Sedang Diet? 6 Trik Ini Ampuh Kurangi Nafsu Makan Lho!

Mar 22, 2019 | Artikel

Mengontrol nafsu makan adalah tantangan terbesar untuk Anda yang sedang mengurangi berat badan atau sedang menerapkan pola hidup sehat. Apalagi untuk Anda yang terbiasa makan dalam porsi besar atau terbiasa ngemil.

Tapi Jangan menyerah dulu, karena ternyata ada banyak cara mudah untuk memanipulasi badan dan otak agar nafsu makan tetap terkontrol. Intip 6 cara yang paling mudah yuk, yang bisa Anda terapkan saat ini juga supaya bisa langsing lebih cepat!

 

Makan pelan-pelan

Otak memerlukan waktu untuk menerima sinyal bahwa Anda sudah merasa kenyang. Penelitian menyebut bahwa sejak Anda mulai makan, ada jeda hingga 20 menit sebelum otak “menyadari” bahwa perut Anda sudah cukup terisi. Jadi dengan makan perlahan, Anda memperpendek jarak waktu pengiriman sinyal kenyang dari perut ke otak, sehingga Anda akan makan lebih sedikit.

 

Mulai dengan makanan berair

Makanan yang mengandung tinggi air akan membantu Anda merasa lebih kenyang dan membantu memperlambat proses pencernaan. Jadi sebelum menyantap makanan utama, mulailah dengan sesuatu yang berair seperti sup, sayuran atau buah-buahan. Dengan begitu, Anda akan makan lebih sendikit setelahnya.

Show More

Buat makanan lebih pedas

Bukan hanya membuat rasa masakan lebih kaya dan enak, cabai, paprika dan makanan pedas lain ternyata juga bisa membantu menurunkan berat badan berkat kandungan capsaicin-nya. Menurut sebuah studi, capsaicin bisa menghasilkan efek termogenik atau panas tubuh yang berfungsi untuk membakar lemak dan mencegah penambahan berat badan.

 

Minum kopi atau teh

Kabar bagus untuk pecinta kopi dan teh. Selain bisa dinikmati karena rasanya, ternyata kopi dan teh juga ampuh untuk menurunkan berat badan. Kopi pahit dan kebanyakan jenis teh bebas dari kalori dan memiliki kandungan kafein yang memiliki efek termogenik dan bisa mengurangi nafsu makan.

 

Olahraga sebelum makan

Daripada membuat semakin lapar, berolahraga sebelum makan ternyata justru menekan nafsu makan Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jumlah hormon pembuat lapar bernama ghrelin menjadi lebih rendah pada partisipan melakukan olahraga sebelum makan, terutama olahraga intensitas tinggi.

 

Konsumsi serat

Karena tidak bisa diolah oleh tubuh, serat memperlambat proses pencernaan sehingga bisa membuat Anda merasa lebih kenyang dan bisa mengontrol keinginan Anda untuk makan. Anda disarankan untuk mengonsumsi paling tidak 30 gram serat per hari, yang bisa didapatkan dari bahan makanan seperti sayur-sayuran, oats, dan biji-bijian.

Sekarang juga ada FiberCreme yang mempermudah Anda memenuhi kebutuhan serat harian. Krimer serbaguna ini bisa dicampurkan ke berbagai makanan dan minuman sebagai pengganti santan atau susu, sehingga Anda bisa makan enak sambil tetap berdiet dan menjaga kesehatan pencernaan.

(*)

Show Less

X