Perbedaan Sereh Wangi dan Sereh Dapur

Mar 9, 2022 | Artikel, Update | 0 Komentar

perbedaan sereh wangi dan sereh dapur

Perbedaan sereh wangi dan sereh dapur – Indonesia adalah negara yang kaya akan hasil alam, salah satunya hasil perkebunan. Sereh merupakan salah satu dari hasil perkebunan tersebut. Keberadaan sereh cukup populer di kalangan masyarakat yang ada. Bahkan sereh dikenal dengan khasiatnya yang beragam, salah satunya sebagai bahan untuk mengatasi gangguan pencernaan dan obat untuk mencegah kanker.

Tapi, apa Anda tahu kalau sereh terdiri dari beberapa jenis yang berbeda, yaitu sereh wangi dan sereh dapur. Lalu apa perbedaan sereh wangi dan sereh dapur tersebut? Berikut ini telah kami siapkan ulasan yang membahas perbedaan dari kedua jenis sereh tersebut. Simaklah ulasannya!

Berikut Inilah Perbedaan Sereh Wangi dan Sereh Dapur

Jika dibedah secara detail, sereh wangi dan sereh dapur memiliki beberapa perbedaan yang signifikan. Mulai dari bentuk fisiknya hingga kandungan dan fungsinya sangatlah berbeda. Anda bisa menyimak perbedaan antara kedua jenis sereh tersebut dalam ulasan di bawah ini!

Perbedaan Akar Sereh

Jika dilihat sekilas mata, maka bentuk dari sereh wangi dan sereh dapur sangatlah identik dan sulit untuk dibedakan. Tapi Anda tak perlu khawatir, karena kedua jenis sereh ini bisa dibedakan dengan cukup mudah. Salah satunya pada bagian akar. Akar pada sereh wangi memiliki warna kemerahan yang jelas berbeda dengan sereh dapur yang akarnya berwarna hijau dan putih. Anda bisa melihat pangkal dari sereh ketika akan membelinya.

Perbedaan Batang Sereh

Setelah melihat bagian akarnya, Anda juga perlu melihat bagian batang dari sereh, karena bentuknya cukuplah beda dan dapat dijadikan sebagai pembeda. Sereh wangi memiliki batang yang pangkalnya lebih kecil dibandingkan dengan sereh dapur yang ukuran batangnya lebih besar. Selain itu, pada batang bagian bawah sereh wangi juga didominasi dengan warna merah keunguan. Sedangkan sereh dapur bagian bawah batangnya berwarna hijau dan putih seperti halnya warna akarnya.

Perbedaan Bentuk Daun Sereh

Selain akar dan batangnya, bentuk daun sereh juga cukuplah berbeda. Sereh wangi memiliki ukuran daun yang lebih panjang dengan ukuran 90 hingga 100 cm. Sedangkan daun dari sereh dapur memiliki ukuran yang lebih pendek, yaitu sekitar 60 cm dengan bentuk yang lebih melengkung hingga mampu menyentuh tanah.

Perbedaan Aroma Sereh

Sereh merupakan bahan yang memiliki aroma khas. Yang mana sering dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari kebutuhan dapur ataupun kebutuhan lainnya. Tapi, Anda wajib tahu, kalau sereh wangi dan sereh dapur memiliki aroma khas yang berbeda. Di mana aroma dari sereh wangi cukup lebih tajam dibandingkan dengan sereh dapur.

Anda bisa mencoba memetik dan meremas daun dari sereh tersebut untuk mencium aroma khas yang disimpannya. Jika aromanya cenderung seperti minyak telon, maka dapat dipastikan bahwa itu adalah jenis sereh wangi. Tapi, kalau aroma yang dikeluarkan cenderung segar dan tidak terlalu tajam, maka sereh tersebut adalah sereh dapur.

Perbedaan Kandungan Sereh

Pembahasan mengenai perbedaan sereh wangi dan sereh dapur memanglah cukup panjang. Anda bisa menggunakan beberapa penilaian sebagai bentuk klasifikasi yang membedakan antara sereh wangi dengan sereh dapur. Selain dari segi fisik yang dimilikinya, Anda juga bisa melihat perbedaan tersebut dari kandungan sereh.

Dalam sereh wangi, ada kandungan citronella oil yang berguna sebagai antiseptik, antimikroba, dan antijamur. Sedangkan dalam sereh dapur, terdapat kandungan sitral yang mampu menciptakan aroma harum pada masakan dan memberikan kesan lebih lezat serta menggoda selera.

