Makanan Sehat Adalah Zat Penting Bagi Tubuh, Apa Saja?

Apr 18, 2022 | Artikel, Fakta, Update | 0 Komentar

Makanan sehat adalah kebutuhan yang harus terpenuhi setiap hari. Jika terjadi kekurangan, baik jumlah atau jenisnya dapat berakibat fatal bagi kesehatan.

Begitu pentingnya beberapa zat tersebut dalam sistem metabolisme sehingga jika kekurangan dapat menyebabkan kerusakan pada organ tubuh. Namun jika berlebih, sistem dalam tubuh akan membuangnya.

Makanan Sehat Adalah Kebutuhan, Ini Baik Bagi Penderita Penyakit Tertentu

Sebagai pengertian, makanan sehat adalah zat penting bagi tubuh dalam jumlah cukup. Kekurangan bahan makanan ini dapat menyebabkan menurunnya daya tahan sehingga mudah terserang penyakit.

Bahan makanan penting sebenarnya banyak yang tersedia di lingkungan sekitar rumah dengan harga terjangkau. Namun karena masih rendahnya pemahaman tentang kegunaan zat tersebut sehingga tubuh mengalami kekurangan.

Selain itu, kekurangan dapat juga disebabkan karena pola makan yang salah. Pilihan makanan cepat saji dan menu yang tidak seimbang menyebabkan tubuh kekurangan bahan makanan penting dan mudah terserang penyakit.

Makanan sehat adalah yang mengandung nutrisi esensial bagi tubuh. Jika bahan tersebut tidak terpenuhi maka fungsi organ bisa terganggu. Akibatnya dapat terjadi degenerasi yang merugikan kesehatan.

Sumber makanan sehat tidak selalu mahal. Bahkan sangat terjangkau dan mudah untuk mendapatkannya. Jika bahan tersebut di suatu daerah sulit diperoleh sehingga harganya menjadi tinggi, maka dapat mengganti dengan yang lain.

Dari bahan makanan substitusi tersebut yang penting adalah fungsi dari zat didalamnya. Sebagai contoh untuk memenuhi kebutuhan protein yang biasanya dari hewan dapat diganti dengan bahan nabati atau dari hasil tumbuhan.

Mencari sumber bahan makanan sehat adalah hal mudah dan harus ada di menu harian. Dalam konsep pemenuhan nutrisi dikenal istilah empat sehat lima sempurna. Jika semua terpenuhi maka kebutuhan gizi akan cukup. Bahan tersebut adalah:

Nasi

Karbohidrat biasa terpenuhi dari makanan pokok, yaitu nasi. Sebagai pengganti atau tambahan, karbohidrat dapat berasal dari gandung dalam bentuk roti, sagu, singkong dan jagung.

Bahan makanan ini merupakan sumber energi yang utama. Lazimnya orang Indonesia mengkonsumsi nasi, sehingga jika belum mengkonsumsinya merasa belum makan. Padahal roti dan aneka kue pun memenuhi kebutuhan karbohidrat.

Sayur

Sayuran hijau sangat baik bagi kesehatan. Kandungan vitamin dan mineral esensialnya tidak terganti. Sayangnya zat penting dalam bahan makanan sehat banyak yang hilang selama masa pengolahan.

Cara memasak sayur yang benar dapat mempertahankan kandungan gizinya sehingga dapat terserap sempurna oleh tubuh. Agar tidak membosankan, Anda bisa mengelola dengan berbagai variasi resep.

Lauk Pauk

Lauk seperti tahu, tempe, ikan, daging dan telur banyak mengandung protein, zat penting bagi tubuh. Kandungan unsur mineralnya juga cukup tinggi dan lengkap. Protein dapat juga diperoleh kedelai, kacang-kacangan dan beberapa sayuran.

Buah

Pemanfaatan lingkungan sekitar rumah seperti halaman dan pekarangan dapat memenuhi kebutuhan akan buah segar. Zat penting tidak harus diperoleh dari buah import yang mahal, hasil panen sendiri pun cukup.

Pisang, jambu, duku, pepaya merupakan jenis buah yang mudah ditanam di halaman rumah. Kandungan gizinya cukup untuk menjadikan badan sehat dan tahan terhadap penyakit.

Susu

Susu merupakan nutrisi pelengkap bagi tubuh. Saat ini harga susu semakin terjangkau. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengkonsumsinya. Sebagian orang yang alergi terhadap susu hewani, dapat mengganti susu nabati, seperti dari kedelai.

