10 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Dengan Mudah

Apr 1, 2022 | Artikel, Fakta, Update | 0 Komentar

cara menjaga kesehatan ginjal

Ginjal merupakan organ penting. Fungsinya adalah menyaring racun dalam tubuh. Cara menjaga kesehatan ginjal yang benar harus diketahui semua orang. Sayangnya banyak yang salah dalam menangkap informasi mengenai kesehatan dan kondisi ginjal. Beberapa poin berikut ini semoga dapat membantu Anda untuk dapat menjalankan pola hidup demi ginjal yang sehat.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal: Poin Berikut Mitos Atau Fakta?

Informasi yang salah mengenai cara menjaga ginjal dapat berakibat fatal. Organ yang terpaksa bekerja tidak sesuai kapasitas akan membuatnya rusak atau mudah terserang penyakit. Berikut mitos dan fakta tentang ginjal:

Minum Banyak Air Putih Mampu Menjaga Kesehatan Ginjal

Mitos. Ginjal dapat bekerja baik jika dalam tubuh tersedia cairan dengan jumlah cukup. Kesehatan ginjal yang optimal menjadikannya dapat bekerja secara baik sehingga metabolisme dalam tubuh lancar. Ginjal mempunyai fungsi penting untuk menyaring racun dalam tubuh dan menjaga keseimbangan gula darah. Jika tubuh kekurangan cairan maka kerja ginjal menjadi berat. Ini yang menyebabkannya rusak.

Kebutuhan air minum pada orang dewasa adalah 1,5 sampai 2 liter. Jumlah ini berkurang sesuai usia. Para manula membutuhkan sekitar 1,5 liter air minum dalam waktu sehari semalam.

Semakin banyak Minum Air Putih, Kesehatan Ginjal Semakin Bagus

Cara menjaga kesehatan ginjal ini merupakan mitos. Cairan pada tubuh harus tersedia dalam jumlah cukup. Jadi tidak boleh terlalu banyak ataupun kurang. Terlalu banyak cairan atau yang dikenal dengan nama over hidrasi justru mengganggu kerja ginjal. Elektrolit dalam darah bisa terganggu karena terlalu banyak cairan dalam tubuh. Oleh karena itu, penderita gagal ginjal harus membatasi konsumsi air minum yang menyebabkan gagal jantung, tekanan darah tinggi dan pembengkakan. 

Rasa Pegal Di Pinggang Adalah Gejala Gagal Ginjal

Ini adalah mitos. Rasa pegal bukan merupakan gejala ginjal. Pada pinggang terdapat tulang yang menyangga tubuh. Jika dalam waktu lama posisi kurang pas maka dapat menimbulkan rasa pegal. Jadi tidak ada kaitan dengan sakit ginjal.

Terlalu Lama Duduk Dapat Merusak Ginjal

Hal ini tidak selalu benar. Informasi bahwa terlalu lama atau sering duduk dapat menyebabkan kerusakan ginjal adalah mitos. Pasalnya bukan hanya duduk, apapun jika terlalu banyak dapat merusak organ. Meski harus duduk dalam waktu lama jika organ masih dapat bergerak bebas sesuai fungsinya, bukan masalah. Sesekali berdiri atau ubahlah posisi duduk. Selain memberi ruang pada organ untuk bekerja, juga mengurangi rasa pegal. 

Cuci Darah Adalah Satu-satunya Penanganan Sakit Ginjal

Jawaban dari pernyataan ini adalah tidak selalu benar atau merupakan mitos. Cara menjaga kesehatan ginjal adalah dengan pola makan yang benar dan mencukupi kebutuhan cairan serta zat lain. Kerusakan ginjal mempunyai tingkat berbeda-beda.

Cuci darah hanya dilakukan pada kelainan ginjal yang sudah parah dimana organ tersebut tidak dapat berfungsi lagi. Namun jika masih dalam kondisi kerusakan ringan bisa diatasi dengan pengobatan dan pola makan yang tepat.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Berikutnya: Perhatikan Warna Urine 

Fakta. Warna urine pada penderita gagal ginjal cenderung orange, keruh, berbusa bahkan pada kondisi parah bercampur darah. Jika salah satu indikasi terjadi, segera ke dokter. Cara menjaga agar ginjal tetap sehat harus memperhatikan indikasi ini. Sebagaimana fungsinya untuk mengeluarkan limbah, termasuk urine, maka kelebihan zat yang ada di saluran ini juga ikut keluar. Pada pria, urine mengandung testosterone. Sedang pada wanita terdapat progesterone dan estrogen. 

