Soda kue, baking soda atau baking powder, ketiga benda di atas memang sama-sama umum digunakan dalam pembuatan kue sebagai pengembang. Tapi kalau Anda pikir soda kue, baking soda dan baking powder adalah bahan yang sama sehigga bisa dipakai bergantian, maka Anda setengah benar dan setengah salah.

Dari ketiga nama ini, hanya dua diantaranya adalah benda yang sama, yaitu soda kue dan baking soda. Sementara itu, baking powder adalah benda lain yang punya bahan baku, karakteristik dan cara pakai berbeda. Lanjut baca sampai habis yuk, agar lebih tahu apa bedanya baking soda dan baking powder, serta bagaimana cara pakainya!

Bahan Baku

Baking soda dan baking powder sama-sama berfungsi sebagai pengembang kimiawi dengan melepas karbondioksida sehingga tercipta gelembung-gelembung. Bedanya, baking soda dibuat dari 100% natrium bikarbonat yang punya sifat basa. Sementara itu, baking powder dibuat dengan mencapur natrium bikarbonat dengan bahan-bahan lain seperti krim tartar yang memiliki sifat asam.

Pengaplikasian

Karena basa hanya akan bereaksi dengan asam, maka baking soda cocok untuk dikombinasikan dengan bahan lain yang bersifat asam seperti cuka, yogurt, sour cream dan lemon. Tapi karena reaksi asam dan basa yang berlangsung cepat, lebih baik adonan segera dipanggang agar tidak kempes. Jika terlalu lama didiamkan, maka proses pengembangan akan selesai dan kue yang dihasilkan akan bantat.

Untuk baking powder yang sudah sedikit asam, bahan ini bisa aktif hanya dengan penambahan air. Tapi untuk hasil yang lebih baik, lebih baik tidak menggunakan baking powder bersamaan dengan bahan-bahan lain yang sudah bersifat asam.

Hasil Akhir

Selain mengembangkan adonan, baking powder ternyata juga bisa membuat hasil adonan jadi lebih renyah. Oleh karena itu, baking powder juga banyak ditambahkan untuk bahan membuat kue kering. Sementara itu, baking soda lebih sering digunakan untuk campuran kue-kue seperti kue cubit, wafel, martabak manis dan bolu.

Tapi jangan gunakan kedua bahan ini terlalu banyak ya. Karena karakterinya yang basa, baking soda yang berlebihan bisa membuat rasa kue buatan Anda menjadi pahit. Untuk baking powder, sebenarnya penggunaan yang terlalu banyak tidak akan terlalu mempengaruhi rasa karena kandungan basanya bisa dinetralisir oleh krim tartar. Tapi penggunaan yang berlebihan bisa membuat tekstur kue jadi terlalu keras dan kasar.

Sudah tahu bedanya baking powder dan baking soda kan? Jadi bisa bikin kue lebih banyak dong untuk keluarga? Untuk hasil kue yang lebih tinggi serat dan lebih creamy, Anda bisa tambahkan juga FiberCreme ke adonan. Krimer serbaguna pengganti santan dan susu ini bukan hanya enak lho, tapi juga rendah kalori, bebas gluten, bebas kolesterol, dan bebas laktosa. Untuk ide kue apa yang bisa Anda buat hari ini, dapatkan resep-resep yang selalu baru dan menarik di Instagram @FiberCreme_TV ya!

X