8 Tips Mudah Belajar Membuat Kue Anti Gagal

Jun 12, 2020 | Artikel, Uncategorized | 0 Komentar

Proses membuat kue memang menyenangkan. Tapi belum tentu dengan melihat dan merasakan hasil akhirnya. Ada banyak kasus dimana, walaupun sudah mengikuti resep, hasil kue bikinan Anda tetap saja bertekstur keras, gosong atau terasa tidak enak.

Hal ini kebanyakan terjadi pada pemula yang baru belajar membuat kue. Tidak apa, karena gagal juga bagian dari belajar. Tapi kalau Anda tergolong pemula yang tidak ingin merasakan pahitnya gagal, coba 8 tips praktis berikut saja!

Pakai alas panggang silikon

kue anti gagal

Bagi Anda yang sering membuat kue, menggunakan silicone baking mat sebagai alas panggang bukan hanya menghemat karena bisa dipakai berulang kali. Tapi alas panggang silikon ini juga mengurangi resiko kue menempel pada loyang sehingga merusak loyang.

Keluarkan kue dari panggangan sebelum mengeras seluruhnya

 kue anti gagal     

Ketika memanggang biskuit, jangan menunggu hingga seluruh permukaan kue berubah menjadi kecokelatan. Cukup tunggu hingga pinggiran biskuit sudah kecokelatan dan segera keluarkan dari oven. Tidak masalah apabila bagian tengahnya masih empuk, karena bagian ini akan mengeras dengan sendirinya ketika suhu sudah turun.

Gunakan sendok ukur untuk ukuran kue yang sama

kue anti gagal

Tidak punya cetakan atau timbangan untuk membuat kue dengan ukuran yang sama? Gunakan saja sendok ukur untuk mengambil adonan. Anda bisa juga menggunakan scoop es krim untuk mengambil adonan cair seperti adonan kue muffin.

Gunakan resep dengan takaran gram

Menggunakan cup sebagai takaran memang lebih mudah. Tapi itu jika Anda mempunyai semua ukuran cup yang tepat. Jika tidak, lebih baik berinvestasi di satu timbangan digital dan gunakan resep dengan bahan-bahan dalam takaran gram.

Jangan lupakan garam

Hanya karena sedang membuat kue yang manis, bukan berarti Anda tidak membutuhkan garam. Menurut penelitian, garam akan mempertajam indera perasa dan membuat rasa manis pada masakan Anda terasa lebih manis. Tapi ingat untuk tambahkan garam seperlunya saja.

Diamkan kue sebelum dihias

Bagi beberapa orang, mengeluarkan kue dari cetakan dan menghiasnya adalah bagian yang paling menyenangkan dari acara baking. Tapi sebelum memulai hal menyenangkan tersebut, lebih baik diamkan dulu kue selama minimal 30 menit setelah dikeluarkan dari oven. Karena kue yang masih terlalu panas akan pecah bila dikeluarkan terlalu awal dari loyang. Kalau Anda bermaksud menghiasnya dengan icing cream, maka krim tersebut akan cepat meleleh.

Ayak tepung dahulu

Mengayak tepung mungkin tidak terlihat terlalu penting. Tapi tepung yang diayak dan tidak membuat perbedaan yang cukup besar. Dengan diayak, tepung jadi memiliki bentuk yang lebih konsisten dan lebih ringan sehingga bisa tercampur dengan bahan-bahan lain dengan lebih mudah. Dengan begitu, adonan kue yang dihasilkan pun akan lebih baik.

Simpan biskuit dengan sepotong roti

Ketika disimpan terlalu lama, biskuit yang Anda buat mungkin akan jadi keras. Untuk menghindarinya, coba simpan biskuit buatan Anda dengan sepotong roti tawar dalam wadah kedap udara. Roti tawar akan menjaga kelembaban biskuit agar teksturnya bisa terus renyah dan lembut.

 

Jadi semangat bikin kue lagi kan? Kebetulan nih ada banyak resep kue enak dan sehat yang bisa Anda coba selama #DiRumahAja. Jangan lupa tambahkan FiberCreme di dalam resep kuemu! Klik disini untuk dapatkan resepnya, atau bagi resep Anda sendiri di aplikasi Enakpedia yang bisa di-download di sini!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kompetisi Masak Berhadiah Jutaan Rupiah

fibercreme recook competition 8

Artikel Terbaru

Pengganti Gizi Seimbang 4 Sehat 5 Sempurna

Generasi tahun 90-an atau awal 2000 pasti sudah tidak asing dengan pola makan gizi seimbang 4 sehat 5 sempurna. Menurut pola makan ini, gizi seimbang bisa dicapai jika setiap hari kita mengonsumsi makanan pokok, lauk-pauk, sayur-mayur, buah-buahan, dan susu. Selama...

5 Bahan Pengganti Santan yang Lebih Sehat

Jika dikonsumsi berlebihan, santan bisa berdampak buruk lho buat kesehatan. Dampaknya, jika dikonsumsi berlebihan dalam jangka panjang, santan bisa meningkatkan resiko obesitas. Sementara itu, penderita obesitas akan lebih rentan terserang berbagai penyakit seperti...

Resep Terbaru

Resep Mie Gacoan
Resep Mie Gacoan

  Resep Mie Gacoan Yang doyan jajan mie gacoan berlevel-level, yuk mampir ke dapur Mbok! Khusus buat kalian, hari ini Mbok udah bikinin resep yang gak kalah sama yang dijual-jual itu. Malah bisa saingan, karena mie gacoan ini dijamin si Mbok pasti lebih enak,...

Resep Sekoteng Sederhana
Resep Sekoteng Sederhana

  Resep Sekoteng Sederhana Ada yang suka kangen sama minuman ini? Kalau gitu bikin sendiri di rumah yuk! Pakai resep praktis ini aja! Terinspirasi dari resep @yudabustara, dengan sedikit sentuhan ala @FiberCreme, sekoteng ini bukan hanya lebih mudah, tapi jadi...

Resep Racikan Sehat FiberCreme Wedang Madu
Resep Racikan Sehat FiberCreme Wedang Madu

  Resep Racikan Sehat FiberCreme Wedang Madu Yuk bikin racikan super mudah dan sehat ala FiberCreme ini, yang bisa buat pencernaanmu sehat dan imunitasmu kuat. 18 gram FiberCreme25 ml madu120 ml air hangat seduh semua bahan hingga larut merata wedang madu...

Resep Rainbow Angsle
Resep Rainbow Angsle

Resep Rainbow Anglse Angsle memang bisa bikin badan lebih hangat lho, terutama ketika dikonsumsi malam-malam. Tapi angsle istimewa ala FiberCreme_TV ini juga bisa bikin suasana lebih ceria karena warna-warni cantiknya. Udah gitu, bisa bikin lebih sehat karena dibuat...

Resep Bajigur Tanpa Santan
Resep Bajigur Tanpa Santan

Resep Bajigur Tanpa Santan Cari sesuatu yang berbeda untuk rutinitas kamu di malam hari? Ini dia minuman menyegarkan yang simpel dan kamu bisa coba sendiri di rumah. Kamu bisa nyobain bajigur ini dengan menggunakan @FiberCreme pengganti santan yang tinggi serat,...