Apa yang Menjadi Perbedaan Butter dan Margarin?

Mar 24, 2022 | Artikel, Trivia, Update | 0 Komentar

perbedaan butter dan margarin

Dalam kehidupan sehari – hari, sudah pasti Anda akan menemukan butter dan margarin dengan begitu mudah. Terutama di dapur atau kulkas yang ada di rumah Anda. Jika dilihat sekilas, memang butter dan margarin tampak sama, tapi sesungguhnya ada perbedaan butter dan margarin. Kami telah menyiapkan ulasan mengenai perbedaan butter dan margarin tersebut.

Perbedaan antara butter dan margarin tak bisa diulas hanya dari satu segi saja. Ada beberapa poin yang harus dibedah secara detail untuk menemukan perbedaannya. Berikut ini telah kami siapkan ulasan tersebut untuk menambahkan informasi baru bagi keperluan Anda!

Perbedaan Butter dan Margarin yang Perlu Anda Ketahui!

perbedaan butter dan margarin

Sebelum mengulas mengenai perbedaan yang ada dalam butter dan margarin, kami akan menjelaskan terlebih dahulu pada Anda, mengenai apa itu butter dan apa itu margarin.

Butter merupakan nama lain dari mentega, yang mana merupakan produk yang terbuat dari olahan susu yang berupa krim. Sedangkan margarin adalah produk yang terbuat dari bahan non-susu sebagai pengganti dari mentega atau butter.

Berdasarkan bahan bakunya yang berbeda, sudah pasti butter dan margarin memiliki kandungan lemak yang berbeda pula. Dan penggunaannya untuk kesehatan tubuh pun sudah jelas berbeda.

Berikut ini ulasan lengkap mengenai perbedaan butter dan margarin. Simaklah dengan seksama!

Bahan Baku yang Digunakan

Perbedaan butter dan margarin yang pertama, bisa kamu temukan dari butter dan margarin berada pada bagian bahan baku yang digunakan dalam pembuatan keduanya. Di mana butter menggunakan bahan baku susu yang diaduk terus menerus sebagai proses memisahkan lemak butter yang berbentuk padatan dari susu yang berbentuk cairan.

Biasanya butter yang dijual – jual berbahan baku susu sapi, susu domba atau kambing, dan susu kerbau. Sedangkan margarin yang sering disebut sebagai bahan pengganti butter dibuat dari bahan baku non-susu. Walau pada awal diproduksinya masih menggunakan lemak hewani.

Saat ini margarin yang Anda temukan di mana – mana menggunakan bahan baku minyak nabati, air, garam, dan pengemulsi. Anda tak perlu bingung untuk mendapatkannya margarin tersebut. Di pasaran, Anda bisa menemukannya dalam bentuk batangan.

Lemak yang Terkandung

Dari bahan baku pembuatan yang berbeda, sudah jelas lemak yang terkandung pun akan berbeda. Seperti yang sudah kami jelaskan pada bagian sebelumnya. Butter memiliki lebih banyak kandungan lemak jenuh karena berasal dari susu yang diolah.

Sedangkan margarin mengandung lemak trans karena bahan bakunya non-susu. Lemak jenuh yang terkandung dalam butter bisa meningkatkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Dan hal tersebut dapat mengganggu kesehatan tubuh Anda.

Berbeda dengan lemak trans yang terkandung dalam margarin, yang tidak meningkatkan kadar kolesterol LDL dengan kapasitas yang tinggi layaknya lemak jenuh.

Bentuk dan Tampilan

Selain dari segi bahan baku dan lemak yang terkandung dalam margarin dan butter, masih ada banyak perbedaan lainnya. Salah satu yang menjadi perbedaan butter dan margarin tersebut ialah dari segi bentuk dan tampilannya.

Butter memiliki tampilan dengan warna kuning yang pucat, terkadang berwarna putih atau kuning tua. Warna ini berbeda – beda tergantung dari jenis makanan yang dikonsumsi dari hewan penyedia susu yang dijadikan bahan baku pembuatan. Hal tersebut sangat berpengaruh karena bahan baku pembuatan butter hanya satu jenis bahan saja.

Sedangkan margarin memiliki warna kuning stabil karena percampuran bahan baku yang digunakan untuk membuatnya. Tapi, perlu Anda ketahui kalau margarin tidak selalu menggunakan bahan baku yang sama. Satu merk dengan yang lainnya memiliki tampilan yang berbeda – beda. Seringkali margarin akan Anda temukan dalam bentuk stik atau bak.

