Coba Cara Ini Agar Makanan Bersantan Tak Mudah Basi!

Okt 1, 2018 | Artikel | 24 Komentar

 

Makanan dan minuman bersantan memang enak dan bikin ketagihan. Jadi wajar saja kalau sajian-sajian seperti rendang, dawet, opor ayam, dan gulai hampir selalu pasti ada dalam setiap acara spesial.

Dan karena seringkali dibuat dalam jumlah besar, akhirnya banyak juga yang bersisa, kemudian disimpan dan malah menjadi basi. Sayang kan, kalau makanan enak tersebut malah harus dibuang?

Memang makanan bersantan dikenal tidak bisa disimpan terlalu lama. Dalam lemari es, makanan bisa bertahan hanya beberapa hari saja. Ketahanannya jadi lebih rendah lagi kalau disimpan dalam suhu ruang.

Meski begitu, tetap ada kok caranya agar makanan bersantan jadi lebih awet. Yuk simak caranya dibawah ini.

Gunakan Air Matang untuk Membuat Santan

Makanan bersantan yang awet dimulai dari kualitas santan yang digunakan. Kalau kamu membuat sendiri santanmu, gunakan air hangat dan matang untuk campuran kelapa parutnya.

Kenapa? Karena air yang matang lebih terjamin kebersihannya, sehingga kualitas santan yang dihasilkan juga lebih baik.

Simpan Santan dalam Wadah Plastik

Jika tidak ingin langsung digunakan, santan bisa direbus dulu hingga mendidih, dan didinginkan sebelum disimpan dalam wadah plastik yang tertutup rapat dan disimpan dalam lemari es biasa.

Harus wadah plastik yang tertutup rapat ya, jangan gunakan wadah logam karena bisa mempengaruhi rasanya. Cara ini bisa membuat santan tahan selama 4 hari. Agar bisa awet lebih lama hingga satu bulan, simpan santan dalam freezer.

Hindari Aduk Makanan Bersantan Setelah Dipanaskan

Untuk makanan yang menggunakan santan, simpan dalam wadah plastik di lemari es. Ketika ingin dikonsumsi, panaskan hingga mendidih dan hindari mengaduk makanan setelahnya agar protein lemak dalam makanan tersebut tidak terkontaminasi dengan udara dan mengakibatkannya cepat basi.

Jika memang harus diaduk setelah dipanaskan, letakkan kembali makanan di atas kompor dan panaskan hingga mendidih sebelum disimpan lagi.

Hindari Simpan Makanan Terlalu Lama

Jika tidak buru-buru ingin dikonsumsi, makanan bisa disimpan dalam freezer. Dalam lemari pembeku, makanan memang bisa bertahan lebih lama, tapi hindari menyimpannya lebih dari satu minggu agar rasa makanan tidak berubah.

Menyimpan makanan bersantan supaya tidak basi memang susah-susah gampang. Kalau malas mengikuti cara-cara diatas, ada lho cara lain untuk menyimpan makanan agar lebih awet, yaitu mengganti santannya dengan FiberCreme yang rendah kolesterol dan jauh lebih sehat.

FiberCreme dibuat dari bahan pilihan yang tahan lama meski tanpa pengawet, dan diproses dengan sangat higienis.

Karena kandungan lemaknya yang jauh lebih rendah daripada santan, FiberCreme punya tingkat stabilitas yang lebih baik sehingga makanan jadi tidak mudah rusak.

 

24 Komentar

  1. rans

    mohon informasi..,jika fiber creme dicairkab dgn air (hangat) ..didinginkan dan disimpan bisa tahan berama lama?

    Balas
    • Fiber Creme

      hai kak, jika kondisi sudah dicairkan jika sesudahnya ditempatkan ke dalam kulkas maka akan bertahan selama 1 minggu, namun jika disuhu ruang akan tahan selama 1 hari ya

      Balas
  2. Lita inggrid gestari

    Mau tanya ,misal memakai fiber creme stelah di cairkan dg air hangat .. tp tidak langsung di masukkan kulkas ,gimana agar fiber creme tidak mudah basi ? Apakah jika diberi es batu fiber creme tetap awet meski diaduk2 berkali kali

    Balas
    • Fiber Creme

      Hai kak, FiberCreme yang sudah dilarutkan bisa bertahan selama 2 hari tanpa dimasukkan kedalam kulkas. Kami sarankan tidak perlu diberi es batu agar tidak mempengaruhi rasa bila es nya sudah mencair. Lalu, FiberCreme juga tetap awet meski sudah diaduk berkali-kali kak.

      Balas
      • Rinna

        Masakan yang pakai fibercreme apa boleh dipanaskan lagi?

