8 Tips Mudah Belajar Membuat Kue Anti Gagal

Jun 12, 2020 | Artikel, Uncategorized | 0 comments

Proses membuat kue memang menyenangkan. Tapi belum tentu dengan melihat dan merasakan hasil akhirnya. Ada banyak kasus dimana, walaupun sudah mengikuti resep, hasil kue bikinan Anda tetap saja bertekstur keras, gosong atau terasa tidak enak.

Hal ini kebanyakan terjadi pada pemula yang baru belajar membuat kue. Tidak apa, karena gagal juga bagian dari belajar. Tapi kalau Anda tergolong pemula yang tidak ingin merasakan pahitnya gagal, coba 8 tips praktis berikut saja!

Pakai alas panggang silikon

kue anti gagal

Bagi Anda yang sering membuat kue, menggunakan silicone baking mat sebagai alas panggang bukan hanya menghemat karena bisa dipakai berulang kali. Tapi alas panggang silikon ini juga mengurangi resiko kue menempel pada loyang sehingga merusak loyang.

Keluarkan kue dari panggangan sebelum mengeras seluruhnya

 kue anti gagal     

Ketika memanggang biskuit, jangan menunggu hingga seluruh permukaan kue berubah menjadi kecokelatan. Cukup tunggu hingga pinggiran biskuit sudah kecokelatan dan segera keluarkan dari oven. Tidak masalah apabila bagian tengahnya masih empuk, karena bagian ini akan mengeras dengan sendirinya ketika suhu sudah turun.

Gunakan sendok ukur untuk ukuran kue yang sama

kue anti gagal

Tidak punya cetakan atau timbangan untuk membuat kue dengan ukuran yang sama? Gunakan saja sendok ukur untuk mengambil adonan. Anda bisa juga menggunakan scoop es krim untuk mengambil adonan cair seperti adonan kue muffin.

Gunakan resep dengan takaran gram

Menggunakan cup sebagai takaran memang lebih mudah. Tapi itu jika Anda mempunyai semua ukuran cup yang tepat. Jika tidak, lebih baik berinvestasi di satu timbangan digital dan gunakan resep dengan bahan-bahan dalam takaran gram.

Jangan lupakan garam

Hanya karena sedang membuat kue yang manis, bukan berarti Anda tidak membutuhkan garam. Menurut penelitian, garam akan mempertajam indera perasa dan membuat rasa manis pada masakan Anda terasa lebih manis. Tapi ingat untuk tambahkan garam seperlunya saja.

Diamkan kue sebelum dihias

Bagi beberapa orang, mengeluarkan kue dari cetakan dan menghiasnya adalah bagian yang paling menyenangkan dari acara baking. Tapi sebelum memulai hal menyenangkan tersebut, lebih baik diamkan dulu kue selama minimal 30 menit setelah dikeluarkan dari oven. Karena kue yang masih terlalu panas akan pecah bila dikeluarkan terlalu awal dari loyang. Kalau Anda bermaksud menghiasnya dengan icing cream, maka krim tersebut akan cepat meleleh.

Ayak tepung dahulu

Mengayak tepung mungkin tidak terlihat terlalu penting. Tapi tepung yang diayak dan tidak membuat perbedaan yang cukup besar. Dengan diayak, tepung jadi memiliki bentuk yang lebih konsisten dan lebih ringan sehingga bisa tercampur dengan bahan-bahan lain dengan lebih mudah. Dengan begitu, adonan kue yang dihasilkan pun akan lebih baik.

Simpan biskuit dengan sepotong roti

Ketika disimpan terlalu lama, biskuit yang Anda buat mungkin akan jadi keras. Untuk menghindarinya, coba simpan biskuit buatan Anda dengan sepotong roti tawar dalam wadah kedap udara. Roti tawar akan menjaga kelembaban biskuit agar teksturnya bisa terus renyah dan lembut.

 

Jadi semangat bikin kue lagi kan? Kebetulan nih ada banyak resep kue enak dan sehat yang bisa Anda coba selama #DiRumahAja. Jangan lupa tambahkan FiberCreme di dalam resep kuemu! Klik disini untuk dapatkan resepnya, atau bagi resep Anda sendiri di aplikasi Enakpedia yang bisa di-download di sini!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Vegan dan Vegetarian Gak Bisa Penuhi Kebutuhan Protein?

Protein adalah salah satu zat yang dibutuhkan tubuh supaya bisa bekerja optimal. Lalu, gimana dengan vegan dan vegetarian yang enggak mengonsumsi makanan-makanan hewani?

Apel Mengandung Lapisan Lilin Berbahaya? Masih Boleh Dikonsumsi?

Kabar bahwa apel impor ternyata mengandung lapisan lilin memang benar adanya. Penambahan lapisan lilin ini dilakukan agar warnanya lebih mengkilap dan menggoda selera.

Pisang Bikin Gendut? Padahal Ini Faktanya!

Pisang adalah makanan yang bikin gemuk dan gak baik buat kamu yang sedang diet. Padahal menghindari pisang justru merugikan kamu lho!

Anak-Anak Gak Boleh Minum Kopi Karena Ini?

Kopi sudah jadi minuman sejuta umat. Mungkin terkecuali buat anak kecil yang orang-orang di sekitarnya percaya bahwa kopi bisa menghambat pertumbuhan.

Mie Instan Mengandung Lilin Ternyata Hoaks! Apa Artinya?

Pernah denger berita bahwa mie instan itu punya lapisan lilin? Makanya ketika merebus mie, air rebusannya jadih keruh dan harus dibuang, ada yang sering melakukan ini?

Gula Bukan Penyebab Utama Diabetes! Lalu Apa?

Gula memang bisa menaikkan kadar gula dalam darah, tapi kondisi ini harusnya gak berbahaya apabila pakreas bisa memproduksi hormon insulin yang cukup untuk menormalkan kadar gula darah tersebut.

Semakin Jarang Mandi Semakin Jorok? Enggak Juga!

Keseringan mandi justru bisa menghilangkan beberapa jenis bakteri baik dari kulit lho!

Dimasak VS Mentah, Mana Sayur Yang Lebih Baik?

Proses pemanasan banyak dibilang sebagai proses yang merusak gizi pada makanan. Sehingga banyak orang berpendapat sayuran yang disajikan mentah sudah pasti lebih baik daripada yang harus melalui proses perebusan.

SALAH KAPRAH: Buah Memang Sehat, Tapi…

Buah-buahan udah lama dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang sehat. Tapi ada juga fakta lain dari buah…

Ngantuk Karena Kangkung Mitos atau Fakta?

Banyak yang bilang mendapat efek ngantuk setelah mengonsumsi kangkung. Padahal gak ada bukti ilmiah lho!

Jadwal Kegiatan

september

No Events

Download Kumpulan Resep

Online Store

X