Apa Sih Gyudon Itu, dan Gimana Cara Membuatnya?

Sep 28, 2022 | Artikel, Berita, Fakta, Update | 0 Komentar

Kalian yang suka masakan Jepang atau sering makan di mall pasti sudah sering mendengar makanan bernama gyudon. Hidangan yang satu ini bisa kalian temui dengan mudah di beberapa restoran Jepang yang ada di Indonesia.

Gyudon sendiri berasal dari kata “gyu” yang berarti sapi dan “don” yang merupakan singkatan dari donburi, memiliki arti mangkuk. Secara harfiah, gyudon berarti mangkuk yang berisi daging sapi. 

Asal Mula Gyudon

Gyudon mulai dibuat di Jepang di era Meiji sekitar 150 tahun yang lalu. Saat itu, masyrakat Jepang tidak terbiasa makan daging sapi, karena sapi mereka banyak digunakan untuk beraktivitas di ladang. Tapi karena pengaruh budaya barat yang mulai masuk ke Jepang kala itu, masyarakatnya mulai mencoba-coba berbagai masakan dengan daging sapi. Salah satunya adalah dengan “mengawinkan” masakan tradisional bernama gyunabe dan sukiyaki-don. 

Gyunabe sendiri adalah daging sapi yang diiris tipis dan dimasak bersama potongan daun bawang, kecap, dan mirin. Gyunabe biasanya dihidangkan bersama mie soba. Sementara itu, sukiyaki-don terdiri dari potongan daging tipis yang dimasak dalam panci berisi sayuran, kuah kaldu ikan, rumput laut, kecap asin dan mirin.

Hasil dari perpaduan gyunabe dan sukiyaki-don ini kemudian dinamakan gyudon. Masakan ini terdiri dari daging sapi tipis yang dimasak bersama bawang bombay dan bumbu-bumbu seperti gyunabe, namun kemudian disajikan dalam mangkuk seperti sukiyaki-don. Gyudon umumnya juga berisi nasi hangat nan pulen khas Jepang, telur setengah matang, dan pendamping seperti irisan acar jahe dan bubuk cabai bernama shichimi.

BACA JUGA 3 Inspirasi Resep Creamy Mie, yang Mana Favoritmu?

Tips Membuat Gyudon Sendiri di Rumah

Masakan ini sebenarnya sangat mudah dibuat. Cukup menumis beberapa bahan makanan, orang tanpa keahlian masak pun harusnya bisa membuat sendiri masakan ini. Meski begitu, bukan berarti kalian bisa asal memasukkan bahan ya! Berikut ini adalah tips yang harus kalian tahu plus resep praktisnya.

Pilih daging berlemak

Dibanding daging tanpa lemak, daging berlemak memiliki rasa yang lebih gurih. Tekstur yang dihasilkan juga lebih lembut dan juicy, serta aromanya akan lebih wangi saat dimasak dengan cara dibakar atau ditumis. 

Tapi hindari menggunakan daging dengan kadar lemak terlalu tinggi. Selain mengurangi nilai sehat makanan, lemak yang terlalu banyak justru akan menutupi cita rasa daging dan membuat makanan terasa berat dan eneg.

Potong menjadi irisan sangat tipis

Daging yang digunakan juga identik dengan irisan super tipis, sehingga bumbu bisa menyerap dengan mudah dan lebih cepat matang. Selain itu, tekstur daging yang tipis juga lebih kenyal dan tidak alot dibandingkan daging dengan irisan yang lebih tebal.

Saat ini sudah banyak toko daging atau swalayan yang menyediakan daging sapi dengan irisan tipis. Tapi kalau ingin memanfaatkan potongan daging yang sudah ada di rumah, kalian bisa memasukkannya dulu ke freezer. Setelah beku, daging akan lebih mudah diiris hingga sangat tipis.

