Bakso Ikan Gurih, Ini 3 Ikan yang Harus Dipilih!

Nov 4, 2022 | Artikel, Berita, Fakta, Update | 4 Komentar

Bakso ikan merupakan salah satu olahan makanan yang orang banyak sukai. Penyajiannya pun beragam, bisa dimasak dengan cara goreng, bakar, panggang, maupun rebus. Apa pun, sesuai selera setiap orang yang ingin menyantapnya.

Bakso ini memiliki tekstur yang cenderung terasa halus dan padat. Selain itu, yang membedakannya dari bakso daging sapi ialah warnanya yang putih. Pasti kamu sudah pernah memakannya, dong?

Enggak semua jenis ikan bisa menjadi bahan dasar bakso yang gurih dan lezat, lho. Karena hanya jenis ikan yang memiliki daging putih dan enggak banyak duri yang cocok untuk menjadi bahan dasar. Nah, berikut adalah penjelasan mengenai jenis ikan yang cocok dan enggak cocok diolah menjadi bakso dikutip dari dkpp.bulelengkab.go.id:

  • Jenis Ikan yang Cocok Jadi Bakso

Jenis ikan yang dapat diolah adalah ikan yang memiliki daging putih, misalnya ikan tenggiri, tuna, dan kerisi. Ikan-ikan tersebut enggak hanya memiliki daging berwarna putih, tetapi juga mengandung aktin dan miosin yang dapat menjadikan tekstur bakso lebih lembut dan bagus.

  • Jenis Ikan yang Kurang Cocok Jadi Bakso

Jenis ikan yang kurang cocok diolah menjadi bakso adalah ikan yang dagingnya berwarna merah. Karena daging merah pada ikan mengandung histidin yang dapat diubah menjadi histamin oleh bakteri histamin sehingga dapat memunculkan reaksi alergi gatal.

Tips Memilih Bakso Ikan dari Jenis Ikannya

Kamu ingin membuat bakso sendiri dengan bahan dasar ikan? Nah, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui dan memilih jenis-jenis ikan yang tepat. Sebab tiap jenis ikan memiliki keunggulan dan cita rasa yang berbeda. Apa saja jenis ikan yang direkomendasikan untuk pembuatan bakso?

  • Ikan Tenggiri

Mungkin kamu sudah sangat familiar dengan jenis ikan satu ini, yang kerap menjadi bahan dasar makanan. Ikan tenggiri memiliki daging tebal dan berwarna putih. Jenis ikan ini juga enggak memiliki banyak duri serta mengandung aktin dan miosin yang cukup tinggi sehingga bisa membuat bakso bertekstur kenyal.

BACA JUGA Kemasan Baru, FiberCreme Jadi Lebih Hemat dan Mudah Didapat!!

  • Ikan Tuna

Ikan tuna merupakan salah satu jenis ikan yang paling banyak penggemarnya. Jenis ikan ini merupakan jenis ikan perenang cepat yang otot dagingnya padat dan kompak. Dagingnya juga lembut dan tebal sehingga sering menjadi bahan untuk membuat bakso. 

  • Ikan Kerisi

Ikan kerisi memiliki daging yang enggak amis dan berwarna putih dengan kandungan protein yang cukup tinggi. Jenis ikan ini sering menjadi bahan membuat surimi (daging ikan yang lumat). Karena itu, daging ikan yang telah menjadi surimi biasanya berfungsi sebagai bahan dasar untuk membuat sajian berkuah yang gurih ini.

Pastikan Produk yang Kamu Pilih Terdaftar di BPOM dan MUI

Ingin menyantap bakso ikan yang ada di pasaran? Jangan lupa untuk memastikan produk tersebut sudah terdaftar di BPOM dan MUI, ya. Produk yang terdaftar di BPOM dan MUI biasanya mencantumkan dua logo tersebut di bagian kemasannya sehingga kamu bisa mengeceknya dengan mudah.

BACA JUGA 10 Makanan Enak Nusantara, Favoritmu Nomor Berapa?

Produk yang sudah terdaftar di BPOM dan MUI biasanya mencantumkan delapan informasi. Kedelapan informasi tersebut mencakup sertifikasi halal, nama produk, kandungan isi, waktu kedaluwarsa, kuantitas isi, identifikasi asal produk, informasi gizi, dan tanda-tanda kualitas lainnya. Dengan begitu, produk yang kamu pilih tersebut sudah terjamin dari segi keamanan dan kesehatan.

FiberCreme: Pilihan Tepat Pendamping Santap Bakso Ikan!

Nah, setelah membaca olahan bakso dari ikan, pasti kalian sudah enggak sabar ingin menyantapnya, ya? Bakso ini memang paling cocok berpadu dengan aneka makanan nusantara berupa sup ataupun mie, bahkan sajian-sajian yang berbahan dasar santan. Hm, sepertinya menarik, kan?

