Ini Dia Menu Makanan Sehat untuk Diet!

Mar 11, 2022 | Artikel, Fakta, Update | 0 Komentar

makanan untuk diet

Saat Anda menjalani program diet, bukan berarti Anda tidak makan makanan yang mengenyangkan, lho! Justru ada beragam jenis makanan diet yang mengandung protein dan serat tinggi, sehingga makanan sehat untuk diet ini bisa membuat Anda kenyang.

Dengan menu-menu makanan sehat untuk diet yang sesuai untuk program menurunkan berat badan atau mengurangi konsumsi gula dalam tubuh, tentu saja kebutuhan nutrisi Anda selama diet dapat tercukupi dengan optimal. Sehingga diet yang Anda jalankan tidak mengganggu kesehatan tubuh Anda.

Pilihan Makanan Sehat untuk Diet yang Mengenyangkan

Makanan sehat untuk diet idealnya terdiri atas makanan yang mengandung protein, karbohidrat kompleks, serat, lemak sehat, vitamin, serta mineral. Makanan yang mengandung nutrisi itulah yang mampu mencukupi kebutuhan nutrisi Anda selama diet.

Dengan nafsu makan yang terkendali dan rasa kenyang yang bertahan lama juga dapat membatasi porsi makan yang lebih bijak untuk mencapai berat badan tubuh yang lebih ideal. Maka dari itu, berikut adalah pilihan makanan sehat untuk diet yang mengenyangkan: 

Makanan yang kaya protein

Makanan sehat untuk diet yang pertama adalah yang kaya akan protein serta juga mampu mengenyangkan, dibandingkan dengan makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat. Asupan protein yang cukup juga berperan dalam pembakaran lemak dan kalori, mendukung metabolisme, serta memperbaiki sel-sel serta jaringan tubuh. Berikut adalah beberapa makanan yang kaya protein: 

Daging sapi tanpa lemak

Daging sapi tanpa lemak mengandung vitamin, protein, dan mineral yang baik untuk tubuh. Bagi Anda yang sedang diet, maka Anda bisa memilih potongan daging sapi yang tanpa lemak.

Daging unggas tanpa kulit

Selain daging sapi, konsumsi daging unggas tanpa kulit juga baik bagi Anda yang menjalani program diet. Hal ini karena kandungan protein di dalamnya juga mampu mengenyangkan Anda selama diet.

Ikan

Makanan berprotein lainnya adalah ikan. Di dalam ikan, terdapat kandungan mineral, vitamin, protein, serta lemak sehat yang baik untuk diet. Selain itu, dengan mengonsumsi ikan, Anda juga sekaligus menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan fungsi otak.

Telur

Saat diet, makan telur juga menjadi pilihan yang tepat sebagai sumber protein Anda. Telur mengandung berbagai nutrisi, vitamin, dan protein yang sekaligus mengenyangkan Anda. Sehingga telur sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan sehat untuk diet. 

Susu rendah lemak

Saat diet, Anda juga tetap bisa mengonsumsi susu, lho! Dengan catatan susu yang Anda pilih adalah susu kedelai dan yoghurt. Keduanya termasuk produk susu yang rendah lemak. Selain mengandung protein, produk olahan susu ini juga mengandung kalsium dan probiotik.

Kacang-kacangan

Untuk mendapatkan efek kenyang yang lebih lama saat diet, Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan, seperti kacang tanah, kacang merah, dan kacang kedelai. Kacang-kacangan ini mengandung berbagai mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan Anda.

Makanan yang tinggi serat

Selain mengonsumsi makanan yang kaya protein, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang tinggi serat selama menjalani program diet. Makanan tinggi serat juga mampu menekan nafsu makan Anda karena memberikan efek kenyang yang lama. Makanan berserat juga termasuk makanan yang rendah kalori sehingga baik untuk kesehatan Anda. Maka, berikut adalah jenis pilihan makanan yang tinggi serat: 

Sayur

Sayur termasuk salah satu jenis makanan yang bisa Anda konsumsi selama program diet, seperti wortel, brokoli, bayam, ubi jalar, jagung, dan kentang. Sayuran ini mengandung karbohidrat kompleks dan serat tinggi sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama.

Buah

Makanan sehat untuk diet lainnya adalah buah. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan untuk mendapatkan asupan vitamin, serat, dan mineral saat sedang diet. Anda bisa mengkonsumsi buah apel, pisang, pir, jeruk, stroberi, jambu, mangga, dan kiwi. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi buah-buah kering yang kandungan gulanya tidak terlalu tinggi, seperti kismis atau kurma.

Gandum

Sumber serat lainnya yang baik untuk diet adalah gandum. Anda bisa mengonsumsi gandum yang telah diolah menjadi biskuit, roti gandum, ataupun oatmeal selama menjalani diet.

Biji-bijian

Biji-bijian juga termasuk makanan yang mengandung serat tinggi untuk dikonsumsi selama diet. Dengan takaran yang tepat, Anda juga bisa mendapatkan sumber kalori, lemak, serta nutrisi baik lainnya, seperti pada biji rami, edamame, dan kacang polong.

