Susah Bedakan Daun Jeruk dan Daun Salam? Cari Tahu di Sini

Nov 12, 2020 | Artikel | 0 Komentar

Rasa masakan Indonesia yang terkenal sedap, gurih, dan kaya tidak lepas dari peran bahan aromatik seperti daun jeruk dan daun salam. Bukan hanya membuat lebih enak, kedua jenis daun ini juga memberikan aroma yang makin membangkitkan selera makan.

Walaupun fungsinya mirip, daun jeruk dan daun salam punya banyak perbedaan lho! Anda yang tidak biasa masak mungkin akan kesulitan membedakan kedua daun ini. Nah agar bisa menggunakan daun yang tepat untuk masakan yang tepat, baca terus agar lebih kenal yuk!

Asal

Daun jeruk diperoleh dari tanaman jeruk purut yang bisa hidup dengan mudah di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Kalau Anda kebetulan punya tanamannya, gunakan daun yang tumbuh paling dekat dengan akar, karena daun ini sudah tua dan aromanya lebih baik. Dan seperti namanya, daun salam berasal dari pohon salam yang juga mudah ditanam dan dipelihara.

Bentuk daun

Sebenarnya, perbedaan daun jeruk dan daun salam bisa langsung ketahuan dengan melihatnya saja. Daun jeruk di pasaran umumnya terlihat seperti dua daun yang menyatu. Bentuk daunnya sendiri terlihat lebih bulat di bagian pangkal dan lebih memangjang dan meruncing di ujungnya. Selain bentuk khasnya ini, tepian daun jeruk agak bergerigi tidak rata.

Sementara itu, daun salam memiliki bentuk seperti daun hijau pada umumnya. Berukuran lebih besar daripada daun jeruk, daun salam meruncing di ujung serta tepiannya mulus.

Tekstur dan warna daun

Meski sama-sama hijau, daun jeruk dan daun salam punya sedikit perbedaan warna. Warna hijau daun jeruk lebih terang dengan permukaan yang mengkilap. Sedangkan, warna hijau daun salam lebih gelap dan cenderung lebih kusam dengan tulang-tulang daun yang lebih menonjol.

Ketika dipegang, daun jeruk terasa lebih tebal dan memiliki tekstur yang lebih kokoh. Sebaliknya, daun salam terasa lebih tipis dan rapuh.

Penggunaan

Daun jeruk umumnya dimanfaatkan ketika kondisinya masih segar. Karena pada saat ini, aroma daun jeruk tercium lebih kuat. Sementara itu, daun salam kebanyakan harus dikeringkan dulu sebelum digunakan karena saat itulah aromanya lebih keluar.

Contoh masakan

Daun jeruk banyak dicampurkan pada beragam jenis makanan, seperti gulai, rawon, soto, kering kentang tempe dan lain-lain. Biasanya, daun jeruk hanya perlu di remas-remas sebelum dicampurkan ke masakan. Tapi beberapa masakan biasanya mengharuskan daun untuk dipotong-potong kecil, seperti misalnya rempeyek atau nasi daun jeruk yang sempat viral.

Karena bentuk dan warnanya yang cantik, daun jeruk juga bisa digunakan sebagai garnish untuk mempercantik makanan.

Sedangkan daun salam sering dimanfaatkan untuk memperkuat aroma masakan bersantan seperti opor, kari, dan sayur asam. Daun ini juga sering digunakan pada makanan berbahan dasar ikan karena bisa menetralkan aroma amisnya.

Nah, sudah tidak bingung lagi kan daun mana  apa yang harus Anda pakai ketika recook resep-resep dari @FiberCreme_TV? Biar masakan jadi lebih lezat, jangan lupa untuk selalu menambahkan FiberCreme ya. Selain sebagai pengganti santan, krimer serbaguna ini juga bisa lho digunakan sebagai pengganti susu yang lebih rendah lemak, tinggi serat dan bebas  laktosa.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kebanyakan Pakai Hand Sanitizer Antibakteri Bisa Berujung Ini…

Menjaga tangan selalu bersih dengan berlebihan memakai sabun atau hand sanitizer antibakteri ternyata gak baik lho. Masa sih?

Es Krim Bikin Batuk? Kamu Dibohongi!

Seringkali ketika kita sakit, kita gak diperbolehkan makan es krim. Untungnya ternyata ini nggak benar….

Bisul Bukan Akibat dari Makan Telur!

Pernah dengar larangan makan telur terlalu banyak agar gak bisulan? Larangan ini ternyata tidak sepenuhnya benar lho!

Keju Berjamur Tanda Harus Dibuang?

Kalau gak disimpan dengan benar, keju yang sudah dibuka kemasannya bisa rusak lho. Keju berjamur apakah masih bisa dikonsumsi?

Demam Jangan Salahkan Cuaca Dingin, Tapi…

Cuaca dingin sering dibilang penyebab kamu kena demam. Nyatanya cuaca bisa jadi faktor pendukung, tapi bukan penyebab utama.

Mata Minus, Karena Sering Nonton TV Terlalu Dekat?

Nonton tv terlalu dekat memang menyebabkan mata bekerja lebih keras, tapi tidak sampai membuat fungsi penglihatan berkurang.

Cara Kamu Mengatasi Luka Bakar Ternyata Bikin Makin Parah!

Cara apa yang biasa kamu gunakan untuk meredakan luka bakar? Kalau biasanya meredakan nyerinya dengan menempelkan es batu ke lukanya…

Susah BAB, Pencahar Adalah Jalan Keluar

Efek dari sulit BAB yang paling nyata adalah perut terasa penuh dan gak nyaman. Kalau sudah begini, biasanya pencahar jadi solusi

Salad Ternyata Gak Sehat! Ini Alasannya

Salad yang terdiri dari buah dan sayur-mayur sering dikategorikan sebagai makanan sehat yang baik untuk diet. Padahal salad bisa jadi pilihan makanan paling buruk

Jadwal Kegiatan

december

No Events

Download Kumpulan Resep

Online Store

X