10 Makanan Indonesia yang Istimewa, Wajib Coba!

Des 19, 2022 | Artikel, Update | 0 Komentar

Makanan Indonesia punya banyak keistimewaan, terutama cita rasanya yang didapat dari penggunaan bumbu dan rempah yang melimpah. Tapi dari ratusan, atau bahkan ribuan makanan Indonesia, mana saja sih yang paling khas?

Kalau kamu ingin mencicipi masakan dari setiap daerah di tanah air, kamu enggak perlu mengunjungi daerah tersebut kok. Sebab, kini, di sekitarmu pasti ada saja makanan Indonesia yang dijajakan. Bahkan, kamu pun bisa memesan aneka kuliner Nusantara di aplikasi pemesanan online.

Atau, kamu mau coba membuat sendiri? Bisa! Sebagai awalnya, yuk lihat daftar 10 makanan Indonesia yang sudah terkenal di seluruh penjuru Indonesia! Dari daftar bawah ini, yang mana yang menjadi favoritmu? Berminat membuatnya sendiri di rumah?

10 Daftar Makanan Indonesia yang Wajib Dicoba!

  1. Mi Aceh

Kalau berbicara daerah Aceh, pasti enggak lepas dari menu mi yang memiliki rasa pedas ini. Mi Aceh disajikan dengan menggunakan mi kuning tebal dengan irisan daging sapi, daging kambing, atau seafood yang ditaburi dengan bawang goreng, potongan bawang merah, mentimun, dan jeruk nipis. Makanan ini sudah mulai marak dijual di keramaian, jadi kamu enggak sulit menemukannya.

  1. Rendang

Makanan Indonesia satu ini berasal dari Padang dan menjadi salah satu makanan paling enak di dunia. Kekhasan Rendang adalah bumbu alami yang digunakan memiliki sifat antiseptik sehingga bermanfaat sebagai pengawet alami. Kamu bisa menemukannya dengan mudah, terutama di restoran-restoran Minang.

BACA JUGA 5 Cara Menghilangkan Komedo, Minyak Langsung Go!

  1. Gulai Belacan

Gulai Belacan merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Riau. Makanan ini berbahan dasar udang, ayam, atau ikan yang dipadukan dengan berbagai macam rempah-rempah pilihan yang dikombinasikan dengan belacan (bumbu masakan yang terbuat dari udang atau ikan kecil-kecil yang ditumbuk halus). Penasaran dengan gulai satu ini?

  1. Sate Bandeng

Sate Bandeng merupakan salah satu makanan khas asal Serang, Banten. Sesuai namanya, sate ini berbahan dasar ikan bandeng. Cara mengolahnya, ikan bandeng dihilangkan durinya, lalu dagingnya dihaluskan dan dicampur dengan bumbu, dimasukkan kembali ke dalam kulit ikan bandeng, lalu ditusuk tangkai bambu yang kemudian dibakar di atas bara api.

  1. Garang Asem

Makanan Indonesia bernama Garang Asem ini adalah masakan olahan ayam yang dimasak menggunakan daun pisang yang memiliki rasa asam dan pedas. Hidangan khas Jawa Tengah ini biasa disajikan sebagai lauk pendamping nasi yang biasanya ditambah dengan tempe goreng, tahu bacem, perkedel, hingga ayam asam manis. Wah, kedengarannya lezat, bukan?

  1. Catemak Jagung

Sajian Indonesia yang bisa dikatakan sebagai makanan penutup ini berasal dari Nusa Tenggara Timur. Catemak Jagung memiliki bahan dasar kacang-kacangan yang disertai dengan aneka macam sayuran. Penikmat sajian dengan bahan utama pangan nabati patut mencobanya, nih!

  1. Coto Makassar

Coto Makassar atau biasa disebut dengan Coto Mangkasara ini diolah dari jeroan sapi yang direbus dengan campuran bumbu racik khusus. Biasanya, makanan khas satu ini disajikan dalam mangkuk dan dinikmati dengan ketupat daun kelapa (buras). Kamu juga bisa menemukan hidangan ini dengan mudah karena marak dijajakan di sudut-sudut kota.