Untuk proses penyembuhan atau menjaga kerja organ tubuh agar bekerja dengan baik, beberapa bahan makanan sangat membantu. Mengkonsumsinya dalam jumlah cukup membuat organ tetap sehat. Sumber makanan sehat adalah penting bagi tubuh diantaranya:

Jeruk Untuk Kesehatan Jantung

Jeruk merupakan sumber vitamin C, B1 atau thiamin, B3 atau niacin, karbohidrat, potassium, folat dan kalsium. Zat tersebut berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah yang merupakan penyebab gangguan pada jantung.

Selain mengurangi kolesterol jahat, fungsi zat dalam jeruk dapat meningkatkan kandungan kolesterol baik. Mengkonsumsi buah jeruk dalam jumlah cukup membantu menjaga kesehatan jantung.  Jeruk cukup murah dan mudah diperoleh.

Ikan Untuk Menjaga Tekanan Darah

Salah satu makanan sehat adalah ikan yang merupakan bahan makanan yang mudah didapat. Selain ikan laut, dari hasil perairan darat harganya cukup terjangkau. Bahan makanan ini mengandung protein dan omega 3 yang penting untuk menjaga tekanan darah.

Mengkonsumsinya dalam jumlah cukup dapat menghindari penyakit hipertensi, jantung, radang dan mengurangi kadar trigliserida.  Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, bahan tersebut harus diolah dengan benar.

Beras Merah Untuk Mengurangi Resiko Kanker

Beras merah merupakan sumber karbohidrat seperti halnya beras putih, gandum dan jagung. Kandungan bahan yang berupa protein, antioksidan, vitamin B, zat besi, magnesium dan serat baik untuk kesehatan.

Zat tersebut terbukti mampu mengurangi resiko terkena berbagai jenis kanker.  Selain itu serat dan bahan lainnya juga baik untuk menjaga kesehatan jantung, mengurangi resiko diabetes, dan obesitas.

Sayur Hijau Untuk Antioksidan

Lingkungan yang kurang sehat seperti banyaknya polusi dapat mengganggu kesehatan. Antioksidan yang banyak terdapat pada sayur bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Sayur hijau juga mengandung folat, magnesium, potassium, karotenoid, dan tinggi serat yang penting untuk metabolisme. Karotenoid juga penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Gandum Untuk Diabetes

Gandum atau oatmeal adalah bahan makanan yang kaya serat. Kandungan zat ini dapat mengusir kadar kolesterol jahat sehingga menyehatkan jantung.  Serat juga dapat menurunkan kadar gula sehingga baik untuk penderita diabetes.

Fermentasi Untuk Radang

Selanjutnya makanan sehat adalah Yogurt atau bahan makanan hasil fermentasi lainnya sangat baik bagi kesehatan. Pada saat proses fermentasi, beberapa jenis vitamin terbentuk. Olahan tersebut dapat meminimalkan radang dan meningkatkan proses detoksifikasi.

Hasil fermentasi ini mengandung probiotik, atau bakteri yang baik bagi tubuh. Ketika Anda mengkonsumsi yogurt, berarti memasukkan bakteri ke dalam tubuh. Namun harus diingat bahwa jenisnya sudah diseleksi sehingga aman bagi kesehatan.

Makanan sehat adalah jenis bahan yang mengandung multivitamin dan mineral penting dalam jumlah cukup. Ketersediaannya dalam tubuh dapat memaksimalkan kerja organ dan meningkatkan daya tahan.

Penyebab munculnya penyakit seringkali disebabkan karena konsumsi beberapa zat secara berlebihan. Garam, santan dan lemak misalnya. Oleh karena itu, ganti segera bahan-bahan dalam makanan dengan jenis yang aman seperti FiberCreme.

Untuk dapat mengkonsumsi makanan enak, tetap harus memperhatikan kesehatan. Bahan pengganti yang mempunyai cita rasa sama namun lebih menyehatkan adalah alternatif terbaik.

Salah satu bahan yang sering digunakan secara berlebih untuk membuat makanan menjadi gurih dan bertekstur seperti bagus adalah santan kelapa. Tahukah Anda bahwa kandungan lemaknya tidak bagus bagi kesehatan.

Mencari bahan pengganti agar cita rasa dan tekstur makanan tetap bagus saat ini cukup mudah. Pilihlah yang terbuat dari bahan alami dan proses yang aman bagi kesehatan dan jangka panjang.

Makanan Sehat Adalah Kebutuhan Sehari-hari

Makanan sehat adalah kebutuhan setiap hari. Pastikan Anda dan keluarga hanya mengkonsumsi makanan yang terjamin kesehatannya untuk mendukung kerja organ agar dapat bekerja dengan baik. Misalnya saja, dengan konsumsi FiberCreme yang merupakan pengganti santan. Jadi, makanan sehat itu tidak sulit bukan?

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...