Perbedaan Fungsi Sereh

Berdasarkan kandungan dalam sereh wangi dan sereh dapur yang berbeda, sudah pasti fungsinya pun berbeda. Di mana sereh wangi berfungsi sebagai bahan yang dapat menghasilkan minyak atsiri atau minyak esensial yang identik dengan aroma khasnya, bukan sebagai bahan rempah untuk penyedap masakan. Minyak yang dihasilkan tersebut sangat penting untuk keperluan industri yang berhubungan dengan kesehatan dan kecantikan.

Sedangkan sereh dapur merupakan salah satu jenis rempah yang biasa digunakan untuk menambahkan cita rasa dan aroma yang sedap pada masakan. Sehingga makanan yang dihasilkan memiliki kekhasan aroma dan lebih menggoda untuk disantap.

Perbedaan Harga Sereh

Terakhir Anda bisa menemukan perbedaan antara sereh wangi dan sereh dapur dari harga yang dibandrol. Yang mana terpaut cukup jauh. Untuk sereh dapur, Anda bisa mendapatkannya hanya dengan mengeluarkan uang sejumlah Rp20.000 saja per kilonya.

Berbeda jika Anda ingin membeli sereh wangi. Anda perlu mengeluarkan uang dengan jumlah yang cukup besar, yaitu sekitar Rp170.000 per kilo. Hal ini dikarenakan sereh wangi yang sangat dibutuhkan dalam industri kesehatan serta kecantikan. Jadi, harganya dibandrol dengan angka yang cukup tinggi. Itulah beberapa perbedaan yang bisa Anda temukan dalam sereh wangi dan sereh dapur.

Perbedaan Sereh Wangi dan Sereh Dapur Cukup Banyak, Tapi Berikut Ini Manfaat Umum yang Dimilikinya!

perbedaan sereh wangi dan sereh dapur

Setelah Anda mengetahui apa saja perbedaan dari sereh wangi dan sereh dapur, kami juga akan menyediakan manfaat umum yang dikandung dalam kedua jenis sereh tersebut. Berikut ulasan lengkapnya!

Perbedaan sereh wangi dan sereh dapur: Sebagai Analgesik

Sereh memiliki kandungan yang berkhasiat untuk meredakan segala jenis peradangan dan iritabilitas yang berhubungan dengan rasa nyeri serta sakit. Kandungan yang ada di dalam sereh bisa berguna sebagai obat alami yang tepat untuk meredakan sakit gigi, nyeri otot, dan nyeri sendi.

Perbedaan sereh wangi dan sereh dapur: Untuk Mengurangi Nyeri Haid

Nyeri haid adalah salah satu hal yang sangat mengganggu dan sering dialami oleh perempuan. Sifat analgesik yang terkandung dalam sereh bisa membantu Anda untuk mengatasi masalah nyeri haid yang terjadi dengan mencampurkannya dalam teh atau minuman hangat.

Selain dua manfaat di atas, Anda juga bisa menggunakan sereh sebagai bahan pelancar sistem saraf, kemudian sebagai obat pencegah kanker, lalu sebagai bahan untuk mengatasi gangguan pencernaan, dan obat untuk menurunkan tekanan darah. Sangat menguntungkan bagi kesehatan tubuh bukan?

FiberCreme Bahan Pengganti Susu dan Santan yang Kaya Serat!

Seperti yang sudah kami jelaskan pada ulasan di atas, kegunaan sereh sangatlah dekat dengan dapur. Oleh karena itu, kami akan memberikan Anda informasi mengenai bahan yang cocok digunakan sebagai pengganti susu dan santan dalam pembuatan makanan serta minuman.

Dengan menggunakan bahan pengganti santan dan susu dari FiberCreme, Anda bisa menikmati makanan dengan rasa yang lezat tanpa takut mengalami gangguan kesehatan. FiberCreme memberikan bahan yang memiliki nutrisi tinggi dan kaya serat.

Yang mana sangat cocok untuk dikonsumsi dalam jangka waktu panjang. Selain itu juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang – orang yang terbiasa dan membiasakan hidup dengan pola yang sehat, serta untuk orang yang sedang memprogram diet.

Anda bisa mendapatkan bahan pengganti susu dan santan dari FiberCreme ini dengan mudah. Kami memiliki e-commerce atau marketplace official yang berguna untuk menjualnya. Selain itu Anda juga bisa mendapatkannya di toko dan supermarket terdekat di daerah Anda. Informasi tersebut kami cantumkan di link berikut!

Anda juga bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai resep – resep rekomendasi dari FiberCreme di website resmi kami berikut, serta di akun instagram @fibercreme_tv atau di YouTube FiberCreme. Anda akan mendapatkan informasi menarik seperti perbedaan sereh wangi dan sereh dapur yang sudah Anda dapatkan di atas.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...