Soda Kue, Baking Soda dan Baking Powder: Sudah Tahu Bedanya?

Des 27, 2019 | Artikel | 12 Komentar

Soda kue, baking soda atau baking powder, ketiga benda di atas memang sama-sama umum digunakan dalam pembuatan kue sebagai pengembang. Tapi kalau Anda pikir soda kue, baking soda dan baking powder adalah bahan yang sama sehigga bisa dipakai bergantian, maka Anda setengah benar dan setengah salah.

Dari ketiga nama ini, hanya dua diantaranya adalah benda yang sama, yaitu soda kue dan baking soda. Sementara itu, baking powder adalah benda lain yang punya bahan baku, karakteristik dan cara pakai berbeda.

Lanjut baca sampai habis yuk, agar lebih tahu apa bedanya baking soda dan baking powder, serta bagaimana cara pakainya!

Bahan Baku

Baking soda dan baking powder sama-sama berfungsi sebagai pengembang kimiawi dengan melepas karbondioksida sehingga tercipta gelembung-gelembung.

Bedanya, baking soda dibuat dari 100% natrium bikarbonat yang punya sifat basa. Sementara itu, baking powder dibuat dengan mencapur natrium bikarbonat dengan bahan-bahan lain seperti krim tartar yang memiliki sifat asam.

Pengaplikasian

Karena basa hanya akan bereaksi dengan asam, maka baking soda cocok untuk dikombinasikan dengan bahan lain yang bersifat asam seperti cuka, yogurt, sour cream dan lemon. Tapi karena reaksi asam dan basa yang berlangsung cepat, lebih baik adonan segera dipanggang agar tidak kempes.

Jika terlalu lama didiamkan, maka proses pengembangan akan selesai dan kue yang dihasilkan akan bantat.

Untuk baking powder yang sudah sedikit asam, bahan ini bisa aktif hanya dengan penambahan air. Tapi untuk hasil yang lebih baik, lebih baik tidak menggunakan baking powder bersamaan dengan bahan-bahan lain yang sudah bersifat asam.

Hasil Akhir

Selain mengembangkan adonan, baking powder ternyata juga bisa membuat hasil adonan jadi lebih renyah. Oleh karena itu, baking powder juga banyak ditambahkan untuk bahan membuat kue kering.

Sementara itu, baking soda lebih sering digunakan untuk campuran kue-kue seperti kue cubit, wafel, martabak manis dan bolu.

Tapi jangan gunakan kedua bahan ini terlalu banyak ya. Karena karakterinya yang basa, baking soda yang berlebihan bisa membuat rasa kue buatan Anda menjadi pahit.

Untuk baking powder, sebenarnya penggunaan yang terlalu banyak tidak akan terlalu mempengaruhi rasa karena kandungan basanya bisa dinetralisir oleh krim tartar. Tapi penggunaan yang berlebihan bisa membuat tekstur kue jadi terlalu keras dan kasar.

Sudah tahu bedanya baking powder dan baking soda kan? Jadi bisa bikin kue lebih banyak dong untuk keluarga? Untuk hasil kue yang lebih tinggi serat dan lebih creamy, Anda bisa tambahkan juga FiberCreme ke adonan.

Krimer serbaguna pengganti santan dan susu ini bukan hanya enak lho, tapi juga rendah kalori, bebas gluten, bebas kolesterol, dan bebas laktosa. Untuk ide kue apa yang bisa Anda buat hari ini, dapatkan resep-resep yang selalu baru dan menarik di Instagram @FiberCreme_TV ya!

12 Komentar

  1. Tutfa Ibraw

    Thx banget elmunya. Jadi paham nich beda baking soda dan baking powder.
    Saya tunggu untuk info menarik selanjutnya seputar baking staff.

    Balas
    • Fiber Creme

      siap kak, share juga ke yang lainnya yuk biar sama-sama dapet info dan manfaatnya

      Balas
      • Elvina marbun

        Kak,baking soda tekturnya kasar atau tidak?
        Yang putih kali atau tidak?

        Balas
        • Fiber Creme

          Baking Soda teksturnya sangat halus kak, akan mudah dibedakan misalnya dibandingkan dengan tepung terigu. Namun dari segi warna putihnya hampir sama ya kak

          Balas
  2. Pujiastuti

    Terima kasih atas info nya tentang baking soda dan baking powder…penasaran saya kini terjawab sudah 😊 terimakasih 🙏🙏🙏

    Balas
    • Fiber Creme

      sama-sama kak, nantikan info kece di artikel-artikel kami yaa

      Balas
  3. Echa

    Saya baca di artike lain og beda ya? Baking soda kumer baking powder kue basah??mohon pencerahan yg bnr yg mana?

