Coba Cara Ini Agar Makanan Bersantan Tak Mudah Basi!

Okt 1, 2018 | Artikel | 16 Komentar

 

Makanan dan minuman bersantan memang enak dan bikin ketagihan. Jadi wajar saja kalau sajian-sajian seperti rendang, dawet, opor ayam, dan gulai hampir selalu pasti ada dalam setiap acara spesial.

Dan karena seringkali dibuat dalam jumlah besar, akhirnya banyak juga yang bersisa, kemudian disimpan dan malah menjadi basi. Sayang kan, kalau makanan enak tersebut malah harus dibuang?

Memang makanan bersantan dikenal tidak bisa disimpan terlalu lama. Dalam lemari es, makanan bisa bertahan hanya beberapa hari saja. Ketahanannya jadi lebih rendah lagi kalau disimpan dalam suhu ruang.

Meski begitu, tetap ada kok caranya agar makanan bersantan jadi lebih awet. Yuk simak caranya dibawah ini.

Gunakan Air Matang untuk Membuat Santan

Makanan bersantan yang awet dimulai dari kualitas santan yang digunakan. Kalau kamu membuat sendiri santanmu, gunakan air hangat dan matang untuk campuran kelapa parutnya.

Kenapa? Karena air yang matang lebih terjamin kebersihannya, sehingga kualitas santan yang dihasilkan juga lebih baik.

Simpan Santan dalam Wadah Plastik

Jika tidak ingin langsung digunakan, santan bisa direbus dulu hingga mendidih, dan didinginkan sebelum disimpan dalam wadah plastik yang tertutup rapat dan disimpan dalam lemari es biasa.

Harus wadah plastik yang tertutup rapat ya, jangan gunakan wadah logam karena bisa mempengaruhi rasanya. Cara ini bisa membuat santan tahan selama 4 hari. Agar bisa awet lebih lama hingga satu bulan, simpan santan dalam freezer.

Hindari Aduk Makanan Bersantan Setelah Dipanaskan

Untuk makanan yang menggunakan santan, simpan dalam wadah plastik di lemari es. Ketika ingin dikonsumsi, panaskan hingga mendidih dan hindari mengaduk makanan setelahnya agar protein lemak dalam makanan tersebut tidak terkontaminasi dengan udara dan mengakibatkannya cepat basi.

Jika memang harus diaduk setelah dipanaskan, letakkan kembali makanan di atas kompor dan panaskan hingga mendidih sebelum disimpan lagi.

Hindari Simpan Makanan Terlalu Lama

Jika tidak buru-buru ingin dikonsumsi, makanan bisa disimpan dalam freezer. Dalam lemari pembeku, makanan memang bisa bertahan lebih lama, tapi hindari menyimpannya lebih dari satu minggu agar rasa makanan tidak berubah.

Menyimpan makanan bersantan supaya tidak basi memang susah-susah gampang. Kalau malas mengikuti cara-cara diatas, ada lho cara lain untuk menyimpan makanan agar lebih awet, yaitu mengganti santannya dengan FiberCreme yang rendah kolesterol dan jauh lebih sehat.

FiberCreme dibuat dari bahan pilihan yang tahan lama meski tanpa pengawet, dan diproses dengan sangat higienis.

Karena kandungan lemaknya yang jauh lebih rendah daripada santan, FiberCreme punya tingkat stabilitas yang lebih baik sehingga makanan jadi tidak mudah rusak.

 

16 Komentar

  1. rans

    mohon informasi..,jika fiber creme dicairkab dgn air (hangat) ..didinginkan dan disimpan bisa tahan berama lama?

