8 Tips Mudah Belajar Membuat Kue Anti Gagal

Jun 12, 2020 | Artikel, Uncategorized | 0 Komentar

Proses membuat kue memang menyenangkan. Tapi belum tentu dengan melihat dan merasakan hasil akhirnya. Ada banyak kasus dimana, walaupun sudah mengikuti resep, hasil kue bikinan Anda tetap saja bertekstur keras, gosong atau terasa tidak enak.

Hal ini kebanyakan terjadi pada pemula yang baru belajar membuat kue. Tidak apa, karena gagal juga bagian dari belajar. Tapi kalau Anda tergolong pemula yang tidak ingin merasakan pahitnya gagal, coba 8 tips praktis berikut saja!

Pakai alas panggang silikon

kue anti gagal

Bagi Anda yang sering membuat kue, menggunakan silicone baking mat sebagai alas panggang bukan hanya menghemat karena bisa dipakai berulang kali. Tapi alas panggang silikon ini juga mengurangi resiko kue menempel pada loyang sehingga merusak loyang.

Keluarkan kue dari panggangan sebelum mengeras seluruhnya

 kue anti gagal     

Ketika memanggang biskuit, jangan menunggu hingga seluruh permukaan kue berubah menjadi kecokelatan. Cukup tunggu hingga pinggiran biskuit sudah kecokelatan dan segera keluarkan dari oven. Tidak masalah apabila bagian tengahnya masih empuk, karena bagian ini akan mengeras dengan sendirinya ketika suhu sudah turun.

Gunakan sendok ukur untuk ukuran kue yang sama

kue anti gagal

Tidak punya cetakan atau timbangan untuk membuat kue dengan ukuran yang sama? Gunakan saja sendok ukur untuk mengambil adonan. Anda bisa juga menggunakan scoop es krim untuk mengambil adonan cair seperti adonan kue muffin.

Gunakan resep dengan takaran gram

Menggunakan cup sebagai takaran memang lebih mudah. Tapi itu jika Anda mempunyai semua ukuran cup yang tepat. Jika tidak, lebih baik berinvestasi di satu timbangan digital dan gunakan resep dengan bahan-bahan dalam takaran gram.

Jangan lupakan garam

Hanya karena sedang membuat kue yang manis, bukan berarti Anda tidak membutuhkan garam. Menurut penelitian, garam akan mempertajam indera perasa dan membuat rasa manis pada masakan Anda terasa lebih manis. Tapi ingat untuk tambahkan garam seperlunya saja.

Diamkan kue sebelum dihias

Bagi beberapa orang, mengeluarkan kue dari cetakan dan menghiasnya adalah bagian yang paling menyenangkan dari acara baking. Tapi sebelum memulai hal menyenangkan tersebut, lebih baik diamkan dulu kue selama minimal 30 menit setelah dikeluarkan dari oven. Karena kue yang masih terlalu panas akan pecah bila dikeluarkan terlalu awal dari loyang. Kalau Anda bermaksud menghiasnya dengan icing cream, maka krim tersebut akan cepat meleleh.

Ayak tepung dahulu

Mengayak tepung mungkin tidak terlihat terlalu penting. Tapi tepung yang diayak dan tidak membuat perbedaan yang cukup besar. Dengan diayak, tepung jadi memiliki bentuk yang lebih konsisten dan lebih ringan sehingga bisa tercampur dengan bahan-bahan lain dengan lebih mudah. Dengan begitu, adonan kue yang dihasilkan pun akan lebih baik.

Simpan biskuit dengan sepotong roti

Ketika disimpan terlalu lama, biskuit yang Anda buat mungkin akan jadi keras. Untuk menghindarinya, coba simpan biskuit buatan Anda dengan sepotong roti tawar dalam wadah kedap udara. Roti tawar akan menjaga kelembaban biskuit agar teksturnya bisa terus renyah dan lembut.