Nah, kalau kamu memiliki waktu senggang di rumah, enggak ada salahnya untuk mencoba membuat olahan makanan berbahan ikan ini sendiri. Kamu bisa menambahkan komposisi ikan lebih banyak sesuai selera kamu sehingga rasa bakso pun menjadi lebih gurih. Kamu juga bisa menambahkan FiberCreme ke adonan bakso untuk menambah cita rasanya dan membuatnya lebih tinggi serat. 

BACA JUGA Partner FiberCreme Inside Mungbee Hadiri SIAL Paris 2022

Mau sajian yang berbeda? Kamu bisa mencoba membuat hidangan khas Palembang bernama Celimpungan, yaitu bakso dari ikan yang disajikan bersama kuah santan. Gunakan juga FiberCreme sebagai pengganti santannya, karena krimer ini bukan hanya memberikan rasa creamy dan lezat khas santan, tapi juga tinggi serat sehingga bisa bantu kamu memenuhi kebutuhan serat harian dengan lebih praktis.

FiberCreme juga baik dikonsumsi karena rendah gula, mengandung 0mg kolesterol, serta bebas gluten. Krimer bubuk ini memiliki kandungan lemak yang rendah sehingga makananmu lebih awet dan enggak cepat basi. Selain itu, FiberCreme juga dijamin halal dan sudah terdaftar di BPOM.

Nah, untuk kamu yang ingin mendapatkan rekomendasi makanan-makanan yang enak dan sehat ala FiberCreme, kamu bisa kunjungi website FiberCreme, akun Instagram @FiberCreme_TV, dan akun YouTube Ellenka sekarang juga!

4 Komentar

  1. Pengacara Perceraian Medan

    Kalau ikan gabus, ikan lele, ikan red devil, ikan mujair, ikan nila..apakah bisa digunakan untuk membuat bakso ikan?

    Balas
    • Vivi Pristian

      Hai bunda, untuk membuat bakso ikan bisa menggunakan berbagai jenis ikan ya. Untuk ikan yang bunda sebutkan yaitu ikan gabus, ikan lele, ikan red devil, ikan mujaer, dan ikan nila juga bisa untuk menjadi bahan untuk membuat bakso ikan. Agar mendapatkan cita rasa lebih gurih, bunda bisa menambahkan FiberCreme. Selain untuk menggantikan santan dan susu, FiberCreme dapat digunakan untuk semua makanan dan minuman untuk menambah asupan serat.
      Terima kasih.

      Balas
  2. Pengacara Perceraian Medan

    Apakah ikan gabus, ikan lele, ikan red devil, ikan mujair, ikan nila..dapat digunakan untuk membuat bakso ikan?

    Balas
    • Vivi Pristian

      Hai bunda, untuk membuat bakso ikan bisa menggunakan berbagai jenis ikan ya. Untuk ikan yang bunda sebutkan yaitu ikan gabus, ikan lele, ikan red devil, ikan mujaer, dan ikan nila juga bisa untuk menjadi bahan untuk membuat bakso ikan. Agar mendapatkan cita rasa lebih gurih, bunda bisa menambahkan FiberCreme. Selain untuk menggantikan santan dan susu, FiberCreme dapat digunakan untuk semua makanan dan minuman untuk menambah asupan serat.
      Terima kasih.

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Sehat Itu Mahal? Intip 5 Tips Hidup Sehat yang Hemat di Sini!

Sehat itu mahal ketika kalian sedang sakit. Tapi kalau kalian segar bugar, sehat itu sebenarnya murah! Benar, menjaga kesehatan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Namun hingga saat ini masih banyak yang beranggapan sehat itu mahal, karena hal-hal yang...

FiberCreme Ajak Masyarakat Penuhi Kebutuhan Serat

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia. FiberCreme bersama Siloam Kebon Jeruk mendukung WHO menyelenggarakan Health Talk & Cooking Demo dengan tema “Pencernaan Sehat, Kesehatan Optimal”. Acara ini digelar di Siloam Hospitals Kebon Jeruk Jakarta, pada 30...

Kolesterol Tinggi Minggat Karena Serat? Bener Gak Sih?

Apa benar Serat dapat mengurangi Kolesterol? Makanan yang kita konsumsi memiliki peran penting dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Salah satu jenis makanan yang dipercaya baik untuk menurunkan kolesterol adalah yang mengandung serat tinggi. Namun apakah...

Resep Terbaru

5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat
5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat

Mengolah sayuran untuk diet menjadi tantangan bagi banyak orang. Salah cara mengolah atau memasaknya, sayuran justru bisa kehilangan nilai gizinya dan malah menaikkan berat badan. Bagi yang mau mencoba mengolah sayuran untuk diet agar hasilnya tetap enak dan sehat,...

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...