6 Cara Mematangkan Alpukat Lebih Cepat. Ada yang Hanya Butuh 10 Menit!

Jan 15, 2021 | Artikel | 0 Komentar

Kalau Anda termasuk pecinta alpukat, maka Anda pasti sering menemukan buah ini dijual dalam keadaan belum matang atau hanya matang sebagian. Hal ini karena ketika sudah matang, buah alpukat sangat cepat membusuk. Jadi ketika membeli alpukat di pasar atau supermarket, kemungkinan kita tidak bisa langsung mengonsumsinya melainkan harus dibiarkan dulu hingga seluruh bagiannya matang.

Nah untuk mempercepat pematangan alpukat dan menjadikannya matang sempurna, yuk intip 6 trik di bawah ini!

Letakkan dekat buah lain yang sudah matang

Buah-buahan mengeluarkan gas etilen yang berperan dalam proses pematangan. Ketika dilepaskan, gas ini akan menyebar dan mempengaruhi pematangan buah lain di sekitarnya. Jadi Anda bisa memanfaatkan gas ini untuk mematangkan alpukat.

Caranya, cukup letakkan alpukat dalam kantong bersama buah yang sudah matang, seperti misalnya pisang, apel atau tomat. Tutup rapat kantong agar gas tidak keluar lalu biarkan selama 2-3 hari.

Bungkus kertas koran

Jika tidak ada buah-buahan lain, Anda bisa juga langsung memasukkan alpukat yang belum matang ke dalam kantung kertas. Pastikan saja kantungnya tertutup rapat dan tidak berlubang untuk mencegah gas etilen yang dihasilkan alpukat keluar.

Jika tidak ada kantung pun, Anda bisa membungkus masing-masing buah alpukat dengan kertas koran. Pastikan terbungkus rapat dan simpan di tempat yang tidak terkena panas dan sinar matahari langsung selama 2-3 hari.

Simpan dengan beras

Masih tentang memanfaatkan gas etilen, Anda bisa juga menggunakan beras untuk memerangkap gas ini. Caranya, letakkan alpukat mentah atau setengah matang dalam wadah beras. Pastikan berasnya menutupi seluruh bagian alpukat, karena suhu hangat yang terjadi dalam tumpukan beras juga berpengaruh pada pematangan. Kemudian tutup rapat wadah beras dan biarkan selama 2-3 hari.

Gunakan tisu

Pertama-tama, cuci bersih dulu buah alpukat dan keringkan hingga benar-benar kering. Kemudian buat potongan di ujung tempat tumbuhnya tangkai. Kemudian tutup dengan tisu dan rapatkan dengan lakban. Lalu simpan di tempat yang gelap selama 2 hari. Penasaran bagaimana cara ini bisa mempercepat pematangan?

Jadi ujung alpukat dipotong untuk merangsang keluarnya gas etilen. Setelah itu, bekas potongan ditutup untuk menghentikan oksidasi yang mempercepat pembusukan daging buah. Dengan memaksimalkan gas etilen dan meminimalisir pembusukan, maka alpukat bisa matang dengan lebih cepat dan sempurna.

 

Tancapkan tusuk gigi

Cara ini sudah banyak digunakan lho, walaupun sedikit aneh dan tidak ada penjelasan ilmiah. Meski begitu, teknik ini cukup manjur kok. Caranya, Anda cukup menancapkan satu tusuk gigi ke buah alpukat di bagian tumbuhnya batang. Tusuk hingga menancap ke bagian bijinya, lalu diamkan di ruang terbuka selama 2-3 hari.

Oven

Tergesa-gesa ingin mengolah alpukat Anda? Coba bungkus buah alpukat dengan aluminium foil dan masukkan ke dalam oven bertemperatur sedang selama 10 menit. Dijamin daging buah akan langsung lunak dan bisa segera Anda olah.

Hanya saja, teknik ini menghasilkan rasa alpukat yang berbeda jika dibandingkan teknik lain yang sudah disebut di atas. Oleh karena itu, alpukat yang dioven lebih baik tidak dimakan langsung melainkan diolah dulu jadi masakan lain.

Mana cara di atas yang sudah pernah Anda coba dan mana yang ingin Anda coba selanjutnya? Kalau sudah punya alpukat yang matang sempurna, pastikan Anda coba resep alpukat ala FiberCreme di atas ya. Kunjungi YouTube channel FiberCreme dan pastikan Anda subscribe serta nyalakan tombol notifikasinya agar selalu dapat update resep terbaru dari FiberCreme.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...