9 Cara Menata Dapur Agar Rapi dan Bersih

Mar 4, 2022 | Artikel, Update | 0 Komentar

cara menata dapur agar rapi

Dapur adalah salah satu ruangan dalam rumah yang tidak pernah sepi dan selalu digunakan setiap hari. Alhasil, dapur pun sering menjadi kandidat pertama sebagai ruangan yang paling berantakan dalam rumah. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu tahu trik dan cara menata dapur agar rapi.

Untuk dapur, tingkat kerapian yang Anda butuhkan bukan hanya menyimpan semua barang supaya tidak terlihat menumpuk. Anda juga harus menyimpan dan menata semua barang serta peralatan di dapur supaya mudah ditemukan ketika dibutuhkan. Lakukan cara menata dapur agar rapi dari kami, yuk. 

Cara Menata Dapur Agar Rapi dan Senantiasa Bersih ala FiberCreme

Dapur yang rapi bisa membuat proses memasak dan menyiapkan makanan jadi lebih mudah dan menghemat ruang, waktu, dan energi. Untuk Anda yang sedang mencari cara menata dapur agar rapi, Anda datang ke tempat yang tepat. Berikut kami berikan beberapa cara mudah yang bisa Anda coba supaya dapur Anda bisa terlihat lebih rapi dan bersih:

Pilah Barang yang Masih Digunakan

Cara menata dapur agar rapi yang pertama adalah mengecek pantry atau rak di dapur Anda. Coba cek apakah Anda masih benar-benar membutuhkan semua barang di sana. Anda sebaiknya membuang barang atau bahan makanan yang sudah tidak lagi digunakan untuk menghemat ruang.

Selain dilihat dari kegunaannya, Anda juga sebaiknya memeriksa waktu kadaluarsanya, jika ada. Untuk barang atau peralatan yang masih bisa berfungsi dengan baik tapi sudah tidak Anda perlukan lagi, Anda bisa mendonasikannya atau memberikannya untuk orang lain yang lebih membutuhkan.

Kelompokkan Barang Sejenis

Cara menata dapur agar rapi dengan mengelompokkan barang sejenis. Jika sudah menemukan barang-barang yang masih akan Anda gunakan, sekarang Anda bisa mengelompokkannya sesuai jenisnya. Misalnya, bumbu-bumbu, rempah-rempah, susu, sereal, sayuran, buah, pisau, panci, sendok, dan peralatan makan lainnya. 

Barang-barang yang sejenis biasanya memiliki ukuran dan cara penyimpanan yang sama jadi ini akan memudahkan Anda untuk membuat dapur terlihat lebih rapi. Nantinya, Anda juga akan lebih mudah untuk menemukan barang-barang yang Anda perlukan tanpa perlu mengobrak-abrik dapur lagi.

Memasukkan Barang ke Dalam Rak

cara menata dapur agar rapi

Cara menata dapur agar rapi selanjutnya memasukan barang ke dalam rak. Supaya dapur terlihat lebih rapi, Anda harus menghindari menumpuk dan meletakkan barang-barang di atas pantry atau meja makan. Cara menata dapur agar rapi seperti ini bisa membuat dapur terlihat penuh dan berantakan.

Solusinya, Anda bisa memasukkan barang-barang yang sekiranya tidak akan terlalu sering digunakan ke dalam rak yang tertutup. Jangan lupa juga supaya menjaga kebersihan rak supaya tidak lembab.

Untuk memudahkan Anda dalam menata barang di dalam rak, letakkan barang yang kira-kira akan lebih sering digunakan di bagian depan atau bawah, sehingga Anda akan lebih mudah menemukannya tanpa harus membongkar isi rak lagi.

Gantungkan Beberapa Barang di Dapur

Daripada menumpuk barang di pantry atau di dalam rak, Anda juga bisa memasang gantungan di dapur untuk beberapa peralatan yang memang memungkinkan untuk digantung. Cara menata dapur agar rapi seperti ini bisa membuat dapur terlihat lebih tertata dan tidak ada barang yang saling bertumpukan. Beberapa contoh barang yang bisa Anda gantungkan adalah gelas/cangkir, panci, wajan, dan sebagainya.

Bersihkan Kulkas Secara Rutin

Cara menata dapur agar rapi dengan membersihkan kulkas secara rutin. Walaupun selalu tertutup, kerapian isi kulkas juga bisa mempengaruhi kerapian dapur Anda. Kalau kulkas Anda penuh, Anda akhirnya akan banyak meletakkan barang dan bahan makanan di luar kulkas yang akan membuat dapur jadi lebih penuh.

Pilih satu hari untuk membersihkan kulkas tiap minggunya. Keluarkan dan buang semua bahan makanan yang sudah kadaluarsa atau tidak akan dimakan lagi. Jika sudah, jangan lupa membersihkan bagian rak kulkas dengan lap basah dan cairan pembersih sebelum mengisinya dengan bahan makanan lagi.

