6 Manfaat Kopi Arabika Bagi Kesehatan Tubuh

Agu 26, 2022 | Artikel, Fakta, Update | 0 Komentar

Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, Indonesia juga menjadi salah satu negara dengan penikmat kopi terbanyak. Salah satu jenis kopi yang populer di antara penikmat kopi Nusantara adalah kopi Arabika. 

Kopi yang berasal dari dataran tinggi Ethiopia Barat ini tidak hanya sekedar nikmat, tapi juga mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat tersebut? Yuk baca terus artikel tentang kelebihan kopi Arabika!

Manfaat Kopi Arabika

Kopi arabika memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan kafein. Dua senyawa ini sangat baik untuk:

Menurunkan Kadar Kolesterol

Ada 2 jenis kolesterol yang ada dalam tubuh, yaitu baik dan jahat. Jika jumlah kolesterol jahat lebih banyak, maka bisa timbul berbagai penyakit kronis seperti jantung, stroke, dan lain-lain. Nah, antioksidan yang ditemukan dalam kopi Arabika berfungsi untuk meningkatkan jumlah kolesterol baik. Dengan begitu, jumlah kolesterol jahat bisa ditekan dan risiko penyakit berbahaya pun semakin menurun.

Mencegah Terjadinya Kanker

Antioksidan dalam kopi ini juga berfungsi untuk mencegah munculnya dan membunuh sel-sel kanker dalam tubuh. Beberapa kanker yang bisa dihambat antioksidan termasuk paru-paru, payudara, pankreas, dan prostat. Senyawa ini juga mampu meregenerasi sel, menjaga keseimbangan nutrisi, dan lain sebagainya.

Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Mengkonsumsi kopi dalam jangka waktu lama dengan porsi yang cukup ternyata bisa memberikan pengaruh positif kepada kemampuan kognitif. Kafein dalam kopi bisa menghambat penurunan kemampuan kognitif pada orang berusia 40 tahun ke atas, dan bisa merangsang aktivitas motorik.

BACA JUGA Kriteria Makanan yang Enak dan Sehat

Menjaga Stamina Tubuh

Kadar kafein pada kopi Arabika mampu menjaga kesehatan tubuh dan juga memberikan stamina, karena kafein termasuk sumber energi untuk otak yang memerintahkan tubuh untuk bekerja dengan baik. 

Menjaga Kesehatan Mulut

Secara keseluruhan, minum kopi juga baik untuk mencegah pembentukan plak, radang gusi, hingga kanker mulut. Meskipun begitu, kopi bisa mengakibatkan efek tidak baik untuk kesehatan mulut apabila dikonsumsi bersama terlalu banyak gula.

Mencegah Risiko Penuaan Dini

Kopi juga terbukti baik untuk memelihara kesehatan kulit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa proses penuaan dini bisa dicegah pada orang yang meminum kopi 2 cangkir atau 2 kali sehari. Mereka mengalami proses penuaan dini lebih lambat hingga 10% dibanding orang-orang yang tidak rutin mengonsumsi kopi. Hal ini kemungkinan disebabkan karena kandungan kafein dan antioksidan pada kopi yang bisa membantu menangkal radikal bebas.

BACA JUGA 5 Cara Menyimpan Makanan di Kulkas Supaya Tahan Lama

Nikmati Kopi Arabika Dengan Kelezatan Optimal yang Creamy

Tidak salah kalau Arabika menjadi salah satu kopi terfavorit kan? Meski begitu, kamu mungkin butuh effort untuk membeli kopi Arabika berkualitas terbaik. Kopi ini memang memiliki harga sedikit mahal karena tanamannya sangat mudah terserang hama dan perawatannya cukup sulit.

Tapi kamu tidak akan menyesal, karena kopi ini memiliki rasa yang lezat tanpa campuran apapun. Dengan aroma khas, kopi ini dideskripsikan memiliki rasa manis dan ringan seperti wine

Namun jika kamu lebih suka kopi yang lembut, kamu bisa tambahkan krimer serbaguna FiberCreme ke cangkirmu kok. Bukan hanya menambah rasa creamy, krimer serbaguna pengganti susu ini juga menambah asupan serat untuk penuhi kebutuhan serat harianmu lho. Jadi, kamu bisa minum kopi yang enak sambil tetap jaga kesehatan.

Selain kopi, FiberCreme juga bisa digunakan untuk macam-macam minuman lainnya, mulai dari minuman tradisional hingga kekinian. Yuk intip resep-resepnya dengan follow @FiberCreme_TV atau subscribe ke YouTube Ellenka.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...