Perbedaan butter dan margarin pada tekstur yang Dimiliki

perbedaan butter dan margarin

Selain tampilan, tekstur dari butter dan margarin juga bisa Anda perhatikan untuk membedakannya. Margarin yang terbuat dari minyak nabati yang berasal dari kelapa sawit melalui proses hidrogenasi akan berubah dari cair ke padat dengan bantuan gas hidrogen yang membuat margarin memiliki tekstur lebih keras.

Daya emulsi yang lebih kuat juga dimiliki oleh margarin dan membuatnya memiliki aroma yang tidak terlalu harum. Sedangkan butter yang 80% kandungannya berupa lemak susu memiliki tekstur lebih lembut dan mudah meleleh.

Jangankan di suhu yang panas, ketika Anda meletakkan butter di suhu ruangan saja, akan mudah meleleh dengan sendirinya. Untuk aroma yang dimiliki oleh butter sangatlah harum dan gurih. Walau Anda juga bisa menemukan butter yang tidak mengandung rasa gurih dengan jenis unsalted atau butter tawar.

Perbedaan butter dan margarin pada waktu penggunaan

Terakhir, Anda bisa mendapatkan perbedaan butter dan margarin dari segi waktu penggunaannya. Meski margarin merupakan bahan pengganti butter, Anda akan sangat disarankan untuk menggunakan keduanya dalam memasak makanan yang berbeda.

Aroma yang kuat dan tekstur lembut membuat butter cocok untuk digunakan dalam bahan baku pembuatan kue – kue yang sedap dan wangi dengan tekstur yang lembut.

Sedangkan waktu penggunaan margarin lebih cocok jika digunakan sebagai bahan baku pembuatan kue atau makanan yang bertekstur crunchy, karena margarin hanya akan meleleh ketika berada dalam keadaan panas dan kembali mengeras ketika dalam suhu ruangan.

Tapi, Anda juga perlu tahu, bahwa butter dan margarin dapat digunakan secara bersamaan. Ketika hal itu dilakukan berarti makanan yang Anda buat memerlukan perpaduan aroma dan tekstur yang berbeda atau berupa paduan dari keduanya.

BACA JUGA: Perbedaan Sereh Wangi dan Sereh Dapur

FiberCreme Bahan Makanan Pengganti Susu dan Santan Berkualitas Tinggi!

Setelah membahas mengenai perbedaan butter dan margarin, kami sangat menyarankan pada Anda untuk memilih mana yang lebih sehat sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda dan keluarga.

Selain butter dan margarin, Anda pun memerlukan susu atau santan untuk membuat makanan berupa kue – kue atau yang lainnya. Tapi, Anda perlu tahu bahwa susu dan santan bukanlah bahan makanan yang bagus jika dikonsumsi secara terus menerus.

Anda harus pandai menyiasati hal itu. Misalnya dengan mengganti susu dan santan menggunakan bahan lainnya. Seperti bahan pengganti susu dan santan yang disediakan oleh FiberCreme. Bahan pengganti ini memiliki kadar nutrisi yang tinggi dan kaya akan serat.

Anda tak akan mengalami masalah kesehatan ketika mengkonsumsinya dalam jangka panjang. Pencernaan Anda bahkan bisa berjalan lebih stabil ketika mengkonsumsi bahan pengganti FiberCreme ini. Kandungan serat yang kaya di dalamnya bisa Anda percaya ampuh menangani masalah – masalah pencernaan yang sering terjadi.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bahan pengganti susu dan santan ini sebagai bahan baku membuat makanan yang sehat tapi tetap lezat. Orang – orang yang terbiasa dan sedang membiasakan pola hidup sehat, sangat kami sarankan mengkonsumsinya. Begitu pula dengan orang yang sedang diet.

Anda bisa mendapatkan bahan pengganti susu dan santan dari FiberCreme ini dengan mudah. Kami memiliki e-commerce atau marketplace official FiberCreme yang berguna untuk menjualnya. Selain itu Anda juga bisa mendapatkannya di toko dan supermarket terdekat di daerah Anda. Informasi tersebut kami cantumkan di link berikut!

Anda juga bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai resep – resep rekomendasi dari FiberCreme di website resmi kami berikut, serta di akun instagram @fibercreme_tv atau di YouTube FiberCreme. Anda akan mendapatkan informasi menarik seperti perbedaan butter dan margarin yang sudah Anda dapatkan di atas.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...