Jus dan Smoothie, Mana yang Lebih Baik Buat Diet?

Jun 9, 2024 | Artikel, Artikel Healthy, Update | 0 Komentar

Jus dan smoothie banyak jadi pilihan untuk orang-orang yang sedang diet atau ingin hidup lebih sehat. Dengan minum jus dan smoothies, konon kita bisa mendapatkan semua manfaat buah dan sayuran secara lebih mudah dan nikmat. Tapi apa benar begitu?

Jus dan smoothie itu berbeda?

Sebelum cari tahu mana yang lebih baik, yuk ketahui dulu apa itu jus dan smoothie. Karena ternyata di sekitar kita masih banyak lho yang salah menyebut smoothie sebagai jus!

Pertama-tama, jus adalah sari dari buah atau sayuran yang merupakan bahan utamanya. Untuk membuat jus, buah atau sayuran dihancurkan atau diperas, lalu airnya disaring.

Jus berbentuk cair, namun penuh dengan vitamin dan mineral dari buah atau sayuran. Sementara itu, smoothie dibuat dengan memblender buah atau sayuran hingga lembut tanpa penyaringan. Bentuknya kental dan masih mengandung serat dari buah atau sayuran bahan utamanya.

Mana yang lebih baik?

Jus dan smoothie memilki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mana yang lebih baik tergantung pada kondisi tubuh kalian masing-masing. Tapi secara umum, berikut ini yang harus kalian tahu tentang manfaat perbedaan antara jus dan smoothies!

  1. Nutrisi

Kandungan nutrisi pada jus lebih terkonsentrasi dan lebih mudah diserap oleh tubuh. Hal ini karena vitamin dan mineral dalam buah dan sayur umumnya memang terdapat pada sari-sarinya.

  1. Serat

Jus mengandung serat yang sangat sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. Padahal, selain nutrisi, tubuh juga memerlukan serat dalam jumlah tertentu agar pencernaan bisa terjaga kesehatannya. Dari pencernaan yang sehat, daya tahan tubuh juga bisa lebih kuat sehingga kita tidak mudah sakit.

Baca Juga : Jangan Lakukan! 5 Olahraga Ini Bukan untuk Penderita Obesitas

Selain itu, pencernaan sehat juga baik untuk kalian yang sedang menurunkan berat badan. Serat larut, seperti yang terdapat pada apel, pir, dan wortel, bisa membantu meningkatkan rasa kenyang. Sementara itu serat tidak larut seperti pada kol dan kentang bisa membantu melancarkan buang air besar.

  1. Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang penting untuk menangkal radikal bebas dan mencegah kanker. Kita menemukan senyawa ini di serat-serat buah dan sayur, sehingga jumlahnya lebih banyak terdapat pada smoothie daripada jus.

  1. Kemampuan dicerna

Tanpa serat, orang bisa mengonsumsi jus tanpa membuat pencernaan bekerja keras. Jus juga baik untuk mereka yang sering memiliki masalah pencernaan atau masalah kesehatan tertentu.

Dalam beberapa kasus, dokter mengharuskan orang menjalani diet rendah serat dengan residu seminimal mungkin. Untuk kasus seperti ini, mereka sangat disarankan mengonsumsi jus agar tetap mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Waspada bahaya jus dan smoothie

Meskipun banyak manfaatnya, orang tetap harus mewaspadai jus dan smoothie. Biasanya, mereka menambahkan banyak gula ke dalam jus dan smoothie untuk meningkatkan rasanya. Gula inilah yang bisa merugikan kesehatan.

Alih-alih memberikan manfaat untuk tubuh, penambahan gula pada jus dan smoothie justru meningkatkan gula darah dan asupan kalori.

Selain menambahkan gula, orang kadang menambahkan susu atau yogurt ke dalam smoothie. Meskipun dianggap sehat, susu dan yogurt bisa menyebabkan efek yang tidak diinginkan pada beberapa orang. Misalnya kembung dan diare pada orang-orang dengan intoleransi laktosa.

Untuk mendapatkan manfaat jus dan smoothie, yuk perhatikan apa saja bahan-bahan tambahannya! Jika ragu, buat sendiri smoothie sehat kalian. Klik untuk intip resep Strawberry Smoothie Bowl, Mango Smoothie, dan Healthy Green Smoothie ala FiberCreme.

Semua resep di atas dibuat tanpa susu. Gantinya, ada FiberCreme yang senikmat dan se-creamy susu namun bebas laktosa. FiberCreme juga lebih tinggi serat, sehinggs smoothie kalian bisa makin ramah untuk diet sehat.

Mau lebih banyak ide menu sehat dengan FiberCreme? Follow FiberCreme_TV di Instagram dan subscribe ke channel Ellenka di YouTube. Temukan juga yuk apa saja manfaat FiberCreme dengan klik di sini.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Lapar Atau Stres? Cek 5 Cara Mengatasi Stress Eating!

Di era modern ini, kita makan bukan hanya karena lapar. Ada juga yang dinamakan stress eating atau emotional eating, yaitu makan karena ada perasaan tertekan atau stres. Hal ini terjadi juga pada kalian? Yuk cari tahu apa itu stress eating dan bagaimana cara...

Bukan Cuma Sembelit, Ini 4 Akibat Lain Kalau Anak Kekurangan Serat

Kekurangan serat bukan hanya masalah untuk orang dewasa. Faktanya, anak-anak pun mengalami masalah ini. Bahkan menurut sebuah penelitian yang dilakukan 2018 kemarin, 9 dari 10 anak mengalami kekurangan serat. Mereka rata-rata hanya mengonsumsi 4,7 gram serat per hari....

Apa Itu Real Food? Katanya Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Lho!

Di tengah semakin banyaknya orang yang beralih ke gaya hidup sehat, banyak juga muncul istilah asing tentang diet. Salah satunya adalah "real food," yang dipercaya bisa mendukung gaya hidup sehat. Bahkan, kita mengatakan bahwa real food bisa mendukung program...

Yakin Masih Lapar? Ini Lho 6 Tanda Tubuh Sebenarnya Sudah Kenyang

Tubuh menciptakan  rasa lapar untuk memberi tahu kita ini saatnya untuk makan. Tubuh juga memberi tahu kita untuk berhenti makan saat sudah kenyang. Tapi kesibukan dan banyak hal lainnya membuat kita mengabaikan tanda tubuh sebenarnya sudah kenyang. Akibatnya, kita...

Jangan Lakukan! 5 Olahraga Ini Bukan untuk Penderita Obesitas

Penderita obesitas biasanya juga disarankan untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan melakukan olahraga untuk membakar kelebihan kalori. Tapi ternyata, penderita obesitas tidak boleh melakukan semua jenis olahraga! Para ahli sangat tidak menyarankan penderita...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...