Wajib Tahu, Apa Itu Indeks Glikemiks Bagi Penderita Diabetes?

Mar 7, 2018 | Artikel | 0 comments

 

Foodiest, sudah pada tahu belum apa maksud dari Indeks Glikemik itu? Mungkin diantara kamu semua pasti pernah mendengar kata itu pada suatu kemasan makanan.  Sebenarnya, kata ini penting untuk kamu cari tahu apa artinya. Terlebih, bagi Foodiest yang punya masalah dengan gula darah yang tinggi atau diabetes.

 

Kaitannya dengan Diabetes

Bagi penderita diabetes, tentunya harus selektif dalam memilih makanan. Makanan yang disarankan untuk penderita diabetes adalah dengan memilih makanan dengan indeks glikemiks yang rendah. Dari sini tentunya sudah tahu bukan apa itu Indeks Glikemiks? Benar sekali, Indeks Glikemiks adalah suatu ukuran yang menunjukkan seberapa cepat suatu makanan dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh.

 

Bilamana Dikatakan Indeks Glikemiks Rendah – Tinggi?

Artinya, jika Indeks Glikemiks suatu makanan dikatakan tinggi, maka makanan tersebut mampu dengan mudah membuat gula darah kamu meningkat dalam waktu sekejap. Dikatakan memiliki Indeks Glikemiks tinggi jika suatu makanan tersebut memiliki nilai 70.

Sebaliknya, jika suatu makanan dikatakan Indeks Glikemiks nya rendah, artinya makanan tersebut memiliki indeks dibawah 55, sehingga aman dan gula darah kamu tidak akan meningkat dengan cepat (relatif stabil).

 

Rekomendasi Makanan Berindeks Glikemiks Rendah

Nah, sekarang sudah tahu ‘kan arti dari Indeks Glikemiks ini? Jadi, bagi Foodiest yang punya diabetes tentunya tak lagi sembarangan dalam mengonsumsi makanan.  Untuk membantu kamu menemukan makanan dengan Indeks Glikemiks yang rendah, kami punya rekomendasinya nih, yuk simak!

 

Makanan Pokok

Hal yang sangat dihindari ketika diabetes adalah, mengurangi atau menghilangkan sama sekali mengonsumsi nasi putih. Karena, nasi putih memiliki Indeks Glikemiks yang tinggi, yakni 70. Sebagai pengganti nasi putih untuk makanan pokok, kamu bisa beralih ke biji-bijian utuh, misalnya seperti havermut ataupun nasi merah. Keduanya jauh lebih memiliki nilai indeks glikemiks yang rendah.

 

Sayuran

Inilah mengapa orang yang menderita diabetes selalu direkomendasikan untuk banyak mengonsumsi sayur mayur. Itu dikarenakan, hampir semua sayur aman untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan, jenis sayur-sayuran memiliki indeks glikemiks yang rendah, misalnya seperti bayam, kol, brokoli, wortel, dan masih banyak lagi lainnya.

 

Buah-buahan

Memang benar jika hampir semua buah memiliki rasa manis. Namun jangan salah, hampir semua buah aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Meskipun ada beberapa jenis buah yang memang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Oleh sebab itu, pilih buah-buah dengan Indeks Glikemiks rendah seperti apel, jeruk, alpukat, pisang, stroberi, dan masih banyak lagi lainnya.

Nah, selain ketiga jenis makanan di atas, ada satu lagi yang memiliki Indeks Glikemiks yang rendah. Misalnya seperti FiberCreme ini, yang hanya memiliki nilai indeks glikemiks yang rendah, yakni 50. Bahkan, FiberCreme juga rendah gula sehingga dipastikan cocok bagi kamu yang lagi diet ataupun penderita diabetes.  Jadi, kamu pun tak perlu menghindari makanan favoritmu, karena makanan dan minuman apapun akan lebih sehat bila menggunakan FiberCreme. Jika sudah tahu begini, tak khawatir lagi ‘kan jika gula darah akan melonjak naik?

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Salad Ternyata Gak Sehat! Ini Alasannya

Salad yang terdiri dari buah dan sayur-mayur sering dikategorikan sebagai makanan sehat yang baik untuk diet. Padahal salad bisa jadi pilihan makanan paling buruk

Bukan Kolesterol, Ini Akibat Makan Durian

Selain dikenal sebagai buah yang berbau tajam, durian juga dikenal sebagai sumber kolesterol. Tapi ternyata mitos ini salah kaprah lho!

Permen Karet Tertelan Bisa Bertahan Sampai Tahunan?

Kamu pernah nggak sengaja telan permen karet? Pernah kebanyang gimana nempel di usus? Tenang dulu yuk cari tahu disini!

Ayam Broiler Disuntik Hormon? Aman Dikonsumsi Gak Sih?

Pernah dengar gosip bahwa ayam broiler disuntik hormon agar bisa tumbuh besar lebih cepat? Wah aman nggak tuh kalau dikonsumsi?

Bukan Bikin Kurus, Yogurt Justru Bikin Gemuk Kalau…

Yogurt sering dilabeli sebagai makanan sehat karena kandungan bakteri baiknya yang bisa membantu jaga kesehatan pencernaan. Tapi gak selamanya pernyataan ini bisa benar.

Konsumsi Karbohidrat Malam Hari Bikin Berat Badan Lebih Cepat Naik?

Salah! Karbohidrat akan diproses dalam tubuh dengan cara yang sama, kapanpun waktunya. Artinya, tubuh akan mencerna nasi atau mi yang dimakan di malam hari sama seperti ketika makanan tersebut dikonsumsi di siang hari.

Vegan dan Vegetarian Gak Bisa Penuhi Kebutuhan Protein?

Protein adalah salah satu zat yang dibutuhkan tubuh supaya bisa bekerja optimal. Lalu, gimana dengan vegan dan vegetarian yang enggak mengonsumsi makanan-makanan hewani?

Apel Mengandung Lapisan Lilin Berbahaya? Masih Boleh Dikonsumsi?

Kabar bahwa apel impor ternyata mengandung lapisan lilin memang benar adanya. Penambahan lapisan lilin ini dilakukan agar warnanya lebih mengkilap dan menggoda selera.

Pisang Bikin Gendut? Padahal Ini Faktanya!

Pisang adalah makanan yang bikin gemuk dan gak baik buat kamu yang sedang diet. Padahal menghindari pisang justru merugikan kamu lho!

Anak-Anak Gak Boleh Minum Kopi Karena Ini?

Kopi sudah jadi minuman sejuta umat. Mungkin terkecuali buat anak kecil yang orang-orang di sekitarnya percaya bahwa kopi bisa menghambat pertumbuhan.

Jadwal Kegiatan

october

No Events

Download Kumpulan Resep

Online Store

X