Daun Kucai dan Daun Bawang Serupa Tapi Tak Sama !

Sep 30, 2022 | Artikel, Berita, Fakta, Update | 0 Komentar

Bentuknya boleh serupa, tapi rasa dan fungsinya ternyata sangat berbeda. Seperti itulah kira-kira yang bisa kita simpulkan saat membicarakan tentang daun kucai dan daun bawang. Secara penampakan, keduanya terlihat sangat mirip. Namun penggunaannya ternyata tidak bisa disamakan.

Bagi kalian yang suka masak tapi belum familiar dengan kedua bahan masakan ini, wajib dong tahu perbedaan daun kucai dan daun bawang. Karena kalau sampai salah pilih, bukan tidak mungkin masakan kalian malah jadi kacau rasanya. Makanya, baca terus artikel ini sampai selesai agar lebih kenal dengan kedua jenis tanaman ini.

Mengenal Daun Kucai dan Daun Bawang

Daun kucai dan daun bawang masuk dalam genus allium, yaitu genus yang sama seperti bawang putih dan bawang merah. Jadi bisa dibilang bahwa kedua jenis daun ini masih bersaudara. Tapi layaknya adik dan kakak, atau bahkan saudara kembar sekalipun, walau mirip pasti ada ketidak-samaan di antaranya. Apa saja itu?

Penampilan

Daun kucai dan daun bawang sama-sama memiliki bentuk memanjang dan meruncing ke atas. Namun, daun kucai berbentuk lebih pipih sehingga mirip seperti rumput. Dari segi warna, keduanya memang memiliki warna hijau yang mirip. Tapi daun bawang bisa dikenali dengan warna putih yang muncul dari pertengahan daun hingga ke akarnya. Sementara daun kucai didominasi warna hijau dengan bagian putih yang hanya muncul di daerah pangkalnya saja..

Beda Cara Memanen

Daun bawang dipanen dengan cara dicabut hingga ke akar-akarnya. Makanya kamu bisa dengan mudah mengenali daun bawang saat menemukannya di pasaran, terutama pasar tradisional di mana daun bawang memang dijual beserta dengan akarnya.

Ini berbeda dengan kucai, yang dipanen dengan dipotong. Daun kucai yang biasa kalian temui umumnya dipotong beberapa sentimeter dari pangkalnya, sehingga tumbuhan kucai yang akarnya masih tertancap di tanah bisa menghasilkan daun baru.

BACA JUGA Apa Sih Gyudon Itu, dan Gimana Cara Membuatnya?

Rasa yang Dihasilkan

Daun kucai dan daun bawang pun memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari segi rasa. Daun bawang memiliki rasa serta bau yang menyengat dan pedas seperti bawang merah atau bawang bombay. Sementara itu, daun kucai rasanya cenderung lebih hambar dan aromanya lebih menyerupai bawang putih.

Perbedaan Fungsi Untuk Masakan

Daun bawang banyak digunakan untuk makanan khas Nusantara, mulai untuk campuran telur dadar hingga untuk taburan beberapa masakan. Rasanya yang tajam memang cocok untuk melengkapi hidangan Indonesia yang umumnya wangi, berempah, dan kaya rasa.

Nah kalau daun kucai malah lebih banyak digunakan sebagai campuran masakan seperti tumisan atau isian pangsit khas negara Asia Timur seperti China dan Jepang.

BACA JUGA 3 Inspirasi Resep Creamy Mie, yang Mana Favoritmu?

Bisa Saling Menggantikan?

Jawabannya tergantung. Kalau fungsinya hanya sebagai garnish atau penambah warna pada masakan, maka kedua daun ini bisa saling menggantikan. Tapi kalau resep kalian memerlukan salah satu daun untuk menambah rasa atau aroma, maka gunakan daun yang sudah ditentukan saja.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kucai memiliki rasa dan aroma yang tidak terlalu kuat. Kebalikannya, rasa dan aroma daun bawang cukup intens sehingga sangat mempengaruhi hasil akhir dari masakan yang kalian buat. Kalau sampai salah menggunakan daun, tentu rasa masakan kalian tidak akan jadi seperti yang diharapkan.

Masakan Apa yang Pernah Kalian Buat dengan?

Punya salah satu atau kedua daun ini, tapi masih bingung mau dibuat apa? Yuk cari inspirasi resep enak dan sehat dengan kunjungi @FiberCreme_TV di Instagram atau channel Ellenka di YouTube. Follow dan subscribe juga akunnya, serta nyalakan bel notifikasi di YouTube, agar kalian tidak kelewatan update resep terbaru.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...