Pernahkah Anda merasa tiba-tiba lelah, hilang konsentrasi dan kurang bersemangat ketika sedang melakukan aktifitas di sekolah atau kantor? Pasti menyebalkan ya kalau sampai terjadi, karena produktivitas pasti jadi terhambat. Ujung-ujungnya, pekerjaan atau tugas Anda malah bisa jadi kacau dan semakin menambah stres.

Ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan hilang fokus saat bekerja, mengantuk misalnya. Dan penyebab mengantuk pun bisa bermacam-macam. Yuk cari tahu apa saja alasannya, dan mulai perbaiki supaya Anda bisa beraktifitas dengan lebih optimal

Kurang tidur

Penyebab mengantuk di waktu kerja, terutama di pagi hari, biasanya disebabkan karena kekurangan tidur. Padahal punya waktu tidur yang cukup itu sangat penting. Karena tidur bukan hanya mengistirahatkan tubuh, tapi juga otak. Dengan istirahat yang cukup, maka Anda akan bangun dan merasa lebih bersemangat. Dan pikiran akan jadi lebih jernih sehingga Anda akan merasa siap menghadapi tantangan baru di tempat kerja atau sekolah.

Tingginya kadar gula dalam darah

Dalam jumlah normal, gula bisa diolah dengan bantuan insulin untuk menjadi energi. Tapi jika gula dikonsumsi berlebih, lama-lama akan terjadi resistensi insulin yang mengakibatkan gula tidak bisa diubah menjadi energi. Karena tidak mendapat energi, maka Anda akan cepat merasa capek dan mengantuk.

Jadi ada baiknya untuk menjaga asupan gula, baik gula murni maupun yang didapat dari bahan makanan lain seperti nasi, minuman kaleng, camilan manis, buah-buahan dan lain-lain. Perlu diingat kalau rekomendasi konsumsi gula adalah 90 gram, atau hanya sebanyak 4 sendok makan, per hari.

Anemia

Tubuh, termasuk otak, memerlukan asupan oksigen yang cukup untuk bisa bekerja. Oksigen normalnya disalurkan ke seluruh jaringan dan organ tubuh oleh sel darah merah. Maka dari itu, jika Anda memiliki anemia atau kekurangan sel darah merah, oksigen tidak bisa disalurkan dengan baik. Mengantuk adalah salah satu respon yang diberikan otak ketika kekurangan oksigen.

Anemia sendiri bisa diatasi dengan memperbanyak konsumsi zat besi, yang bertanggung jawab atas produksi sel darah merah. Zat besi bisa didapat dari daging merah, sayur bayam dan hati.

Dehidrasi

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari cairan, sehingga dehidrasi atau kekurangan cairan bisa menimbulkan dampak kurang baik. Air penting bagi tubuh untuk kerja sistem pencernaan, mengeluarkan kotoran dan racun dari tubuh, serta mengantarkan nutrisi dari makanan ke sel-sel di seluruh tubuh, dan lain-lain. Jika kekurangan suplai air, maka otak akan cepat merasa lelah dan mengakibatkan kantuk.

Lapar

Selain mengantuk, alasan lain yang biasanya membuat Anda jadi kurang fokus melakukan aktifitas adalah karena lapar. Rasa lapar sebelum waktunya, meskipun Anda sudah makan pagi, adalah salah satu tanda kekurangan serat.

Serat sendiri adalah zat yang tidak bisa dicerna oleh tubuh, sehingga akan dikeluarkan dalam bentuk utuh bersama kotoran. Karena itu, serat bisa membuat kenyang lebih cepat, dan mempertahankan rasa kenyang itu lebih lama. Jadi kalau Anda mengonsumsi serat yang cukup pada saat sarapan, maka Anda bisa terhindar dari rasa lapar ketika jam kerja atau jam sekolah, sehingga produktivitas tidak terganggu.

Setiap harinya, setiap orang disarankan untuk mengonsumsi 30-40 gram serat. Sayangnya, banyak dari kita belum bisa memenuhi kebutuhan serat sesuai rekomendasi. Bahkan di negara maju seperti Amerika Serikat, masyarakatnya hanya mengonsumsi sekitar 15 gram serat per hari.

Sebetulnya, mendapatkan asupan serat yang cukup bukan hal sulit. Serat bisa didapat dari kacang-kacangan, sayur, buah, gandum, oat dan sejenisnya. Tapi kalau mau cara yang lebih asyik untuk memenuhi kebutuhan serat, FiberCreme adalah jawabannya.

Dibuat dari oligosakarida dan minyak kelapa yang sehat, FiberCreme praktis karena bisa dicampurkan ke banyak masakan dan minuman untuk membuatnya lebih lezat, creamy dan tinggi serat. Dan yang penting, FiberCreme bebas dari kolesterol dan mengandung rendah gula, kalori dan lemak, sehingga tetap baik dikonsumsi untuk Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Share This