    Balas
  4. Ainul Yakin

    Kalau untuk bahan ayam krispi campuran tepung sebaiknya pakai baking powder atau baking soda ya kak ?

    Balas
    • Fiber Creme

      hai kak, untuk campuran bahan ayam krispi bisa menggunakan baking powder ya

      Balas
  5. Wiwinliswati

    Kaya apa sih gambar baking soda…soalnya diwarung kebanyakan baking powder, kak

    Balas
    • Sabrina

      Hai kak di Indonesia sendiri baking soda lebih dikenal dengan nama soda kue ya. Soda kue sendiri sudah banyak dijual diwarung-warung terdekat ya kak.

      Balas
  6. Junto

    Kalau siomay dimsum pakai baking soda atau powder ya? Supaya bikin lebih ngiket

    Balas

Trackbacks/Pingbacks

  1. Gula Pasir, Gula Halus dan Gula Kastor: Mana yang Cocok Untuk Kuemu? - […] sebelum mulai bikin, pastikan semua bahan sesuai dengan yang diminta resep ya! Selain jenis tepung, pengembang, atau jenis lemak…
  2. Kembali Baru, 5 Cara Ampuh Membersihkan Kerak pada Wajan - […] Baking Soda […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kursus Masak Online Gratis

fibercreme academy

Kompetisi Masak Berhadiah Jutaan Rupiah

fibercreme recook 12

Artikel Terbaru

15 Ide Dessert Manis dan Cantik Berbahan Whipped Cream

Ide Whipped Cream - Kalian yang sering membuat kue atau makanan dan minuman manis lain tentu sudah tidak asing dengan whipped cream atau krim kocok. Bahan makanan yang satu ini terkenal dengan hasilnya yang lembut, rasa yang ringan, dan kegunaannya yang banyak. Ingin...

5 Alternatif Minyak Goreng Anti Kolesterol dan Ramah Diet

Alternatif minyak goreng - Makanan yang digoreng sudah lama jadi bagian dari menu sehari-hari kita. Padahal seperti yang kita tahu, gorengan bisa menimbulkan efek negatif untuk kesehatan. Selain pada sesering apa kita mengonsumsinya, bahayanya juga bergantung pada...

28 Ide Bekal Sehat untuk Menyambut Sekolah Tatap Muka

Bekal sehat - Setelah lebih dari setahun sekolah dari rumah, akhirnya sekolah umum mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka lagi. Artinya, anak-anak sudah bisa kembali belajar dan beraktivitas di sekolah nih, walaupun tetap dengan prokes yang ketat. Apa aja yang...

Resep Terbaru

Resep Bolu Tape Anti Gagal
Resep Bolu Tape Anti Gagal

  Resep Bolu Tape Anti Gagal Manfaatin waktu buat belajar baking lagi yuk dan cobain resep Bolu Tape ini. Gak perlu modal yang mahal, karena kue ini cuma butuh 3 telur dan bahan-bahan lain yang mungkin udah ada di rumahmu. Bahan A5 butir telur100 gram gula pasir1...

Resep Dessert Box Tiramisu
Resep Dessert Box Tiramisu

  Resep Dessert Box Tiramisu Biar jadi lebih manis, yuk sambut tahun yang baru dengan makanan yang juga manis. Kayak tiramisu ini. Biar semua anggota keluarga bisa menikmati lebih leluasa, pastikan kamu pakai @FiberCreme yang bebas laktosa, rendah gula, rendah...

Resep King Mango
Resep King Mango

  Resep King Mango Pastinya tahu 'kan dengan minuman kekinian yang lagi hits dimana-mana ini? Daripada belinya ngantre, tak ada salahnya jika buat sendiri. Bahkan, kamu bisa kreasikan sesuai selera. Misalnya, dengan menambahkan FiberCreme untuk menambah rasa...

Resep Dessert Box Summer Breeze
Resep Dessert Box Summer Breeze

  Resep Dessert Box Summer Breeze Makanan kekinian ini gak melulu harus dibikin pakai cokelat kok. Dengan buah-buahan segar, dessert box kamu bisa jadi lebih segar dan lebih sehat. Coba resep Summer Breeze Dessert Box ini yuk! 4 potong Sponge cake original Bahan...

Resep Strawberry Frappucino ala  St*rb**ks
Resep Strawberry Frappucino ala St*rb**ks

  Resep Strawberry Frappucino ala St*rb**ks Strawberry Frappuccino homemade ini dibikin dengan @FiberCreme , yang bikin rasanya lebih creamy, lebih rendah kalori dan lemak, serta lebih tinggi serat daripada susu biasa. 20 gram FiberCreme 60 gram strawberry35 gram...