Bisa Bahaya, Jangan Panaskan Bahan Makanan ini Dalam Microwave!

Jun 26, 2020 | Artikel | 2 Komentar

Microwave bisa jadi alat yang praktis untuk menghangatkan makanan. Masakan yang Anda simpan di kulkas bisa langsung dimasukkan ke microwave untuk dihangatkan dan segera disajikan lagi. Proses pemanasan pun tidak berlangsung lama, umunya hanya beberapa detik hingga beberapa menit.

Tapi ternyata tidak semua masakan Anda bisa dihangatkan lagi dalam microwave. Beberapa jenis bahan makanan justru bisa jadi berbahaya ketika dipanaskan dengan alat ini. Beberapa bisa berubah menjadi racun bagi tubuh, dan beberapa lainnya bisa menyebabkan ledakan. Jadi kalau Anda baru memiliki microwave dan masih bingung apa saja yang boleh dan tidak boleh dimasukkan ke dalamnya, yuk baca sampai habis!

Sayuran hijau

Sayuran hijau meiliki kandungan zat nitrat yang ketika dipanaskan dengan microwave akan berubah menjadi nitrosamin yang bersifat karsinogenik atau memicu kanker. Selain sayuran hijau, nitrat juga bisa ditemukan dalam buah bit, sehingga buah berwarna merah ini juga lebih baik tidak dipanaskan dalam microwave.

Daging

Kebanyakan microwave memang memiliki fungsi defrost atau melembutkan daging beku. Tapi panas dalam microwave mungkin tidak menyebar secara merata ke seluruh bagian daging. Hasilnya, mungkin ada beberapa bagian daging yang malah jadi matang sementara bagian lainnya tetap membeku. Nah, bagian yang tetap dingin dan beku ini bisa memicu pertumbuhan bakteri yang menimbulkan penyakit. Jadi untuk melembutkan daging beku sebaiknya simpan saja semalaman di lemari es (bukan freezer).

Daging olahan

Daging olahan terkenan memiliki campuran bahan-bahan kimia dan pengawet yang berbahaya. Namun bahayanya ternyata bisa jadi berkali-kali lipat ketika dipanaskan dalam microwave. Menurut sebuah penelitian, daging yang dimicrowave memiliki kadar oksidasi kolesterol yang lebih tinggi daripada ketika dimasak dengan cara lain. Disebut lebih berbahaya daripada kolesterol murni, oksidasi kolesterol ini bersifat lebih merusak untuk sel arteri dan lebih beresiko menyebabkan penyakit jantung lho!

Jamur

Dilansir Bustle, seorang ahli diet dan nutrisi bernama Brigitte Zeitlin, MPH, RD mengatakan bahwa jamur bisa menyebabkan sakit perut ketika dipanaskan. Jamur juga bisa berbahaya ketika didiamkan dalam suhu ruang karena bisa memicu pertumbuhan bakteri. Sehingga yang paling baik adalah memasak jamur sesuai kebutuhan dan langsung dihabiskan.

 

ASI

Microwave memberikan panas yang tidak merata untuk ASI. Ada bagian pada susu yang akan menjadi sangat panas sehingga bisa melukai mulut sensitif bayi. Selain itu memanaskan ASI, baik dengan microwave atau direbus langsung diatas kompor, juga bisa merusak kandungan nutrisinya. Sehingga cara terbaik untuk menghangatkan ASI adalah dengan alat penghangat khusus atau meletakkan botol ASI di baskom berisi air hangat.

Telur rebus

Telur, masih dengan kulitnya atau sudah terkupas, sebaiknya dihindarkan dari proses penghangatan dengan microwave. Panas yang dihasilkan alat ini bisa meningkatkan uap panas di dalam telur. Panas yang terus-terusan terkumpul bisa menyebabkan ledakan. Bahayanya, ledakan ini mungkin saja terjadi saat telur sudah tersaji di meja dan siap Anda santap.

Cabai

Selain kemungkinan memberi sensasi pedas yang “membakar” mulut, cabai mungkin tidak terlihat berbahaya. Tapi lain ceritanya ketika Anda coba me-microwave si kecil ini. Ketika dipanaskan dalam microwave, cabai akan melepas kandungan capsaicin – zat yang membuat rasanya pedas. Ketika Anda membuka microwave, zat ini akan dilepaskan ke udara dan menimbulkan rasa panas membakar di mata dan tenggorokan apabila terhirup.

 

Tapi jika Anda cukup hati-hati dan tahu mana saja bahan makanan yang bisa dipanaskan dengan alat ini, microwave sebenarnya sangat membantu. Dengan microwave, Anda bisa dengan cepat menyajikan lagi masakan lezat yang Anda simpan di kulkas.

Atau olah lagi bahan dan sisa persedianmu jadi menu baru yuk! klik disini atau download Enakpedia untuk mendapatkan inspirasi resep yang mudah dan lebih tahan lama.

2 Komentar

  1. Doni

    Halo kak, saya pedagang es cendol yang memakai fiber creme sebagai pengganti santan.

    kalo fiber creme yang sudah dicampur air dan disimpan dikulkas kalau besoknya mau dicampur buat minuman apakah harus dipanasin dulu atau langsung bisa digunakan?

    makasih

    Balas
    • Vivi Pristian

      Halo kak Doni, langsung bisa digunakan yaa tanpa dipanaskan lagi.

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...