Tak Ada Krim Kental Untuk Masak? Bikin Sendiri Aja!

Des 10, 2018 | Artikel | 6 Komentar

Tak Ada Krim Kental Untuk Masak? Bikin Sendiri Aja!

Des 10, 2018 | Artikel

Mencoba bikin masakan barat, mungkin sudah tidak asing lagi dengan penggunaan heavy cream atau krim kental untuk masak. Krim jenis ini adalah bahan yang banyak digunakan untuk sup krim, spaghetti dan masakan lain yang menggunakan saus bertekstur kental. Krim kental adalah salah satu produk turunan susu dengan lemak yang cukup tinggi, yaitu diatas 30 persen. Semakin kental, maka semakin tinggi kandungan lemaknya dan semakin gurih rasanya. Meski tidak banyak makanan asli Indonesia yang dibuat menggunakan krim ini, krim kental sebenarnya cukup mudah didapat di sekitar kita. Anda bisa menemukan krim jenis ini dengan berbagai merek di supermarket. Untuk yang belum bisa menemukan krim kental di supermarket terdekat, tenang saja karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mungkin sudah ada di kulkas. Caranya mudah, dan hasilnya adalah krim yang bukan cuma enak tapi juga rendah lemak. Tapi perlu diingat ya, berikut ini adalah cara-cara membuat substitusi krim kental untuk memasak, bukan krim kocok atau whipped cream yang biasanya digunakan untuk membuat kue, es krim atau topping minuman.

SUSU + MENTEGA

Ya, memang semudah itu. Hanya membutuhkan susu dan mentega, Anda sudah bisa membuat krim kental sendiri. Untuk menghasilkan cairan dengan konsistensi yang mirip dengan krim kental, pertama lelehkan 1/3 cup mentega dan campur ke dalam ¾ cup susu tinggi lemak. Anda juga bisa menggunakan susu skim atau rendah lemak, tapi cairan yang dihasilkan akan terlihat encer. Untuk mengentalkannya, tambahkan satu sendok makan tepung terigu. Untuk menghasilkan krim yang juga lebih tinggi serat, coba juga campurkan FiberCreme ke dalam resep ini. Krimer serbaguna ini bebas kolesterol, rendah lemak dan rendah kalori, serta mengandung prebiotik yang bisa membantu memperlancar pencernaan.

GREEK YOGURT + SUSU

Punya persediaan Greek yogurt di kulkas? Greek yogurt juga bisa dijadikan bahan pengganti krim kental lho. Tinggal tambahkan susu untuk sedikit mengencerkan tekstur yogurt yang sangat kental. Greek yogurt memiliki kandungan lemak yang rendah, jadi campuran yogurt dan susu ini boleh dibilang lebih sehat daripada krim kental biasa.

SUSU + MAIZENA

Mencampur susu dan maizena bisa jadi adalah cara paling mudah dan murah untuk menghasilkan substitusi krim kental. Untuk menggantikan 1 cup krim kental, tambahkan 2 sendok makan maizena kedalam 1 cup susu. Aduk hingga rata sebelum digunakan untuk memasak. Menggantikan krim kental tidak sulit kan? Apalagi Anda bisa mengurangi sendiri kandungan lemak dan menambahkan kandungan serat dalam krim bikinan Anda. Jadi yuk buruan coba subtitusi krim diatas, dan aplikasikan ke resep-resep enak dan mudah dari @FiberCreme_TV yang bisa Anda follow di Instagram.

6 Komentar

  1. Delti

    Thanks resepnya ya…

    Balas
    • Fiber Creme

      sama sama kak, yuk coba dibikin dirumah

      Balas
    • Ardian

      Mau tanya klo mau buat krim kental dgn resep 1/3 mentega dan 3/4 susu fiber creamnya brp ya

      Balas
      • Fiber Creme

        Hai Kak, untuk krim masak perbandingan FiberCreme dengan air untuk pengganti krim kental adalah 1:3

        Balas
      • IdaZaka

        Resep detail dan carbutnya bisa lihat di mana ya.. atau bisa dijelaskan di sini kah…
        Makasih…😊

        Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gak Ada Keluarga Penderita Diabetes, Boleh Tenang?

Pernah denger orang dengan keturunan diabetes memiliki resiko lebih tinggi terkena diabetes kan? Eits cek dulu kebenarannya!

Mending Makan atau Kelaparan Saat Diet?

Happy nggak kalau ternyata diet itu nggak harus nahan lapar lho! Eh yang bener…

Menghindari Lemak Justru Berbahaya!

Lemak dicap sebagai salah satu bagian paling berbahaya pada makanan. Padahal, gak semua lemak berbahaya dan harus dihindari.

Kebanyakan Pakai Hand Sanitizer Antibakteri Bisa Berujung Ini…

Menjaga tangan selalu bersih dengan berlebihan memakai sabun atau hand sanitizer antibakteri ternyata gak baik lho. Masa sih?

Es Krim Bikin Batuk? Kamu Dibohongi!

Seringkali ketika kita sakit, kita gak diperbolehkan makan es krim. Untungnya ternyata ini nggak benar….

Bisul Bukan Akibat dari Makan Telur!

Pernah dengar larangan makan telur terlalu banyak agar gak bisulan? Larangan ini ternyata tidak sepenuhnya benar lho!

Keju Berjamur Tanda Harus Dibuang?

Kalau gak disimpan dengan benar, keju yang sudah dibuka kemasannya bisa rusak lho. Keju berjamur apakah masih bisa dikonsumsi?

Demam Jangan Salahkan Cuaca Dingin, Tapi…

Cuaca dingin sering dibilang penyebab kamu kena demam. Nyatanya cuaca bisa jadi faktor pendukung, tapi bukan penyebab utama.

Mata Minus, Karena Sering Nonton TV Terlalu Dekat?

Nonton tv terlalu dekat memang menyebabkan mata bekerja lebih keras, tapi tidak sampai membuat fungsi penglihatan berkurang.

Cara Kamu Mengatasi Luka Bakar Ternyata Bikin Makin Parah!

Cara apa yang biasa kamu gunakan untuk meredakan luka bakar? Kalau biasanya meredakan nyerinya dengan menempelkan es batu ke lukanya…

Jadwal Kegiatan

january

No Events

Download Kumpulan Resep

Online Store

X