Susu Tetap Creamy Resep Korean Strawberry milk tanpa susu bisa kamu ganti dengan FiberCreme loh!Daripada beli mahal-mahal di kafe, yuk bikin sendiri! Selain dinikmati sendiri, resep korean strawberry milk ini juga bisa jadi...