4 Cara Menjaga Dapur Tetap Bersih

Setelah menata dapur dengan menggunakan cara menata dapur agar rapi seperti di atas, langkah penting yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah menjaga supaya dapur tetap dalam kondisi rapi dan bersih. Walaupun digunakan setiap hari untuk memasak, tidak sulit kok untuk melakukannya.

Langsung Bersihkan

Konsep ini adalah yang terpenting untuk bisa menjaga dapur tetap bersih setiap harinya. Maksud dari membersihkan secara langsung adalah Anda harus langsung membersihkan dapur saat Anda sedang memasak atau menggunakannya.

Misalnya, ketika Anda menumpahkan atau menodai sesuatu saat sedang memasak, Anda harus segera membersihkannya. Cara ini bisa menghindarkan Anda dari harus membersihkan noda membandel atau mengering yang akan sulit dibersihkan, jika sudah melekat dalam waktu lama. Anda juga harus langsung mengembalikan barang-barang ke tempatnya semula setelah selesai digunakan.

Jangan Meletakkan Peralatan Bekas Sembarangan

Salah satu sumber kotoran yang paling merepotkan untuk dibersihkan adalah bekas noda dari makanan atau minuman yang menempel di meja atau permukaan pantry. Bekas noda ini seringkali datang dari peralatan yang baru selesai digunakan untuk memasak lalu diletakkan begitu saja langsung di atas permukaan, misalnya adalah sendok sayur atau saringan minyak.

Untuk menghindari hal ini, Anda bisa menyiapkan tisu, paper towel, lap, atau wadah kecil untuk meletakkan semua peralatan bekas ini. Usahakan supaya jangan sampai ada noda yang menempel dalam waktu lama di tiap permukaan dapur.

Selalu Cek Kembali Setiap Malam

Walaupun proses memasak sudah selesai, dapur masih bisa berantakan dengan berbagai barang-barang yang diletakkan di atas pantry. Supaya besok paginya dapur bisa tetap rapi, Anda bisa mengecek kembali setiap malam sebelum tidur untuk memastikan tidak ada barang-barang yang tidak pada tempatnya.

Anda juga sebaiknya mengeluarkan atau memindahkan barang-barang yang tidak ada hubungannya dengan proses memasak, seperti brosur, paket barang, kunci, atau bahkan jam tangan yang biasanya diletakkan sembarangan di atas pantry.

Ikuti Aturan “Satu Masuk, Satu Keluar”

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menjaga dapur supaya senantiasa bersih dan rapi adalah dengan memastikan tidak ada barang yang tidak terpakai di dapur. Triknya adalah dengan mengikuti aturan “satu masuk dan satu keluar”.

Setiap kali ada sesuatu yang masuk dan memerlukan ruang baru di dapur, Anda harus menyiapkan sesuatu yang lain untuk dikeluarkan. Ini bisa membuat dapur senantiasa tertata rapi dan tidak ada barang yang memenuhi tempat.

Cara Penyimpanan FiberCreme yang Mudah dan Bisa Membuat Dapur Tetap Rapi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, proses dan cara penyimpanan bahan makanan juga perlu diperhatikan agar dapur bisa terlihat lebih rapi. Penyimpanan makanan sekaligus bumbu dapur seperti krimer serbaguna ini tidak membutuhkan space dan waktu lama untuk merapikannya. Karena Anda bisa menyimpan kemasannya langsung tanpa perlu menggunakan wadah atau toples lagi. 

Produk krimer ini juga bisa tahan lama dan multi fungsi untuk dijadikan makanan sekaligus campuran bumbu dapur yang menyehatkan dari FiberCreme ini. Untuk Anda para konsumen setia FiberCreme, Anda wajib tahu cara menyimpan FiberCreme dengan benar. Pasalnya,  krimer serbaguna ini mudah menggumpal jika tidak disimpan dengan benar. Berikut tips menyimpan krimer FiberCreme yang tepat dan mudah:

  • Simpan di dalam tempat yang tertutup rapat dan kedap udara
  • Letakkan di tempat yang kering dengan suhu ruang atau di dalam kulkas dengan suhu 4oC- 10o
  • Hindarkan dari panas dan sinar matahari
  • Masa penyimpanan FiberCreme akan sesuai dengan waktu kadaluarsa yang tertera pada kemasan

Karena terbuat dari bahan baku yang berkualitas yang tinggi serat pangan dan memiliki kadar gula dan lemak yang rendah, produk FiberCreme bisa bertahan lama dan tidak mudah basi. Sekalipun FiberCreme mengalami penggumpalan akibat serat yang mudah mengikat air, namun krimer tersebut masih bisa dikonsumsi dengan aman. Selama tanggal kadaluarsa belum lewat. 

Wah, FiberCreme ternyata selain bermanfaat juga memiliki cara penyimpanan yang tidak ribet. Produk FiberCreme  pun sekarang bisa Anda temukan dengan mudah di marketplace official kami atau di supermarket dan toko terdekat. Untuk tahu berbagai informasi tentang resep olahan FiberCreme, informasi kesehatan, dan gaya hidup sehat, Anda bisa mengunjungi Fibercreme.com. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...