Berat Badan Ideal Gak Harus Mahal, Gimana Caranya?

Okt 16, 2022 | Artikel, Berita, Fakta, Update | 0 Komentar

Berat badan ideal adalah kondisi optimal dari tubuh. Bukan sekadar untuk memperbaiki penampilan diri, berat badan yang normal juga mempengaruhi kesehatan. Misalnya, menghindari obesitas, diabetes melitus, hingga penyakit lainnya yang dapat menyerang organ jantung dan pembuluh darah.

Lalu, bagaimana cara kita mengetahui berat tubuh yang ideal? Kamu bisa mengetahui berat badan idealmu setelah menghitungnya. Mau tahu rumusnya? Yuk, simak ulasan di bawah ini!

Ada dua cara menghitung berat badan ideal, yaitu untuk pria dan wanita. Caranya adalah dengan menggunakan rumus broca oleh Pierre Paul Broca pada 1871 dan dipopulerkan Dr. BJ Devine pada 1970. Berikut cara menghitungnya.

Cara Hitung Berat Badan Ideal bagi Pria

Inilah cara menghitungnya memakai rumus broca:

Berat ideal (kg) = (tinggi badan (cm) – 100) – ((tinggi badan (cm) – 100) x 10%) 

Contoh: Richard bertinggi badan 170 cm, berapa berat badan idealnya?

Jawaban: (170 – 100) – ((170-100) x 10%) = 70 – 7 = 63 

Nah, jadi berat ideal bagi tubuh Richard adalah 63 kg.

BACA JUGA 13 Gejala Penyakit Jantung, Kenali Selagi Muda!

Cara Hitung Berat Badan Ideal bagi Wanita

Meski sama-sama menggunakan rumus broca, tetapi ada sedikit perbedaan dalam rumus berat badan ideal bagi wanita. Begini:

Berat badan ideal (kg) = (tinggi badan (cm) – 100) – ((tinggi badan (cm) – 100)) x 15%)

Contoh: Anastasia memiliki tinggi badan 160 cm, berapa berat badan idealnya?

Jawaban: (160-100) – ((160-100) x 15%) = 60-9 = 51 kg

Nah, jadi berat ideal badan Anastasia yaitu 51 kg.

Gimana Cara Menjaga Tubuh Tetap Ideal?

Badanmu sudah ideal, tetapi bingung cara menjaganya? Inilah empat cara menjaga berat badan tetap stabil yang bisa kamu lakukan di rumah dengan mudah. Ya, kamu enggak harus mengeluarkan budget dengan pergi ke gym atau mengikuti kelas yoga demi mendapatkan body goal.

  1. Tidur yang Cukup

Selain membuat tubuh lebih bugar, tidur cukup menjadi salah satu hal yang penting untuk menjaga berat badan. Mulai penuhi waktu tidur berkualitas selama 8 jam setiap hari. 

BACA JUGA 5 Tanda Awal Kehamilan Minggu Pertama Calon Mama

  1. Rutin Olahraga

Atur jadwal olahragamu sekitar 15–20 menit setiap hari. Enggak usah yang berat-berat! Kamu bisa melakukan olahraga kardio seperti jogging, push up, sit up, dan latihan ringan lainnya.

  1. Hindari Melewatkan Waktu Makan

Jesscia Bartfield, MD, Clinical Assistant Professor di Loyola University’s Center for Metabolic Surgery and Bariatric Care menyarankan agar kita tidak melewatkan makan pada jamnya untuk tetap menjaga berat badan tetap ideal. Menurutnya, perut tidak terisi dalam lima jam akan memperlambat metabolisme yang dapat menyebabkan kegemukan. 

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat adalah salah satu cara efektif dalam menjaga berat tubuh tetap ideal. Hindari makanan yang mengandung banyak gula ataupun makanan siap saji (junk food). Dalam mengonsumsi makanan sehat, sebaiknya kamu memilih pangan dengan banyak serat seperti gandum, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran untuk membuat perutmu terasa kenyang lebih lama. 

BACA JUGA 5 Cara Menghilangkan Jerawat, Alami dan Cepat!

Jaga Tubuhmu, Gunakan FiberCreme untuk Alternatif Pengganti Santan dan Susu!

Kalau kamu masih ingin menikmati makanan-makanan enak tapi tetap ingin menjaga tubuh tetap ideal, enggak usah khawatir! Kini telah hadir FiberCreme, krimer bubuk sumber serat yang bisa kamu konsumsi secara secara praktis. FiberCreme bisa menjadi alternatif pengganti santan dan susu yang bisa kamu tambahkan di dalam makan-makanan favoritmu.

FiberCreme aman kamu konsumsi karena rendah gula, nol kolesterol, serta bebas gluten. Krimer bubuk ini juga akan menjadikan makananmu tidak cepat basi. Selain itu, FiberCreme juga halal dan sudah terdaftar di BPOM.

Nah, untuk kamu yang ingin mendapatkan rekomendasi makanan-makanan yang aman dan sehat dikonsumsi ala FiberCreme untuk menjaga tubuh tetap ideal, segera kunjungi website FiberCreme, akun Instagram @FiberCreme_TV, dan akun YouTube Ellenka sekarang juga!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...