Butter VS Mentega VS Margarin: Kenali 6 Perbedaannya Sebelum Pakai Untuk Masak!

Agu 27, 2020 | Artikel | 0 Komentar

Penggunaan butter, mentega dan margarin sudah jadi hal yang biasa ketika memasak. Cukup banyak juga resep, mulai dari kue hingga masakan sehari-hari, yang menyebutkan ketiga bahan ini. Bagi orang awam atau pemula di dunia masak memasak, ketiganya mungkin merujuk pada hal yang sama atau merujuk pada 3 bahan berbeda yang bisa saling menggantikan. Padahal, hanya dua dari ketiga istilah ini adalah hal yang sama – yaitu butter dan mentega.

Sementara itu, mentega dan margarin adalah dua hal yang sangat berbeda, walaupun warna, tekstur, dan kegunaannya mirip. Dan pada beberapa resep, mentega dan margarin tidak bisa menggantikan satu sama lain. Paling tidak, jika ingin hasilnya baik makan Anda tidak bisa mengganti mentega dengan margarin atau sebaliknya.

Nah supaya lebih kenal dengan dua bahan ini dan bisa memilih mana yang paling baik untuk masakan Anda, yuk cari tahu apa saja perbedaannya!

 Bahan baku

mentega dan margarin

Perbedaan paling mendasar dari mentega dan margarin adalah bahan bakunya. Mentega dibuat dari lemak susu hewan yang diolah hingga menjadi padat, sementara margarin dibuat dari minyak yang berasal dari tumbuhan kelapa sawit.

Tampilan

mentega dan margarin

Walaupun sama-sama berwarna kuning, mentega ternyata memiliki warna yang lebih pucat. Mentega juga cenderung lebih padat teksturnya, namun lebih mudah meleleh sehingga penyimpanan yang paling baik adalah di dalam kulkas.

Sementara itu, margarin memiliki warna kuning yang lebih cerah. Teksturnya lebih lembek, tapi tidak mudah mencair sehingga bisa disimpan dalam suhu ruang saja.

Aroma dan rasa

Karena bahan bakunya yang berbeda, maka aroma yang dihasilkan mentega dan margarin pun berbeda. Mentega memiliki aroma yang wangi dan rasa yang khas. Sementara itu, aroma margarin tidak begitu tajam dan rasanya jauh lebih ringan.

Kegunaan

Karena aroma dan rasanya, mentega lebih cocok diolah jadi kue. Berbeda dengan margarin yang lebih serbaguna. Selain bahan campuran kue, margarin juga banyak digunakan sebagai pengganti minyak saat menumis atau menggoreng dan bahan olesan roti.

Walau sama-sama bisa dipakai untuk membuat kue, lebih baik gunakan bahan yang sesuai dengan resep Anda ya. Karena menggantikan mentega dengan margarin atau sebaliknya bisa mempengaruhi hasilnya juga.

Harga

Bahan baku mentega yang lebih mahal dan cara pengolahan yang lebih ribet tentu saja menjadikan harganya lebih mahal. Sebagai perbandingan, dengan berat yang sama mentega umumnya dijual hingga 5 kali lipat lebih mahal daripada margarin.

Nilai gizi

Dari bahan bakunya, mentega secara alami mengandung vitamin D, K, asam lemak omega 3, serta lemak yang sangat tinggi. Sementara itu, margarin yang dijual di pasaran umumnya sudah difortifikasi dengan vitamin dan omega seperti A dan D. Dari segi lemak, margarin tentunya lebih rendah karena dibuat dari bahan nabati.

Sudah tahu bedanya mentega dan margarin? Nah sekarang mana bahan yang harus digunakan untuk resep kue atau masakan yang akan Anda buat?

Atau Anda sudah punya bahannya tapi masih bingung ingin membuat apa? Kalau begitu, yuk cek resep-resep dari @FiberCreme_TV! Ada banyak inspirasi masakan lho yang bisa Anda buat untuk keluarga tercinta. Follow Instagram dan subscribe ke YouTube-nya agar Anda tidak ketinggalan resep-resep terbaru yang bukan hanya lezat, tapi juga lebih tinggi serat.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kompetisi Masak Berhadiah Jutaan Rupiah

fibercreme recook competition 8

Artikel Terbaru

Pengganti Gizi Seimbang 4 Sehat 5 Sempurna

Generasi tahun 90-an atau awal 2000 pasti sudah tidak asing dengan pola makan gizi seimbang 4 sehat 5 sempurna. Menurut pola makan ini, gizi seimbang bisa dicapai jika setiap hari kita mengonsumsi makanan pokok, lauk-pauk, sayur-mayur, buah-buahan, dan susu. Selama...

5 Bahan Pengganti Santan yang Lebih Sehat

Jika dikonsumsi berlebihan, santan bisa berdampak buruk lho buat kesehatan. Dampaknya, jika dikonsumsi berlebihan dalam jangka panjang, santan bisa meningkatkan resiko obesitas. Sementara itu, penderita obesitas akan lebih rentan terserang berbagai penyakit seperti...

Resep Terbaru

Resep Mie Gacoan
Resep Mie Gacoan

  Resep Mie Gacoan Yang doyan jajan mie gacoan berlevel-level, yuk mampir ke dapur Mbok! Khusus buat kalian, hari ini Mbok udah bikinin resep yang gak kalah sama yang dijual-jual itu. Malah bisa saingan, karena mie gacoan ini dijamin si Mbok pasti lebih enak,...

Resep Sekoteng Sederhana
Resep Sekoteng Sederhana

  Resep Sekoteng Sederhana Ada yang suka kangen sama minuman ini? Kalau gitu bikin sendiri di rumah yuk! Pakai resep praktis ini aja! Terinspirasi dari resep @yudabustara, dengan sedikit sentuhan ala @FiberCreme, sekoteng ini bukan hanya lebih mudah, tapi jadi...

Resep Racikan Sehat FiberCreme Wedang Madu
Resep Racikan Sehat FiberCreme Wedang Madu

  Resep Racikan Sehat FiberCreme Wedang Madu Yuk bikin racikan super mudah dan sehat ala FiberCreme ini, yang bisa buat pencernaanmu sehat dan imunitasmu kuat. 18 gram FiberCreme25 ml madu120 ml air hangat seduh semua bahan hingga larut merata wedang madu...

Resep Rainbow Angsle
Resep Rainbow Angsle

Resep Rainbow Anglse Angsle memang bisa bikin badan lebih hangat lho, terutama ketika dikonsumsi malam-malam. Tapi angsle istimewa ala FiberCreme_TV ini juga bisa bikin suasana lebih ceria karena warna-warni cantiknya. Udah gitu, bisa bikin lebih sehat karena dibuat...

Resep Bajigur Tanpa Santan
Resep Bajigur Tanpa Santan

Resep Bajigur Tanpa Santan Cari sesuatu yang berbeda untuk rutinitas kamu di malam hari? Ini dia minuman menyegarkan yang simpel dan kamu bisa coba sendiri di rumah. Kamu bisa nyobain bajigur ini dengan menggunakan @FiberCreme pengganti santan yang tinggi serat,...