BACA JUGA 5 Cara Menghilangkan Komedo, Minyak Langsung Go!

  1. Soto Banjar

Soto Banjar adalah soto khas dari Suku Banjar, Kalimantan Selatan. Hidangan ini memiliki bahan utama ayam serta memiliki aroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih. Seperti halnya jenis-jenis soto lain, soto satu ini pun cukup mudah ditemukan di jalanan.

  1. Papeda

Makanan Indonesia bernama Papeda ini adalah makanan khas yang berasal dari Maluku. Papeda berwarna putih dan bertekstur lengket dengan rasa tawar. Papeda termasuk ke dalam makanan yang kaya serat, rendah kolesterol, dan bernutrisi tinggi.

  1. Kue Lontar

Kue Lontar sepintas mirip kue pie susu pada umumnya. Bagian tengah kue ini memiliki tekstur lembut dan rasa yang manis. Kue Lontar memiliki bahan dasar margarin, tepung terigu, vanili, dan susu.

FiberCreme Alternatif Pengganti Santan, Bikin Aneka Makanan Indonesia Makin Nikmat!

Untuk kamu yang belum pernah mencoba, pasti enggak sabar menyantap beragam rekomendasi masakan khas Indonesia tadi, kan? Atau kamu berencana mengkreasikannya jadi olahan versi kamu sendiri? Apalagi jika kamu penikmat makanan berbahan dasar santan, enggak ada salahnya mencoba mengolah sendiri beberapa jenis makanan Indonesia di atas.

Sebagai alternatif pengganti santan, gunakan FiberCreme, krimer bubuk sumber serat yang bisa membantu menambah asupan serat harianmu secara praktis. Dengan FiberCreme, kamu bisa menikmati makan-makanan favoritmu dengan tenang sambil tetap menjalani diet.

Selain tinggi serat, FiberCreme juga rendah gula, mengandung nol miligram kolesterol, serta bebas gluten. Krimer bubuk ini juga akan menjadikan makanan olahanmu enggak cepat basi. Selain itu, FiberCreme juga halal dan sudah terdaftar di BPOM.

Mau tahu resep-resep sajian khas Indonesia yang istimewa dengan menggunakan FiberCreme? Temukan hanya di akun Instagram @FiberCreme_TV dan channel YouTube Ellenka, ya!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Sehat Itu Mahal? Intip 5 Tips Hidup Sehat yang Hemat di Sini!

Sehat itu mahal ketika kalian sedang sakit. Tapi kalau kalian segar bugar, sehat itu sebenarnya murah! Benar, menjaga kesehatan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Namun hingga saat ini masih banyak yang beranggapan sehat itu mahal, karena hal-hal yang...

FiberCreme Ajak Masyarakat Penuhi Kebutuhan Serat

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia. FiberCreme bersama Siloam Kebon Jeruk mendukung WHO menyelenggarakan Health Talk & Cooking Demo dengan tema “Pencernaan Sehat, Kesehatan Optimal”. Acara ini digelar di Siloam Hospitals Kebon Jeruk Jakarta, pada 30...

Kolesterol Tinggi Minggat Karena Serat? Bener Gak Sih?

Apa benar Serat dapat mengurangi Kolesterol? Makanan yang kita konsumsi memiliki peran penting dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Salah satu jenis makanan yang dipercaya baik untuk menurunkan kolesterol adalah yang mengandung serat tinggi. Namun apakah...

Resep Terbaru

5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat
5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat

Mengolah sayuran untuk diet menjadi tantangan bagi banyak orang. Salah cara mengolah atau memasaknya, sayuran justru bisa kehilangan nilai gizinya dan malah menaikkan berat badan. Bagi yang mau mencoba mengolah sayuran untuk diet agar hasilnya tetap enak dan sehat,...

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...