Butter VS Mentega VS Margarin: Kenali 6 Perbedaannya Sebelum Pakai Untuk Masak!

Agu 27, 2020 | Artikel | 0 Komentar

Penggunaan butter, mentega dan margarin sudah jadi hal yang biasa ketika memasak. Cukup banyak juga resep, mulai dari kue hingga masakan sehari-hari, yang menyebutkan ketiga bahan ini. Bagi orang awam atau pemula di dunia masak memasak, ketiganya mungkin merujuk pada hal yang sama atau merujuk pada 3 bahan berbeda yang bisa saling menggantikan. Padahal, hanya dua dari ketiga istilah ini adalah hal yang sama – yaitu butter dan mentega.

Sementara itu, mentega dan margarin adalah dua hal yang sangat berbeda, walaupun warna, tekstur, dan kegunaannya mirip. Dan pada beberapa resep, mentega dan margarin tidak bisa menggantikan satu sama lain. Paling tidak, jika ingin hasilnya baik makan Anda tidak bisa mengganti mentega dengan margarin atau sebaliknya.

Nah supaya lebih kenal dengan dua bahan ini dan bisa memilih mana yang paling baik untuk masakan Anda, yuk cari tahu apa saja perbedaannya!

 Bahan baku

mentega dan margarin

Perbedaan paling mendasar dari mentega dan margarin adalah bahan bakunya. Mentega dibuat dari lemak susu hewan yang diolah hingga menjadi padat, sementara margarin dibuat dari minyak yang berasal dari tumbuhan kelapa sawit.

Tampilan

mentega dan margarin

Walaupun sama-sama berwarna kuning, mentega ternyata memiliki warna yang lebih pucat. Mentega juga cenderung lebih padat teksturnya, namun lebih mudah meleleh sehingga penyimpanan yang paling baik adalah di dalam kulkas.

Sementara itu, margarin memiliki warna kuning yang lebih cerah. Teksturnya lebih lembek, tapi tidak mudah mencair sehingga bisa disimpan dalam suhu ruang saja.

Aroma dan rasa

Karena bahan bakunya yang berbeda, maka aroma yang dihasilkan mentega dan margarin pun berbeda. Mentega memiliki aroma yang wangi dan rasa yang khas. Sementara itu, aroma margarin tidak begitu tajam dan rasanya jauh lebih ringan.

Kegunaan

Karena aroma dan rasanya, mentega lebih cocok diolah jadi kue. Berbeda dengan margarin yang lebih serbaguna. Selain bahan campuran kue, margarin juga banyak digunakan sebagai pengganti minyak saat menumis atau menggoreng dan bahan olesan roti.

Walau sama-sama bisa dipakai untuk membuat kue, lebih baik gunakan bahan yang sesuai dengan resep Anda ya. Karena menggantikan mentega dengan margarin atau sebaliknya bisa mempengaruhi hasilnya juga.

Harga

Bahan baku mentega yang lebih mahal dan cara pengolahan yang lebih ribet tentu saja menjadikan harganya lebih mahal. Sebagai perbandingan, dengan berat yang sama mentega umumnya dijual hingga 5 kali lipat lebih mahal daripada margarin.

Nilai gizi

Dari bahan bakunya, mentega secara alami mengandung vitamin D, K, asam lemak omega 3, serta lemak yang sangat tinggi. Sementara itu, margarin yang dijual di pasaran umumnya sudah difortifikasi dengan vitamin dan omega seperti A dan D. Dari segi lemak, margarin tentunya lebih rendah karena dibuat dari bahan nabati.

Sudah tahu bedanya mentega dan margarin? Nah sekarang mana bahan yang harus digunakan untuk resep kue atau masakan yang akan Anda buat?

Atau Anda sudah punya bahannya tapi masih bingung ingin membuat apa? Kalau begitu, yuk cek resep-resep dari @FiberCreme_TV! Ada banyak inspirasi masakan lho yang bisa Anda buat untuk keluarga tercinta. Follow Instagram dan subscribe ke YouTube-nya agar Anda tidak ketinggalan resep-resep terbaru yang bukan hanya lezat, tapi juga lebih tinggi serat.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gak Ada Keluarga Penderita Diabetes, Boleh Tenang?

Pernah denger orang dengan keturunan diabetes memiliki resiko lebih tinggi terkena diabetes kan? Eits cek dulu kebenarannya!

Mending Makan atau Kelaparan Saat Diet?

Happy nggak kalau ternyata diet itu nggak harus nahan lapar lho! Eh yang bener…

Menghindari Lemak Justru Berbahaya!

Lemak dicap sebagai salah satu bagian paling berbahaya pada makanan. Padahal, gak semua lemak berbahaya dan harus dihindari.

Kebanyakan Pakai Hand Sanitizer Antibakteri Bisa Berujung Ini…

Menjaga tangan selalu bersih dengan berlebihan memakai sabun atau hand sanitizer antibakteri ternyata gak baik lho. Masa sih?

Es Krim Bikin Batuk? Kamu Dibohongi!

Seringkali ketika kita sakit, kita gak diperbolehkan makan es krim. Untungnya ternyata ini nggak benar….

Bisul Bukan Akibat dari Makan Telur!

Pernah dengar larangan makan telur terlalu banyak agar gak bisulan? Larangan ini ternyata tidak sepenuhnya benar lho!

Keju Berjamur Tanda Harus Dibuang?

Kalau gak disimpan dengan benar, keju yang sudah dibuka kemasannya bisa rusak lho. Keju berjamur apakah masih bisa dikonsumsi?

Demam Jangan Salahkan Cuaca Dingin, Tapi…

Cuaca dingin sering dibilang penyebab kamu kena demam. Nyatanya cuaca bisa jadi faktor pendukung, tapi bukan penyebab utama.

Mata Minus, Karena Sering Nonton TV Terlalu Dekat?

Nonton tv terlalu dekat memang menyebabkan mata bekerja lebih keras, tapi tidak sampai membuat fungsi penglihatan berkurang.

Cara Kamu Mengatasi Luka Bakar Ternyata Bikin Makin Parah!

Cara apa yang biasa kamu gunakan untuk meredakan luka bakar? Kalau biasanya meredakan nyerinya dengan menempelkan es batu ke lukanya…

Jadwal Kegiatan

january

No Events

Download Kumpulan Resep

Online Store

X