BACA JUGA Manfaat Menjaga Kebersihan Tubuh Untuk Kesehatan

Gunakan ini untuk menggantikan mirin

Di resep aslinya, gyudon dibuat dengan menggunakan bahan khas Jepang bernama mirin – arak beras yang memiliki rasa manis dan kandungan alkohol. Untuk kalian yang tidak bisa mengonsumsi alkohol, kalian bisa menggantikan mirin dengan versi halalnya yang tidak mengandung alkohol. Kalau tidak bisa menemukannya di sekitar kalian, gunakan minuman bersoda sebagai penggantinya.

Cara Praktis Membuat Gyudon Enak, Mudah, dan Lebih Sehat

Tidak sabar merasakan lezatnya menu khas Jepang ini? Ikuti resep praktis ala FiberCreme ini yuk! Selain enak, masakan kalian juga bisa lebih sehat karena ada tambahan FiberCreme, krimer serbaguna yang tinggi serat, rendah lemak, bebas lemak trans, dan mengandung 0mg kolesterol.

Selain gyudon, FiberCreme juga bisa ditambahkan ke masakan atau minuman apapun agar kalian bisa memenuhi kebutuhan serat harian dengan lebih mudah dan menyenangkan. Cari tahu apa lagi yuk yang bisa dibuat dengan krimer pengganti santan dan susu ini dengan kunjungi @FiberCreme_TV di Instagram atau channel Ellenka di YouTube.

Resep Gyudon ala FiberCreme

Bahan:

20 gram FiberCreme 

300 gram daging sapi, iris tipis memanjang

3 siung bawang putih, cincang 

1 cm jahe, cincang halus 

½ buah bawang bombay, iris memanjang 

½ buah paprika hijau, iris memanjang 

50 ml air 

½ sdt merica bubuk 

1 sdt biji wijen putih, untuk taburan 

1 sdm minyak untuk menumis 

Bahan saus:

3 sdm shoyu/kecap asin Jepang 

2 sdm minyak wijen 

4 sdm kecap manis 

3 sdm madu 

1 sdt dashi/kaldu ikan

Cara membuat :

  1. Campurkan semua bahan saus dalam satu wadah, aduk rata lalu sisihkan. 
  2. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan jahe cincang. Aduk hingga harum. 
  3. Masukkan bawang bombay, aduk kembali hingga harum. 
  4. Masukkan daging, masak hingga daging berubah warna. Tuangi campuran saus, air, dan FiberCreme. Aduk dan masak hingga saus meresap.
  5. Tambahkan paprika hijau dan merica bubuk, aduk rata. Angkat dan sajikan di atas nasi hangat dalam mangkuk. Tambahkan telur rebus setengah matang, taburan acar jahe, dan cabai bubuk sebagai garnish.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Sehat Itu Mahal? Intip 5 Tips Hidup Sehat yang Hemat di Sini!

Sehat itu mahal ketika kalian sedang sakit. Tapi kalau kalian segar bugar, sehat itu sebenarnya murah! Benar, menjaga kesehatan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Namun hingga saat ini masih banyak yang beranggapan sehat itu mahal, karena hal-hal yang...

FiberCreme Ajak Masyarakat Penuhi Kebutuhan Serat

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia. FiberCreme bersama Siloam Kebon Jeruk mendukung WHO menyelenggarakan Health Talk & Cooking Demo dengan tema “Pencernaan Sehat, Kesehatan Optimal”. Acara ini digelar di Siloam Hospitals Kebon Jeruk Jakarta, pada 30...

Kolesterol Tinggi Minggat Karena Serat? Bener Gak Sih?

Apa benar Serat dapat mengurangi Kolesterol? Makanan yang kita konsumsi memiliki peran penting dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Salah satu jenis makanan yang dipercaya baik untuk menurunkan kolesterol adalah yang mengandung serat tinggi. Namun apakah...

Resep Terbaru

5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat
5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat

Mengolah sayuran untuk diet menjadi tantangan bagi banyak orang. Salah cara mengolah atau memasaknya, sayuran justru bisa kehilangan nilai gizinya dan malah menaikkan berat badan. Bagi yang mau mencoba mengolah sayuran untuk diet agar hasilnya tetap enak dan sehat,...

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...