 

Jadi semangat bikin kue lagi kan? Kebetulan nih ada banyak resep kue enak dan sehat yang bisa Anda coba selama #DiRumahAja. Jangan lupa tambahkan FiberCreme di dalam resep kuemu! Klik disini untuk dapatkan resepnya, atau bagi resep Anda sendiri di aplikasi Enakpedia yang bisa di-download di sini!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kompetisi Masak Berhadiah Jutaan Rupiah

banner fibercreme recook 6

Artikel Terbaru

20 Ide Resep Lebaran Tanpa Santan, Lebih Tinggi Serat Pasti Sehat

Idul Fitri sudah tinggal menghitung hari. Kemudian, Selain mempersiapkan baju baru untuk seluruh keluarga, kita mungkin sudah sibuk membuat sajian khas lebaran kan? Setelah satu bulan berpuasa, lebaran memang jadi momen yang tepat untuk makan-makan bersama. Apalagi...

Resep Nastar Terbaik: Tanpa Ribet, Lembut, dan Anti Gagal

Kue nastar adalah salah satu kue yang wajib ada saat perayaan keagamaan, termasuk juga Idul Fitri. Kue yang umumnya berbentuk bulat dengan isian selai nanas ini memang dengan mudah bisa didapatkan dimanapun, terutama di bulan Ramadan. Pasti Anda akan banyak menemukan...

Lebaran Bebas Santan: Resep Kastengel Keju Lumer Paling Praktis

Ramadan hanya tinggal menghitung hari. Meski puasa, pasti bakal banyak yang sibuk di dapur untuk persiapan lebaran. Dan salah satu persiapan lebaran ala orang Indonesia adalah bikin kue kering. Kue kering yang dibuat pun bermacam-macam, termasuk salah satunya adalah...

20 Resep Masakan Rumahan Indonesia Ala William Wongso

Indonesia adalah surganya makanan enak. Dari Sabang hingga Merauke, tiap daerah punya makanan tradisional sendiri dengan ciri khas masing-masing. Meski berbeda-beda, umumnya masakan Indonesia punya rasa yang lezat dan kuat berkat penggunaan bumbu dan rempah yang kaya...

Resep Terbaru

Resep Minuman: Es Campur Medan
Resep Minuman: Es Campur Medan

  Es Campur Medan Anak muda Indonesia udah tau belum kalau Medan juga punya es campur yang gak kalah heboh dengan es campur dari daerah lain? Tapi gak usah buru-buru ke Medan cuma buat nyari es campurnya, karena pakar kuliner Nusantara @williamwongso punya resep...

Resep Air Mata Pengantin
Resep Air Mata Pengantin

  Air Mata Pengantin Untuk Ide Jualan Namanya doang yang kedengerah sedih. Aslinya, minuman ini meriah banget. Jadi pengen bikin kan? Ikutin resep Air Mata Pengantin yang super creamy ala FiberCreme ini aja. Tonton video di atas sampai selesai ya untuk mulai...

Resep Buko Pandan
Resep Buko Pandan

  Buko Pandan Super Creamy dan Ekonomis Tanpa Whipped Cream Ada yang udah pernah cobain unik dan lezatnya buko pandan? Dessert khas Filipina ini emang lagi rame banget belakangan ini. Tapi kalau kamu belum sempet ikutan hype-nya, coba bikin sendiri yuk pakai...

Resep King Mango
Resep King Mango

  King Mango Pastinya tahu 'kan dengan minuman kekinian yang lagi hits dimana-mana ini? Daripada belinya ngantre, tak ada salahnya jika buat sendiri. Bahkan, kamu bisa kreasikan sesuai selera. Misalnya, dengan menambahkan FiberCreme untuk menambah rasa...

Resep Fresh Lychee Snow Princess
Resep Fresh Lychee Snow Princess

  Fresh Lychee Snow Princess Cuaca semakin cerah! Bikin minuman seger yuk! Yups, Fresh Lychee Snow Princess salah satunya. Buatnya sangat sederhana. Mau rasa yang beda dari biasanya? Tentu, dengan menambahkan FiberCreme di minuman kamu pastinya akan membuat jauh...