5 Cara Menghilangkan Komedo, Minyak Langsung Go!

Des 15, 2022 | Artikel, Update | 0 Komentar

Selain jerawat, salah satu masalah kulit yang membuat banyak orang enggak percaya diri adalah komedo. Pasalnya, benjolan-benjolan kecil di pori-pori kulit yang pada dasarnya biasa muncul di beberapa bagian tubuh ini akan sangat mengganggu jika muncul pada wajah. Cara menghilangkan komedo pun menjadi suatu hal yang banyak dicari.

Sebenarnya, apa yang memicu munculnya komedo pada wajah? Apa saja cara menghilangkan komedo yang ampuh? Cari tahu jawabannya dengan menyimak artikel ini sampai habis, ya!

Apa Itu Komedo?

Seperti yang sudah kamu ketahui, komedo adalah bintik-bintik kecil yang ada pada pori-pori kulit. Meski kerap muncul pada wajah, bintik-bintik kecil ini juga dapat timbul pada punggung, lengan, dada, bahkan bahu. Komedo berwarna putih jika tertutup lapisan kulit, sementara jika terpapar oleh udara ia akan menghitam.

Apa penyebab timbulnya bintik-bintik kecil mengganggu ini? Jawabannya adalah penumpukan minyak berlebih yang bercampur dengan sel-sel kulit mati sehingga menyumbat pori-pori. Berikut ini adalah sejumlah pemicunya:

  • Kebersihan kulit kurang terjaga.
  • Perubahan hormon akibat pubertas, menstruasi, atau stres.
  • Penggunaan produk perawatan wajah atau kosmetik yang salah.
  • Konsumsi makanan mengandung gula, tepung, dan lemak tinggi.

BACA JUGA Mikael Jasin Pamer Keahlian Meracik Minuman Bersama FiberCreme

Masalah kulit satu ini sebetulnya erat dengan jerawat. Sebab, komedo berpotensi menjadi jerawat jika terjadi infeksi akibat bakteri. Kamu enggak mau, kan, itu sampai terjadi?

Apa Saja Cara Menghilangkan Komedo?

  • Rutin Membersihkan Wajah

Pastikan kamu mencuci wajah dengan bersih sebelum tidur, setelah bangun tidur, dan saat berkeringat. Kamu juga bisa melakukan terapi uap sebanyak dua kali dalam sepekan, yaitu menguapi wajah dengan uap panas agar pori-pori terbuka dan kotoran mudah dihilangkan. Caranya mudah: tundukkan kepalamu di atas wadah berisi air panas selama 10 menit sehingga wajahmu terpapar uap panas tersebut.

  • Kontrol Emosi

Emosi yang enggak menentu dapat memengaruhi perubahan hormon di dalam tubuhmu. Hormon yang kadarnya berpotensi menjadi tinggi saat kamu sulit mengelola emosi adalah androgen, yaitu hormon yang bertanggung jawab terhadap produksi minyak. Fluktuasi androgen mampu merangsang peningkatan sebum yang menjadi pemicu timbulnya komedo.

BACA JUGA 10 Menu Diet Sehat, Terapkan dari Sekarang!

  • Gunakan Produk Perawatan Wajah dan Kosmetik yang Tepat

Pastikan produk wajah yang kamu gunakan sehari-hari enggak mengandung alkohol, silikon, dan talc. Sebab, ketiga kandungan tersebut dapat menyumbat pori-pori kulit. Potensi munculnya komedo akan semakin tinggi jika kotoran pada wajah ikut terakumulasi.

  • Konsumsi Makanan Berserat

Tahukah kamu bahwa makanan berserat enggak hanya bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, tetapi juga membantu mengatur produksi minyak pada kulit? Untuk itu, kamu disarankan banyak mengonsumsi sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan kale. Selain sayuran hijau, makanan tinggi serat lainnya adalah oatmeal, yang dapat menyerap minyak berlebih.

Ganti Santan dan Susu dengan FiberCreme, Krimer Bubuk Tinggi Serat!

Seperti yang sudah diinformasikan di atas, makanan dengan kandungan gula dan lemak dalam jumlah tinggi dapat memicu munculnya komedo. Nah, kabar baiknya, jika kamu merupakan penggemar makanan-makanan berbahan dasar santan dan susu yang dikenal tinggi lemak, kamu bisa mengganti kedua bahan tersebut dengan FiberCreme, krimer bubuk yang lebih rendah lemak dan baik untuk diet.

Terbuat dari sumber serat pangan nabati, FiberCreme  juga dapat membantu menambah asupan serat harianmu secara praktis. Jadi kulit wajahmu tetap glowing dan bebas komedo sambil menikmati makanan-makanan favoritmu dengan tenang. FiberCreme juga rendah gula, mengandung 0 mg kolesterol, serta bebas gluten. Kelebihannya lagi, krimer bubuk ini juga halal dan sudah terdaftar di BPOM.

Mau tahu apa saja makanan enak dan sehat yang bisa kamu olah dengan krimer bubuk kaya serat ini? Temukan resep-resep makanan sehat dan lezat ala FiberCreme hanya di akun Instagram @FiberCreme_TV dan kanal YouTube Ellenka.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...