Soda Kue, Baking Soda dan Baking Powder: Sudah Tahu Bedanya?

Des 27, 2019 | Artikel | 11 Komentar

Soda kue, baking soda atau baking powder, ketiga benda di atas memang sama-sama umum digunakan dalam pembuatan kue sebagai pengembang. Tapi kalau Anda pikir soda kue, baking soda dan baking powder adalah bahan yang sama sehigga bisa dipakai bergantian, maka Anda setengah benar dan setengah salah.

Dari ketiga nama ini, hanya dua diantaranya adalah benda yang sama, yaitu soda kue dan baking soda. Sementara itu, baking powder adalah benda lain yang punya bahan baku, karakteristik dan cara pakai berbeda.

Lanjut baca sampai habis yuk, agar lebih tahu apa bedanya baking soda dan baking powder, serta bagaimana cara pakainya!

Bahan Baku

Baking soda dan baking powder sama-sama berfungsi sebagai pengembang kimiawi dengan melepas karbondioksida sehingga tercipta gelembung-gelembung.

Bedanya, baking soda dibuat dari 100% natrium bikarbonat yang punya sifat basa. Sementara itu, baking powder dibuat dengan mencapur natrium bikarbonat dengan bahan-bahan lain seperti krim tartar yang memiliki sifat asam.

Pengaplikasian

Karena basa hanya akan bereaksi dengan asam, maka baking soda cocok untuk dikombinasikan dengan bahan lain yang bersifat asam seperti cuka, yogurt, sour cream dan lemon. Tapi karena reaksi asam dan basa yang berlangsung cepat, lebih baik adonan segera dipanggang agar tidak kempes.

Jika terlalu lama didiamkan, maka proses pengembangan akan selesai dan kue yang dihasilkan akan bantat.

Untuk baking powder yang sudah sedikit asam, bahan ini bisa aktif hanya dengan penambahan air. Tapi untuk hasil yang lebih baik, lebih baik tidak menggunakan baking powder bersamaan dengan bahan-bahan lain yang sudah bersifat asam.

Hasil Akhir

Selain mengembangkan adonan, baking powder ternyata juga bisa membuat hasil adonan jadi lebih renyah. Oleh karena itu, baking powder juga banyak ditambahkan untuk bahan membuat kue kering.

Sementara itu, baking soda lebih sering digunakan untuk campuran kue-kue seperti kue cubit, wafel, martabak manis dan bolu.

Tapi jangan gunakan kedua bahan ini terlalu banyak ya. Karena karakterinya yang basa, baking soda yang berlebihan bisa membuat rasa kue buatan Anda menjadi pahit.

Untuk baking powder, sebenarnya penggunaan yang terlalu banyak tidak akan terlalu mempengaruhi rasa karena kandungan basanya bisa dinetralisir oleh krim tartar. Tapi penggunaan yang berlebihan bisa membuat tekstur kue jadi terlalu keras dan kasar.

Sudah tahu bedanya baking powder dan baking soda kan? Jadi bisa bikin kue lebih banyak dong untuk keluarga? Untuk hasil kue yang lebih tinggi serat dan lebih creamy, Anda bisa tambahkan juga FiberCreme ke adonan.

Krimer serbaguna pengganti santan dan susu ini bukan hanya enak lho, tapi juga rendah kalori, bebas gluten, bebas kolesterol, dan bebas laktosa. Untuk ide kue apa yang bisa Anda buat hari ini, dapatkan resep-resep yang selalu baru dan menarik di Instagram @FiberCreme_TV ya!

11 Komentar

  1. Tutfa Ibraw

    Thx banget elmunya. Jadi paham nich beda baking soda dan baking powder.
    Saya tunggu untuk info menarik selanjutnya seputar baking staff.

    Balas
    • Fiber Creme

      siap kak, share juga ke yang lainnya yuk biar sama-sama dapet info dan manfaatnya

      Balas
      • Elvina marbun

        Kak,baking soda tekturnya kasar atau tidak?
        Yang putih kali atau tidak?

        Balas
        • Fiber Creme

          Baking Soda teksturnya sangat halus kak, akan mudah dibedakan misalnya dibandingkan dengan tepung terigu. Namun dari segi warna putihnya hampir sama ya kak

          Balas
  2. Pujiastuti

    Terima kasih atas info nya tentang baking soda dan baking powder…penasaran saya kini terjawab sudah 😊 terimakasih 🙏🙏🙏

    Balas
    • Fiber Creme

      sama-sama kak, nantikan info kece di artikel-artikel kami yaa

      Balas
  3. Echa

    Saya baca di artike lain og beda ya? Baking soda kumer baking powder kue basah??mohon pencerahan yg bnr yg mana?

