7 Manfaat Buah Pisang yang Tak Diduga Banyak Orang

Okt 19, 2022 | Artikel, Berita, Fakta, Update | 0 Komentar

Pisang adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Sebab, buah berwarna kuning dan berbentuk panjang ini selain ramah di kantong juga sedap untuk disantap karena rasanya yang manis dan dagingnya yang empuk. Namun, apakah sudah banyak orang yang menyadari keistimewaan manfaat buah pisang?

Menariknya lagi, buah ini bukan hanya menjadi primadona di dalam negeri. Pisang juga punya banyak penggemar di mancanegara, di antaranya Malaysia dan Jepang. Mengutip catatan dari Free Trade Agreement Center Jakarta, sebanyak 9,37 ribu ton pisang berhasil diekspor ke dua negara tersebut pada 2021. Pisang memang punya tempat di hati masyarakat, lokal maupun global.

Di balik rasanya yang lezat dan cara memakannya yang mudah, pisang memiliki banyak manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Ada beragam kebaikan yang terkandung di dalam pisang, seperti karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, kalium, dan magnesium. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi buah kaya nutrisi ini setiap hari.

BACA JUGA Fibercreme Kemasan 20 gram

Ini Ragam Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan

Lezatnya buah pisang enggak bisa lepas dari khasiatnya yang bisa membuatmu tercengang. Ya, pisang yang bisa dengan mudah kamu temukan di pinggir jalan maupun supermarket ini ternyata punya segudang manfaat. Mari simak di bawah ini.

  1. Sumber Energi

Manfaat buah pisang yang pertama adalah sebagai sumber energi. Di dalam sebuah pisang terdapat sekitar 27 gram karbohidrat yang merupakan sumber bahan bakar utama untuk tubuh manusia. Bagi kamu yang membutuhkan banyak tenaga saat beraktivitas, pisang bisa menjadi camilan yang pas.

  1. Mengurangi Mual & Muntah Saat Hamil

Jika kamu sedang mengandung, pisang sangat disarankan untukmu. Hal ini karena buah pisang mengandung vitamin B6 yang berkhasiat untuk mengurangi rasa mual. Selain itu, kandungan kalium yang tinggi dalam pisang juga dapat mengembalikan elektrolit yang hilang akibat muntah.

  1. Cocok untuk Diet

Kabar baik untuk kamu yang sedang menjalani program diet! Pisang bisa menjadi salah satu buah utama yang kamu konsumsi secara rutin setiap hari. Terdapat banyak kandungan serat dalam buah pisang yang akan memberikan efek kenyang lebih lama sehingga nafsu makan menjadi berkurang.

BACA JUGA 13 Gejala Penyakit Jantung, Kenali Selagi Muda!

  1. Meredakan Stres

Buah pisang juga memiliki kandungan asam amino triptofan dan vitamin B6 yang akan merangsang produksi hormon serotonin di dalam tubuh. Nah, hormon serotonin inilah yang bertugas untuk memperbaiki suasana hati, membuat pikiran dan tubuh rileks, dan menjadikan kamu lebih bahagia.

  1. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat dalam pisang juga dapat mencegah datangnya sembelit, perut kembung, dan permasalahan pencernaan lainnya. Selain itu, pisang pun mampu menghindarkan kamu dari risiko terkena kanker usus besar. Makan buah ini secara teratur agar sistem pencernaanmu enggak ngawur!

  1. Menjaga Kesehatan Otak

Ternyata, kandungan kalium yang kaya dalam pisang juga bisa menjadikan fungsi otak semakin meningkat. Hasilnya, kamu bisa lebih jernih dalam berpikir, mudah berkonsentrasi, serta lebih tajam saat merekam memori. Kalau aktivitasmu banyak menguras otak, konsumsi pisang sangat penting.

  1. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Manfaat yang terakhir dan enggak kalah pentingnya, pisang dapat mengendalikan kadar gula darah agar tetap seimbang berkat kandungan serat pektin di dalamnya. Menjaga kadar gula darah tetap normal itu penting agar kamu terhindar dari sejumlah penyakit berbahaya, misalnya diabetes.

10 Kreasi Minuman Kekinian Segar dan Nikmat Berbahan Pisang

Pisang memang terkenal dengan cara mengonsumsinya yang mudah. Namun, ada kalanya kamu merasa bosan saat memakan pisang langsung dari kulitnya, kan? Nah, ada cara lain yang membuat pisang menjadi lebih nikmat, yaitu dikreasikan menjadi minuman segar yang rasa dan tampilannya bisa dibuat lebih kekinian. 

BACA JUGA 5 Tanda Awal Kehamilan Minggu Pertama Calon Mama

Apa saja rekomendasi minuman kekinian berbahan dasar pisang ini? Yuk, lihat sepuluh daftarnya di bawah ini. Penyajiannya mudah, kok!

  1. Choco Banana Milkshake
  2. Banana Milkshake
  3. Es Pisang Kocok
  4. Jus Pisang
  5. Kopi Pisang
  6. Kolak Pisang
  7. Es Susu Pisang
  8. Es Pisang Ijo
  9. Es Krim Pisang
  10. Es Pisang Yakult

Setelah melihat banyaknya jenis minuman yang bisa dikreasikan dari pisang, siapa di sini yang sudah enggak sabar ingin membuatnya? Wah, jadi makin semangat, kan, untuk merasakan langsung manfaat buah pisang!

Kamu bisa juga, lho, menambahkan krimer di minuman pisang buatanmu agar semakin lezat. Gunakan krimer dari FiberCreme, krimer serbaguna tinggi serat untuk menambah cita rasa creamy dan smooth. Selain menyempurnakan cita rasa, krimer ini pun bisa membuat aneka minuman segar enggak mudah basi sehingga kamu bisa menyimpannya lebih lama.

Temukan resep-resep minuman healthy sekaligus yummy ala FiberCreme lainnya di website FiberCreme, akun Instagram @Fibercreme_TV, dan akun YouTube Ellenka. Karena hanya dengan FiberCreme kamu bisa menikmati minuman sehat dengan rasa yang enak. Yuk, coba sekarang!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...