        Balas
        • Fiber Creme

          Boleh saja kak, namun jika tujuan dipanaskan adalah agar tidak basi sebenarnya tidak perlu. Karena tidak seperti santan FiberCreme tidak mudah basi meski tanpa dipanaskan

          Balas
        • Indah rahma

          Kak tanya
          Sy jualan pia basah pake isian kacang ijo..kalo pake fibercreme apakah isian kacang ijo bisa lebih awet ya kak?karena mau pake pengawet sy pikir2 ulang kak….sbisa mungkin sy hindari.bisa kah fiber creme mngawetkan isian kacang ijo di suhu ruang kak??trimksih

          Balas
          • Fiber Creme

            Hai kak Indah, terima kasih untuk pertanyaannya. Kami informasikan fungsi FiberCreme adalah pengganti santan atau susu, FiberCreme bukan sebagai bahan pengawet. Apakah bisa diinfokan fungsi FiberCreme di dalam pia kacang hijau ini berfungsi sebagai susu ataukah santan? Adapun untuk tingkat keawetan pia tergantung dari kadar air pada isian pia nya, semakin rendah kadar air semakin awet. Pemakaian FiberCreme kemugkinan besar bisa membantu dalam mengurangi kadar air dalam isian pia karena sifat serat dalam FiberCreme adalah mengikat air. Untuk ketahanannya bisa lebih lama dibanding menggunakan santan.

            Balas
    • Agus saepul anwar

      Apakah fiber creme bisa di hangatkan..setelah 1 minggu di dalam kulkas¿

      Balas
      • Vivi Pristian

        Halo kak, jika larutan FiberCreme saja tanpa bahan lainnya boleh yaaa. Namun jika sudah tercampur dengan bahan lainnya (misal gula) lebih baik jangan yaa.
        Terima kasih

        Balas
  3. wiwit

    mau tanya untuk gulai apa mempengaryhi rasa ngak soalnya saya jualan gulai dan rskan basi

    Balas
    • Fiber Creme

      Hai Kak Wiwit, FiberCreme tidak mempengaruhi rasa kak, kakak akan mendapatkan rasa yang serupa seperti menggunakan santan. Dengan menggunakan FiberCreme makanan juga lebih tahan lama bahkan tanpa perlu dipanaskan kembali

      Balas
  4. Eliana

    Saya mau memasak kolak dengn fibercream,kalau engga habis,bolehkan besoknya kolak dipanaskan lagi?

    Balas
    • Fiber Creme

      boleh kak, FiberCreme tidak mudah basi bahkan tanpa dipanaskan kembali pun rasanya tidak berubah.

      Balas
  5. Daniel

    Selamat sore,kak saya ada pertanyaan seputar fiber creme.saya membuat cincau jelly pakai fiber creme,saya mau tanya soal perbandingan antara air dan fiber creme(supaya bisa lebih awet kalau di tempatkan di luar kulkas)
    Untuk penjelasan terima kasih

    Balas
    • Fiber Creme

      Hai Kak, untuk perbandingan antara air dan FiberCreme bisa disesuaikan dahulu kebutuhannya. Apakah ingin menggantikan santan cair atau santan kental. Takaran yang direkomendasikan agar memperoleh rasa dan tekstur makanan seperti santan kental dengan perbandingan FiberCreme : air hangat (1:3) dan bisa pula sesuai selera Anda. Misalnya, dengan menggunakan 100 gram FiberCreme + air hangat 300 ml = 400ml santan kental. Untuk tekstur dan rasa santan sedang dengan perbandingan FiberCreme : air hangat (1:5) 100 gram FiberCreme + air hangat 500 ml = 600ml santan sedang.

      Balas
  6. Ageng s

    Bagi tips agar bubur kacang hijau tdk basi ?

    Balas
  7. Sudarsono

    Berapa menit jarak waktu masakan setelah dimasak. Kemudian nanti dipanaskan.

    Balas
    • Rosa

      Hallo kak, terimakasih sudah menghubungi FiberCreme. Untuk jarak waktu kira-kira bisa setiap 6-8 jam sekali dihangatin ya kak.

      Balas
      • Tina

        Fiber cream bolehkah di campur dg santan ?perbandingannya brapa?

        Balas
        • Rosa

          Hallo kak terimakasih sudah menghubungi FiberCreme, sebelumnya untuk dicampurkan dengan santan kaka ingin membuat/memasak apa kak? 🙂

          Balas
  8. sayhai

    saya beli fiber creme ukuran 450gram yg kotak itu lupa intinya lumayan gede , dibuka terus saya taruh dikulkas , tahan berapa lama ya berbulan bulan kah atau hitungan minggu saja

    Balas
    • Rosa

      Hai kak terimakasih sudah menghubungi FiberCreme, FiberCreme bisa bertahun hingga 2 tahun apabila kaka menyimpan dengan cara yang benar seperti, menyimpan dalam kondisi tertutup rapat dan di tempat kering. Namun, kaka juga perlu memperhatikan expired date atau tanggal kedaluwarsa pada kemasan ya kak 🙂

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...