Obat Diabetes Merusak Ginjal

Diabetes dapat menyerang siapa saja. Obat untuk menanganinya tidak secara langsung merusak ginjal. Hanya saja jika terjadi penumpukan, zat kimia apapun, maka dapat mengganggu ginjal. Penderita diabetes tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi obat selama hal tersebut sesuai petunjuk dokter. Diabetes akut dapat mengganggu kesehatan organ. Bukan hanya ginjal, tetapi juga organ lain, jadi bukan karena obatnya. 

Transplantasi Ginjal Adalah Satu-satunya Penanganan Kerusakan Ginjal

Transplantasi ginjal adalah salah satu cara penanganan apabila kerusakan pada ginjal sudah sangat parah. Cara menjaga kesehatan ginjal bermacam-macam, sesuai tahapan kondisinya.  Berdasarkan kondisinya, gangguan ginjal dapat sembuh dengan pengobatan yang tepat dan sabar. Namun jika fungsinya sudah semakin menurun, opsi berikutnya dilakukan cuci darah. Intensitasnya pun berbeda-beda, tergantung tingkat kondisi.

Terakhir, adalah transplantasi. Meski demikian, cara ini pun bisa menimbulkan resiko bagi kedua pihak, baik pendonor maupun penerima. Sebelumnya perlu dilakukan analisa mengenai kecocokan dan masalah yang mungkin timbul.

Harapan Hidup Penderita Ginjal Sangat Pendek

Informasi ini merupakan mitos. Faktanya banyak penderita gagal ginjal yang berumur panjang. Selama mematuhi petunjuk dokter dan menjalankan pola hidup sehat maka penderita kelainan ginjal dapat hidup dengan baik. Cara menjaga kesehatan ginjal dan organ lain adalah dengan memperhatikan pola makan, asupan gizi dan menghindari pekerjaan berat yang memforsir tenaga. Apalagi bagi penderita kelainan ginjal. Jangan memaksa organ bekerja maksimal.

Kelainan Pada Ginjal Dapat Terdeteksi Dari Awal

Pernyataan ini merupakan mitos. Kelainan pada ginjal tidak serta merta terasa pada tubuh. Terlebih bagi penderita tahap awal, karena pada masa tersebut belum terjadi penumpukan residu zat racun sehingga semua masih berjalan normal.

Penderita gagal ginjal pada tahap awal tidak merasakan kelainan. Hal ini yang menyebabkan penderita mengabaikan indikasi yang terjadi dan baru menyadari setelah parah. Sedangkan kerusakan ada tahap awal pastinya lebih mudah diatasi.

Kelainan atau kerusakan parah biasanya baru terasa oleh pasien. Penanganan yang cepat dan tepat harus segera dilakukan agar kerusakan tersebut tidak berdampak pada kelainan organ lainnya. 

Menjaga kesehatan ginjal sebenarnya sangat mudah. Sayangnya banyak yang mengabaikan. Selama tubuh masih bisa bergerak dan drop, gangguan kesehatan tersebut diabaikan. Ini yang akhirnya berdampak fatal. 

Ginjal merupakan organ yang mempunyai dua bagian, yaitu kiri dan kanan. Sebenarnya jika salah satu masih berfungsi, bisa dikatakan tubuh dalam keadaan sehat, namun tentu tidak dalam kondisi optimal.

Cara menjaga Kesehatan Ginjal Dengan Kurangi Konsumsi Lemak & Santan

Kandungan lemak berlebih dalam tubuh dapat mengganggu kesehatan termasuk ginjal. Oleh karena itu konsumsi lemak dan santan yang kurang sehat harus dibatasi. Sebagai gantinya, dapat menggunakan bahan lain seperti FiberCreme. FiberCreme merupakan pengganti susu dan santan yang terbuat dari bahan alami. Kandungan gizinya baik bagi kesehatan dengan tekstur yang tidak merusak wujud maupun cita rasa masakan.

Informasi lengkap mengenai FiberCreme dapat diakses di websitenya. Kini saatnya Anda mulai menjaga kesehatan ginjal dengan hanya mengkonsumsi bahan makanan alami yang aman. Untuk menjaga kesehatan ginjal cukup mudah. Pola hidup sehat, tidak merokok dan minum alkohol, konsumsi bahan makanan bergizi dan cukup istirahat dapat membantu cara menjaga kesehatan ginjal. 

Sebagai ibu rumah tangga, berkewajiban untuk memastikan semua anggota keluarga tetap sehat. Cara menjaga kesehatan ginjal di atas perlu diperhatikan. Jika bukan Anda, siapa yang peduli terhadap ginjal Anda dan keluarga? Semua dapat dimulai dengan konsumsi FiberCreme dengan klik di sini

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...