5 Tanda Awal Kehamilan Minggu Pertama Calon Mama

Okt 11, 2022 | Artikel, Fakta, Update | 0 Komentar

Untuk kamu yang saat ini sedang menanti-nanti kehadiran buah hati, tanda awal kehamilan menjadi hal yang wajib dikenali. Karena bagi sebagian perempuan tanda-tanda ini mungkin jarang disadari, kamu sebagai calon mama harus lebih aktif untuk memperhatikan respons tubuh. Ini penting agar kamu dapat menjaga kehamilanmu sejak dini.

Apa saja tanda-tanda kehamilan di minggu pertama? Kamu mungkin sudah familiar dengan beberapa tanda awal kehamilan yang paling umum dialami perempuan, seperti telat haid, mual-mual, muntah-muntah, hingga sensitif terhadap bau-bauan. Namun, di minggu pertama ada sejumlah tanda awal kehamilan lainnya yang harus kamu ketahui.

Jangan sampai kamu melewatkan momen-momen awal yang membahagiakan dalam menyambut Si Kecil di dalam perut. Yuk, ketahui lima tanda kehamilan di minggu pertama! Segera cek tanda-tanda ini pada tubuhmu, calon mama!

5 Tanda Awal Kehamilan yang Harus Kamu Perhatikan

  1. Perut Kram

Perutmu sering terasa kram? Kontraksi otot yang terjadi pada area perut ini adalah salah satu tanda awal kehamilan. Intensitas perut kram pada perempuan hamil beragam, mulai dari ringan, sedang, hingga berat. Dibandingkan perut kram pada saat haid, biasanya perut kram tanda kehamilan lebih ringan.

BACA JUGA 5 Cara Menghilangkan Jerawat, Alami dan Cepat!

  1. Perubahan Suasana Hati (Mood Swing)

Suasana hati yang kerap berganti dengan drastis enggak hanya terjadi saat haid. Jika akhir-akhir ini kamu mudah menangis atau kesal tanpa sebab, kemungkinan itu adalah tanda awal kehamilan. Penyebabnya adalah kadar hormon estrogen dan progesteron yang meningkat sehingga membuat emosi sering berubah.

  1. Keputihan

Bila kamu mengalami keputihan, pahami ciri-cirinya yang membedakan dengan keputihan pertanda haid. Keputihan yang muncul pada minggu pertama kehamilan bertekstur kental, berwarna putih susu, dan beraroma ringan. Ini adalah respons tubuh untuk mengeluarkan sel mati dan bakteri dari rahim.

  1. Nafsu Makan Berkurang

Mudah lapar meski enggak berselera makan adalah tanda awal kehamilan. Kondisi ini wajar karena merupakan pengaruh perubahan hormon, terlebih jika berbarengan dengan mual dan muntah. Jika tanda ini muncul, kamu harus tetap makan karena janin dalam kandunganmu membutuhkan nutrisi yang baik. 

BACA JUGA 5 Manfaat Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Diet Sehat

  1. Mudah Lelah

Di tanda awal kehamilan, biasanya perempuan mudah mengalami kelelahan. Hal ini terjadi karena tubuh tengah beradaptasi terhadap kondisi baru, salah satunya aliran darah yang meningkat 3050 persen. Kamu mengalaminya? Perbanyak istirahat dan cukupi kebutuhan nutrisimu, misalnya dengan serat.

Kenapa, sih, harus serat? Dengan mengonsumsi banyak serat, kamu dapat menjaga kehamilan tetap sehat. Serat bisa didapatkan dari berbagai sumber pangan, antara lain sayur-sayuran (sawi, brokoli, atau bayam), buah-buahan (jeruk, pir, atau pisang), hingga kacang-kacangan (kacang almond). 

Berikut ini lima manfaat mengonsumsi serat selama kehamilan untuk menjaga kesehatan calon mama serta janinnya.

5 Manfaat Serat untuk Calon Mama yang Kuat!

Mencegah sembelit, karena mempermudah keluarnya feses, apalagi perempuan hamil rentan mengalami gangguan pencernaan.

Meningkatkan kesehatan jantung, karena membantu penyerapan kolesterol jahat sehingga kamu terhindar dari kolesterol tinggi.

Mengontrol kadar gula darah, karena bermanfaat memperlambat pencernaan makanan yang membuat gula darah naik cepat.

Mencegah obesitas, karena perut akan terasa lebih kenyang sehingga berat badanmu dapat lebih terkontrol selama kehamilan.

Mengurangi risiko preeklampsia, yaitu tekanan darah tinggi yang terjadi setelah usia kehamilan lebih dari 20 minggu.

BACA JUGA Daun Kucai dan Daun Bawang Serupa Tapi Tak Sama !

Jadi, sudah cek beberapa tanda awal kehamilan di atas pada tubuhmu? Jangan lupa juga untuk melakukan tes kehamilan dengan menggunakan test pack dan mengunjungi dokter spesialis kandungan agar pendeteksian kehamilan lebih akurat.

Untuk kamu yang sudah dinyatakan hamil, selamat, ya! Selain mencari sumber serat dari sayuran, buah, dan kacang-kacangan, kamu juga bisa mengonsumsi makanan olahan lainnya agar enggak mudah bosan. Selain itu, dengan asupan yang bervariatif, selera makanmu juga akan tetap terjaga selama kehamilan.

Nah agar bisa menikmati makanan atau minuman bervariasi yang tinggi serat, kamu bisa menggunakan FiberCreme sebagai pengganti santan atau susu. FiberCreme adalah krimer serbaguna pertama di Indonesia yang rendah gula, nol kolesterol, bebas gluten, halal, dan terdaftar di BPOM. Bisa digunakan untuk berbagai macam makanan dan minuman, produk ini juga membuat hidanganmu lebih awet dan enggak mudah basi.

Butuh ide menu makanan dan minuman dengan FiberCreme yang aman dan sehat untuk dikonsumsi? Segera kunjungi website FiberCreme, akun Instagram @Fibercreme_TV, dan akun YouTube Ellenka sekarang juga!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Sehat Itu Mahal? Intip 5 Tips Hidup Sehat yang Hemat di Sini!

Sehat itu mahal ketika kalian sedang sakit. Tapi kalau kalian segar bugar, sehat itu sebenarnya murah! Benar, menjaga kesehatan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Namun hingga saat ini masih banyak yang beranggapan sehat itu mahal, karena hal-hal yang...

FiberCreme Ajak Masyarakat Penuhi Kebutuhan Serat

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia. FiberCreme bersama Siloam Kebon Jeruk mendukung WHO menyelenggarakan Health Talk & Cooking Demo dengan tema “Pencernaan Sehat, Kesehatan Optimal”. Acara ini digelar di Siloam Hospitals Kebon Jeruk Jakarta, pada 30...

Kolesterol Tinggi Minggat Karena Serat? Bener Gak Sih?

Apa benar Serat dapat mengurangi Kolesterol? Makanan yang kita konsumsi memiliki peran penting dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Salah satu jenis makanan yang dipercaya baik untuk menurunkan kolesterol adalah yang mengandung serat tinggi. Namun apakah...

Resep Terbaru

5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat
5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat

Mengolah sayuran untuk diet menjadi tantangan bagi banyak orang. Salah cara mengolah atau memasaknya, sayuran justru bisa kehilangan nilai gizinya dan malah menaikkan berat badan. Bagi yang mau mencoba mengolah sayuran untuk diet agar hasilnya tetap enak dan sehat,...

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...