    Balas
  4. Ainul Yakin

    Kalau untuk bahan ayam krispi campuran tepung sebaiknya pakai baking powder atau baking soda ya kak ?

    Balas
    • Fiber Creme

      hai kak, untuk campuran bahan ayam krispi bisa menggunakan baking powder ya

      Balas
  5. Wiwinliswati

    Kaya apa sih gambar baking soda…soalnya diwarung kebanyakan baking powder, kak

    Balas
    • Sabrina

      Hai kak di Indonesia sendiri baking soda lebih dikenal dengan nama soda kue ya. Soda kue sendiri sudah banyak dijual diwarung-warung terdekat ya kak.

      Balas

Trackbacks/Pingbacks

  1. Gula Pasir, Gula Halus dan Gula Kastor: Mana yang Cocok Untuk Kuemu? - […] sebelum mulai bikin, pastikan semua bahan sesuai dengan yang diminta resep ya! Selain jenis tepung, pengembang, atau jenis lemak…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kompetisi Masak Berhadiah Jutaan Rupiah

banner fibercreme recook 6

Artikel Terbaru

20 Ide Resep Lebaran Tanpa Santan, Lebih Tinggi Serat Pasti Sehat

Idul Fitri sudah tinggal menghitung hari. Kemudian, Selain mempersiapkan baju baru untuk seluruh keluarga, kita mungkin sudah sibuk membuat sajian khas lebaran kan? Setelah satu bulan berpuasa, lebaran memang jadi momen yang tepat untuk makan-makan bersama. Apalagi...

Resep Nastar Terbaik: Tanpa Ribet, Lembut, dan Anti Gagal

Kue nastar adalah salah satu kue yang wajib ada saat perayaan keagamaan, termasuk juga Idul Fitri. Kue yang umumnya berbentuk bulat dengan isian selai nanas ini memang dengan mudah bisa didapatkan dimanapun, terutama di bulan Ramadan. Pasti Anda akan banyak menemukan...

Lebaran Bebas Santan: Resep Kastengel Keju Lumer Paling Praktis

Ramadan hanya tinggal menghitung hari. Meski puasa, pasti bakal banyak yang sibuk di dapur untuk persiapan lebaran. Dan salah satu persiapan lebaran ala orang Indonesia adalah bikin kue kering. Kue kering yang dibuat pun bermacam-macam, termasuk salah satunya adalah...

20 Resep Masakan Rumahan Indonesia Ala William Wongso

Indonesia adalah surganya makanan enak. Dari Sabang hingga Merauke, tiap daerah punya makanan tradisional sendiri dengan ciri khas masing-masing. Meski berbeda-beda, umumnya masakan Indonesia punya rasa yang lezat dan kuat berkat penggunaan bumbu dan rempah yang kaya...

Resep Terbaru

Resep Minuman: Es Campur Medan
Resep Minuman: Es Campur Medan

  Es Campur Medan Anak muda Indonesia udah tau belum kalau Medan juga punya es campur yang gak kalah heboh dengan es campur dari daerah lain? Tapi gak usah buru-buru ke Medan cuma buat nyari es campurnya, karena pakar kuliner Nusantara @williamwongso punya resep...

Resep Air Mata Pengantin
Resep Air Mata Pengantin

  Air Mata Pengantin Untuk Ide Jualan Namanya doang yang kedengerah sedih. Aslinya, minuman ini meriah banget. Jadi pengen bikin kan? Ikutin resep Air Mata Pengantin yang super creamy ala FiberCreme ini aja. Tonton video di atas sampai selesai ya untuk mulai...

Resep Buko Pandan
Resep Buko Pandan

  Buko Pandan Super Creamy dan Ekonomis Tanpa Whipped Cream Ada yang udah pernah cobain unik dan lezatnya buko pandan? Dessert khas Filipina ini emang lagi rame banget belakangan ini. Tapi kalau kamu belum sempet ikutan hype-nya, coba bikin sendiri yuk pakai...

Resep King Mango
Resep King Mango

  King Mango Pastinya tahu 'kan dengan minuman kekinian yang lagi hits dimana-mana ini? Daripada belinya ngantre, tak ada salahnya jika buat sendiri. Bahkan, kamu bisa kreasikan sesuai selera. Misalnya, dengan menambahkan FiberCreme untuk menambah rasa...

Resep Fresh Lychee Snow Princess
Resep Fresh Lychee Snow Princess

  Fresh Lychee Snow Princess Cuaca semakin cerah! Bikin minuman seger yuk! Yups, Fresh Lychee Snow Princess salah satunya. Buatnya sangat sederhana. Mau rasa yang beda dari biasanya? Tentu, dengan menambahkan FiberCreme di minuman kamu pastinya akan membuat jauh...