8 Tips Mudah Belajar Membuat Kue Anti Gagal

Jun 12, 2020 | Artikel, Uncategorized | 0 Komentar

Proses membuat kue memang menyenangkan. Tapi belum tentu dengan melihat dan merasakan hasil akhirnya. Ada banyak kasus dimana, walaupun sudah mengikuti resep, hasil kue bikinan Anda tetap saja bertekstur keras, gosong atau terasa tidak enak.

Hal ini kebanyakan terjadi pada pemula yang baru belajar membuat kue. Tidak apa, karena gagal juga bagian dari belajar. Tapi kalau Anda tergolong pemula yang tidak ingin merasakan pahitnya gagal, coba 8 tips praktis berikut saja!

Pakai alas panggang silikon

kue anti gagal

Bagi Anda yang sering membuat kue, menggunakan silicone baking mat sebagai alas panggang bukan hanya menghemat karena bisa dipakai berulang kali. Tapi alas panggang silikon ini juga mengurangi resiko kue menempel pada loyang sehingga merusak loyang.

Keluarkan kue dari panggangan sebelum mengeras seluruhnya

 kue anti gagal     

Ketika memanggang biskuit, jangan menunggu hingga seluruh permukaan kue berubah menjadi kecokelatan. Cukup tunggu hingga pinggiran biskuit sudah kecokelatan dan segera keluarkan dari oven. Tidak masalah apabila bagian tengahnya masih empuk, karena bagian ini akan mengeras dengan sendirinya ketika suhu sudah turun.

Gunakan sendok ukur untuk ukuran kue yang sama

kue anti gagal

Tidak punya cetakan atau timbangan untuk membuat kue dengan ukuran yang sama? Gunakan saja sendok ukur untuk mengambil adonan. Anda bisa juga menggunakan scoop es krim untuk mengambil adonan cair seperti adonan kue muffin.

Gunakan resep dengan takaran gram

Menggunakan cup sebagai takaran memang lebih mudah. Tapi itu jika Anda mempunyai semua ukuran cup yang tepat. Jika tidak, lebih baik berinvestasi di satu timbangan digital dan gunakan resep dengan bahan-bahan dalam takaran gram.

Jangan lupakan garam

Hanya karena sedang membuat kue yang manis, bukan berarti Anda tidak membutuhkan garam. Menurut penelitian, garam akan mempertajam indera perasa dan membuat rasa manis pada masakan Anda terasa lebih manis. Tapi ingat untuk tambahkan garam seperlunya saja.

Diamkan kue sebelum dihias

Bagi beberapa orang, mengeluarkan kue dari cetakan dan menghiasnya adalah bagian yang paling menyenangkan dari acara baking. Tapi sebelum memulai hal menyenangkan tersebut, lebih baik diamkan dulu kue selama minimal 30 menit setelah dikeluarkan dari oven. Karena kue yang masih terlalu panas akan pecah bila dikeluarkan terlalu awal dari loyang. Kalau Anda bermaksud menghiasnya dengan icing cream, maka krim tersebut akan cepat meleleh.

Ayak tepung dahulu

Mengayak tepung mungkin tidak terlihat terlalu penting. Tapi tepung yang diayak dan tidak membuat perbedaan yang cukup besar. Dengan diayak, tepung jadi memiliki bentuk yang lebih konsisten dan lebih ringan sehingga bisa tercampur dengan bahan-bahan lain dengan lebih mudah. Dengan begitu, adonan kue yang dihasilkan pun akan lebih baik.

Simpan biskuit dengan sepotong roti

Ketika disimpan terlalu lama, biskuit yang Anda buat mungkin akan jadi keras. Untuk menghindarinya, coba simpan biskuit buatan Anda dengan sepotong roti tawar dalam wadah kedap udara. Roti tawar akan menjaga kelembaban biskuit agar teksturnya bisa terus renyah dan lembut.

 

Jadi semangat bikin kue lagi kan? Kebetulan nih ada banyak resep kue enak dan sehat yang bisa Anda coba selama #DiRumahAja. Jangan lupa tambahkan FiberCreme di dalam resep kuemu! Klik disini untuk dapatkan resepnya, atau bagi resep Anda sendiri di aplikasi Enakpedia yang bisa di-download di sini!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...