10 Makanan Enak Nusantara, Favoritmu Nomor Berapa?

Okt 26, 2022 | Artikel, Berita, Fakta, Update | 0 Komentar

Salah satu hal yang mengasyikkan menjadi warga negara Indonesia adalah punya banyak pilihan makanan enak. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki ciri khas kuliner yang amat sayang jika terlewatkan untuk dicicipi. Sebab kini, di mana pun berada, kamu bisa mendapatkan makanan enak dengan mudah melalui aplikasi pemesanan makanan online. 

Cita rasa rempah-rempah Indonesia menjadi salah satu kunci kenikmatan masakan nusantara. Bahkan, penikmatnya enggak cuma lidah lokal saja, tapi juga lidah global. Lantas, apa saja makanan enak khas nusantara yang wajib cicip? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

Beragam Makanan Enak Indonesia yang Wajib Coba!

Di bawah ini adalah rekomendasi makanan enak yang Indonesia banget, yang bisa kamu santap sekarang juga. Mungkin ada beberapa menu yang ingin kamu coba buat sendiri di rumah? Ide bagus, tuh!

  1. Bakso

Musim penghujan seperti ini paling enak menyantap bakso, setuju? Makanan yang berakar dari kuliner Indonesia-Tionghoa serta berasal dari kata Bak-So yang berarti “daging giling” ini dapat kamu temukan di setiap sudut daerah maupun pusat kota dengan mudah. Pembuatannya pun gampang, kamu cukup membuat kuah dari kaldu, memasukkan bola-bola daging (sapi, ikan, atau bahkan ayam) ke dalamnya, dan menambahkan mi, sohun, sayuran, pangsit, ceker, atau lontong sesuai selera.

  1. Rendang

Wah, makanan khas Padang ini menduduki peringkat wahid dalam daftar World’s 50 Delicious Food versi CNN International di tahun 2011, lho! Keistimewaan rendang adalah bumbu alaminya yang memiliki sifat antiseptik sehingga bermanfaat sebagai pengawet alami. Meski proses memasaknya cukup lama, rendang yang telah siap saji bisa kamu hangatkan hingga tiga hari, dan rasanya justru makin menggugah di lidah!

  1. Soto

Tahukah kamu ada sekitar 16 jenis soto di seluruh Indonesia? Beberapa daerah di nusantara memang memiliki soto yang khas, misalnya Soto Kudus yang dagingnya adalah daging kerbau atau Soto Betawi yang kental dengan santannya. Pengolahan soto juga enggak sulit, kok, karena kamu cukup merebus daging sekaligus membuat kaldu, menghaluskan bumbu, dan menambahkan pelengkap seperti sayuran, sohun, dan telur rebus.

BACA JUGA Partner FiberCreme Inside Mungbee Hadiri SIAL Paris 2022

  1. Rawon

Rawon merupakan salah satu makanan enak khas Surabaya yang banyak diminati penikmat kuliner meskipun tampilan kuahnya hitam pekat. Cara memasak rawon enggak jauh berbeda dengan proses pengolahan pada soto. Penasaran dari mana warna hitam pada kuahnya? Keluak, biji buah serbaguna yang sejak dahulu berfungsi sebagai penyedap masakan, jawabannya.

  1. Olahan Mi

Makanan enak selanjutnya yang enggak boleh kelewatan adalah beragam olahan mi. Ada mi goreng, mi ayam, mi tek-tek, Mi Aceh, dan banyak olahan mi dari daerah lain. Untuk bisa membuatnya sendiri, kamu enggak perlu repot karena mi siap masak beserta bahan dan bumbunya dapat dengan mudah kamu temukan di pasar, minimarket, atau supermarket.

  1. Bebek Betutu

Bebek betutu termasuk makanan enak yang berasal dari Bali. Kombinasi rempah-rempah khas Bali menjadikan makanan ini mempunyai cita rasa unik yang banyak orang sukai. Agar lebih praktis, kamu bisa menggunakan oven untuk memanggang bebek selama delapan jam untuk menghasilkan daging yang empuk dengan bumbu yang meresap secara sempurna.

BACA JUGA Berat Badan Ideal Gak Harus Mahal, Gimana Caranya?

  1. Seblak

Saat ini, seblak menjadi salah satu makanan enak kekinian yang sering ada di berbagai tempat, dari gang-gang kecil perumahan sampai foodcourt. Makanan dengan cita rasa gurih dan pedas ini berasal dari Parahyangan, Jawa Barat. Mudah membuatnya, seblak diolah dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam, atau olahan daging sapi, serta dicampur dengan kencur. 

  1. Gudeg

Berasal dari Yogyakarta, gudeg identik dengan nangka muda yang direbus dengan aneka bumbu dan bercita rasa manis. Agar semakin lezat, ada tambahan krecek atau kerupuk kulit yang kenyal begitu bercampur di dalam nikmatnya kuah gudeg. Karena enggak sebentar, proses memasak gudeg merefleksikan ketenangan, kesabaran, dan ketelitian dalam filosofi Jawa.

  1. Opor Ayam

Opor ayam merupakan masakan sejenis kari ayam yang telah dikenal luas oleh masyarakat, terutama saat perayaan Lebaran. Makanan ini dibuat dari ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya. Namun, enggak perlu menunggu momen Lebaran jika kamu ingin mengolah masakan ini, kok.

BACA JUGA 5 Manfaat Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Diet Sehat

  1. Gulai

Gulai memiliki kuah warna kuning yang menggugah selera. Jenis bahan yang dipakai untuk mengolah gulai bermacam-macam, mulai dari daging ikan, ayam, kambing, sapi, bahkan telur. Yang perlu kamu perhatikan saat memasak gulai adalah gunakan api kecil dan aduk santan dengan kesabaran ekstra untuk mendapatkan gulai dengan rasa yang begitu menggoda.

FiberCreme, Pilihan Tepat Alternatif Santan untuk Aneka Makanan Lezat yang Sehat!

Setelah membaca aneka makanan enak khas Indonesia di atas, mana yang langsung membuat kalian lapar? Langsung coba bikin masakan pilihanmu yuk, karena FiberCreme punya semua resepnya. Jangan khawatir kalau kamu udah enggak mengonsumsi masakan bersantan, karena FiberCreme bisa menggantikan fungsi santan di macam-macam masakan. FiberCreme juga memiliki kandungan serat tinggi sehingga kamu tetap bisa menikmati makanan enak sambil memenuhi kebutuhan serat harian.

BACA JUGA 4 Kreasi Bolu Gulung untuk Acara Keluarga, Cek Resepnya!

FiberCreme aman kamu konsumsi karena rendah gula, nol kolesterol, serta bebas gluten. Krimer bubuk ini juga akan menjadikan makananmu enggak cepat basi. Selain itu, FiberCreme juga halal dan sudah terdaftar di BPOM.

Nah, untuk kamu yang ingin mendapatkan rekomendasi makanan-makanan yang aman dan sehat dikonsumsi ala FiberCreme untuk menjaga tubuh tetap ideal, segera kunjungi website FiberCreme, akun Instagram @FiberCreme_TV, dan akun YouTube Ellenka sekarang juga!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...