Lakukan Cara ini Untuk Menjaga kesehatan Jantung Anda

Feb 17, 2022 | Artikel, Update | 0 Komentar

cara menjaga kesehatan jantung

Sebagai organ vital dalam tubuh manusia, jantung memiliki peran yang penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara menjaga kesehatan jantung sejak usia muda.

Dengan memelihara kesehatan jantung, maka Anda akan terhindar dari berbagai penyakit yang mengintainya. Dengan menerapkan pola hidup sehat, maka kebiasaan ini akan membuat jantung Anda tetap sehat.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Usia Muda

Penyakit jantung tidak hanya bisa terjadi pada mereka yang berusia di atas 60 tahun, karena usia muda juga perlu mewaspadai penyakit ini jika memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengubah pola hidup kamu sebagai investasi jangka panjang untuk ke depannya. Lalu bagaimana sih cara menjaga kesehatan jantung sejak usia muda? Nak, ikuti beberapa cara berikut ini :

Mengonsumsi lemak sehat, bukan lemak trans

Cara menjaga kesehatan jantung yang pertama adalah konsumsi lemak sehat. Lemak menjadi salah satu asupan yang dibutuhkan oleh tubuh, akan tetapi tidak semua lemak baik untuk tubuh Anda. Ada tiga jenis lemak yang baik untuk dikonsumsi, seperti lemak jenuh, lemak tak jenuh, dan lemak tak jenuh ganda.

Lalu, apakah ada lemak yang tidak baik untuk tubuh kita? Tentu saja ada, yaitu lemak trans. Lemak jenis inilah yang dapat meningkatkan risiko tinggi terhadap penyakit jantung maupun stroke. Lemak trans dapat menyumbat arteri karena dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik. Untuk itu, Anda perlu membatasi asupan lemak trans ini agar aliran darah di tubuh Anda tetap lancar.

Jenis lemak trans ini biasanya dapat ditemukan pada makanan yang dipanggang, margarin, makanan ringan, serta makanan cepat saji yang digoreng. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mulai mengurangi asupan makanan-makanan tersebut ke dalam tubuh sebagai upaya menjaga kesehatan jantung Anda. 

Tidak merokok dan menghindari asap rokok

Cara menjaga kesehatan jantung selanjutnya adalah dengan tidak merokok dan menghindari asap rokok. Jika saat ini Anda telah aktif merokok, maka penting bagi Anda untuk segera berhenti merokok.

Tidak hanya perokok aktif, para perokok pasif juga beresiko terserang penyakit jantung jika tidak dihindari dari sekarang. Hal ini disebabkan oleh bahan kimia yang terkandung di dalam asap rokok dapat menyebabkan penumpukan plak pada arteri.

Tidak duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama dalam satu waktu ternyata juga dapat membahayakan kesehatan Anda, salah satunya kesehatan jantung. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler bahkan menyebabkan kematian. Duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko pembekuan darah sehingga penting bagi Anda untuk banyak bergerak.

Maka untuk mengantisipasinya lakukan gerakan simpel atau olahraga simpel yang membuat darah bekerja dengan baik di jantung. Cara menjaga kesehatan jantung ini terbilang cukup efektif. Coba mulai lakukan dari sekarang untuk membiasakannya.

Tidur yang cukup

Cara menjaga kesehatan jantung selanjutnya yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan tidur cukup. Tidur merupakan bagian penting untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Apabila Anda tidak cukup tidur, maka Anda akan berisiko terkena penyakit kardiovaskular tanpa peduli berapa usia Anda. Untuk itu, Anda bisa menjaga pola tidur Anda paling tidak selama enam hingga 8 jam setiap malam. Dengan pola tidur yang cukup, maka dapat menjaga kesehatan tubuh Anda yang mendasari proses biologis, termasuk peradangan maupun tekanan darah Anda.

Olahraga secara rutin di rumah

cara menjaga kesehatan jantung

Aktif berolahraga merupakan salah satu cara menjaga kesehatan jantung dan tubuh yang cukup jitu, termasuk kesehatan jantung. Maka dari itu, sesibuk apapun aktivitas Anda, tentu saja Anda perlu meluangkan waktu sekitar 20 sampai 30 menit untuk berolahraga setiap hari, meskipun di rumah saja. 