    Balas
    • Fiber Creme

      hai kak, jika kondisi sudah dicairkan jika sesudahnya ditempatkan ke dalam kulkas maka akan bertahan selama 1 minggu, namun jika disuhu ruang akan tahan selama 1 hari ya

      Balas
  2. Lita inggrid gestari

    Mau tanya ,misal memakai fiber creme stelah di cairkan dg air hangat .. tp tidak langsung di masukkan kulkas ,gimana agar fiber creme tidak mudah basi ? Apakah jika diberi es batu fiber creme tetap awet meski diaduk2 berkali kali

    Balas
    • Fiber Creme

      Hai kak, FiberCreme yang sudah dilarutkan bisa bertahan selama 2 hari tanpa dimasukkan kedalam kulkas. Kami sarankan tidak perlu diberi es batu agar tidak mempengaruhi rasa bila es nya sudah mencair. Lalu, FiberCreme juga tetap awet meski sudah diaduk berkali-kali kak.

      Balas
      • Rinna

        Masakan yang pakai fibercreme apa boleh dipanaskan lagi?

        Balas
        • Fiber Creme

          Boleh saja kak, namun jika tujuan dipanaskan adalah agar tidak basi sebenarnya tidak perlu. Karena tidak seperti santan FiberCreme tidak mudah basi meski tanpa dipanaskan

          Balas
        • Indah rahma

          Kak tanya
          Sy jualan pia basah pake isian kacang ijo..kalo pake fibercreme apakah isian kacang ijo bisa lebih awet ya kak?karena mau pake pengawet sy pikir2 ulang kak….sbisa mungkin sy hindari.bisa kah fiber creme mngawetkan isian kacang ijo di suhu ruang kak??trimksih

          Balas
          • Fiber Creme

            Hai kak Indah, terima kasih untuk pertanyaannya. Kami informasikan fungsi FiberCreme adalah pengganti santan atau susu, FiberCreme bukan sebagai bahan pengawet. Apakah bisa diinfokan fungsi FiberCreme di dalam pia kacang hijau ini berfungsi sebagai susu ataukah santan? Adapun untuk tingkat keawetan pia tergantung dari kadar air pada isian pia nya, semakin rendah kadar air semakin awet. Pemakaian FiberCreme kemugkinan besar bisa membantu dalam mengurangi kadar air dalam isian pia karena sifat serat dalam FiberCreme adalah mengikat air. Untuk ketahanannya bisa lebih lama dibanding menggunakan santan.

            Balas
  3. wiwit

    mau tanya untuk gulai apa mempengaryhi rasa ngak soalnya saya jualan gulai dan rskan basi

    Balas
    • Fiber Creme

      Hai Kak Wiwit, FiberCreme tidak mempengaruhi rasa kak, kakak akan mendapatkan rasa yang serupa seperti menggunakan santan. Dengan menggunakan FiberCreme makanan juga lebih tahan lama bahkan tanpa perlu dipanaskan kembali

      Balas
  4. Eliana

    Saya mau memasak kolak dengn fibercream,kalau engga habis,bolehkan besoknya kolak dipanaskan lagi?

    Balas
    • Fiber Creme

      boleh kak, FiberCreme tidak mudah basi bahkan tanpa dipanaskan kembali pun rasanya tidak berubah.

      Balas
  5. Daniel

    Selamat sore,kak saya ada pertanyaan seputar fiber creme.saya membuat cincau jelly pakai fiber creme,saya mau tanya soal perbandingan antara air dan fiber creme(supaya bisa lebih awet kalau di tempatkan di luar kulkas)
    Untuk penjelasan terima kasih

    Balas
    • Fiber Creme

      Hai Kak, untuk perbandingan antara air dan FiberCreme bisa disesuaikan dahulu kebutuhannya. Apakah ingin menggantikan santan cair atau santan kental. Takaran yang direkomendasikan agar memperoleh rasa dan tekstur makanan seperti santan kental dengan perbandingan FiberCreme : air hangat (1:3) dan bisa pula sesuai selera Anda. Misalnya, dengan menggunakan 100 gram FiberCreme + air hangat 300 ml = 400ml santan kental. Untuk tekstur dan rasa santan sedang dengan perbandingan FiberCreme : air hangat (1:5) 100 gram FiberCreme + air hangat 500 ml = 600ml santan sedang.

