Butter VS Mentega VS Margarin: Kenali 6 Perbedaannya Sebelum Pakai Untuk Masak!

Aug 27, 2020 | Artikel | 0 comments

Penggunaan butter, mentega dan margarin sudah jadi hal yang biasa ketika memasak. Cukup banyak juga resep, mulai dari kue hingga masakan sehari-hari, yang menyebutkan ketiga bahan ini. Bagi orang awam atau pemula di dunia masak memasak, ketiganya mungkin merujuk pada hal yang sama atau merujuk pada 3 bahan berbeda yang bisa saling menggantikan. Padahal, hanya dua dari ketiga istilah ini adalah hal yang sama – yaitu butter dan mentega.

Sementara itu, mentega dan margarin adalah dua hal yang sangat berbeda, walaupun warna, tekstur, dan kegunaannya mirip. Dan pada beberapa resep, mentega dan margarin tidak bisa menggantikan satu sama lain. Paling tidak, jika ingin hasilnya baik makan Anda tidak bisa mengganti mentega dengan margarin atau sebaliknya.

Nah supaya lebih kenal dengan dua bahan ini dan bisa memilih mana yang paling baik untuk masakan Anda, yuk cari tahu apa saja perbedaannya!

 Bahan baku

mentega dan margarin

Perbedaan paling mendasar dari mentega dan margarin adalah bahan bakunya. Mentega dibuat dari lemak susu hewan yang diolah hingga menjadi padat, sementara margarin dibuat dari minyak yang berasal dari tumbuhan kelapa sawit.

Tampilan

mentega dan margarin

Walaupun sama-sama berwarna kuning, mentega ternyata memiliki warna yang lebih pucat. Mentega juga cenderung lebih padat teksturnya, namun lebih mudah meleleh sehingga penyimpanan yang paling baik adalah di dalam kulkas.

Sementara itu, margarin memiliki warna kuning yang lebih cerah. Teksturnya lebih lembek, tapi tidak mudah mencair sehingga bisa disimpan dalam suhu ruang saja.

Aroma dan rasa

Karena bahan bakunya yang berbeda, maka aroma yang dihasilkan mentega dan margarin pun berbeda. Mentega memiliki aroma yang wangi dan rasa yang khas. Sementara itu, aroma margarin tidak begitu tajam dan rasanya jauh lebih ringan.

Kegunaan

Karena aroma dan rasanya, mentega lebih cocok diolah jadi kue. Berbeda dengan margarin yang lebih serbaguna. Selain bahan campuran kue, margarin juga banyak digunakan sebagai pengganti minyak saat menumis atau menggoreng dan bahan olesan roti.

Walau sama-sama bisa dipakai untuk membuat kue, lebih baik gunakan bahan yang sesuai dengan resep Anda ya. Karena menggantikan mentega dengan margarin atau sebaliknya bisa mempengaruhi hasilnya juga.

Harga

Bahan baku mentega yang lebih mahal dan cara pengolahan yang lebih ribet tentu saja menjadikan harganya lebih mahal. Sebagai perbandingan, dengan berat yang sama mentega umumnya dijual hingga 5 kali lipat lebih mahal daripada margarin.

Nilai gizi

Dari bahan bakunya, mentega secara alami mengandung vitamin D, K, asam lemak omega 3, serta lemak yang sangat tinggi. Sementara itu, margarin yang dijual di pasaran umumnya sudah difortifikasi dengan vitamin dan omega seperti A dan D. Dari segi lemak, margarin tentunya lebih rendah karena dibuat dari bahan nabati.

Sudah tahu bedanya mentega dan margarin? Nah sekarang mana bahan yang harus digunakan untuk resep kue atau masakan yang akan Anda buat?

Atau Anda sudah punya bahannya tapi masih bingung ingin membuat apa? Kalau begitu, yuk cek resep-resep dari @FiberCreme_TV! Ada banyak inspirasi masakan lho yang bisa Anda buat untuk keluarga tercinta. Follow Instagram dan subscribe ke YouTube-nya agar Anda tidak ketinggalan resep-resep terbaru yang bukan hanya lezat, tapi juga lebih tinggi serat.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Vegan dan Vegetarian Gak Bisa Penuhi Kebutuhan Protein?

Protein adalah salah satu zat yang dibutuhkan tubuh supaya bisa bekerja optimal. Lalu, gimana dengan vegan dan vegetarian yang enggak mengonsumsi makanan-makanan hewani?

Apel Mengandung Lapisan Lilin Berbahaya? Masih Boleh Dikonsumsi?

Kabar bahwa apel impor ternyata mengandung lapisan lilin memang benar adanya. Penambahan lapisan lilin ini dilakukan agar warnanya lebih mengkilap dan menggoda selera.

Pisang Bikin Gendut? Padahal Ini Faktanya!

Pisang adalah makanan yang bikin gemuk dan gak baik buat kamu yang sedang diet. Padahal menghindari pisang justru merugikan kamu lho!

Anak-Anak Gak Boleh Minum Kopi Karena Ini?

Kopi sudah jadi minuman sejuta umat. Mungkin terkecuali buat anak kecil yang orang-orang di sekitarnya percaya bahwa kopi bisa menghambat pertumbuhan.

Mie Instan Mengandung Lilin Ternyata Hoaks! Apa Artinya?

Pernah denger berita bahwa mie instan itu punya lapisan lilin? Makanya ketika merebus mie, air rebusannya jadih keruh dan harus dibuang, ada yang sering melakukan ini?

Gula Bukan Penyebab Utama Diabetes! Lalu Apa?

Gula memang bisa menaikkan kadar gula dalam darah, tapi kondisi ini harusnya gak berbahaya apabila pakreas bisa memproduksi hormon insulin yang cukup untuk menormalkan kadar gula darah tersebut.

Semakin Jarang Mandi Semakin Jorok? Enggak Juga!

Keseringan mandi justru bisa menghilangkan beberapa jenis bakteri baik dari kulit lho!

Dimasak VS Mentah, Mana Sayur Yang Lebih Baik?

Proses pemanasan banyak dibilang sebagai proses yang merusak gizi pada makanan. Sehingga banyak orang berpendapat sayuran yang disajikan mentah sudah pasti lebih baik daripada yang harus melalui proses perebusan.

SALAH KAPRAH: Buah Memang Sehat, Tapi…

Buah-buahan udah lama dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang sehat. Tapi ada juga fakta lain dari buah…

Ngantuk Karena Kangkung Mitos atau Fakta?

Banyak yang bilang mendapat efek ngantuk setelah mengonsumsi kangkung. Padahal gak ada bukti ilmiah lho!

Jadwal Kegiatan

september

No Events

Download Kumpulan Resep

Online Store

X