Suka Makanan Pedas? Ini Lho 6 Manfaat Tak Terduganya!

Apr 12, 2019 | Artikel, Berita

Sebagai orang Indonesia, kita tentunya tidak asing dengan berbagai macam makanan pedas. Memang walaupun bisa membuat lidah serasa terbakar, rasa pedas yang ditimbulkan bahan-bahan seperti cabai atau jalapeno bisa meningkatkan nafsu makan dan membuat makanan yang kita lahap berkali-kali lipat nikmatnya.

Anda termasuk pecinta makanan pedas yang menjadikan cabai atau sambal sebagai bahan pelengkap makanan sehari-hari? Kalau begitu Anda beruntung, karena jika tidak dikonsumsi berlebihan makanan pedas ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja itu?

Menurunkan berat badan

Pada cabai terdapat capsaicin yang bertanggung jawab atas rasa pedas yang Anda rasakan. Tapi bukan hanya itu kegunaan zat ini. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa capsaicin juga mempercepat proses metabolisme dengan menimbulkan kenaikan suhu tubuh yang menyebabkan tubuh bisa membakar lebih banyak kalori.

 

Menjaga kesehatan jantung

Makanan pedas memelihara kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL (Low Density Lipoprotein), sehingga penyumbatan arteri dapat dikurangi. Ketika peredaran darah lancar, maka resiko penyakit jantung pun bisa berkurang. Pengaruh makanan pedas terharap resiko penyakit jantung bukan hanya telah dibuktikan lewat studi, tapi juga statistik. Secara turun-temurun bisa dilihat bahwa masyarakat yang memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan pedas memiliki angka penderita stroke dan serangan jantung yang lebih rendah.

 

Membunuh sel kanker

Beberapa penelitian membuktikan bahwa zat capsaicin juga bisa menurunkan resiko kanker. Zat ini akan memperlambat pertumbuhan sel kanker, dan bahkan membunuh sel kanker tanpa mempengaruhi sel-sel sehat di sekitarnya.

Show More

Meredakan gejala flu

Zat capsaicin bisa memperingan gejala flu dan deman dengan membuat Anda berkeringat lebih banyak dan mengurangi penyumbatan di hidung. Zat ini juga membantu Anda yang sedang flu, memiliki sinus, asma dan masalah pernafasan lainnya agar bisa bernafas lebih lega.

 

Memperbaiki kualitas tidur

Anda sering mengalami gangguan tidur? Ini saatnya mencoba mengonsumsi lebih banyak makanan pedas. Menurut penelitian yang dilakukan ilmuwan Australia, mereka yang rutin mengonsumsi makanan pedas bisa tertidur lebih mudah dan bangun dengan lebih segar sehingga memiliki lebih banyak energi untuk menjalani harinya.

 

Memperbaiki mood

Makanan pedas ternyata juga bisa membuat Anda lebih bahagia lho. Ini karena makanan pedas bisa merangsang produksi “hormon kebahagiaan” seperti serotonin. Jadi besok-besok Anda bisa coba mengonsumsi lebih banyak makanan pedas ketika merasa sedih atau stress.

Ternyata kebiasaan makan makanan pedas juga menguntungkan ya? Nah untuk Anda yang punya prinsip “tiada hari tanpa makanan pedas,” yuk follow Instagram @FiberCreme_TV untuk temukan banyak resep-resep makanan pedas yang enak dan gampang dibikinnya. Selalu ada resep baru yang bisa Anda coba lho setiap minggunya.

Tapi tetap ingat untuk mengonsumsi makanan pedas secara bijak ya, karena semua yang berlebihan tidak pernah baik untuk kesehatan. Alih-alih mendapatkan manfaat yang sudah disebutkan diatas, kebanyakan makan pedas malah bisa membuat Anda mengalami berbagai masalah, mulai dari heartburn sampai diare.

Sources:

https://www.rediff.com/getahead/2010/mar/11ten-health-benefits-of-spicy-food.htm 

(*)

Show Less

X