      Balas
  6. Ageng s

    Bagi tips agar bubur kacang hijau tdk basi ?

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kursus Masak Online Gratis

FiberCreme Academy 4

Artikel Terbaru

6 Variasi Resep Masakan Tempe Super Mudah, Murah, dan Lebih Sehat

Siapa orang Indonesia yang tidak kenal tempe? Bahan makanan asli Nusantara ini sangat mudah ditemui di manapun, terjangkau untuk semua kalangan, dan sangat praktis diolah. Jadi wajar kalau tempe jadi salah satu hidangan yang rutin kalian temui di meja makan. Walau di...

Tingkatkan Sistem Imun, Ikuti 7 Cara Mudahnya!

Sistem imun atau daya tahan tubuh jadi salah satu hal yang mendapat banyak perhatian sejak COVID-19 mewabah. Sebagai pertahanan awal tubuh melawan penyakit apapun, sistem imun diharapkan bisa mencegah infeksi virus corona. Sistem imun sendiri sudah ada di tubuh...

20 Ide Resep Lebaran Tanpa Santan, Lebih Tinggi Serat Pasti Sehat

Idul Fitri sudah tinggal menghitung hari. Kemudian, Selain mempersiapkan baju baru untuk seluruh keluarga, kita mungkin sudah sibuk membuat sajian khas lebaran kan? Setelah satu bulan berpuasa, lebaran memang jadi momen yang tepat untuk makan-makan bersama. Apalagi...

Resep Nastar Terbaik: Tanpa Ribet, Lembut, dan Anti Gagal

Kue nastar adalah salah satu kue yang wajib ada saat perayaan keagamaan, termasuk juga Idul Fitri. Kue yang umumnya berbentuk bulat dengan isian selai nanas ini memang dengan mudah bisa didapatkan dimanapun, terutama di bulan Ramadan. Pasti Anda akan banyak menemukan...

Resep Terbaru

Resep Lasagna Saus Rendah
Resep Lasagna Saus Rendah

  Resep Lasagna Saus Rendang Omong-omong tentang makanan Indonesia dan barat, @FiberCreme punya resep fusion nih yang memadukan keduanya. Resep Lasagna saus rendang yang asalnya dari Italia ternyata bisa dibikin “Indonesia” banget dengan isian rendang khas...

Resep Steak Tempe
Resep Steak Tempe

  Resep Steak Tempe Steak biasanya identik dengan daging merah dan harga yang mahal. Tapi itu kan biasanya. Kamu bisa #NikmatiHidup dengan steak yang enggak biasa kok! Bikin sendiri aja yuk, pakai resep Steak Tempe dari @FiberCreme_TV ini. 15 gram FiberCreme250...

Resep Tempe Masak Lokio Pedas
Resep Tempe Masak Lokio Pedas

  Resep Tempe Masak Lokio Pedas Resep tempe masak lokio pedas coba recook dengan FiberCreme yuk untuk menambahkan rasa creamy dan lebih sehat! Tonton sampai habis videonya ya, agar kamu berhasil membuat tempe masak lokio pedas dengan FiberCreme. Jangan lupa...

Resep Tempe Bumbu Rujak
Resep Tempe Bumbu Rujak

  Resep Tempe Bumbu Rujak Sederhana bukan berarti gak bisa menarik. Contohnya Tempe Bumbu Rujak ini, yang bisa kamu coba bikin dirumah pakai resep di atas. Biarpun terbuat dari tempe tetep menggoda selera makan kan? Biar lebih lezat dan creamy tanpa lemak dan...

Resep Sayur Tempe Lombok Ijo
Resep Sayur Tempe Lombok Ijo

  Resep Sayur Tempe Lombok Ijo FiberCreme punya resep Sayur Lombok Ijo tanpa santan yang super mudah dan praktis nih. Sayur ini dibikin dengan pengganti santan tinggi serat FiberCreme ya. Selain lebih creamy dan lezat, FiberCreme juga bikin sayurnya lebih tahan...