Gula Pasir, Gula Halus dan Gula Kastor: Mana yang Cocok Untuk Kue Anda?

Des 14, 2020 | Artikel | 0 Komentar

Natal sudah di depan mata. Sudah terpikir mau bikin kue apa nih? Nah sebelum mulai bikin, pastikan semua bahan sesuai dengan yang diminta resep ya! Selain jenis tepung, pengembang, atau jenis lemak yang benar, Anda juga harus perhatikan jenis gula lho. Karena ada kue yang bisa dibuat dengan gula biasa, ada juga yang mengharuskan penggunaan gula halus, icing sugar, atau gula kastor.

Tentu ada alasan kenapa jenis kue yang berbeda membutuhkan gula yang juga berbeda. Bagi Anda yang belum tahu perbedaan gula-gula tersebut beserta fungsinya, yuk scroll terus dan baca sampai akhir!

Gula pasir/granulated sugar

Siapa yang tidak kenal gula pasir? Gula ini adalah jenis yang paling umum kita temui karena fungsinya yang lebih serbaguna. Selain kue, gula pasir juga bisa digunakan untuk campuran makanan dan minuman yang sehari-hari kita konsumsi.

Gula pasir diperoleh dengan mengestrak sari tanaman tebu. Gula ini memiliki warna kekuningan hingga putih bersih dengan butiran-butiran besar. Karena itu, agar larut sempurna gula ini lebih cocok digunakan untuk jenis kue memiliki cairan dan mengalami banyak pengocokan seperti kue bolu atau cake.

 

Gula halus/icing sugar

Dikenal juga sebagai icing sugar atau confectioners’ sugar, gula halus memiliki butiran sangat halus seperti tepung. Dengan begitu, gula halus sangat mudah larut dan bagus digunakan untuk adonan yang kering dan tidak banyak diaduk, seperti adonan kue kering.

Gula halus dihasilkan dengan menghaluskan gula pasir biasa dan mencampurnya dengan pati jagung atau maizena. Karena memiliki kandungan pati jagung, gula halus tidak cocok digunakan sebagai campuran minuman.

 

Gula kastor/caster sugar

Gula kastor adalah gula pasir yang dihancurkan hingga membentuk kristal yang jauh lebih kecil, tapi butirannya tetap lebih besar daripada gula halus. Dengan kristal yang lebih kecil, gula kastor lebih mudah larut dalam adonan kue sehingga tidak ada lagi permukaan kue yang berbintik akibat gula yang tidak larut sempurna.

Meski banyak digunakan di banyak resep kue, gula kastor sepertinya masih asing untuk para bakers di Indonesia. Kalau Anda termasuk yang masih kesulitan mendapatkan gula ini, Anda bisa membuatnya sendiri lho. Caranya cukup hancurkan gula pasir dengan blender atau food processor. Tidak perlu di-blender terlalu lama, kecuali Anda memang ingin tekstur gula yang seperti bubuk.

Sudah terbayang kue apa yang mau dibuat dan jenis gula yang dibutuhkan? Kalau belum, Anda bisa kunjungi channel FiberCreme di YouTube untuk lihat resep kue lain yang tidak kalah menggoda. Anda bisa juga download aplikasi Enakpedia di Google Play Store dan temukan ratusan resep lain dari sesama pengguna.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gak Ada Keluarga Penderita Diabetes, Boleh Tenang?

Pernah denger orang dengan keturunan diabetes memiliki resiko lebih tinggi terkena diabetes kan? Eits cek dulu kebenarannya!

Mending Makan atau Kelaparan Saat Diet?

Happy nggak kalau ternyata diet itu nggak harus nahan lapar lho! Eh yang bener…

Menghindari Lemak Justru Berbahaya!

Lemak dicap sebagai salah satu bagian paling berbahaya pada makanan. Padahal, gak semua lemak berbahaya dan harus dihindari.

Kebanyakan Pakai Hand Sanitizer Antibakteri Bisa Berujung Ini…

Menjaga tangan selalu bersih dengan berlebihan memakai sabun atau hand sanitizer antibakteri ternyata gak baik lho. Masa sih?

Es Krim Bikin Batuk? Kamu Dibohongi!

Seringkali ketika kita sakit, kita gak diperbolehkan makan es krim. Untungnya ternyata ini nggak benar….

Bisul Bukan Akibat dari Makan Telur!

Pernah dengar larangan makan telur terlalu banyak agar gak bisulan? Larangan ini ternyata tidak sepenuhnya benar lho!

Keju Berjamur Tanda Harus Dibuang?

Kalau gak disimpan dengan benar, keju yang sudah dibuka kemasannya bisa rusak lho. Keju berjamur apakah masih bisa dikonsumsi?

Demam Jangan Salahkan Cuaca Dingin, Tapi…

Cuaca dingin sering dibilang penyebab kamu kena demam. Nyatanya cuaca bisa jadi faktor pendukung, tapi bukan penyebab utama.

Mata Minus, Karena Sering Nonton TV Terlalu Dekat?

Nonton tv terlalu dekat memang menyebabkan mata bekerja lebih keras, tapi tidak sampai membuat fungsi penglihatan berkurang.

Cara Kamu Mengatasi Luka Bakar Ternyata Bikin Makin Parah!

Cara apa yang biasa kamu gunakan untuk meredakan luka bakar? Kalau biasanya meredakan nyerinya dengan menempelkan es batu ke lukanya…

Jadwal Kegiatan

january

No Events

Download Kumpulan Resep

Online Store

X