Butter VS Mentega VS Margarin: Kenali 6 Perbedaannya Sebelum Pakai Untuk Masak!

Agu 27, 2020 | Artikel | 0 Komentar

Penggunaan butter, mentega dan margarin sudah jadi hal yang biasa ketika memasak. Cukup banyak juga resep, mulai dari kue hingga masakan sehari-hari, yang menyebutkan ketiga bahan ini. Bagi orang awam atau pemula di dunia masak memasak, ketiganya mungkin merujuk pada hal yang sama atau merujuk pada 3 bahan berbeda yang bisa saling menggantikan. Padahal, hanya dua dari ketiga istilah ini adalah hal yang sama – yaitu butter dan mentega.

Sementara itu, mentega dan margarin adalah dua hal yang sangat berbeda, walaupun warna, tekstur, dan kegunaannya mirip. Dan pada beberapa resep, mentega dan margarin tidak bisa menggantikan satu sama lain. Paling tidak, jika ingin hasilnya baik makan Anda tidak bisa mengganti mentega dengan margarin atau sebaliknya.

Nah supaya lebih kenal dengan dua bahan ini dan bisa memilih mana yang paling baik untuk masakan Anda, yuk cari tahu apa saja perbedaannya!

 Bahan baku

mentega dan margarin

Perbedaan paling mendasar dari mentega dan margarin adalah bahan bakunya. Mentega dibuat dari lemak susu hewan yang diolah hingga menjadi padat, sementara margarin dibuat dari minyak yang berasal dari tumbuhan kelapa sawit.

Tampilan

mentega dan margarin

Walaupun sama-sama berwarna kuning, mentega ternyata memiliki warna yang lebih pucat. Mentega juga cenderung lebih padat teksturnya, namun lebih mudah meleleh sehingga penyimpanan yang paling baik adalah di dalam kulkas.

Sementara itu, margarin memiliki warna kuning yang lebih cerah. Teksturnya lebih lembek, tapi tidak mudah mencair sehingga bisa disimpan dalam suhu ruang saja.

Aroma dan rasa

Karena bahan bakunya yang berbeda, maka aroma yang dihasilkan mentega dan margarin pun berbeda. Mentega memiliki aroma yang wangi dan rasa yang khas. Sementara itu, aroma margarin tidak begitu tajam dan rasanya jauh lebih ringan.

Kegunaan

Karena aroma dan rasanya, mentega lebih cocok diolah jadi kue. Berbeda dengan margarin yang lebih serbaguna. Selain bahan campuran kue, margarin juga banyak digunakan sebagai pengganti minyak saat menumis atau menggoreng dan bahan olesan roti.

Walau sama-sama bisa dipakai untuk membuat kue, lebih baik gunakan bahan yang sesuai dengan resep Anda ya. Karena menggantikan mentega dengan margarin atau sebaliknya bisa mempengaruhi hasilnya juga.

Harga

Bahan baku mentega yang lebih mahal dan cara pengolahan yang lebih ribet tentu saja menjadikan harganya lebih mahal. Sebagai perbandingan, dengan berat yang sama mentega umumnya dijual hingga 5 kali lipat lebih mahal daripada margarin.

Nilai gizi

Dari bahan bakunya, mentega secara alami mengandung vitamin D, K, asam lemak omega 3, serta lemak yang sangat tinggi. Sementara itu, margarin yang dijual di pasaran umumnya sudah difortifikasi dengan vitamin dan omega seperti A dan D. Dari segi lemak, margarin tentunya lebih rendah karena dibuat dari bahan nabati.

Sudah tahu bedanya mentega dan margarin? Nah sekarang mana bahan yang harus digunakan untuk resep kue atau masakan yang akan Anda buat?

Atau Anda sudah punya bahannya tapi masih bingung ingin membuat apa? Kalau begitu, yuk cek resep-resep dari @FiberCreme_TV! Ada banyak inspirasi masakan lho yang bisa Anda buat untuk keluarga tercinta. Follow Instagram dan subscribe ke YouTube-nya agar Anda tidak ketinggalan resep-resep terbaru yang bukan hanya lezat, tapi juga lebih tinggi serat.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Sehat Itu Mahal? Intip 5 Tips Hidup Sehat yang Hemat di Sini!

Sehat itu mahal ketika kalian sedang sakit. Tapi kalau kalian segar bugar, sehat itu sebenarnya murah! Benar, menjaga kesehatan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Namun hingga saat ini masih banyak yang beranggapan sehat itu mahal, karena hal-hal yang...

FiberCreme Ajak Masyarakat Penuhi Kebutuhan Serat

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia. FiberCreme bersama Siloam Kebon Jeruk mendukung WHO menyelenggarakan Health Talk & Cooking Demo dengan tema “Pencernaan Sehat, Kesehatan Optimal”. Acara ini digelar di Siloam Hospitals Kebon Jeruk Jakarta, pada 30...

Kolesterol Tinggi Minggat Karena Serat? Bener Gak Sih?

Apa benar Serat dapat mengurangi Kolesterol? Makanan yang kita konsumsi memiliki peran penting dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Salah satu jenis makanan yang dipercaya baik untuk menurunkan kolesterol adalah yang mengandung serat tinggi. Namun apakah...

Resep Terbaru

5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat
5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat

Mengolah sayuran untuk diet menjadi tantangan bagi banyak orang. Salah cara mengolah atau memasaknya, sayuran justru bisa kehilangan nilai gizinya dan malah menaikkan berat badan. Bagi yang mau mencoba mengolah sayuran untuk diet agar hasilnya tetap enak dan sehat,...

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...