Selain Makanan Sehat untuk Diet, Intip Strategi Diet Sehat Berikut

makanan untuk diet

Tak hanya didukung dengan asupan makanan sehat untuk program diet, Anda juga perlu melakukan strategi jitu untuk menurunkan berat badan. Cara diet yang sehat juga tidak bisa Anda lakukan secara asal karena akan membahayakan kesehatan. Untuk itu, berikut adalah strategi diet sehat yang bisa Anda coba:

Makan makanan berserat

Makanan yang berserat menjadi cara yang tepat bagi Anda yang sedang menjalankan diet. Makan makanan yang kaya serat akan membuat perut Anda terasa lebih kenyang dan menyehatkan pencernaan.

Selain dari sayur, buah, dan kacang-kacangan, Anda juga bisa memperoleh makanan tinggi serat melalui krimer multifungsi FiberCreme. Dengan mengganti susu dan santan pada makanan yang Anda konsumsi, maka tambahan gizi yang Anda dapatkan akan lebih berserat.

Banyak minum air putih

Minum air putih dalam jumlah banyak tidak hanya bermanfaat bagi Anda yang menjalani program diet saja, karena air putih mampu memberikan manfaat baik bagi tubuh. Air putih juga dapat membantumu yang sedang diet untuk kenyang lebih lama dan membuat tubuh tetap bugar. Jika kekurangan air putih, maka tubuhmu akan terasa lemas dan kekurangan energi.

Olahraga teratur

Strategi lain yang bisa Anda lakukan untuk menjalankan program diet sehat adalah dengan rutin berolahraga. Mulailah untuk melakukan olahraga ringan untuk membakar kalori dalam tubuh. Anda bisa memilih olahraga lari, jalan kaki, berenang, atau lainnya. Tetaplah untuk konsisten menjalankan aktivitas olahraga ini sehingga Anda dapat melakukannya rutin sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Variasikan menu makanan

Bagi Anda yang sedang diet, tentu saja Anda akan lebih sering makan makanan yang direbus bukan? nah, agar tidak membosankan, sesekali Anda bisa makan makanan yang ditumis atau digoreng dengan tetap mempertimbangkan kandungan dari makanan yang Anda konsumsi.

Menghitung kebutuhan kalori

Sebelum memulai untuk diet sehat, sebaiknya Anda perlu menghitung kebutuhan kalori yang Anda butuhkan setiap harinya. Hal ini karena kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda. Dengan memperoleh jumlah kalori yang tepat dari makanan atau minuman yang Anda konsumsi, maka energi yang dibutuhkan oleh tubuh akan tetap optimal. Meskipun Anda sedang diet, fungsi tubuh Anda tetap berjalan normal sekaligus berat badan Anda terjaga.

Hindari stress

Tidak hanya saat diet, dalam keseharian tentu saja penting bagi Anda untuk menghindari stress, seperti tugas atau pekerjaan yang banyak. Hal ini tentu saja membuat tubuh Anda menjadi lelah dan ingin makan makanan dalam jumlah banyak. Saat sudah tak terkontrol, maka kondisi berat badan Anda bisa naik.

Tidurlah dengan cukup

Selanjutnya adalah tidur dengan cukup. Apakah hal ini berpengaruh bagi Anda yang menjalani program diet? Ya, tentu saja karena saat mata dan tubuh masih aktif, maka Anda akan lebih sering lapar dan keinginan untuk makan semakin meningkat. Jadi, cobalh mengurangi waktu begadang Anda.

Ingin Diet Sehat dan Berkualitas? Mulai dengan FiberCreme Sekarang!

Selain strategi diet sehat diatas, Anda bisa menambahkan krimer multifungsi sebagai salah satu makanan sehat untuk diet Anda. Dalam hal ini, krimer multifungsi FiberCreme menjadi solusi terbaik untuk Anda.

FiberCreme merupakan krimer multifungsi yang kaya akan serat dan rendah gula sehingga dapat menahan rasa lapar Anda lebih lama. Jadi, sangat aman bagi Anda yang menjalani program diet, bukan? 

Dengan menggunakan FiberCreme ini, Anda bisa mengolah makanan sehat untuk diet. Anda pun juga bisa dengan mudah mengganti santan dan susu untuk konsumsi sehari-hari sehingga Anda bisa membuat variasi menu makanan diet sehat yang beraneka ragam dan tentunya tidak membosankan.

Nah, kreasi makanan dengan FiberCreme bisa Anda dapatkan melalui Youtube Ellenka atau official instagram kami hanya di FiberCreme TV, dan Instagram FiberCreme

Dapatkan produk-produk FiberCreme dengan mengunjungi marketplace official FiberCreme atau datang langsung ke daftar supermarket yang bisa Anda cek di website kami. Mau tahu tips makanan sehat untuk diet  lainnya ala FiberCreme? Anda bisa simak artikel-artikel lainnya hanya disini

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...