Dengan berolahraga rutin di rumah, maka Anda akan tetap merasakan manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan jantung Anda. Ada banyak pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah, seperti lompat tali, push up,  squat jumps, atau naik-turun tangga. Mudah sekali bukan?

Menjaga kadar gula darah

Untuk memiliki tubuh yang sehat, maka Anda juga perlu menjaga kadar gula darah. Jika kadar gula darah Anda tinggi, Anda akan berisiko terkena penyakit jantung. Hal ini karena kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah dan saraf yang mengendalikan jantung serta pembuluh darah Anda.

Untuk itu, Anda bisa melakukan beberapa cara untuk menjaga kadar gula darah, seperti mengkonsumsi nasi merah, mengurangi asupan gula berlebih, dan memeriksa kadar gula secara rutin terutama bagi Anda yang berusia di atas 45 tahun.

Menjaga tekanan darah

Cara menjaga kesehatan jantung lainnya adalah dengan menjaga tekanan darah Anda. Mengapa demikian?

Hal ini karena tekanan darah tinggi bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah, jika hal ini terjadi pada pembuluh darah jantung atau otak, tentu saja bisa berakibat fatal pada tubuh Anda.

Untuk menjaga tekanan darah Anda tetap stabil, maka Anda bisa melakukan beberapa cara dengan mengurangi asupan garam, tidak minum minuman beralkohol, serta rutin berolahraga.

Mengonsumsi lebih banyak serat

Agar kesehatan tubuh Anda dapat terjaga dengan baik, maka Anda juga harus mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Makanan yang kaya serat inilah yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Makanan yang kaya serat bisa didapatkan melalui kacang-kacangan, gandum, sereal, buah, dan sayuran. Penuhilah kebutuhan serat dalam tubuh Anda minimal 30 gram per harinya. 

Alternatif lain untuk memenuhi serat di dalam tubuh, Anda bisa mengkonsumsi krimer serbaguna dari FiberCreme yang tinggi serat, sehat serta lezat untuk disantap baik sebagai tambahan makanan, minuman dan lainnya dengan kandungan gizi dan nutrisi sehat di dalamnya. Krimer ini juga less sugar dan nol kolesterol sehingga sehat sekali untuk kesehatan jantung Anda. 

Saat mengonsumsi makanan yang berserat, maka perlu diperhatikan jika cara mengkonsumsinya dilakukan secara bertahap. Seperti halnya saat mengkonsumsi sayuran sebaiknya tidak memakannya dalam jumlah banyak sekaligus karena bisa menyebabkan perut kembung.

Saat mengonsumsi makanan yang berserat, maka Anda juga perlu minum air putih dalam jumlah banyak untuk melancarkan pencernaan Anda.

Nah, beberapa cara di atas bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Hal ini tidak hanya dilakukan pagi mereka yang berusia di atas 60 tahun, tetapi juga bagi Anda yang masih muda pun bisa menjaga kesehatan jantung mulai dari sekarang.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung dengan Konsumsi FiberCreme

Menerapkan beberapa pola hidup sehat di atas menjadi salah satu langkah tepat untuk menjaga kesehatan jantung Anda agar terhindari dari penyakit. Beberapa jenis makanan yang telah disebutkan diatas ternyata memiliki risiko tinggi terhadap kesehatan jantung Anda.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengganti asupan susu dan santan di rumah dengan menggunakan krimer multifungsi, FiberCreme. Krimer multifungsi ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti mengandung serat tinggi, rendah gula, bebas lemak trans, bebas kolesterol, bebas gluten, dan memiliki indeks glikemiks yang mudah.

Dengan mengonsumsi FiberCreme, maka Anda bisa meningkatkan kesehatan maupun kualitas hidup yang lebih sehat dan nikmat. Dapatkan berbagai tips makanan sehat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Dengan menerapkan cara menjaga kesehatan jantung di atas, Anda bisa memiliki tubuh yang lebih sehat dan kuat.

Segera dapatkan produk FiberCreme melalui marketplace official FiberCreme atau datang langsung ke supermarket terdekat di kota Anda. Mari bersama mengonsumsi makanan sehat dengan FIberCreme.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...