5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Jan 18, 2023 | Artikel, Fakta | 2 Komentar

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera ditangani, bekas jerawat akan memburuk apalagi kalau sering terpapar sinar matahari. 

Jerawat adalah benjolan kecil yang terbentuk pada kulit akibat terinfeksinya pori-pori oleh bakteri. Benjolan kecil mengganggu ini umumnya muncul pada wajah, leher, dada, dan punggung, terutama pada saat masa pubertas. Jerawat dapat muncul dalam berbagai ukuran dan bentuk, mulai dari yang kecil seperti bintik merah hingga yang besar seperti benjolan merah yang terasa sakit.

Apa yang menyebabkan kemunculannya? Jerawat disebabkan oleh produksi sebum atau minyak yang berlebihan oleh kelenjar sebum di kulit yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan terjadinya infeksi oleh bakteri. Jika kamu memiliki tipe kulit wajah berminyak, kamu lebih rentan mengalami masalah kulit berjerawat.

BACA JUGA 10 Masakan Sunda yang Perlu Dicoba, Nagih Rasanya!

Untuk menghilangkan bekas jerawat, pertama-tama kamu bisa mencoba menggunakan skincare yang mengandung bahan-bahan seperti vitamin C, retinol, dan alpha hydroxy acids (AHAs). Kombinasi dari bahan-bahan ini dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mempercepat proses penyembuhan jerawat. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan skincare yang mengandung bahan-bahan anti-inflamasi seperti lidah buaya dan tea tree oil untuk mengurangi peradangan dan menenangkan kulit yang iritasi.

5 Tips Lainnya yang Ampuh dan Mudah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah!

Kamu bisa mencoba beberapa tips di bawah ini untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah.

  1. Bersihkan wajah secara teratur dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu untuk menghilangkan sebum dan kotoran yang dapat memperburuk jerawat.
  2. Bersihkan wajah setelah melakukan aktivitas yang menghasilkan keringat, seperti olahraga, agar keringat tersebut enggak memperburuk jerawat.
  3. Gunakan skincare yang mengandung bahan-bahan yang dapat menenangkan dan melembabkan kulit, seperti lidah buaya dan hyaluronic acid.
  4. Hindari menekan jerawat atau mencubitnya karena dapat menyebabkan infeksi dan memperparah bekas jerawat.
  5. Jika kondisi jerawatmu sudah terlalu parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau dermatologis untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

5 Rekomendasi Menu Makanan sebagai Cara untuk Menghilangkan Bekas Jerawat!

Selain melakukan cara-cara di atas, kamu juga bisa mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat, yakni:

  1. Buah-Buahan

Buah-buahan yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, lemon, dan kiwi. Vitamin C dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dengan cara menstimulasi produksi kolagen dan mempercepat proses penyembuhan kulit.

  1. Sayuran

Sayur-sayuran hijau tinggi antioksidan, seperti brokoli, bayam, dan kangkung. Antioksidan dapat membantu mengurangi peradangan dan menghilangkan bekas jerawat.

BACA JUGA 4 Masker Wajah Bikin Kulit Cerah, Alami dan Mudah!

  1. Ikan

Ikan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti salmon, ikan tuna, dan sarden. Asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan dan menjaga kulit tetap lembab.

  1. Telur

Telur kaya akan protein dan vitamin B. Protein dapat membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak, sementara vitamin B dapat membantu mengurangi kemerahan dan menenangkan kulit yang iritasi.

  1. Susu dan Produk Olahannya

Susu dan produk olahannya yang rendah lemak, seperti yoghurt dan keju dapat membantu menghilangkan bekas jerawat di wajah. Sumber protein hewani ini dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dengan cara menjaga kelembaban kulit dan mengurangi peradangan.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik, seperti kimchi dan tempe, karena dapat membantu menjaga keseimbangan jumlah bakteri di dalam tubuh yang dapat memengaruhi kondisi jerawatmu.

Cerahkan Kembali Wajah dari Bekas Jerawat yang Membandel dengan Konsumsi Makanan Berserat!

Kamu bisa menghilangkan bekas jerawat di wajah dengan mengonsumsi makanan berserat. Iya, di samping untuk usus, serat juga bermanfaat untuk kulit. Sebab, usus dan kulit saling berkaitan dalam neuroendokrin (sel yang merupakan bagian dari sistem saraf dan endokrin tubuh) sehingga kesehatan usus akan berpengaruh secara langsung terhadap kulit.

BACA JUGA 5 Cara Menghilangkan Komedo, Minyak Langsung Go!

Selain rajin makan makanan berserat tinggi, kamu juga harus mengurangi makanan berlemak tinggi seperti santan dan susu. Pasalnya, jika dikonsumsi berlebihan, kedua jenis makanan ini konon malah bisa menimbulkan masalah pada kulit wajah, mulai dari jerawat sampai inflamasi.

Tenang, kamu bisa tetap mengonsumsi makanan berbahan dasar santan dan susu dengan aman, kok. Kamu juga bisa mengolah sendiri makanan pilihanmu dan mengganti santan atau susunya dengan bahan alternatif yang lebih rendah lemak dan sehat seperti FiberCreme.

Apa, sih, FiberCreme, Krimer Bubuk yang Tinggi Kandungan Serat Ini?

FiberCreme adalah krimer bubuk serbaguna yang dapat membantu menambah asupan serat harianmu secara praktis. FiberCreme sangat rendah lemak, rendah gula, mengandung 0 mg kolesterol, serta bebas gluten. Kelebihannya lagi, krimer bubuk ini juga halal dan sudah terdaftar di BPOM.

Mau tahu apa saja makanan lezat dan sehat yang bisa kamu olah dengan krimer bubuk kaya serat ini? Temukan resep-resep makanan sehat dan lezat ala FiberCreme hanya di akun Instagram @FiberCreme_TV dan kanal YouTube Ellenka!

2 Komentar

  1. Jasa Pengacara Perceraian Medan

    Bagaimana cara Untuk menghilangkan bekas jerawat BATU yang susah dihilangkan, dan juga bagaimana cara menghilangkan boleng bekas jerawat?

    Balas
    • Vivi Pristian

      Halo kak, terima kasih sudah mampir di website FiberCreme.
      Untuk tips menghilangkan jewarat, seperti yang sudah dibahas dalam artikel di atas adalah :
      1. Menjaga kebersihan kulit.
      2. Makan makanan yang membantu untuk menghilangkan jerawat seperti buah, sayur, ikan, dan telur.
      3. Konsumsi serat dapat mencerahkan kembali wajah akibat bekas jerawat. Kebutuhan serat dapat terpenuhi dengan makan sayur dan buah. Namun umumnya akan sangat banyak dan beragam agar bisa memenuhi asupan serat harian. FiberCreme dapat menjadi pilihan untuk memenuhi asupan serat tersebut. FiberCreme terbuat dari oligosakarida (sari pati singkong) yang tinggi serat dan rendah gula. Kakak bisa mengonsumsi FiberCreme untuk menggantikan santan dan susu.
      4. Jika tips di atas dirasa kurang maksimal dan informasi lebih lanjut terkait dengan jerawat dan bopeng, kakak bisa berkonsultasi dengan dokter kulit kepercayaan kakak.

      Stay safe and healthy kak.

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Sehat Itu Mahal? Intip 5 Tips Hidup Sehat yang Hemat di Sini!

Sehat itu mahal ketika kalian sedang sakit. Tapi kalau kalian segar bugar, sehat itu sebenarnya murah! Benar, menjaga kesehatan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Namun hingga saat ini masih banyak yang beranggapan sehat itu mahal, karena hal-hal yang...

FiberCreme Ajak Masyarakat Penuhi Kebutuhan Serat

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia. FiberCreme bersama Siloam Kebon Jeruk mendukung WHO menyelenggarakan Health Talk & Cooking Demo dengan tema “Pencernaan Sehat, Kesehatan Optimal”. Acara ini digelar di Siloam Hospitals Kebon Jeruk Jakarta, pada 30...

Kolesterol Tinggi Minggat Karena Serat? Bener Gak Sih?

Apa benar Serat dapat mengurangi Kolesterol? Makanan yang kita konsumsi memiliki peran penting dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Salah satu jenis makanan yang dipercaya baik untuk menurunkan kolesterol adalah yang mengandung serat tinggi. Namun apakah...

Resep Terbaru

5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat
5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat

Mengolah sayuran untuk diet menjadi tantangan bagi banyak orang. Salah cara mengolah atau memasaknya, sayuran justru bisa kehilangan nilai gizinya dan malah menaikkan berat badan. Bagi yang mau mencoba mengolah sayuran untuk diet agar hasilnya tetap enak dan sehat,...

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...